1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Pariwisata Taman Nasional

Discussion in 'Jambi' started by wandia, Oct 8, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    wandia Senpai Veteran

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    5,003
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +88,672 / -0
    TAMAN NASIONAL KERINCI SEBELAT
    [​IMG]
    LUAS Taman Nasional ini adalah 1.368.000 Ha dan seluas 422.190 Ha (30,86%) terletak di Propinsi Jambi;
    di 2 Kabupaten, yaitu Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Merangin.

    Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah sampai ekosistem sub alpin serta beberapa ekosistem yang khas (rawa gambut, rawa air tawar dan danau).

    Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki 4000 jenis tumbuhan yaitu famili Dipterocarpaceae, dengan flora yang langka dan endemik yaitu pinus kerinci (Pinus merkusii strain Kerinci), kayu pacat (Harpulia alborera), bunga Rafflesia (Rafflesia arnoldi) dan bunga bangkai (Amorphophallus titanium dan A. decussilvae).

    Fauna yang tedapat dalam Taman ini tercatat 42 jenis mammalia (19 famili), diantaranya : Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis), Macan dahan (Neopholis nebulosa), Harimau Loreng Sumatera (Panthera tigris sumatrensis), Kucing emas (Felis termminnckii), Tapir (Tapirus indica), Kambing Hutan (Capricornis sumatrensis); 10 jenis reptilia; 6 jenis amphibia, antara lain: Katak Bertanduk (Mesophyrs nasuta), 6 jenis primata yaitu : Siamang (Sympalagus syndactylus) Ungko (Hylobates agilis).Di samping itu sudah tercatat 306 jenis burung (49 famili)
    [​IMG]
    [​IMG]
    Sumber : Jambiprov.go.id
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    wandia Senpai Veteran

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    5,003
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +88,672 / -0
    Taman Nasional Bukit Dua Belas
    [​IMG]
    AREAL Taman Nasional ini mempunyai luas 60.500 Hektar, yang berupa perbukitan dataran rendah dan berada pada ketinggian + 30 - 430 m dpl. Taman Nasional Bukit Duabelas merupakan salah satu kawasan hutan hujan tropis dataran rendah di Provinsi Jambi.

    Taman nasional ini merupakan habitat dari satwa langka dan dilindungi seperti siamang (Hylobates syndactylus syndactylus), beruk (Macaca nemestrina), macan dahan (Neofelis nebulosa diardi), kancil (Tragulus javanicus kanchil), beruang madu (Helarctos malayanus malayanus), kijang (Muntiacus muntjak montanus), meong congkok (Prionailurus bengalensis sumatrana), lutra Sumatera (Lutra sumatrana), ajag (Cuon alpinus sumatrensis), kelinci Sumatera (Nesolagus netscheri), elang ular bido (Spilornis cheela malayensis), dan lain-lain.
    Masyarakat asli suku Anak Dalam (Orang Rimba) juga telah mendiami hutan Taman Nasional Bukit Duabelas selama puluhan tahun.
    [​IMG]
    Suku Anak Dalam menyebut hutan yang ada di Taman Nasional Bukit Duabelas sebagai daerah pengembaraan; dimana mereka berinteraksi dengan alam, saling memberi, saling memelihara dan saling menghidupi. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, suku Anak Dalam melakukan kegiatan berburu babi, mencari ikan, mencari madu, dan menyadap karet untuk dijual.

    Sumber : Jambiprov.go.id
     
  4. Offline

    wandia Senpai Veteran

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    5,003
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +88,672 / -0
    Taman Nasional Bukit Tiga puluh
    [​IMG]
    KAWASAN taman nasional ini memiliki luas keseluruhan 144.223 hektar. Sebelumnya merupakan dua buah kawasan hutan lindung yaitu Hutan Lindung Haposipin di Provinsi Riau dan Hutan Lindung Singkati Batang Hari di Provinsi Jambi.
    Diwilayah Jambi terletak di Kabupaten Tebo seluas 23.000 hektar dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat seluas 10.000 hektar.

    Beberapa jenis fauna yang dapat dijumpai di Taman Nasional ini antara lain : Harimau Sumatera, Beruang Madu, Tapir, Siamang, kancil, Babi Hutan, Burung Rangkong, Kuaw, dan berbagai jenis satwa lainnya.
    Sedangkan jenis flora langka yang endemik di kawasan ini adalah Cendawan Muka Rimau (Raflesia hasselti).
    [​IMG]
    Selain merupakan habitat dari berbagai jenis flora dan fauna langka dan dilindungi, kawasan ini juga merupakan tempat hidup dan bermukim beberapa komunitas suku pedalaman seperti Suku Talang Mamak, Suku Kubu (Anak Rimba) dan Suku Melayu Tua, yang menjadikan kawasan ini menarik untuk dijelajahi.
    [​IMG]
    Satu kelompok Suku Talang Mamak berada di Dusun Semarantihan Desa Suo-Suo Kecamatan Sumai, Kabupaten Tebo, JambI.

    Sumber : Jambiprov.go.id
     
  5. Offline

    wandia Senpai Veteran

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    5,003
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +88,672 / -0
    Taman Nasional Berbak
    [​IMG]
    TAMAN Nasional ini merupakan kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara yang belum terjamah oleh eksploitasi manusia. Keunikannya berupa gabungan yang menarik antara hutan rawa gambut dan hutan rawa air tawar yang terbentang luas di pesisir Timur Sumatera.
    [​IMG]
    jenis tumbuhan di taman nasional ini antara lain meranti (Shorea sp.), dan berbagai jenis palem. Taman Nasional Berbak terkenal memiliki paling banyak jenis palem tanaman hias di Indonesia.
    [​IMG]
    [​IMG]
    Jenis palem tanaman hias yang tergolong langka antara lain jenis daun payung (Johanesteijmannia altifrons) serta jenis yang baru ditemukan yaitu Lepidonia kingii (Lorantaceae) yang berbunga besar dengan warna merah/ungu.
    Ratusan bahkan ribuan burung migran dapat dilihat di taman nasional ini, yang dapat menimbulkan kekaguman apabila burung-burung tersebut terbang secara berkelompok.


    Sumber : Jambiprov.go.id
     
  6. Offline

    sierraimoet Senpai Gatotkaca

    Joined:
    Jun 19, 2010
    Messages:
    6,802
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +28,695 / -0
    Cara menuju ke sana gimana? Ada angkutan umum (ngangkot) gitu? Atau gimana??? :???:
     
  7. Offline

    wandia Senpai Veteran

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    5,003
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +88,672 / -0
    car menuju kesan ga ada angkutan umum kaya angkot :XD:

    paling ga naek bus, dan rata2 sih kalo mau jalan2 kesana bawa kendaraan pribadi,,
    soalnya jauh dari pemukiman penduduk, :unyil:
     
  8. Offline

    sierraimoet Senpai Gatotkaca

    Joined:
    Jun 19, 2010
    Messages:
    6,802
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +28,695 / -0
    Kenapa tempat wisata tuh jauh dari kota Jambi :keringat: Mana susah pula akses ke sono-nya :sigh:
     
  9. Offline

    wandia Senpai Veteran

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    5,003
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +88,672 / -0
    :hmm: ya kalo di jambinya sih ga ada apa2 :bloon:
    ada jg tempat2 buat rekreasi sih ga begitu menarik banget kalo yg sudah terbiasa berwisata di alam bebas,,

    ya salah satu alasannya sih mank dari dana, trus jg buat jlan menuju kesana ga begitu terawat oleh pemda setempat,, :keringat:
     
  10. Offline

    jenglotbae Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2012
    Messages:
    7,590
    Trophy Points:
    172
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,330 / -0
    kalo di jambi kota wisata ke ancol :hehe:

    tapi ngota-ngota bukit barisan masuk taman nasional jugo dak kaks :???: :malu
     
  11. Offline

    komikb4 Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    37,206
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +9,899 / -0
    [sebenarnya klo mau ke taman nasional kudu ijin dulu dbinas taman nasional-nya..ntar dikasih SIMAKSI(surat ijin masuk kawasan konservasi), klo g gitu tar dianggap illegal dan boleh ditembak :dead:
    ___________

    tapi di beberapa tempat, Taman NAsional dan kantor dinasnya berdekatan :yahoo:

    kalao di Jawa sebagaian besar malah agak jauh :dead:]
     
  12. Offline

    grande88 Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 11, 2012
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +257 / -0
    ikut gabong ngobrol y kk sepuh yg di jambi..hehe
    kalo dak boleh di delet be..haha

    kalo dengar soal ancol sayo jd ingat dengan sungai batangharinyo samo jagung bakar sungguh nikmatnya:oghoho:
     
    • Thanks Thanks x 1
  13. Offline

    deafran Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 21, 2013
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +7 / -0
    sekarang wisata di jambi dak jauh dari kata nongkrong dan makan minum . . . . . .
     
  14. Offline

    neckline Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    600
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +14,918 / -0
    yap
    bener nih kata om in
    harus ada izin
    SIMAKSI namanya
    tp pengurusanny mudah kok
    biasany izin diurus kl ada mw kegiatan penelitian dll
    tp kl mw masuk2 ya gpp jg
    asal jgn ngapa2ain aja
    nebang2 dan ngerusak kl ketahuan bakal di tangkep
    ahahhha
     
  15. Offline

    aizy Chewbacca Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    25,744
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +63,937 / -0
    BInas Taman Nasional sama kantor Perhutani beda nggak..? bukannya satu indukan sama kementrian kehutanan....? dulu pernah ada temen yg ngurus masuk taman nasional katanya cuma ijin di dinas kehutanan....:iii:
     
  16. Offline

    deafran Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 21, 2013
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +7 / -0
    ntar lagi bakal tambah tempat wisata nya, jembatan gantung dan jam besak . . . . .
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.