1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

stress berawal dari perut

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by vincentrevival, Jul 11, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    VIVAnews - Para peneliti dari Universitas McMaster Kanada membuktikan, bakteri di perut mempengaruhi proses kimia otak yang mengatur suasana hati dan perilaku. Ketidakseimbangan mikroflora di usus dapat memicu gangguan perilaku dan stres.

    Studi ini merupakan penelitian pertama yang menemukan miliaran bakteri di tubuh manusia memiliki fungsi penting untuk mempertahankan kehidupan bukan hanya fisik, namun juga mental. Bakteri di usus bertugas mengolah energi dari makanan, melindungi tubuh terhadap infeksi, dan memberi nutrisi pada sel-sel usus. Bila sesuatu mengacaukan keseimbangan tersebut, dapat menyebabkan konsekuensi serius pada kesehatan.

    Seperti dilansir dari Genius Beauty, ilmuwan berteori mikroflora usus terganggu akan memberi sensasi tidak menyenangkan di perut yang berujung pada suasana hati. Dalam uji laboratorium, peneliti mengamati penggunaan antibiotik pada mikroflora usus tikus.

    Peneliti menemukan, tikus yang memiliki mikroflora tidak sehat bertindak kurang hati-hati, dan memiliki tingkat kecemasan berlebih. Perubahan ini disertai dengan peningkatan jumlah faktor neurotropik di otak yang berhubungan dengan depresi dan kecemasan.

    Setelah antibiotik dihentikan dan mikroflora usus pulih, proses kimia dalam otak seseorang juga kembali ke tingkat normal yang diikuti perubahan perilaku.

    Pada tahap studi selanjutnya, peneliti memasukkan mikroflora dari tikus yang aktif ke tikus yang pasif. Hasilnya, tikus yang secara genetik pasif setelah menerima mikroflora usus dari tikus aktif menjadi jauh lebih aktif dan berani. Sebaliknya, tikus yang lebih aktif secara alamiah, menjadi malas dan kurang bergerak setelah disuntikkan mikroflora dari kerabat mereka yang lambat dan pasif.

    Walaupun banyak hal yang menentukan perilaku seseorang, para ilmuwan merekomendasikan untuk selalu memperhatikan keseimbangan mikroflora usus. Ilmuwan juga menyatakan perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh bakteri usus terhadap perilaku.

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/232216-studi--stres-berawal-dari-perut
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Nuketify Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 15, 2010
    Messages:
    2,235
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +801 / -0
    Paling secara majoritas stress itu karena duit...
    Kalo ada orang yang hidupnya nyaman tapi stress, itu lifestyle dan lingkungan yang kacau...
    In My Opinion.

    :niceinfo:
     
    • Like Like x 1
  4. Offline

    adi_bayumi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,756
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,553 / -0
    panteasan aja dulu kalo misalkan mau interview kerja atau misalkan mau ujian kompre.... pasti bawaan nya kaya masuk angin, pengen BAB atau BAK....

    ternyata ini penjelasan medisnya.....
    nice info :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.