1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other [Seri Doctorology] Asal Muasal Suara Perut

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by fallofthe3rdreich, Oct 17, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,976 / -0
    [​IMG]

    Secara garis besar, system pencernaan manusia bias diibaratkan pipa saluran panjang yang dimulai dari mulut dan berakhir di anus. Makanan dapat bergerak melalui saluran pencernaan akibat kontraksi otot polos secara periodic yang dinamakan peristaltic. Selain tiu peristaltic juga berfungsi mencampur (atau dengan kata lain mengaduk-aduk) zat makanan yang sudah dicerna dengan enzyme maupun cairan yang dihasilkan oleh tubuh hingga menjadi satu. Hasil campuran ini biasa disebut “chyme”.

    Kontraksi otot di saluran pencernaan berbeda dengan mekanisme otot jantung berkontraksi. (nanti di trit selanjutnya akan saya jelaskan lebih lanjut). Kontraksi otot (peristaltic) ini biasa disebut BER (basic electrical rhytm), pada usus halus frekuensi BER adalah sekitar 12 x/menit. Suara yang terdengar pada perut adalah suara yang dihasilkan saat terjadi gerak peristaltic yang medorong makanan menuju saluran pencernaan yang lebih lanjut.

    Lalu kenapa bisa terjadi suara perut pada saat kita lapar??

    Perlu kita ketahui bahwa pada saat lambung dan usus dalam keadaan kosong, hal ini menyebabkan diaktifkannya reflek yang menyebabkan terjadinya kontraksi otot saluran pencernaan. Reflek ini bertujuan untuk membersihkan saluran pencernaan dari sisa2 makanan, bakteri dll. (Jadi pada prinsipnya saluran pencernaan sedang bersih2).

    :bingung: “Jika terjadi peristaltic pada saat perut tidak dalam keadaan kosong, kenapa tidak terdengar suara perut??”

    Untuk menjawab pertanyaan diatas, bayangkan saluran pencernaan seperti botol yang terisi cairan. Jika kau gerakkan botolnya, akan terdengar suara. (tergantung dari jumlah cairan dalam botol, semakin sedikit cairan semakin nyaring suaranya). Inilah yang terjadi pada saluran pencernaanmu.

    Jadi bagaimana caranya kita menghindari perut bersuara, misalnya pada saat kita mengikuti ujian?? Atau saat kita sedang rapat di kantor??

    Cara yang terbaik adalah memakan sesuatu. Tidak harus dengan makan besar / banyak. Bisa saja dengan mengemil makanan kecil secara periodik. Tapi jika kalian berada dalam situasi dimana tidak dimemungkinkan untuk makan, cukup tarik nafas dalam2 sekitar 10 detik sebelum kalian merasa perut kalian akan berbunyi, tahan sebentar sampai kalian merasa sensasi itu (bingung milih katanya) berlalu.

    sumber : fisiologi Guyton dan Ganong
     
    Last edited: Dec 8, 2011
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.