1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

People Seorang hacker berhasil mendapatkan bukti adanya manipulasi data pemanasan global!

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by SoulHACKER, Nov 26, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    SoulHACKER Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 22, 2009
    Messages:
    294
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +92 / -0
    Sesuatu yang luar biasa terjadi dalam dunia perdebatan pemanasan global. Pada hari kamis, tanggal 19 November 2009, diumumkan bahwa seorang hacker telah berhasil mendapatkan 160 megabytes data dan kumpulan email dari server Climate Research unit (CRU) di University of East Anglia (UAE) di Inggris. Email-email itu berisi percakapan yang terjadi antara para peneliti utama di tempat itu sejak tahun 1997 hingga sekarang, dan sepertinya, email itu menunjukkan adanya manipulasi pada data pemanasan global.

    Sangat menarik. Sebelumnya kita memiliki seorang hacker bernama Gary McKinnon yang membobol jaringan komputer milik NASA, Departemen Pertahanan dan Militer Amerika hanya untuk mencari informasi rahasia mengenai ufo. Sekarang kita memiliki Hacker Anonymous yang terjun langsung ke dalam perdebatan pemanasan global dengan cara membobol jaringan komputer organisasi peneliti pemanasan global terkemuka di dunia.

    Seperti yang kita ketahui, kemajuan sains sangat tergantung pada data yang lengkap dan akurat, tidak terkecuali sains pemanasan global. Namun dalam beberapa hari ini, dunia dikejutkan oleh pengungkapan adanya praktek ngawur yang dilakukan oleh para peneliti pemanasan global, tentu saja yang saya maksud adalah peneliti pro Al Gore.

    Andrew Bolt, seorang penulis bahkan mengatakan bahwa skandal ini bisa menjadi skandal terbesar dalam sejarah sains modern.

    Belum lama ini kita disodorkan berita menakutkan bahwa es di kutub akan mencair total dalam 20 tahun. Lalu tidak lama setelah itu, IPCC (Badan PBB mengenai perubahan iklim) melalui ketuanya, Dr RK Pachauri merilis pernyataan bahwa es di Himalaya akan mencair total pada tahun 2035. Bahkan menurutnya, mencairnya es tersebut bisa lebih cepat jika "kita tidak melakukan sesuatu".

    Sepertinya menjelang konferensi iklim di Kopenhagen yang akan diadakan pada Desember nanti, para ilmuwan pro Al Gore menjadi lebih sering mengucapkan "ramalan" mengenai bencana masiv yang setara dengan adegan film "2012" yang baru saja anda tonton. Dengan kata lain, para ilmuwan ini telah menciptakan "ramalan kiamat 2012" yang baru.

    Sedangkan para ilmuwan di bagian dunia lain, yang biasanya memiliki keterbatasan teknologi, hanya bisa menerima data mentah-mentah dari dunia barat. Ya, mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa data perubahan iklim yang kita ketahui (dan diberitakan oleh media-media) ternyata bukan berasal dari hasil penelitian yang kita lakukan sendiri. Sebagian besar data tersebut berasal dari sebuah tempat bernama Climate Research Unit (CRU) di University of East Anglia (UAE), Inggris. Organisasi ini juga menyuplai data untuk IPCC dan peneliti-peneliti pro Al Gore lainnya.

    Nah, dalam perdebatan yang memanas antara ilmuwan pro dan kontra Al Gore inilah seorang hacker akhirnya memutuskan untuk masuk ke dalam arena. Email-email dari CRU yang dibobol tersebut dimuat di internet oleh seorang hacker yang menyebut dirinya "FOIA".

    Dalam email tersebut, para peneliti yang memiliki ideologi sama ketahuan bersepakat untuk menutupi data pemanasan global yang tidak sesuai dengan klaim mereka. Email ini telah dikonfirmasi kepada CRU dan mereka mengakui kalau isi email yang muncul di media massa memang berasal dari server mereka.

    Salah satu email yang berhasil diperoleh berasal dari percakapan antara Prof. Phil Jones, kepala dari CRU dan Prof. Michael E Mann dari Pennsylvania State University. Kedua orang ini adalah pendukung utama Al Gore dalam soal pemanasan global.

    Dalam salah satu percakapannya, Prof Jones mengusulkan kepada Prof. Mann untuk melakukan "trik" dengan mengubah data iklim di setiap seri untuk menyembunyikan adanya penurunan temperatur global.

    "Saya baru saja menyelesaikan trik untuk menambahkan data baru di data yang sebenarnya dari setiap seri dalam 20 tahun terakhir dan dari tahun 1961 untuk menyembunyikan penurunan (temperatur)."

    Setelah skandal ini terbongkar, Prof Mann menjelaskan kepada New York Times bahwa para ilmuwan biasa menggunakan kata "trik" untuk merujuk kepada cara terbaik menyelesaikan sebuah masalah dan tidak berarti sesuatu yang rahasia.

    Dalam email yang lain, Prof Jones juga mengatakan bahwa ia lebih baik menghapus data-data yang tidak sesuai dengan klaim mereka daripada mengirim data tersebut ke peneliti lain. Prof Jones juga mendorong Prof Mann untuk melakukan hal yang sama.

    Pada tahun 2009 ini, CRU mendapat banyak kritikan karena menolak untuk merilis data yang digunakan untuk membuat laporan sejarah temperatur permukaan bumi. Permintaan dari peneliti dan ilmuwan lainnya selalu ditolak dan dalam beberapa kasus, pembuat laporan itu mengakui kalau data original yang digunakan sudah hilang.

    Email di atas sepertinya mengkonfirmasi semuanya.

    Selain percakapan yang terjadi antara dua profesor tersebut, email lain yang berhasil dibobol adalah email yang berasal dari Tim Osborn, salah seorang profesor lainnya di CRU. Dalam emailnya, Prof Osborn mendiskusikan dengan rekannya mengenai cara memotong data untuk menyembunyikan tren penurunan suhu iklim global.

    Lalu dalam email lainnya, Prof Mann meminta Prof Osborn agar tidak memforward data yang dikirimnya ke orang lain karena data itu mengkonfirmasi teori para peneliti global warming anti Al Gore.

    Bukan itu saja, salah satu email juga berisi komentar mengenai kematian John L Daly, seorang peneliti penentang Al Gore. Komentar itu berbunyi,"Dalam cara yang aneh, sebenarnya berita ini adalah berita yang menggembirakan."

    Dengan adanya perkembangan terbaru ini, Senator James Inhoffe yang terkenal anti pemanasan global versi Al Gore juga telah menuntut kongres Amerika untuk menyelidiki Pennsylvania State University dan beberapa universitas lain yang diketahui terlibat dalam pemalsuan data ini.

    Sebelumnya, tidak lama setelah ramalan mengenai mencairnya es di Himalaya dirilis oleh IPCC, pemerintah India lewat kementerian lingkungan hidup telah merilis sebuah pernyataan yang menginginkan penelitian yang independen atas kondisi salju di Himalaya. Data yang digunakan pemerintah India saat ini adalah data yang berasal dari para peneliti barat.

    Mengingat besarnya jumlah email yang berhasil dibobol, maka isi email tersebut akan diperiksa lebih lanjut oleh para peneliti lainnya untuk menemukan bukti kebohongan lainnya. Jika ditemukan bukti adanya konspirasi tingkat tinggi, maka kasus ini tentu saja benar-benar akan menjadi skandal sains terbesar di dunia.

    Apakah salju Himalaya akan mencair total pada tahun 2035 ? Jawaban atas pertanyaan ini akan sangat tergantung kepada objektivitas penelitian terhadap salju Himalaya.

    Mereka yang tidak berpengetahuan akan sangat gampang ditipu. Jadi pertanyaannya adalah kapan kita bisa memiliki pengetahuan dan teknologi sekaliber dunia sehingga kita bisa memutuskan untuk diri kita sendiri apakah dunia ini sedang memanas atau mendingin.

    Knowledge is power, right ?:fufufu:

    Maaf kalau ane :repost: gan. Ane jangan di :bata: Demi kepentingan bersama dan :thx: ama cendolnya.
     
    • Thanks Thanks x 10
    • Like Like x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    rudy_zanetti Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
    wah kl emg bner boong, bwt sy mah ga mslh....
    toh bumi juga msti kita jaga walaupun ga ada pemanasan global:piss::piss:
     
  4. Offline

    garuq Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    855
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +118 / -0
    wah ini nih konspirasi terbesar di dunia nih kayaknya..
     
  5. Offline

    SoulHACKER Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 22, 2009
    Messages:
    294
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +92 / -0
    Ya bisa dibilang pembohongan besar2an terhadap publik dunia. Untung saja si hacker berhasil membobol e-mail2 tersebut.:fufufu:

    Kalau gak salah temen gw punya kumpulan e-mail2 yang berhasil dibobol hacker tersebut. Gw lagi usahain untuk mendapatkannya (harus dicek juga keasliannya).:piss:
     
  6. Offline

    masuakal Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    4,511
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,650 / -0
    boong ga boong bumi harus di jaga
    ini lumayan lho ntar materi pembelajaran globalisasi bakalan di apus awkakaka
     
  7. Offline

    osvaldo Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    203
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +120 / -0
    Wah kacau nih, emang orang2 barat itu senengnya mainin negara2 kecil kayak di asia, amerika selatan dan afrika. Semua penelitian bukan untuk kebaikan umat manusia, tapi buat kepentingan mereka. Tapi bagaimanapun juga kita tetap harus menjaga bumi kita.
     
  8. Offline

    davidavk Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 27, 2008
    Messages:
    158
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +529 / -0
    Setuju dengan semuanya...Bumi memang harus di jaga....dengan cara dari diri manusia itu sendiri...harus bisa mengurangi polusi2 yang sangat membahayakan Bumi kita yg tercinta ini...
     
  9. Offline

    ich4n Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,707
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +814 / -0
    konspirasi oh konspirasi. :awas: berani"nya membohongi masyarakat dunia, :hot: haya demi menyelamatkan kepentingan suatu kelompok. :hot:
    tapi kebohongan konspirasi tidak sepenuhnya salah. terlepas dari konspirasi, bumi memang harus dijaga kelestariannya.
     
  10. Offline

    SoulHACKER Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 22, 2009
    Messages:
    294
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +92 / -0
    Ya sebenernya iya juga sih. Kalau misalnya secara terang2an dikatakan bahwa Global Warming itu bohong, maka seluruh masyarakat dunia yang tadinya resah pasti jadi biasa saja sehingga usaha pemeliharaan bumi pun tidak terlalu digalakkan lagi.

    Tapi nyatanya, ada bisnis yang berjalan di balik konspirasi ini. Jadi tidak bisa dibiarkan. Masyarakat dunia berhak mengetahui hal yang sebenarnya.:piss:
     
  11. Offline

    deVnyx Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jun 5, 2007
    Messages:
    2,917
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +1,687 / -0
    Bener ato ndanya intinya sih Bumi kita emank perlahan-lahan mati sih karena ulah manusia...

    >_<
     
  12. Offline

    sanngtimur Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 4, 2009
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +41 / -0
    hmmm.. berarti lebih baik kita mendengar Greenpeace aja ya daripada pemerintah.
    memang lembaga independen sepertinya lebih jujur dan bersih ya..

    btw, sumber nya darimana ya?
    awas dikatain hoax lho.. :piss:
     
  13. Offline

    witheblack Silent Reader Members

    Joined:
    May 22, 2009
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +30 / -0
    bener tu boong ga boong, bener ga bener, BUMI HARUS KITA JAGA.

    tapi apapun itu, jg sampe meresahkan masyarakat yg awam.
     
  14. Offline

    pitiex Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +838 / -0
    sepertinya masyarkat dah resah duluan tuh...
    :haha:

    tp, kalo emanx bener, selama ini kita semua dibohongin bulat2 dnk?
    :???:
     
  15. Offline

    SoulHACKER Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 22, 2009
    Messages:
    294
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +92 / -0
    Sebenarnya bumi rusak bukan karena ulah manusia aja sih. Tapi emang walaupun manusia gak berbuat apapun, bumi tetap aja rusak. Udah hukum alamnya.

    Greenpeace pun sebenernya gak usah terlalu dipercaya. Mungkin saja Greenpeace pun sudah ditunggangi kepentingan bisnis.
     
  16. Offline

    shoulang Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    71
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    mendingan dri skarang kta menjaga bumi,, :piss:
    jdi kan lbih aman :hmm:
     
  17. Offline

    yukimura_sanada Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    110
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +6 / -0
    setuju...bumi memang harus kita jaga..
    soalnya itukan udah menjadi kewajiban kita....yang hidup di bumi ini...
     
  18. Offline

    krabzone Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +13 / -0
    :panda: anehnya koq disini semakin panas aja ya ?

    menurut saya pemanasan global itu nyata krn jelas2 lingkungan kita semakin hari semakin panas saja, namun penyebab dari pemanasan ini mungkin masih tanda tanya ? ada yg mengatakan dari polusi yg kita sebabkan dari asap pabrik dan kendaraan. Ada juga yg mengatakan pengaruh tektonik dalam bumi akibat gaya gravitasi plane X, Ada juga yg mengatakan aktivitas matahari yg meningkat ?

    Namun overall, BUMI memang harus dijaga
     
  19. Offline

    edodoe Beginner Members

    Joined:
    Sep 16, 2009
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    86
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +14 / -0
    bumi yang sekarang ini memang bumi yang berjalan dg semestinya, yang rusak secara perlahan karena ulah tangan kita senidiri.

    jadi kalo bukan kita siapa lagi:awas:
     
  20. Offline

    Cerberus Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 13, 2008
    Messages:
    781
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +227 / -0
    credit please....boleh tw sumber beritanya darimana?
     
  21. Offline

    jhabajajgega Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    248
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,357 / -0
    namanya juga konspirasi, pasti ada oihak yang diuntungkan, dan ada yang dirugikan... :ngantuk:

    btw isu tentang pemanasan global ini udah di cap hoax sama beberapa pakar dari berbagai bidang... :panas:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.