1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Weapon Senapan serbu legendaris dunia, AK-47 (Avtomat Kalashnikova 1947)

Discussion in 'Military Interest' started by Lyco, Dec 25, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,695 / -0
    AK-47 (Avtomat Kalashnikova 1947)




    "It is the Germans who are responsible for the fact that I became a fabricator of arms. If not for them, I would have constructed agricultural machines. (...) If someone asks me how I can sleep at night knowing that my arms have killed millions of people, I respond that I have no problem sleeping, my conscience is clean. I constructed arms to defend my country.[Mikhail Kalashnikov]"


    [​IMG]


    Specifications

    • Tipe : Assault rifle -senapan serbu
    • Negara asal : Soviet Union
    • Desainer : Mikhail Kalashnikov
    • Didesain :1944–1947
    • Diproduksi : Izhmash
    • Tahun produksi : 1949-sekarang
    • Jumlah yang beredar di dunia : Sekitar 75 juta pucuk AK-47 & 100 juta pucuk variannya.





    History


    AK-47 (Avtomat Kalashnikova 1947) adalah senapan serbu yang dirancang oleh Mikhail Kalashnikov, desainnya diilhami oleh Sturmgewehr 44 Jerman saat perang dunia 2, meski yang bersangkutan menyangkalnya. Yang banyak tidak diketahui orang, Mikhail Kalashnikov sendiri awalnya bukanlah seorang desainer senjata melainkan seorang komandan tank T-34. Terluka dalam Battle of Bryansk di bulan Oktober 1941 dan mengharuskannya menginap selama enam bulan di rumah sakit. Saat itulah Mikhail sering mendengar keluhan tentang senapan Soviet dari beberapa prajurit Soviet yang ada disana, Mikhail sendiri yang pernah menggunakan senapan Soviet juga memiliki pendapat yang sama dan akhirnya ia memutuskan mendesain sebuah submachine gun. Walaupun desain senjatanya akhirnya ditolak-kalah bersaing dengan desain PPS43 buatan Sudayev, pemerintah Soviet menyadari bakatnya dan menempatkannya ke bagian pengembangan senjata.



    [​IMG]
    Mikhail Kalashnikov (2009)




    Pada tahun 1944 ia kembali mendesain senapan carbine yang terinspirasi oleh M1 Garand Amerika, akan tetapi kalah bersaing dengan carbine Simonov yang kemudian diadopsi menjadi SKS. Pada saat yang bersamaan pemerintah Soviet juga tertarik mengembangkan senapan serbu murni, Alexey Sudayev yang pernah merancang senjata PPS kembali menyodorkan desain senapan serbu barunya AS-44, akan tetapi senapan serbu ini terbukti terlalu berat sehingga ditolak pemerintah Soviet. Hingga dua tahun kemudian Mikhail membawa desainnya, sebuah senapan dengan sistem gas dan memiliki magazine lengkung yang berisi 30 peluru, secara umum desainnya sedikit banyak mengambil desain Sturmgewehr 44. Kali ini senapan Mikhail berhasil memenangkan kompetisi dan diterima oleh pemerintah Soviet.




    AK-47


    Pada awalnya produksi AK-47 tidaklah berjalan mulus, permasalahannya adalah receiver awal AK-47 terbuat dari stamping lembaran logam. Stamping logam awal ini membuat pengelasan railing pemandu dan ejektor sulit dilakukan, menyebabkan banyaknya AK-47 yang reject. Untuk menyelesaikan hal ini, receiver stamping logam kemudian diganti dengan receiver machined yang dibentuk dengan mesin khusus. Proses ini memakan biaya lebih mahal, tapi untungnya mesin-mesin dan pekerja yang dibutuhkan telah siap - sebelumnya mereka bertugas memproduksi senapan Mosin-Nagant. Karena hal itulah Soviet baru bisa mendistribusikan AK-47 secara luas tahun 1956.

    Setelah permasalahan produksi selesai, tahun 1956 mulai dibuat desain baru yang diberi nama AKM. Model baru ini menggunakan receiver dari stamping logam yang baru dan dilengkapi muzzle break di ujung laras untuk mengurangi hentakan balik. Penahan hammer juga ditambahkan supaya senapan bisa tetap terkendali saat ditembakan full-auto. AKM lebih ringan dari AK seri awal, bobotnya hanya dua per tiganya. Bentuknya yang mirip membuat seringnya kebanyakan orang keliru menyebut semua model AK sebagai AK-47. Penamaan AK-47 hanya digunakan untuk tiga model receiver awal, turunan selanjutnya memiliki penamaan baru.

    Desain


    AK-47 pada dasarnya adalah senapan serbu yang sederhana, murah dan simpel untuk diproduksi massal, selain itu mudah dibersihkan dan dirawat. Menggunakan piston gas yang besar, jarak yang luas antara bagian mekaniknya di receiver dan desain pelurunya, ini membuat AK-47 menjadi senapan serbu yang tetap dapat digunakan menembak walau komponen dalamnya terkena kotoran dan benda asing. Namun keunggulan ini berpengaruh pada akurasi tembakannya. Bagian dalam laras, ruang peluru, piston gas dan interior silinder gas AK-47 dilapisi dengan krom untuk memperpanjang umur komponen tersebut dan mencegah karat. Walau demikian pengguna AK-47 tetap diharuskan melakukan pembersihan rutin terhadap AK-47nya.

    AK-47 memiliki fire selector yang besar yang diletakkan sebelah kanan receiver dengan 3 pilihan penembakan, atas = safe, tengah = full-auto dan bawah = semi-auto. Untuk menambah daya hantam, AK-47 dapat dilengkapi dengan pelontar granat GP-25, GP-30 dan GP-34 yang memiliki jarak efektif 400 meter, amunisi yang dipakai adalah VOG-25 fragmentation grenade yang mempunyai radius ledakan hingga 6 meter.

    Pada masa perang dingin, AK-47 beredar luas di dunia. Pengaruh politik saat itu antara blok barat (Kapitalis) dan blok timur (Komunis) sering membuat banyak konflik di berbagai negara. Uni Soviet yang saat itu menjadi pemimpin blok timur memberikan dukungan kepada negara-negara dan kelompok komunis yang ada, salah satu bentuk dukungannya adalah pemberian berbagai macam senjata seperti AK-47. Pada masa perang Vietnamlah AK-47 NVA memperlihatkan ketangguhannya, bersaing dengan seterunya di selatan yang menggunakan M14 & M16. AK-47 dapat bertahan di iklim tropis Vietnam dan digunakan sebagai senapan serbu standar NVA, sementara rivalnya baik itu tentara Amerika atau tentara Vietnam selatan terkadang mendapati M16nya sering macet.

    Produsen resminya, IZhMASh mematenkan AK-47 baru pada tahun 1999 untuk mencegah produksi senapan tanpa ijin.



    Varian AK


    >Kaliber 7.62x39mm
    AK-47 (Uni Soviet/Russia)
    [​IMG]


    AKS-47 (Uni Soviet/Russia)
    [​IMG]


    AKM (Uni Soviet/Russia)
    [​IMG]


    AKMS (Uni Soviet/Russia)
    [​IMG]


    AKMSU (Uni Soviet/Russia)
    [​IMG]


    AKMSU with RIS(Uni Soviet/Russia)
    [​IMG]


    AK-102 carbine (Uni Soviet/Russia)
    [​IMG]


    AK-104 carbine (Uni Soviet/Russia)
    [​IMG]


    Norinco Type 56-2 (side-folding stock variant)(RRC)
    [​IMG]


    Norinco MAK-90 (RRC)
    [​IMG]


    Zastava M70B1 (Yugoslavia)
    [​IMG]


    AIMS (Rumania)
    [​IMG]


    MPi-KM-72(Jerman Timur)
    [​IMG]


    AMD-63 (Hungaria)
    [​IMG]


    AMD-65 (Hungaria)
    [​IMG]


    Arsenal AR (Bulgaria)
    [​IMG]


    AK Draco Carbine with AIMS folding stock (Rumania)
    [​IMG]


    Valmet M62 (Firlandia)
    [​IMG]


    AK-47 Golden Gun(Iraq-Saddam Hussein only)
    [​IMG]


    AKU-94
    [​IMG]



    >Kaliber 5.56x45mm
    AK-101(Uni Soviet/Russian)
    [​IMG]


    AK-108 (Uni Soviet/Russian)
    [​IMG]


    Norinco Type 84S "Target" Rifle (RRC)
    [​IMG]


    Norinco Type 84S Match Rifle (RRC)
    [​IMG]


    Zastava M85 (Yugoslavia)
    [​IMG]


    Arsenal AR-SF(Bulgaria)
    [​IMG]


    Arsenal AR-M4SF (Bulgaria)
    [​IMG]


    IMI Galil AR (Israel)
    [​IMG]


    Vektor R4 (Afrika Selatan)
    [​IMG]



    *masih banyak varian AK lainnya yang belum masuk.
    **koreksi, menurut sumber sebuah majalah, SVD Dragunov termasuk varian AK, ternyata tidak benar-demikian.




    Trivia


    -Mikhail Kalashnikov sebagai penciptanya ironisnya justru tak mendapatkan keuntungan dari setiap AK yang di produksi, ini karena komunisme tidak mengenal hak paten- setidaknya hingga tahun 1991. Eugene Stoner si pencipta M16 sebaliknya, mendapatkan kekayaan dari M16 ciptaannya, jika Mikhail Kalashnikov mematenkan senjatanya, kekayaannya akan melampaui Eugene Stoner.
    -Magazine AK-47 awalnya terbuat dari baja, kualitas magazine ini lebih baik dibanding milik NATO. Akan tetapi magazine ini digantikan dengan magazine baru campuran baja ringan dan plastik.
    -Penggunaan material kayu awalnya dimaksudkan untuk menghemat material metal, setelah ditemukannya material polymer kuat, maka perlahan kayu mulai ditinggalkan.
    -Magazine standar AK memuat 30 peluru, akan tetapi operator dapat menggunakan 'banana magazine' yang dapat memuat 75 peluru atau drum magazine yang juga memuat 75 peluru.
    -AK-47 digunakan oleh lebih dari 80 negara, belum termasuk perhitungan organisasi dan kelompok bersenjata.
    -Varian AK lebih dari 20 jenis, sampai sekarang terus berkembang.
    -6 negara memakai AK-47 sebagai lambang negara atau simbol AB negara. Seperti Hezbollah yang menggunakan AK-47 dalam bendera mereka.
    -AK diproduksi juga oleh China, Bulgaria, Jerman, Rumania, Vietnam, Mesir, Iraq, India, Korea Utara, Israel. Masing-masing membuat beberapa modifikasi tergantung kebutuhannya sendiri.
    -AK-74U banyak digunakan pasukan khusus Spetsnaz (Russia) walaupun Russia memiliki SMG sendiri.
    -Di perang Vietnam, ketangguhan AK-47 diakui tentara Amerika. M16 yang menjadi senjata utama tentara Amerika sering macet akibat debu dan kotoran, sementara AK-47 NVA tidak.
    -AK punya berbagai varian harga, tergantung produsen dan tempat dijualnya. Biasanya AK-47 baru dijual $600, sedangkan bekas $250-$300. Akan tetapi di negara-negara Afrika, AK-47 dapat diperoleh dengan $150.
    -Pada perang Afganistan, Soviet berhadap-hadapan dengan mujahideen yang dilengkapi Type 56. Type 56 merupakan copy dari AK-47 versi China, dibeli oleh Amerika dan diselindupkan ke Afghanistan. Waktu itu Amerika menganggap mujahideen sebagai kawannya - bahkan film Rambo III memperlihatkan Rambo bersama-sama mujahideen melawan tentara pendudukan Soviet.
    -AK-47 banyak dipakai oleh gerilyawan maupun teroris, mudah didapat, berharga murah, gampang dirawat dan dibersihkan adalah alasan utamanya.
    -Osama bin Laden sering tampil di video menggunakan AK74U.
    -Saddam Hussein memiliki AK-47 yang disepuh dengan emas diantara koleksi senjata emasnya.
    -AK-47 tampil di 44 film action layar lebar, 6 film serial TV, 10 film anime dan tak kurang dari 70 games. Jika digabungkan dengan varian AK lainnya jumlahnya lebih banyak lagi.





    [​IMG]
    Spetsnaz berlatih dengan AK

    [​IMG]
    NVA di perang Vietnam

    [​IMG] [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG][​IMG]





    References


    //www.imfdb.org
    //en.wikipedia.org


    [​IMG]
     
    Last edited by a moderator: Apr 4, 2015
    • Thanks Thanks x 9
    • Like Like x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    dizza Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 21, 2008
    Messages:
    5,578
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,516 / -0
    Nah ini dia yg sering ada di game2..
    Nama aslinya aneh yah.. :???:
    Jadi nga heran kalau ni senjata jadi legenda.. :rokok:
     
    • Like Like x 2
  4. Offline

    mogulemon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 3, 2008
    Messages:
    616
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,062 / -0
    hooo ternyata ak47 singkatan dari Avtomat Kalashnikova 1947 toh, gw suka maen CS pake senjata ini (klo jadi tero), enak sih senjatanya cuma gak bisa di deder terus2 an, suka meleset klo di deder terus, harus sekali-sekali atau max 3 deder peluru. enak power senjata ini kuat banget lho. apalagi klo bisa kena daerah kepala (hedsut) langsung mati musuhnya. kalo jadi CT gw suka pake m4a1, btw m4a1 singkatan dari apa ya?
     
    • Like Like x 1
  5. Offline

    k1m0ch1 Post Hunter Veteran

    Joined:
    Sep 8, 2008
    Messages:
    3,227
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +17,967 / -0
    wah akhirnya di post juga..... :onion-15: :onion-15: jadi gemeter bacanya....nice info bro..

    variant AK-47 yg paling gw sukain.. :


    [​IMG]
     
  6. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,695 / -0
    iya nama aslinya dari Russia, diambil dari nama pembuatnya

    AK memang nggak begitu akurat tp tenaga pelurunya kalau kena lebih kuat dari M4

    M4A1 yang a tau sih Model 4 klo huruf di belakangnya itu biasanya buat variannya


    yup yang ini juga termasuk populer
     
  7. Offline

    blue_lionx Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 13, 2008
    Messages:
    4,372
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +32,152 / -0
    wah, senjata favorite g neh di CS,,

    nice info bro,, [​IMG]

    bunyinya ntu lho yang mantep,,

    PANG PANG PANG!!

    [​IMG]
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,695 / -0
    yang pendek itu bunyinya kecil loh.

    itu yang muncul di game Metal Gear Solid : Son of Liberty

    AK-74U
     
  9. Offline

    ddesta Post Hunter Veteran

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    3,111
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +8,976 / -0
    [​IMG]
    kalo menurut w yg ini lebih keren:top:
     
  10. Offline

    bakakurosu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 15, 2008
    Messages:
    1,859
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +11,469 / -0
    ak 47 tu simbol revolusioner...
    senjata maskot abad 20
     
  11. Offline

    Narain Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 24, 2008
    Messages:
    719
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +146 / -0
  12. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,695 / -0
    tp denger2 sih Russia nanti udah mau replace AK dengan senjata baru, model bullup
     
  13. Offline

    Ashen Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 11, 2008
    Messages:
    411
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +48 / -0

    :???: bingung nh.. Knp SVD Dragunov, PKM, IMI, etc.. D sbut sbagai varian AK-47?? Sama dari segi manany th?? :???:
     
  14. Offline

    marph Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 2, 2008
    Messages:
    540
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +5,853 / -13
    AK47 adalah senjata mematikan yang pernah dibuat oleh manusia, coz:
    -mudah digunakan
    -otomatis
    -ga mudah macet (walo direndam air)
    -ga mudah rusak (walo dilindas mobil)
    -paling banyak digunakan

    pada pernah liat deadly weapon (Discovery Channel)
    wah yg buat pertama kali banyak dosanya tuh ...............
     
  15. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,695 / -0
    varian Kalashnikova

    yang bikin sama orangnya, :haha:
    trus klo antara IMI dll itu basisnya dari AK-47 yang dimodif
     
  16. Offline

    blitzx Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 15, 2008
    Messages:
    1,039
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +5,614 / -0
    sejarah gimana dia bisa buat senjata itu awalnya gimana ?!
    ceritain plis.....
     
  17. Offline

    Sunoe Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2008
    Messages:
    1,947
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,947 / -0
    SVD Dragunov pernah make di game..
    Kayaknya buat night OP waktu itu, ga bisa di-equip ama silencer (compressor) jadi ga ta pakai, salah pilih hehehe....
    Yang jelas
    Semi-Auto jadi ga perlu ngokang dan salah satu senjata sniper andalan Rusia
     
  18. Offline

    DamnTwistedPerson Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    4,409
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,697 / -0
    AK-74 U
    [​IMG]
    [/quote]

    senjata kesukaan gw di CoD :haha:
     
    Last edited by a moderator: Mar 30, 2012
  19. Offline

    Ryosuke Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    2,077
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,031 / -0
    waaaaaa.....

    ternyata aslinya lebih keren dari yang di game

    jadi pengen punya :D
     
  20. Offline

    chandra85 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 17, 2008
    Messages:
    430
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,076 / -0
    hahaha, g kira nama orang lho

    Avtomat Kalashnikova, ternyata nama blkg doang....

    AK-47, sering pake di CS waktu jadi teror
     
  21. Offline

    belmontzzz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    3,644
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,269 / -0
    ada yang punya deskripsi Maverick Carbinenya counter teroris? Maverick Carbine tuh senjata CT kalo AK 47 senjata umumny Terorist
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.