1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Origin sejarah sepatu

Discussion in 'History and Culture' started by blacksheep, Aug 8, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,941 / -0
    sejarah sepatu

    Kebanyakan orang, termasuk kalian tentunya, pernah menggunakan sepatu. Sepatu biasanya kita gunakan ketika akan pergi ke suatu tempat atau beraktivitas. Selain berfungsi untuk melindungi kaki, sepatu juga membuat penampilan kita menjadi lebih rapi dan enak dipandang. Tapi, tahukah kalian, sejak kapan manusia menggunakan sepatu?
    [​IMG]
    Sejarah


    Para ahli sejarah memperkirakan bahwa sepatu pertama kali dibuat pada zaman Es atau sekitar 5 juta tahun lalu. Sepatu itu dibuat dari kulit hewan. Sepatu primitif (kuno) dalam jumlah besar pernah ditemukan di pedalaman Missouri, Amerika Serikat (AS). Diperkirakan sepatu itu berasal dari 8000 Sebelum Masehi (SM). Sepatu lainnya juga pernah ditemukan di pegunungan Prancis dan kemungkinan berasal dari 3300 SM.

    [​IMG]
    Selain dari kulit binatang, ada juga sepatu yang terbuat dari rumput atau semak. Gunanya, untuk melindungi kaki dari teriknya sinar matahari atau dinginnya suhu. Selain di Missouri, ditemukan juga alas kaki yang berasal dari peradaban Mesir Kuno, Viking, dan China kuno.

    Alas kaki yang berasal dari Mesir Kuno, berhiaskan gambar yang sangat indah. Alas kaki tersebut merupakan milik raja Mesir. Alas kaki pada saat itu digunakan untuk menunjukkan status sosial penggunanya. Di zaman itu, hanya para bangsawan dan orang-orang kayalah yang mampu untuk memakai sepatu.
    [​IMG]
    Masyarakat Yunani Kuno juga memiliki alas kaki yang sangat menunjang kegiatan mereka sehari-hari. Sepatu mereka memiliki banyak tali yang diikat di sekeliling betis. Tentara Romawi Kuno juga memiliki sepatu yang sangat khas. Sepatu ini disebut caligae. Saat para tentara Romawi kembali dari peperangan dan menang, caligae diberi paku yang berasal dari perunggu, perak, bahkan emas.

    Perkembangan Sepatu
    [​IMG]
    Seiring bertambahnya waktu, manusia terus menyempurnakan bentuk sepatu. Tentunya, hal itu dimaksudkan untuk lebih memberikan kenyamanan bagi para pemakainya. Lantas, bagaimana sejarah perkembangan sepatu dari masa ke masa? Jawabannya dapat kamu simak pada penjelasan berikut ini.
    [​IMG]

    1800 Sepatu beralaskan sol karet pertama dibuat dan dinamakan plimsolls. 1892 Goodyear dan perusahaan sepatu karet dari US Rubber Company, memulai memproduksi sepatu karet dan kanvas yang diberi nama Keds. 1908 Marquis M. Converse mendirikan perusahaan sepatu Converse. Perusahaan inilah yang membuat sepatu untuk olahraga basket pertama kali.
    [​IMG]

    Sepatu ini pula yang mengubah permainan bola basket lebih dari seabad dan menjadi ikon AS. 1917 Sepatu keds menjadi sepatu atletik pertama yang diproduksi secara massal. Di kemudian hari, sepatu ini disebut sneaker karena solnya lebih halus dan tidak menimbulkan suara decitan pada kondisi tertentu. 1920 Adi Dassler, pendiri Adidas, mulai memproduksi sepatu olahraga buatan tangan di kamar mandi ibunya. Ia membuat sepatu tanpa bantuan alat-alat listrik. 1924 Adi dan Rudolph Dassler, dengan bantuan 50 anggota keluarganya, mendaftarkan bisnisnya dengan nama Gebr der Dassler Schuhfabrik di Herzogenaurach, Jerman.
    [​IMG]

    Ini menjadi awal berdirinya Adidas seperti sekarang 1948 Puma Schuhfabrik Rudolf Dassler didirikan. Sepatu sepak bola pertama Puma digunakan oleh tim sepak bola Jerman Barat. 1950 Sneaker menjadi sepatu pilihan di mana-mana. Pasalnya, sepatu ini murah dan mudah diperoleh oleh seluruh anak muda di seluruh dunia. Selain sneaker, sepatu bertumit tinggi alias stiletto juga menjadi tren di awal 1950-an. 1962 Phil Knight dan Bill Bowerman meluncurkan sepatu atletik berteknologi tinggi (pada masa itu) dengan nama Blue Ribbon Sports (BRS). Seiring dengan desain dan teknologinya yang baru, pada tahun 1968, nama mereka diganti menjadi Nike. 1970 Platform shoes dengan tumit setinggi 2-5 inci atau 5—12 sentimeter menjadi incaran pria dan wanita. Era 70-an juga merupakan awal kepopuleran sepatu model bakiak. 1990 Awal era ini diramaikan dengan jenis sepatu bersol rata, berwarna, dan persegi.
    [​IMG]

    1995 Museum Sepatu Bata di Toronto, Kanada, resmi dibuka pada bulan Mei. 1998-2001 Sepatu lars menjadi salah satu sepatu yang populer di Indonesia. 2006-sekarang Model wedges shoes (berbentuk irisan) merupakan model yang populer di kalangan kaum perempuan. Di samping itu, sepatu-sepatu yang menawarkan kenyamanan bagi para pemakainya mulai menjadi pilihan banyak orang.
    Code:
    http://anehbinunik.blogspot.com/2009/07/sejarah-sepatu.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    pinasthika Beginner Veteran

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    316
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +275 / -0
    wah2.....thx TS...

    memang kadang banyak orang yang memakai sesuatu tp ga tau asal usulnya...

    mgkn dgn info ini, gw bakal lebih tau ttg sejarah barang yg tiap hari hampir gw pake ke kampus...(karena d kampus gw ga boleh pake sendal...:onion-72::onion-72: padahal kan enak klo ke kampus pake sendal :haha::lol:)
     
  4. Offline

    mummy_dkill Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 24, 2008
    Messages:
    806
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +85,388 / -0
    nice info bro, sayangnya ga ada gambar sepatu2 jaman batu
    ama sepatu2 pertama yang dicipatakan
    spt adidas pertama, keds pertama, dll

    but thanks anyway
     
  5. Offline

    Fahmy Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    1,387
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +31,260 / -0
    Besog Pasti sepatu Tambah Tambah Baguzzzz...

    heheee Pasti Jadi makinn Kerennnnn
     
  6. Offline

    n_iz_are Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    1,373
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,978 / -0
    thx boz inponya...
    baru tau tu sejarahny...
    moga teknologi spatu makin maju...
     
  7. Offline

    Saracen Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    269
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +133 / -0
    bagus nih info nya:top:
    cuman sayang g ada pic sepatu y jaman dulu kala
    adanya malah pic sepatu y sering ane liat di mMall-mMall:ngantuk:
     
  8. Offline

    xanderlinkz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 4, 2009
    Messages:
    619
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,122 / -0
    ada sejarahnya juga to,,,
    kirain dari dulu emang sepatu uda jadi kebutuhan dasar,,,:swt:
     
  9. Offline

    yoshikanji Superstar Veteran

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,466
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +38,399 / -0
    Keliatannya ini thread bagus, dengan ini thread saya re-open.
    Silahkan kasih komentar mengenai artikel di atas.


    Regards,
     
  10. Offline

    dikzzz Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 25, 2010
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    itu sepatu kuno nya aneh bgt ya kalau d liat,makai bahan alakadar nya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.