1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Sejarah Pempek Palembang

Discussion in 'History and Culture' started by sheldonopolis, Aug 13, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    sheldonopolis Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 16, 2011
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +61 / -0
    Pempek adalah salah satu kekayaan kuliner nusantara. Tidak hanya dari lokal, orang luar negeri pun suka makan pempek palembang.
    tapi bagaimanakah sejarah pempek itu? ini sejarahnya.......

    [​IMG]
    Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan "apek", yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.

    Berdasarkan cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi yang belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Ia kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan "pek … apek", maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek.[1]

    Namun cerita rakyat ini patut ditelaah lebih lanjut karena singkong baru diperkenalkan bangsa Portugis ke Indonesia pada abad 16. Selain itu velocipede (sepeda) baru dikenal di Perancis dan Jerman pada abad 18. Selain itu Sultan Mahmud Badaruddin baru lahir tahun 1767. Juga singkong sebagai bahan baku sagu baru dikenal pada zaman penjajahan Portugis dan baru dibudidayakan secara komersial tahun 1810. Walaupun begitu sangat mungkin pempek merupakan adaptasi dari makanan Cina seperti baso ikan, kekian ataupun ngohyang.

    Pada awalnya pempek dibuat dari ikan belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan belida, ikan tersebut diganti dengan ikan gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih.

    Pada perkembangan selanjutnya, digunakan juga jenis ikan sungai lainnya, misalnya ikan putak, toman, dan bujuk. Dipakai juga jenis ikan laut seperti Tenggiri, Kakap Merah, parang-parang, ekor kuning, dan ikan sebelah. Juga sudah ada yang menggunakan ikan dencis, ikan lele serta ikan tuna putih....

    Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Pempek
     
    Last edited by a moderator: Aug 13, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    Hm, makanan ini udah terkenal banget sekarang, khasnya orang Palembang (wong kito)

    Ada yang tau nggak di sini soal sejarah kenapa dinamai kapal selam dll :hihi:
     
    Last edited: Aug 13, 2011
  4. Offline

    sheldonopolis Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 16, 2011
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +61 / -0
    Ceritanya begini gan, sebagaimana diketahui pempek kapal selam adalah pempek yang isinya adalah satu buah butir telor utuh, bisa telor ayam bisa telor bebek (telor bebek lebih enak dai telor ayam untuk pempek). Jadi, dari adonan pempek, dibentuk sedemikian rupa sehingga ketika telur dipecahkan, semua isi telur baik itu putih dan kuning telur dapat masuk ke dalam adonan pempek. Kemudian ditutup lagi hingga tidak bocor.

    Setelah di buat, langkah selanjutnya adalah merebus. Nah, penamaan kapal selam berasal dari keunikan ketika merebus pempek ini. Ketika kita memasukkan pempek pertama kali kedalam panci berisi air. (syarat merebus pempek, airnya harus lebih, tidak boleh sedikit) maka pempek kapal selam ini akan tenggelam di dasar panci. Uniknya, tanda bahwa pempek tersebut sudah matang adalah saat si pempek naik ke atas permukaan air dan mengapung. Jadi tenggelam kalau belum masak, mengapung kalau sudah masak. Kata orang palembang, seperti kapal selam, bisa tenggelam dan mengapung, maka jadilah namanya pempek kapal selam.

    itu info yang ane dapet dari yang punya toko pempek di palembang..
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    sheldonopolis Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 16, 2011
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +61 / -0
    asli gan, yang paling uenak tenan lagi kalo agan dateng ke palembang dan wisata pempek disana, maknyooooossssssss
     
  6. Offline

    PzGren Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    519
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +6 / -0
    Kl variasi-variasi pempek itu berkembangnya sejak kapan ya? :iii:
     
  7. Offline

    tedja06 Silent Reader Members

    Joined:
    May 26, 2010
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    pernah dibahas juga di tipi..
    tapi ane ga doyan sm pempek.. rasanya agak aneh..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.