1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Sehat dengan Terapi Tertawa

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by soulhunter, Jul 7, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    soulhunter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,895
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,942 / -0
    Sehat dengan Terapi Tertawa
    Penulis : Ikarowina Tarigan

    SAAT merasa tertekan dan stres dengan segala aktivitas Anda, maka tertawalah. Kalimat yang menyatakan kalau tertawa adalah obat, benar adanya. tertawa bisa membantu Anda membentuk pola pikir positif sehingga selanjutnya Anda akan berpikir dengan cara yang lebih postif. Tertawa, merupakan cara yang paling baik dan paling ekonomis dalam melawan stres. Tertawa akan merelakskan otot-otot yang tegang. Tertawa juga melebarkan pembuluh darah sehingga memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Selain itu, tertawa juga berperan dalam menurunkan kadar hormon stres epineprine dan cortisol. Jadi, bisa dikatakan kalau tertawa merupakan meditasi dinamis atau teknik relaksasi yang dinamis. Bedanya, Anda tidak perlu memusatkan pikiran. Karena itu, tertawa merupakan bentuk meditasi yang paling mudah dan bisa membuat Anda relaks dalam waktu singkat.

    Selain untuk mengatasi stres, berikut beberapa manfat lain dari tertawa:

    Menguatkan sistem kekebalan tubuh

    Sistem kekebalan tubuh berperan besar dalam menjaga kesehatan dan melawan infeksi, alergi serta kanker. Para psychoneuroimmunologist telah membuktikan bahwa semua emosi negatif seperti kecemasan, depresi atau kemarahan akan memperlemah sistem kekebalan tubuh. Karena itu akan mengurangi kemampuan melawan infeksi. Menurut Dr. Lee S. Berk dari Loma Linda University, California, USA, seperti dikutip situs latterklub, tertawa membantu meningkatkan jumlah sel-sel pembunuh alami (dikenal dengan sel NK, sejenis sel darah putih) serta meningkatkan kadar antibodi.

    Penelitian telah menemukan, setelah terapi tertawa, terjadi peningkatan jumlah antibodi (immunoglobin A) pada mucus atau lendir dalam hidung serta saluran pernapasan. Hal ini diyakini bisa melindungi dari serangan virus, bakteri serta mikroorganisme lainnya. Efek tertawa dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dinyatakan sangat signifikan dalam menangani penyakit mematikan seperti AIDS dan kanker.

    Latihan aerobik terbaik

    Dengan tertawa, Anda akan merasa jauh lebih baik. Mereka yang telah melakukan terapi tertawa mengaku merasa segar sepanjang hari setelah tertawa selama 15 menit di pagi hari. Tidak ada obat seperti tertawa, yang bisa mendatangkan manfaat dalam waktu instan. Dengan tertawa, Anda akan menghirup lebih banyak oksigen sehingga Anda juga merasa lebih baik. Tertawa bisa dibandingkan dengan latihan aerobik lainnya, tapi tentunya Anda tidak perlu memakai sepatu dan baju yang khusus. Anda juga tidak perlu berkeringat di lajur jogging. Menurut Dr. William Fry dari Standford University, 1 menit tertawa setara dengan 10 menit latihan di sepeda mesin. Dengan kata lain, tertawa akan menstimulus jantung dan sirkulasi darah, sama seperti latihan aerobik standar lainnya.

    Depresi, kecemasan dan gangguan kejiwaan

    Stres dan tekanan akibat gaya hidup modern merupakan beban bagi tubuh dan jiwa Anda. Akibatnya, penyakit yang berkaitan dengan pikiran seperti kecemasan, depresi, gangguan mental serta insomnia juga semakin meningkat. Untuk mengatasi hal ini, cobalah tertawa. Banyak pasien pengguna pil antidepresaant merasa jauh lebih baik setelah tertawa.

    Tekanan darah tinggi

    Selain faktor keturunan, obesitas, merokok serta kelebihan lemak jenuh, stres merupakan salah satu faktor utama penyebab tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Dan dengan tertawa, Anda bisa membantu mengontrol tekanan darah dengan cara mengurangi stres berkaitan dengan hormon serta membuat Anda relaks.

    Hasil percobaan telah menunjukkan, mengikuti sesi tertawa selama 10 menit terbukti bisa menurunkan tekanan darah sebanyak 10-20 mm tekanan. Tapi, tidak berarti kalau Anda yang biasanya menggunakan 2-3 pil sehari bisa sembuh secara total dengan tertawa. Tapi, dengan tertawa, jumlah 3 tablet bisa dikurangi menjadi 2, dan mungkin setelahnya Anda bisa terbebas dari obat.

    Penghilang rasa sakit alami

    Tertawa bisa meningkatkan jumlah endorphin, penghilang rasa sakit alami, di dalam tubuh. Norman Cousins, seorang jurnalis dari Amerika yang menderita sakit tulang belakang mengalami perbaikan setelah mengikuti terapi tertawa. Padahal sebelumnya obat-obat penghilang rasa sakit yang digunakan sama sekali tidak membantu mengurangi rasa sakitnya. Endorphin yang dilepaskan saat tertawa membantu mengurangi intensitas rasa sakit pada mereka yang menderita radang sendi, serta kekakuan pada otot-otot. Banyak perempuan juga melaporkan mengalami pengurangan rasa sakit akibat migrain dan jenis sakit kepala lainnya.

    Jogging internal

    Banyak olahraga yang bisa dilakukan untuk menguatkan otot-otot tubuh, tapi tertawa juga sekaligus berperan sebagai pijatan bagi organ-organ dalam. Tertawa bisa meningkatkan suplai darah. Tertawa bisa menjadi pijatan terbaik bagi usus halus. Tertawa akan meningkatkan suplai darah dan membantu agar usus bisa bergerak dengan benar.

    Membuat Anda terlihat lebih muda

    Tertawa merupakan olahraga terbaik bagi otot-otot wajah. Tertawa bisa mengencangkan otot wajah dan meningkatkan ekspresi wajah. Saat tertawa, wajah memerah karena peningkatan suplai darah di dalam tubuh, yang sekaligus akan menutrisi kulit wajah dan membuat kulit lebih bersinar. Mereka yang tertawa terlihat lebih gembira dan menarik. Tertawa akan menekan kelenjar air mata. Hal ini melembabkan mata dan membuat mata Anda lebih bersinar. Tertawa juga melatih otot-otot perut serta membantu mengencangkan otot-otot perut.

    Nah, apalagi yang Anda tunggu. Jangan biarkan kulit wajah Anda mengerut akibat tekanan stres. Jika takut dianggap gila karena tertawa sendiri. Carilah tempat sepi dan luangkan waktu untuk tertawa. Jangan lupa mengawali hari Anda dengan tawa. Selain akan membuat Anda merasa lebih baik sepanjang hari, tentunya Anda bisa tertawa lebih bebas dan sepuas-puasnya saat masih berada di rumah.

    Code:
    http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2009/06/25/1325/13/Sehat-dengan-Terapi-Tertawa
    
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    boku Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,870 / -0
    Bro ini cuma dipagi hari doank cukup yh :onion-89:
    brarti siang ama sore boleh ga ketawa donk :haha:

    Gw juga pernah dengar idealnya ketawa sehari itu sebanyak 100 kali "durasi juga kurang tau" tp katanya ini bisa memperlambat terjadinya penuaan dini gitu :rokok:
     
  4. Offline

    soulhunter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,895
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,942 / -0
    ^^
    terserah bro mw tertawa dari pagi ampe pagi lagi juga . .
    asal jangan ketawa tiba2 ditempat umum,di bis,di lift .
    tar bisa disangkain gila . .

    ha . .ha. . ha. .
     
  5. Offline

    Rein_Heartnet Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    286
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +11 / -0
    Untung gw sering ketawa2 nda jelas ma tmn2...:lol::lol::lol:
    (Bego bngt ya:ngupil::ngupil:)
     
  6. Offline

    Caln Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2008
    Messages:
    556
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,949 / -0
    Wa tapi kalo sering ketawa suka kaku tuh wajahnya...
     
  7. Offline

    tehkotak88 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    1,325
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,646 / -0
    Masa sih bro...

    G suka ketawa cekikikan tiap hari tp ngga pernah cape tuh...

    Mang ketawa ini dianjurkan oleh banyak psikiater kok biar ga stres

    Yg ada paling sakit perut klo ketawa kenceng2 :lol:
     
  8. Offline

    renkinjutsushi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    1,434
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +12,279 / -0
    kayaknya bener banget tuh,
    terapi paling murah kayaknya, ga usah bayar juga ! ! !
     
  9. Offline

    lazuard Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    410
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +13 / -0
    tertawalah sebelum tertawa dilarang:)
     
  10. Offline

    lyneard Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    648
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +459 / -0
    eh btw klk kita tertawa sama cemberut tu jumlah otot yan di gerakan tu sama gak sih????
     
  11. Offline

    banop Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    1,720
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,900 / -0
    kalo udah stress berat, tubuh jg udah punya mekanismenya sendiri kok.. dengan ketawa2 sendiri tanpa sebab :ngacir:
     
  12. Offline

    cowonokia Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    keep smile and laugh :))
     
  13. Offline

    ginji Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    266
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +34 / -0
    tapi jangan kebanyakan tertawa nanti kata orang disangka gila lo:onion-80::onion-80::onion-80:
     
  14. Offline

    canvas Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    301
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +12 / -0
    wkwkkww tertawa emang bs bikin nyaman di hati....tp juga klo tertawa ampe terbahak-bahak jg bikin prut sakit lo, mgkn ototnya ya
    asal jgn tertawa tanpa sebab loo..:P
     
  15. Offline

    bleui Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 19, 2009
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,196 / -0
    nice info bro, senantiasa tertawa lah kita semua... asal ada sebabnya ya.... jangan tau-tau ketawa sendiri :hahai:
     
  16. Offline

    Cythera Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    wah iya emang ketawa bagus
    tapi aku yg sering ketawa, malah ketawa juga pas temen aku nangis garagara aku katanya (intrik mereka menjahili ku agar aku nangis)
    hahaha
    kadang aku suka dibilang : "dia mah mau dimarahin juga ketawa hahaha" kata sahabat2 aku XD
     
  17. Offline

    peys032 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    460
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +8,359 / -0
    selain tertawa menyehatkan dan buat awet muda
    senyum juga ibadah !
     
  18. Offline

    singalapar Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    ada yang tahu klub tertawa di jakarta ga?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.