1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Sariawan, Tak Seremeh yang Dikira

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by jHony, Oct 2, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    jHony Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,606
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,509 / -0
    - Sariawan merupakan suatu kelainan pada selaput lendir mulut, yang ditandai adanya bercak luka berwarna putih pada dinding mulut atau bibir. Meski kecil dan letaknya tersembunyi di rongga mulut namun sariawan bisa menimbulkan rasa nyeri hebat. Menurut drg. Ratu Mirah Afifah, GCCLindent, MDSc, staf pengajar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran, Bandung, di dalam rongga mulut banyak terdapat bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan sariawan.

    Sariawan juga bisa disebabkan karena gangguan keseimbangan tubuh akibat stres, kurang vitamin C, kurang tidur. Faktor lain yang menyebabkan sariawan antara lain kesalahan menggosok gigi, apalagi jika menggosoknya serampangan dan tak hati-hati. Luka di seputar mulut akibat tergigit atau terjatuh juga bisa menyebabkan infeksi dalam bentuk sariawan.

    "Pemakaian gigi palsu atau kawat gigi yang tidak pas juga akan membuat jaringan lunak teriritasi sehingga timbul sariawan," papar Ratu. Sebatang rokok juga bisa merusak vitamin C yang ada dalam tubuh, akibatnya seorang perokok lebih mudah terkena sariawan.

    Sariawan yang disebabkan oleh faktor lokal infeksi biasanya akan sembuh dalam waktu dua minggu. Akan tetapi, bila luka mirip sariawan tetap menetap hingga berbulan-bulan, bisa jadi itu merupakan tanda penyakit serius, seperti HIV/AIDS atau kanker mulut. "Penyakit gangguan kekebalan tubuh seperti HIV bisa menyebabkan tubuh mudah terserang infeksi, terutama luka dalam mulut," kata Ratu.

    Karena itu bila Anda mengidap penyakit sariawan yang tak kunjung sembuh, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    Ada beberapa cara yang bisa mencegah sariawan, misalnya makan dengan tenang agar bibir atau lidah tidak tergigit. Luka di kedua tempat itu lambat penyembuhannya sehingga mudah terkena infeksi bakteri atau kuman di mulut. Pastikan gigi dan mulut selalu terawat, berkumurlah dengan antiseptik jika ada gangguan sariawan, serta hindari stres. Perbanyak pula sayuran dan buah-buahan karena banyak mengandung vitamin C, B2, B5, dan asam folat yang sangat bermanfaat mencegah sariawan.


    sumber: KOMPAS.com
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    yoi... khususnya orang HIV-AIDS lebih sering terkena candidiasis, yg tampak sebagai selaput putih di lidah yg mudah dicopot dan dasarnya kemerahan... candidiasis mulut itu sendiri sering menjadi suatu tanda awal di mana dokter mulai curiga seseorang terserang HIV-AIDS, apalagi kalo tidak sembuh2.

    sedangkan kalo kanker mulut, bisa berupa sariawan / bentolan di dalam mulut yg gak sembuh2. sehubungan dengan luka di mulut, kanker darah (leukemia) juga bisa menimbulkan gejala gusi berdarah sewaktu gosok gigi. CMIIW

    nice post mod... :piss:
     
  4. Offline

    MiniMaximA Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    1,040
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +40 / -0
    Sukuur sukuur, sampai saat ini gw cuman kena sariawan biasa biasa aja, gak ada yg sampe mengancam kayak keterangan diatas.
     
  5. Offline

    moonlightwolfz Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    193
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +19 / -0
    Namanya penyakit sekecil apapun pasti bakal berdampak pada Tubuh..
    So....
    Jaga kesehatan..
    makan teratur...
    tidur teratur..
    maen game teratur...
    :piss:
     
  6. Offline

    mellody Lurking Around Veteran

    Joined:
    Nov 27, 2008
    Messages:
    1,492
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,578 / -0
    Vitamin C banyak juga di sambel yah?? :piss:

    Ada orang bilang katanya kalo bnyk makan sambel ntar bisa daya tahan terhadap sariawan cukup tinggi, tapi sekalinya kena sariawan, bisa lebih menyiksa daripada orang biasa... :swt:

    Anyway, :niceinfo: gan~

    Btw, lidah saya pernah tergigit waktu ngomong dan langsung sariawan...
     
  7. Offline

    jaimaru Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 7, 2009
    Messages:
    304
    Trophy Points:
    57
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9 / -0
    wah2 HIV bisa dari seriawan
    keliatannya itu abis masukin brg xxx ke mulut ya....
    untung aku jrg-ga pernah sariawan
     
  8. Offline

    fuadpahing Lurking Around Veteran

    Joined:
    Oct 30, 2008
    Messages:
    1,568
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +9,954 / -0
    bibir saya sering mengelupas, apa itu sariawan :???:

    hati2 nih, masak kena HIV :swt:
     
  9. Offline

    arevhan Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0

    maen game teratur ? apa itu masuk juga ? wkwkwkw
     
  10. Offline

    canvas Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    301
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +12 / -0
    dulu perna sariawan plg byk lsg ada 4...sakit bgtt,
    tp untungnya dh jarang
    yah perbyk minum vitamin C atau jus jeruk biar gk sariawan..ma jaga kesehatan mulut kita, tp jika kena sikat gigi tlalu keras, ketatap ssuatu psti jg sariawan lo..hati2..wkwkw
     
  11. Offline

    dindaphobia Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    484
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +78 / -0
    untung gw sekarang dah gak sariwan lagi....
    banyakin makan buah yang ngandung vitamin C rahasianya....
     
  12. Offline

    niceangel Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    165
    Trophy Points:
    116
    Ratings:
    +2,560 / -0
    nih sesuai dgn kondisi gw skrg yg lagi sariawan ga sembuh2 sdh 1minggu rasanya bibir mo di monyong2in trus biar ga ksenggol2 ma gigi, perih...perih...
    gara2 lupa minum air putih yg byk kl pas kerja,jg ga makan buah2an jdnya ky gini udah kasep....
    udah pake cara terakir punya'e mbok2 jmn dulu: ambil daun sirih/suruh 1lembar dikunyah2 ampe alus trus air /getahnya hasil dari kunyahan dikumur2 dimulut dikenain sariawannya,emang rasanya getir banget n rata2 ga da yg mau pdhl dr air daun sirih tu mengandung anti septik/ anti bakteri yg bs mnyembuhkn luka2 dibibir/ tenggorokan (misal: batuk).ato cr lain dgn merebus kr2 5-8lbr daun sirih tsb smp daunnya bner2 layu,ya kr2 10-15menit, abis tu diminum
    lakukan hal tsb 2-3x sehari smp bnr2 sembuh,cara penyembuhan yg bner2 murah, beli aja dipasar sribu rupiah dah dpt brlembar2.
    tp ya ada tapinya..... harus kuat mnahan rasa getirnya tsb,
    slamat mencoba.....
    kbetulan udah 3x dlm 1hr ni dah lmyn koq,ga gt sakit lagi.+rajin gosok gigi teratur,ma maem sayur n buah
     
  13. Offline

    frissa4me Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 20, 2009
    Messages:
    733
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +127 / -0
    gw pe skrg masih g yakin lw penyebab sariawan tuh kaya yg TS sebutin,,soalnya g ad angin g ad ujan,,suka muncul tiba2 lw kata gw mah
    aneh y
     
  14. Offline

    Haruhiism_sugiisugii Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 31, 2008
    Messages:
    746
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +182 / -0
    paling ga enak sariawan kalo pas lagi sikat gigi :haha: sengsara setengah mati.
    daripada jeruk lebih bagus buah kiwi deh, btw sayur vitamin c contohnya apa ya bro?
     
  15. Offline

    raynoism Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 26, 2009
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    sariawan yang berkepanjangan bisa bahaya karena bisa saja itu merupakan gejala, kanker lidah. atau kanker gusi.
    kanker lidah itu susah sembuhnya
    jadi musti hati2 kalau makan jangan sampai melukai lidah dan gusi, makan sate juga hati2.
    gosok gi2 jangan keras2 bisa kanker ntar dan sikat gigi jadi rusaj
     
  16. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    untuk urusan ortodontie dan pemasangan gigi palsu, semuanya mesti diukur dan dipasin ke orang yg bersangkutan dgn hati2.
    di samping itu si pasien juga harus menjaga benar2 makanan dan penanganan jika ada luka di dalam mulut.
    abis kalo sampe sariawan, bisa2 sangat mengganggu dan gigi palsu/kawat harus disetting ulang (cmiiw, gw gak begitu paham).
     
  17. Offline

    doni22 Silent Reader Members

    Joined:
    May 11, 2010
    Messages:
    81
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22 / -0
    gaan,,
    gw sering bet sariawan.. berkelanjutan lagi,, kalo uda sembuh ditempat yang satu
    trs tumbuh sariawan lagi ditempat yang laen..
    kalo mw konsul ke dokter,, dokter apaya gan???
     
  18. Offline

    TurquoiseCat Beginner Members

    Joined:
    Apr 4, 2010
    Messages:
    303
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0
    perih bgt kl udah sariawan,
    apalagi kl sariawannya malah nambah gede,
    untung sembuh jg walau lama
    hrs rutin konsumsi vit.c setiap hari
     
  19. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    Ada juga orang yg sariawan melulu, nah kalo ini, sebaiknya bener2 dicek ada apa...
    Biasa yg suka sariawan karena kurang makan buah dan sayuran; atau yg cara makannya salah, atau bisa jadi ada masalah di gigi dan mulut?
    Yang penting kalau sariawan itu dirasa mengganggu banget dan sering berulang, coba ke dokter dan cari tau ada apa masalahnya.
     
  20. Offline

    refal Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    135
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    belum tentu jg banyak makan buah mengandung vit C bisa mencegah :???:
    gw sama bokap paling doyan ama buah, sehari itu hrus makan buah tp qt berdua yg pling langganan sariawan diantara smua anggota kluarga, adik gw yg ga suka banget ama yg namanya buah malah ga pernah sariawan..
    koq bs gt ya... :yareyare:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.