1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Pria Bertubuh Kurus Lebih Susah Punya Anak ?!

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by jHony, Oct 26, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    jHony Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,606
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,506 / -0
    [​IMG]

    Penemuan yang dilakukan oleh European Society of Human Reproduction and Embryology tersebut menunjukkan bahwa pria dengan indeks massa tubuh atau BMI (Body Mass Index) normal, yaitu antara 20 dan 25 memiliki level sperma yang tinggi dibanding mereka yang obesitas dan juga terlalu kurus.

    Dalam Journal Human Reproduction tahun 2004 disebutkan bahwa obesitas akan memicu paha dan alat kelamin pria tertekan sehingga menimbulkan panas. Padahal peningkatan lebih dari 1 derajat dari ambang batas saja akan berakibat negatif pada sperma.

    Seperti dikutip dari Askmen, pria yang terlampau kurus pun ternyata bisa mengalami gangguan produktivitas sperma, tapi bukan dengan alasan yang sama dengan pria obesitas. Pria dengan badan yang sangat kurus akan memiliki sistem hormon yang tidak seimbang dan juga asupan nutrisi yang kurang.

    Nutrisi dari makanan juga sangat penting untuk produksi sperma. Pria dengan nutrisi buruk akan terlihat dari tubuhnya yang sangat kurus. Kalau untuk mencukupi kebutuhan dan perkembangan sel-sel di tubuhnya saja sudah kurang, apalagi untuk meningkatkan kualitas dan produksi sel-sel yang menghasilkan sperma.

    Ketidakseimbangan hormon dan kurangnya nutrisi juga ternyata berpengaruh pada faktor keturunan. Sperma yang bisa membuahi sel telur (ovum) adalah sperma yang terpilih dari berjuta-juta sperma lainnya yang dikeluarkan seorang pria. Namun jika kualitas sperma-sperma itu buruk, maka kemungkinan membuahi ovum pun menjadi kecil atau kalaupun bisa akan meningkatkan risiko anak terlahir cacat.

    Oleh karena itu, pria yang memiliki BMI di bawah rata-rata sebaiknya mengonsumsi suplemen yang bisa menambah asupan nutrisi yang kurang. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa suplemen yang mengandung vitamin C, seng, L-carnitine (asam amino) bisa membantu meningkatkan kualitas sperma bahkan mendapatkan keturunan.

    Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan terhadap 47 pria dengan mobilitas sperma yang buruk. Mereka diberi 3 gram L-carnitine setiap harinya dan ternyata suplemen tersebut mampu menggandakan jumlah spermanya.

    Penelitian lain juga dilakukan dengan memberikan suplemen seng berdosis tinggi, dan ternyata hasilnya sama, seng bisa memperbaiki kualitas sperma. Sebanyak 101 orang pria yang tidak subur mendapatkan 440 mg seng sulfat paling tidak selama dua bulan.

    Dan hasilnya, lebih dari 75 persen partisipan berhasil mendapatkan keturunan. Konsumsi vitamin C 250 mg setiap harinya pun bisa mengurangi kerusakan oksidatif pada sperma. Ini artinya, vitamin bisa membantu mencegah cacat kelahiran yang disebabkan oleh kualitas sperma yang buruk.

    Jadi, jika BMI sudah tidak normal atau Anda tergolong kurus, sebaiknya segera cari cara untuk meningkatkan berat badan.

    Sumber: detik.com
     
  2. Offline

    ireh Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,310 / -0
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.