1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Peta Pikiran (Mind Map)

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by gusrus, Feb 17, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    gusrus Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,429 / -0
    Otak manusia bekerja dengan pola tertentu. Ada semacam peta yang bekerja untuk membuat interkoneksi di seluruh tubuh kita. Interkoneksi tersebut saling memberi dan menerima. Dengan demikian, manusia dapat melakukan seluruh pekerjaannya dengan baik. Bila otak tak mampu melakukan itu semua, maka koordinasi dalam tubuh kita akan menjadi kacau. Akibatnya, kita tak mampu menyelesaikan seluruh kegiatan dengan baik.

    Demikian pula bila kita ingin melakukan pekerjaan sehari-hari dengan baik, maka kita harus membuat sebuah sistem koordinasi dengan baik. Salah satu cara yang populer untuk membuat sistem koordinasi tersebut adalah dengan peta pikiran atau Mind Map. Dengan peta pikiran, kita dapat menyusun sebuah rencana kegiatan dengan sebaik-baiknya. Dengan peta pikiran ini, manusia akan mampu melaksanakan kegiatannya secara baik.

    Seorang guru harus tahu tentang peta pikiran ini. Gunanya adalah untuk merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan belajar mengajar dengan baik. Dengan peta pikiran pula, guru dapat menyiapkan diri secara maksimal ketika akan memberikan pelajaran. Dan yang terpenting, guru akan terbantu dalam menjelaskan sebuah materi pelajaran secara mudah, jelas, dan efektif.

    Bagi yang belum terbiasa, membuat peta pikiran akan lebih sulit. Tapi, apabila dipelajari maka akan mudah dilakukan. Belajar membuat peta pikiran tak sesulit yang dibayangkan. Kalau melihatnya, terasa sulit, tetapi bila kita memperlajarinya akan sangat mudah. Hanya butuh waktu beberapa menit, kegiatan membuat peta pikiran pasti akan bisa. Apapun yang akan kita lakukan dalam proses belajar mengajar, peta pikiran akan membantu kita merencanakan dan mengkoordinasikannya secara baik.

    Belajar fisika, matematika, sejarah, olah raga, kesenian, dan lain-lain, akan lebih mudah diberikan apabila seorang guru memiliki peta pikiran yang telah disusun secara baik. Konsep-konsep pelajaran yang demikian banyak akan lebih mudah untuk dijelaskan ketika guru menggunakan peta pikiran. Pelajaran sejarah yang demikian rinci, akan lebih ringkas dengan menggunakan peta pikiran, walaupun penjelasan yang bisa berikan sangat banyak.

    Begitulah, peta pikiran akan memberikan kemudahan bagi guru dalam memberikan pelajaran kepada para siswanya. Siswapun akan lebih mudah dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Jadi, peta pikiran ini juga harus dipahami oleh para siswa. Guru juga harus mengajarkan siswanya bagaimana membuat peta pikiran. Siswa yang mampu membuat peta pikiran dengan baik dapat dipastikan akan lebih mudah memahami pelajaran dibandingkan dengan siswa yang tak mampu membuatnya lebih baik. Tugas gurulah untuk mengajarkan kepada para siswanya bagaimana membuat peta pikiran secara lebih baik.

    Menurut Tony Buzan, untuk membuat peta pikiran (Mind Map) diperlukan tujuh langkah. Langkah-langkah tersebut adalah :

    1. Mulai dari bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya diletakkan mendatar. Mengapa? Karena memulai dari tengah memberi kebebasan kepada otak untuk menyebar ke segala arah dan untuk mengungkapkan dirinya dengan lebih bebas dan alami.

    2. Gunakan gambar atau foto untuk ide sentral anda. Mengapa? Karena sebuah gambar bermakna seribu kata dan membantu kita menggunakan imajinasi. Sebuah gambar sentral akan lebih menarik, membuat kita tetap fokus, membantu kita berkonsentrasi dan mengaktifkan otak kita.

    3. Gunakan warna. Mengapa? Karena bagi otak, warna sama menariknya dengan gambar. Warna membuat Mind Map atau peta pikiran kita lebih hidup, menambah energi kepada pemikiran kreativ, dan menyenangkan.

    4. Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tiga ke tingkat satu dan dua, dan seterusnya. Mengapa? Karena otak bekerja menurut asosiasi. Otak senang mengaitkan dua (atau tiga, atau empat) hal sekaligus. Bila kita menghubungkan cabang-cabang, kita akan lebih mudah mengerti dan mengingat. Penghubungan cabang-cabang utama akan menciptakan dan menetapkan struktur dasar atau arsitektur pikiran kita. Ini serupa dengan cara pohon mengaitkan cabang-cabangnya yang menyebar dari batang utama. Jika ada celah-celah kecil di antara batang sentral dengan cabang-cabang utamanya atau di antara cabang-cabang utama dengan cabang dan ranting yangg lebih kecil, alam tidak akan bekerja dengan baik! Tanpa hubungan dengan mind map anda, segala sesuatu (terutama ingatan dan pembelajaran) akan berantakan. Jadi buat hubungan!

    5. Buatlah garis hubung yang melengkung, bukan garis lurus. Mengapa? Karena garis lurus akan membosankan otak. Cabang-cabang yang melengkung dan organis, seperti cabang-cabang pohon, jauh lebih menarik bagi mata.

    6. Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis. Mengapa? Karena kata kunci tunggal memberi lebih banyak daya dan fleksibelitas kepada mind map. Setiap kata tunggal atau gambar adalah seperti pengganda, menghasilkan sederet asosiasi dan hubungannya sendiri. Bila kita menggunakan kata tunggal, setiap kata ini akan lebih bebas dan karenanya lebih bisa memicu ide dan pikiran baru. Kalimat atau ungkapan cenderung menghambat efek pemicu ini. Mind map yang memiliki lebih banyak kata kunci seperti tangan yang semua sendi jarinya bekerja. Mind map yang memiliki kalimat atau ungkapan adalah seperti tangan yang semua jarinya diikat oleh belat kaku.

    7. Gunakan gambar. Mengapa? Karena seperti gambar sentral, setiap gambar bermakna seribu kata. Jadi bila kita hanya mempunyai 10 gambar di dalam mind map, mind map kita sudah setara dengan 10.000 kata catatan!


    :idws:
    :idws:
    :idws:
     
    • Thanks Thanks x 14
    • Like Like x 9
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Coco_budjana Members

    Joined:
    Dec 13, 2009
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    wah keren neh bos,,,mo tanya neh,,,ada software buat mind map g bos???mksh infonya,,,
     
  4. Offline

    Coco_budjana Members

    Joined:
    Dec 13, 2009
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    wah,,,keren neh bos,,,dah lama mo coba tapi belum berhasil,,,skalian mo tanya gan,,,software buat mind map ada ga' y???:smiley_beer:
     
  5. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    kalau saya dulu diajarinnya mind map itu adalah dengan memecah dan menguraikan ide dasar menjadi sub bagan yang relevan dengan utama, dengan memecah ide utama menjadi keyword informasi terkait, ide utama akan dapat di olah menjadi informasi yang lebih kompleks dan mendetil

    misalnya ide utama PENGGUSURAN
    diurai jadi
    MANUSIA
    KOTA
    RUMAH
    TANAH
    LINGKUNGAN

    dari kelima keyword tersebut dapat diurai kembali menjadi keyword yang lebih kompleks dengan memanfaatkan metode 5W1H

    mind map banyak diterapkan dalam pembelajaran KBK
    karena terbukti efektif karena pemahaman di cari sendiri oleh siswa
    dan guru sebagai pembimbing hanya mengarahkan pada pembenaran apabila pemahaman siswanya keliru atau sedikit melenceng
     
  6. Offline

    gusrus Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,429 / -0
    Sangat membantu kok, ketika saya kuliah aja, Dosen menerangkan lalu saya terjemahkan ke Mind Map saya, ya lumayan deh nilai SKS nya....
     
  7. Offline

    The_Next Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 23, 2009
    Messages:
    1,123
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +673 / -0
    OOO.. Saya pernah baca nih cara di Quantum learnig...

    Kalau g biasa buat pasti otak pusing n butuh berjam2..
    tp kl ahli 15 mnt cukup :haha:
     
  8. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    sebenarnya enak tau belajar pake mind map, informasi yang dicari dan bisa diungkap lebih banyak daripada cuma dikasih wacana yang sudah ada, dalam hal ini textbook dengan pakem sesuai dengan pandangan penulisnya, jadi informasi yang didapat cuma informasi tunggal(sesuai pakemnya yang bikin buku)
     
  9. Offline

    yoyoi_cui Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 15, 2009
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +214 / -0
    wow nice post neh,,, patut di coba skrng juga ini... kebetulan besok ada kuis... moga2 aja cara-y bner2 bisa berhasil buat besok..
     
    • Like Like x 12
  10. Offline

    giganticskies Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,705
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,726 / -1
    Saya dah make metode ini dari SMA :lalala:
    Sekarang kuliah ga kepake :kecewa:. Soalnya ga ada pelajaran hafalan sih :lalala:
     
    • Like Like x 3
  11. Offline

    cahyo_pwkm Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2008
    Messages:
    1,536
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +264 / -0
    uda dari dulu dipake, dan sekarang gambar abstrak menjadi sarapan gw setiap hari
     
  12. Offline

    SanD5 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    1,938
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +11,675 / -0
    g ada contoh gambarnya kk :???:
     
  13. Offline

    ap14 Members

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    mind map emang keren.
    udah sejak lama saya pake mind map buat belajar.
    entah bikin catetan di kampus, ngeringkas buku, dsb.
    sangat membantu.
     
  14. Offline

    juniorext Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    36
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    dcoba dulu,,, kalo buat belajar matematika bisa diterapin gak ni ilmunya??? btw :niceinfo:
     
  15. Offline

    tenzen Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    446
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +548 / -0
    udah pernah baca bukunya di gramedia :hahai:
     
  16. Offline

    the_blacklist Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2008
    Messages:
    141
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +343 / -0
    ane pengen banget bisa make mindmap buat mengingat sesuatu . tapi blom bisa sampe sekarang
     
  17. Offline

    giganticskies Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,705
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,726 / -1
    Nanti ane bikinin deh Mindmap :lalala:
    Btw... Ada sopwer mempermudah bikin mindmap... Ada yg punya? Minta donk :matabelo:
     
  18. Offline

    chris7 Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 24, 2009
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    udah pernah belajar di skolahan tapi belum pernah di coba
    gua coba aja skarng dah
     
  19. Offline

    zulfikarfahmi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +102 / -0
    wah, klo mnurutq belajar apapun itu lewat proses

    proses mencapai tujuan tu bsa pke mindmap

    tp q bingung teknis simplex tuh TT
     
  20. Offline

    balista Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 9, 2010
    Messages:
    686
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +73 / -0
    bnaran gan gua coba ah
     
  21. Offline

    cubilee182 Beginner Members

    Joined:
    Jan 19, 2010
    Messages:
    283
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +478 / -0
    link buat donlod softwarena ambo tauna bos..
    ga bs UL,lemot banget..:hot:
    he3,sedot aja..
    Sopwer:
    XMIND

    info lainnya:
    disinni
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.