1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Pertolongan Pertama Atasi Keracunan

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by smkosasih, Mar 7, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,334
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pun begitu dalam pencegahan keracunan. Menjaga kebersihan bahan makanan adalah salah satu cara menghindar dari keracunan. Cara termudah adalah selalu mencuci bahan makanan sebelum diolah.

    [​IMG]

    Meski sudah serba bersih, tak urung, kita bisa saja kecolongan. Tanpa kita tahu sebabnya, tiba-tiba ada saja orang yang keracunan setelah menyantap hidangan yang kita olah. Jika itu terjadi, ada, baiknya, kita semua harus tahu bagaimana menolong korban keracunan.

    Meski ini sifatnya sementara, "Pertolongan pertama bisa membantu kondisi pasien, sebelum dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut," ajar Eddy Setyo Mudjajanto, Ahli Keamanan Pangan dari Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB).

    Bantuan medis dari profesional diperlukan lantaran mengidentifikasi penyebab keracunan tidaklah gampang. Terkadang, reaksi atau gejala dari keracunan munculnya pada korban akibat keracunan tak langsung. "Ada jeda beberapa jam kemudian, bahkan selang beberapa hari," ujar Eddy. Untuk itu, identifikasi lewat analisis hasil laboratorium penting dilakukan.

    Menurut Eddy, pertolongan pertama pada korban keracunan tidak boleh dilakukan secara serampangan. Pertolongan bisa dilakukan bila kasus keracunan pada si korban tak parah dan belum lama terjadi. "Artinya, makanan yang mengandung racun masih berada dalam saluran cerna," ujar dia.

    Keadaan itu, kata Mulyadi Tedjapranata, dokter yang berpraktik di Klinik Medizone, Kemayoran, Jakarta Utara umumnya dua sampai tiga jam setelah korban menyantap makanan.

    Lantas pertolongan pertama seperti apa yang mesti kita lakukan saat ada korban akibat keracunan?

    Menurut para ahli makanan dan dokter, pertolongan pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan karbon aktif atau arang aktif ke korban. Di pasaran, ada arang aktif yang dijual. Salah satu yang terkenal norit.

    [​IMG]

    Tablet berwarna hitam ini punya sifat arang aktif yang mampu menyerap apapun yang ada di sekitarnya, termasuk racun. Semakin banyak yang dimakan, semakin banyak racun yang diserap. Hanya saja, norit cuma menyerap racun yang masih di saluran pencernaan dan belum ikut beredar dalam darah.

    Menurut Mulyadi, bahan baku norit relatif aman dikonsumsi. "Orang boleh mengkonsumsi norit sampai 20 tablet sekaligus," kata dia.

    Meskipun norit mampu menyerap banyak racun, norit nyatanya juga menyerap zat gizi dan vitamin yang terdapat pada makanan. Oleh karena itu, saat menenggak norit, korban juga harus terus diberikan minum air putih untuk menggantikan zat yang ikut terserap norit.

    [​IMG]

    Bila norit tak tersedia, kita bisa menggantikannya dengan susu. Mulyadi bilang, susu memiliki kelebihan mengikat racun yang ada dalam tubuh agar tak beredar dalam tubuh. Susu juga bisa merangsang muntah sehingga makanan beracun bisa ikut keluar.

    Namun, tak semua korban keracunan bisa diberikan susu atau norit. Korban keracunan karena zat korosif seperti bensin dan minyak tanah pantang mengonsumsi susu dan norit. Pemberian susu dan norit malah bisa memperparah.

    "Ada baiknya, mereka langsung dibawa ke ke rumah sakit," kata Mulyadi.

    Jika korban keracunan anak-anak, pemberian susu juga tak disarankan. "Jika mereka dirangsang muntah bisa membuat mereka tersedak dan malah bisa berakibat fatal," ajar Mulyadi.

    Hal penting dalam penanganan korban keracunan adalah memperhatikan jumlah cairan dalam tubuh. Reaksi keracunan adalah muntah-muntah dan diare. Bila itu terjadi terus-menerus, penderita pasti kehilangan banyak cairan dan bisa berakibat dehidrasi. Air kelapa yang mengandung elektrolit bisa membantu korban yang banyak kehilangan cairan.

    pendapat gw: Norit memang ampuh tuk pertolongan pertama, gw pernah keracunan makanan yg kadaluarsa trus minum norit 9 butir...:top:

    sumber:apakabardunia.com --> http://kesehatan.kompas.com

    mudah2an ga repost......:maaf:
    kalu repost delete aja......:piss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    serevant Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 16, 2009
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    Cuman berlaku untuk keracunan makanan ya... Mungkin bagus juga kalo ditambahcara mengatasi keracunan akibat gigitan hewan berbisa
     
  4. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    :niceinfo: saya butuh menyediakan norit di rumah deh buat jaga2 mana tahu salah makan/keracunan atau malah di racuni :swt: gak ada yang tahu apa yang pasti terjadi selanjutnya jadi lebih baik berjaga-jaga. pertama kali saya baca (sebelum baca semua) saya kira arang yang biasa untuk panggang2. :keringat:
     
    • Like Like x 1
  5. Offline

    Graydivine Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 15, 2009
    Messages:
    950
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +1,940 / -0
    sama.kirain arang bakar biasa.lagi mikir gimana cara makannya.:hahai::hahai:
    tapi ga ada yang laen yah selaen susu ato ga norit buat keracunan makanan.soalnya ga selalu tersedia.
     
  6. Offline

    reskawannabe Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 21, 2008
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +64 / -0
    emang bener gan, buat keracunan bisa pake norit
    tapi cuma bisa dipake <6 jam setelah makanan masuk ke tubuh
    karena lebih dari itu, makanan udah gak ada di lambung lagi
    udah masuk ke usus
    kalo misalnya udah masuk ke usus, norit udah gak berfungsi lagi :)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.