1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Perpanjang Masa Aki Motor/mobil

Discussion in 'Otomotif' started by CottonBud, Oct 16, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vitta_q Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Tips Penyimpanan Aki

    [​IMG]

    Perlu diingat bahwa aki adalah tempat menyimpan energi listrik, bukan penghasil (pembuat) listrik.

    Bagaimana cara menyimpan aki yang tidak digunakan agar tetap bagus pada saat akan dipakai?

    Tips Penyimpanan Aki:


    1. Simpan di tempat sejuk dan kering. Lebih dingin akan lebih baik. Pastikan di atas 0" celcius agar tidak membeku. Tempat yang hangat dan lembab akan mengurangi masa pakai aki.

    2. Periksa larutan elektrolit, dan isi sampai batas optimal.

    3. Pastikan aki sudah di-charge penuh sebelum disimpan. Charge selama 8 s/d 12 jam sesuai dengan daya charge yang disarankan.

    4. Periksa secara fisik kotak (casing) aki dari kerusakan, bersihkan kerak (korosif) yang ada pada kotak ataupun terminal.

    5. Pastikan semua sambungan seri atau pararel sudah dilepaskan dari aki.

    6. Setiap 2 bulan, lakukan kembali charge aki sampai penuh.

    7. Jika aki ingin digunakan kembali, pastikan charge dahulu sampai penuh.



    Go GREEN with VITTA-Q
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. buxbux M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    896
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +554 / -0
    alat tes accu khusus
    bs dicari dimana bro
    soalnya punya aki kering
    tp cepet abis setrumnya
     
  4. vitta_q Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    alat tes aki sepertinya bisa didapatkan di kawasan Glodok, Jakarta Pusat.
     
  5. budicool Members

    Offline

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    aki lebih awet di tempat yang panas... dari pada di daerah pegunungan
     
  6. vitta_q Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Referensinya dari mana bro budicool? apa sudah dicoba sendiri? penyebabnya apa?

    Setahu ane aki lebih awet di suhu udara yang dingin - asal jangan sampai membeku :)
     
  7. vitta_q Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Porsche 918 Spyder Plug-In Hybrid: Geneva Auto Show

    B]Porsche 918 Spyder Plug-In Hybrid: Geneva Auto Show[/B]

    "Kendaraan hybrid sekarang ini tidak lagi identik dengan tenaga 'lemah'. Bahkan Porsche yang identik dengan mobil Super mengeluarkan satu varian hybrid plug-in yang sangat bertenaga."

    [​IMG] [​IMG]


    Porsche mengeluarkan sebuah plug-in hibrida yang mampu menyelesaikan sirkuit "Nordschleife Nürburgring (22.810 km) dalam waktu kurang dari 7:30 menit, bahkan lebih cepat dari Porsche Carrera GT." Terlebih lagi, Porsche memaparkan keekonomisan bahan bakar yang mencapai sekitar 33,16 km/liter. Bagaimana mungkin? Spyder 918 konsep didukung dengan 500-tenaga kuda dari mesin V-8 bensin dan motor listrik pada sumbu roda depan dan belakang. Dua motor listrik membuat gabungan tenaga menajdi 160 kilowatt, atau setara dengan 218 tenaga kuda. Total daya outputnya menjadi 718 tenaga kuda. Porsche tidak mengatakan apakah Spyder 918 konsep ini akan masuk ke dalam jalur produksi.


    Kemampuan 'mengerikan' tersebut tidak dapat dilakukan sekaligus, tetapi satu per satu dengan beberapa pilihan cara mengemudi (driving mode):

    E-Drive Mode: Ini adalah tipe listrik yang yang hemat. Rentang jangkauan pada tipe ini adalah 16 mil.

    Hybrid Mode: Tenaga gabungan antara mesin bensin dan motor listrik di beberapa hemat tetapi sebagian besar dengan cara yang tidak dapat dijelaskan. Kinerja pada tipe ini tidak diberikan.

    Sport Hybrid Mode: Menghasilkan tenaga lebih banyak, menggunakan penggerak roda belakang. Sekali lagi, angka-angka kinerja dalam tipe ini tidak diberikan.

    Race Hybrid Mode: Menggunakan tenaga penuh (kebutuhan baterai yang terisi penuh untuk beroperasi) dengan semburan pendek E-Boost yang tersedia untuk "melampaui tenaga." Tipe ini memiliki kekuatan liar, percepatan dan kecepatan tertinggi dapat dicapai dengan tipe ini.


    Jangan ragu Gunakan VITTA-Q pada AKI Anda. Sebelum terlambat!!

    aki, aki mobil, aki online
     
  8. grimjow_999 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 10, 2009
    Messages:
    151
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +566 / -0
    gue pake aki kering di matic gue,dah tiga tahun ga da msalah but lo aki kering usianya berapa lama yah?
     
  9. fansadox Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2008
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0
    contoh gambarnya gak nongol bos
     
  10. aurlio Members

    Offline

    Joined:
    Mar 1, 2008
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    Thank's banget gan
     
  11. vitta_q Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    EDTA vs VITTA-Q

    Mao nambahin aja, EDTA itu belum diuji secara ilmiah. Tidak ada bukti otentik yang bisa dipertanggungjawabkan.
    Kemudian harus ditambahkan setiap bulannya. Kalau salah pemakaian, siapa yang bisa menjamin?


    Kalau VITTA-Q sudah diuji di BOTCO Labs. dan diuji pada berbagai macam aki untuk mesin maupun kendaraan.
    Cara pakainya pun cukup 1x dan bertahan sampai aki menjadi soak kembali.


    aki mobil, accu,aki
     
    Last edited: Mar 12, 2010
  12. vitta_q Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Aki kering dan aki basah usia pemakaian dipengaruhi oleh cara pakai kendaraan dan kondisi lingkungan kendaraan.
    Pemakaian usia 3 tahun termasuk OK bila kendaraan dipakai sehari-hari.
    Ada yang usianya cuma 2 taon, ada yang 3 taon, tapi ada juga yang 1 taon

    Faktor lainnya adalah berapa lama aki itu mangalami discharge dari masa pembuatan sampai diterima dan digunakan oleh konsumen (kita).
     
  13. cupunations Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 19, 2010
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    toolsnya belinya dimana tuh ya gan?
     
  14. dempal Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 8, 2009
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    maw nyoba tp ntr takud di sangka terorist gan... bli2 bahan kimia..
     
  15. vitta_q Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Tools yang mana gan?

    Kalau EDTA musti nyari2 di toko bahan kimia n denger2 tidak semua toko ada.

    Kalau VITTA-Q bisa didapetin di: Agen VITTA-Q.
     
  16. vitta_q Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Tips Ganti Aki Mobil - Jangan Meremehkan Ganti Aki

    "Bro n Sis sekalian, saya ingin membagi tips sedikit mengenai Cara Ganti Aki.
    Tetapi kalau aki belum rusak mekanis (bocor, pernah dikuras dengan air panas, badan aki menggembung, umur kurang dari 3 tahun) lebih baik gunakan VITTA-Q.
    Jika memang harus diganti, silahkan simak tips berikut bagaimanan cara yang baik untuk mengganti aki."

    Tips Ganti Aki Mobil - Jangan Meremehkan Ganti Aki

    [​IMG]

    Jangan pernah menggangap remeh ganti aki mobil. Terlihat memang sederhana sekali, cuma melapaskan pengikat pada kedua kepala aki (kutub) dengan mengendurkan bautnya. Bukan tidak mungkin, saat melakukan penggantian terjadi kesalahan atau kecerobohan. Akibatnya, merusak sistem kelistrikan bahkan electronic control unit (ECU).

    Berikut langkah-langkah penggantian aki:


    1. Pastikan kunci kontak sudah diposisi "OFF" atau tercabut. Setelah itu, diamkan sejenak untuk memastikan komponen kelistrikan benar-benar mati. Selain itu, agar ECU tidak aktif untuk menghindari hang atau kerusakan pada ECU. Jika kunci kontak masih "ON", masih terdapat arus listrik dan ketika kabel aki dicabut dapat berpotensi menimbulkan percikan api.


    2. Untuk amannya, lepaskan kabel negatif dulu, baru setelah itu yang positif. langkah ini, untuk mencegah terjadinya percikan api. Ketika memasang kembali kabel (setelah diganti aki baru), lakukan kebalikannya. Jadi, kabel plus dulu dipasang, baru negatifnya.


    3. Saat pemasangan aki baru, usahakan ukuran dan kapasitasnya sama dengan standarnya. Kemudian perhatikan posisi kutubnya. Sepele memang, tapi berpotensi merusak komponen kelistrikan dan ECU, terutama jika salah pasang. "Jika sampai salah pasang, dalam hitungnan detik bisa membuat beberapa komponen kelistrikan jebol dan ECU akan ngeblok," ujar Atek, pentolan gerai alternator di Jl. H.Nawi, Jakarta Selatan.


    4. Pada beberapa mobil perlu melakukan reset ECU setelah melakukan penggantian aki. Terutama untuk mobil buatan Eropa. "tandanya ECU perlu direset seperti takometer ngaco, power window dan central lock tak berfungsi dan indikator cek engine akan menyala," papar Akiun, punggawa bengkel Sinar Auto Land di kelapa Gading, Jakarta Utara.


    5. Penggantian aki sebisa mungkin dilakukan saat kondisi sudah tidak tertolong. Seperti selnya sudah terbakar atau korslet. Kalau hanya karena arus listrik yang tekor, sebaiknya lakukanlah jumper untuk menghindari ECU hang. Namun ada mobil-mobil tertentu yang bila aki tekor tak boleh dijumper.



    Sumber: Kompas.com

    Apakah tips ECU tersebut juga diperlukan untuk motor injection?


    Jangan pakai VITTA-Q! Jika ingin AKI bro n sis berumur pendek dan boros biaya.
     
  17. vitta_q Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Last edited: Apr 8, 2010
  18. vitta_q Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Vitamin Aki untuk Aki Bebas Perawatan (Maintenance Free)

    [​IMG]

    Penggunaan Vitami Aki untuk "Aki Kering"

    Sebenarnya aki yang kita kenal sebagai aki kering tidaklah benar-benar kering. Di dalamnya terdapat sejenis cairan atau gel yang berfungsi sebagai elektrolit.
    Lebih tepatnya disebut sebagai Aki Bebas Perawatan (Maintenance Free / MF), karena diperuntukkan untuk tidak bisa dirawat.

    Penggunaan Vitamin Aki untuk Aki Bebas Perawatan memang relatif lebih sulit, tapi bukan berarti tidak bisa. Hal-hal yang perlu diperhatikan: lakukan standar pengamanan seperti menggunakan sarung tangan + kaca mata, kemudian pastikan menutup kembali lubang yang telah dibuat dengan rapat, bebas bocor.

    Video berikut hanya memperlihatkan salah satu cara penggunaan Vitamin Aki untuk Aki MF.
    Ke depannya kami akan terus mencari cara yang lebih baik dan lebih mudah untuk penanganan Aki MF.
    Sementara itu, kami harap video berikut bisa memuaskan keinginan peminat VITTA-Q yang menggunakan Aki MF. Selamat bereksplorasi! :)

    http://www.beoscope.com/video-cara-rekondisi-aki-kering?id=20100000729

    Catatan: Alternatifnya, Anda bisa mengisi VITTA-Q pada Aki MF sebelum aki tersebut ditutup pertama kali


    VITTA-Q



    aki bebas perawatan, aki kering
     
  19. GenMZ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +4 / -0
    aku pake yang aki kering. tapi punyaku kayaknya cepet habis.
     
  20. vitta_q Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Vitamin aki untuk aki kering

    alo bro GenMZ, kalau memang berminat bisa dicoba pesan VITTA-Q di sini.
     
    Last edited: Dec 18, 2010
  21. mujito M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 24, 2009
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,917 / -1
    Accu (aki) mobil ataupun motor yang paling banyak digunakan adalah jenis accu basah.
    Accu basah yang dimaksud adalah Lead Acid Battery. Paling tidak sebulan sekali kita perlu melihat ketinggian air accu yang bisa dilihat dari body samping accu tersebut. Jangan sampai berada di bawah Level Minimumnya karena akan merusak sel accu itu sendiri.
    Umur pakai accu jenis ini berkisar sekitar 1.5-2.5 tahun tergantung kondisi mobil/motor yang menggunakannya.
    Suatu accu mulai rusak ketika tidak bisa menyimpan arus listrik dengan baik atau tegangan (voltase) nya turun dari yang seharusnya. Biasanya ditandai dengan bunyi klakson tidak selantang biasanya, lampu tidak seterang biasanya, waktu starter mesin jadi lebih panjang.. bahkan lebih parah adalah tidak bisa starter mesin. Bahasa paling umum adalah “Aki Soak”.

    Baik tidaknya kondisi accu bisa diukur dengan alat tes accu khusus, seperti simulasi
    pembebanan pada accu kemudian terukur seberapa kuat accu tersebut.
    Alat tes yang lebih bagus lagi yang banyak digunakan oleh toko penjual accu seperti ini

    Selain di tes dengan pembebanan arus, baik tidak accu juga dipengaruhi oleh kualitas air accu itu sendiri yang bisa diukur dengan BatteryHydrometer. Alat ini wajib bagi toko atau tukang service accu. Jika kita ingin mempunyai alat ini bisa saja.. ga ada ruginya.. karena bisa mengontrol kondisi ‘kesehatan’ air accu. Harganya berkisar mulai dari 25ribu rupiah. (tidak mahal, khan?)
    Cara penggunaannya sangat sederhana, yaitu dengan menyedot air accu, kemudian
    melihat bandul penunjuknya memperlihatkan kondisi apa.
    Jika permukaan air accu berada pada bidang Hijau, berarti kondisi air accu sangat baik.
    Jika permukaan air accu berada pada bidang Putih, berarti kondisi air accu juga masih baik.
    Jika permukaan air accu berada pada bidang Merah, berarti kondisi air accu butuh di
    recharge, atau sekaligus bisa juga menunjukkan ada masalah charging pada alternator
    (alternator bermasalah/rusak).

    Seiring dengan masa/usia pakai accu basah pada kendaraan, lembar cell accu akan
    terlapis oleh deposit Sulfat. Semakin tebal deposit sulfat ini membuat accu semakin rendah performanya. Hingga saking tebalnya deposit tadi.. akhirnya membuat accu benar-benar mati / soak, tidak bisa diisi (recharge) lagi. Umumnya .. solusinya adalah harus mengganti dengan accu baru.
    Kita bisa membuat langkah alternatif untuk memperpanjang masa pakai accu basah pada mobil atau motor kita.
    Banyak informasi yang di dapat di Internet tentang bubuk [1] EDTA ( ethylenediamine
    tetraacetic ).
    Bubuk EDTA sendiri umumnya sering digunakan untuk pengawet makanan.
    Namun karena penggunaannya ternyata juga bermanfaat untuk merontokkan deposit sulfat pada cell accu, dibuat EDTA yang lebih khusus dengan kode Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) . Pada beberapa toko kimia menyebutnya sebagai “EDTA Teknis“. Saya mendapatkannya dengan harga 33ribu/kg.
    Menurut pengalaman teman-teman dan referensi di Internet, khasiat Na4-EDTA
    (Tetrasodium EDTA) ini bisa membuat accu menjadi segar kembali, dan jika rutin
    menggunakan Na4-EDTA setiap bulannya, dapat membuat masa pakai accu bisa
    mencapai 2-3 kali lebih lama.. atau sekitar hingga 4-5 tahun!
    Tentunya ini adalah solusi murah, hemat dan tepat guna.

    Mari ber-EDTA…

    Kita persiapkan terlebih dahulu adalah:

    1. Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) atau (EDTA Teknis)
    2. Air Destilasi (Air Aquadest), saya menggunakan air accu botol BIRU. (bukan air accu zuur!)
    3. Sendok Teh
    4. Gelas
    5. BatteryHydrometer
    6. Lap untuk bersih-bersih.

    Sebelum membuat ‘vitamin’, lihat dulu kira-kira seberapa banyak diperlukan untuk
    menambahkannya pada accu, sehingga tidak mubazir jika berlebih.
    Pastikan komposisinya terjaga:
    Untuk ritual perawatan rutin accu, Siapkan 2-3 sendok teh Na4-EDTA untuk 1 liter air
    Aquadest.
    Untuk accu yang sudah soak, siapkan 4-6 sendok teh Na-EDTA untuk 1 liter air Aquadest Na4-EDTA harus diaduk larut dengan air accu, untuk itu agar mudah, pengadukan dilakukan di luar accu.

    Setelah semua siap, mari kita mendekati accu yang akan kita kasih ‘vitamin’ ini.
    Setiap lubang / cell, kita lihat kondisinya dengan Hydrometer, saya menemukan ukuran yang berbeda-beda untuk tiap cell.
    Cell yang terlihat lebih dekat ke ‘merah’ memerlukan ‘vitamin’ lebih banyak ketimbang Cell yang sehat (hijau).
    Tapi tiap Cell tetap perlu dituangkan ‘vitamin’ setiap bulannya agar deposit sulfat bisa
    dirontokkan, sehingga performa accu tetap prima.
    Tentunya juga.. jika air accu kurang dari level yang dianjurkan, segera tambahkan juga dengan air accu berbotol BIRU.
    Wah ternyata rekan saya ada yang accu motornya soak.
    Ketika diukur, ternyata menunjukkan voltase dibawah 1 volt!
    Nah segeralah accu basah motor ini di-EDTA kan..
    Untuk accu yang soak, setelah ditambahkan ‘vitamin’ tersebut, memerlukan ReCharging (di charge ulang). Dan untuk perawatan bulanan, kendaraan digunakan seperti biasa saja. Motor yang accu nya soak sedang di ReCharging…perlahan-lahan nilai voltase accu berangsur naik.

    CATATAN:

    Tips ini hanya untuk accu berjenis Accu Basah, dengan ciri-ciri ada baut untuk mengisi
    air accu pada tiap Cell nya. 6 baut Cell untuk accu 12volt, dan 3 baut Cell untuk accu
    6volt.
    Accu jenis MF (Maintenance Free) tidak dapat memanfaatkan tips ini, karena konstruksi MF tidak memungkinkan kita menambahkan air accu kecuali dengan cara khusus (misalnya dengan cara disuntik, dsb).
    Accu jenis Gell atau Spiral Gel juga tidak dapat memanfaatkan tips ini.
    Tidak semua accu basah yang soak bisa di’hidup’kan kembali karena beberapa sebab,
    antara lain korslet (short circuit) di dalam Cell, Cell sudah rusak parah, dsb.
    Semoga bermanfaat.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.