1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Perburuan Batu Meteorit

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by gusrus, May 17, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    gusrus Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,429 / -0
    [​IMG]
    Peristiwa jatuhnya meteor seperti yang terjadi di Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Kamis 29 April lalu, bukanlah hal baru.Peristiwa serupa sudah sering terjadi di Tanah Air, jauh sebelum republik ini berdiri. Pada tahun 1797, batu meteor telah ditemukan di daerah Prambanan, Jawa Tengah. Beberapa tahun sesudahnya, yaitu pada 1811, lagi-lagi meteor ditemukan di Surakarta, Jawa Tengah dengan berat 10 ton. Namun bukti fisik meteor ini belum pernah ditemukan. Periode tahun 1880-an kembali ditandai dengan deretan persitiwa jatuhnya meteor di Tanah Air. Tercatat pada 10 Juli 1822, ditemukan meteor di Cirebon Jawa Barat, seberat 16.5 kg. Kemudian pada 10 Desember 1871, ditemukan di Bandung seberat 11.5 kilogram. Temuan serupa juga muncul di Desa Cabe, Rembang, Jawa Timur seberat 20 kilogram pada 19 September 1869. Lalu pada tahun 1883, ditemukan lagi di Desa Kedung Putri, Ngawi, Jawa Timur seberat 1,3 kilogram. Kemunculan terakhir meteor pada periodisasi 1880-an tercatat pada 19 Maret 1884 di Djati Pengilon, Jawa Timur seberat 166 kilogram. Sementara itu, pada periodisasi tahun 1900-an tercatat 10 temuan meteor yang tersebar di berbagai penjuru Tanah Air.

    Dalam Ukuran kecil memang tidak menimbulkan bencana ( Foto Wikipedia)

    [​IMG]
    Bencana maha dahsyat yang diakibatkan meteor pernah melanda negara bagian Yucatan di Meksiko sekira 65,5 juta tahun silam. Tumbukan Asteroid yang diperkirakan berdiameter 10 kilometer di wilayah tersebut meninggalkan lubang kawah sebesar wilayah Jawa Barat. Bencana inilah yang diduga kuat sebagai penyebab punahnya dinosaurus di bumi. Dampak ledakan asteroid memang miliaran kali lebih hebat ketimbang ledakan bom atom di Hiroshima, Jepang. Hantaman asteroid ini, menimbulkan badai kematian dan kerusakan. “Hantaman asteroid menciptakan kawah. Puing-puing terbang ke angkasa seperti rudal balistik, turun kembali ke atmosfer, menimbulkan panas berkekuatan 10 matahari di saat siang, sehingga menyebabkan kebakaran di bumi. Bencana tidak berhenti sampai di situ. Asteroid jika jatuh di lokasi yang kaya belerang, saat belerang bercampur dengan uap air di angkasa setelah terpental ke atas, maka akan tercipta awan yang menutupi matahari selama sekira 10 tahun dan menimbulkan hujan asam.

    Bencana dahsyat kedua akibat jatuhnya meteor di bumi terjadi pada 30 Juni 1908 di Tumuska, Siberia. Diperkirakan objek yang jatuh berukuran sekira 100 meter. Namun ledakannya terdengar sampai radius 800 kilometer dan debunya menyebabkan langit cukup terang. Pecahan komet Encko ini menyebabkan hutan dalam radius 25 kilometer hangus.Meteor berukuran besar jarang jatuh ke bumi. Ordenya bisa mencapai jutaan, ratusan atau puluhan tahun sekali.

    [​IMG]
    Dalam masyarakat Jawa, Keris sebagai perlambang Status sosial masa lalu, juga dipercaya mempunyai kekuatan mistis. Harganya sangat tinggi jika berbahan baku benda meteorit ( Foto NN )

    Lain pandangan para ahli atronomi dan luar angkasa, masyarakat jawa mempercayai batu meteorit dipercaya mempunyai kekuatan mistis. Fenomena dukun cilik Ponari yang mendapat serbuan masyarakat yang percayaan dengan khasiat batu milik ponari, tak lain batu yang dimiliki oleh ponari merupakan jenis batuan meorit ini. Hargapun menjadi sangat fantastis. Para pemburu tuah berani menghargai batu meteor yang jatuh ke bumi senilai Rp500 juta !. Batu yang berasal dari luar angkasa itu dipercaya memiliki kekuatan metafisika serta memiliki kualitas logam yang luar biasa, dalam kepercayaan orang Jawa, logam meteorit merupakan bahan yang paling bagus untuk membuat keris atau dijadikan hiasan disamping ada yang memercayainya memiliki kekuatan mistis untuk pengobatan alternatif.

    Sesungguhnya, meteor yang sampai ke permukaan bumi mengandung campuran logam seperti besi dan nikel yang larut di dalam besi. Selain itu ada meteorit yang mengandung titanium, olivin, piroxin, dan feldspar. Meteorit dengan kandungan titanium meruapkan material terbaik dalam pembuatan keris, karena sifatnya ringan namun sangat kuat. Kekuatan titanium sama dengan baja, namun beratnya hanya 60 persen dari berat baja dan tahan suhu tinggi. Keris yang terbuat meteorit yang mengandung titanium harganya bisa sangat tinggi karena tingkat kesulitan dalam pembuatannya. Sebab, titik lebur titanium mencapai 60 ribu derajat celcius, jauh dari titik lebur besi, baja atau nikel yang berkisar 10 ribu derajat celcius.

    Kepercayaan masyarakat tentang kekuatan mistis batu meteorit tentunya merupakan kesulitaqn bagi para ahli untuk melakukan penelitian, jatuhnya batu meteorit langsung diserbu oleh masyarakat bak menemukan harta yang jatuh dari langit. Hidup dijaman modern seperti sekarang ini, masih banyak masyarakat meyakini sesuatu tanpa berlogika. Barangkali masyarakat belum mengerti bahwa jatuhnya meteorit kebumi jutaan tahun lalu telah memusnahkan kehidupan dibumi, dinosaurus yang hanya dapat diketahui dari temuan fosilnya kepunahannya ditengarai akibat jatuhnya meteorit di Yucatan. Rp 500 juta untuk sebongkah batu meteorit, sebuah harga yang tercipta karena orang sangat menginginkan tapi sesungguhnya kita tidak berharap jatuhnya batu meteorit seperti di Yucatan yang mungkin akan menyebabkan punahnya perdaban di bumi ini.

    www.regional.kompasiana.com
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Exorcist Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 27, 2009
    Messages:
    3,167
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,247 / -0
    kalau ada asteroid yg nabrak bumi bakalan kiamat dah :takut:
    btw batu petir ponori beneran meteorid yah :haha:
     
  4. Offline

    H1p000 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    2,743
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +11,254 / -0
    meteorid jatuh dianggap harta yang jatuh dari langit:lol:
    kalau banyak meteorid yang jatuh akhir dari dunia ini..
     
    • Like Like x 1
  5. Offline

    sp4rkfist Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,633
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,263 / -0
    pengen dapat kryptonite:matabelo:
     
  6. Offline

    Rone Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 13, 2008
    Messages:
    503
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +24 / -0
    wew.. pedang meteor.. keren juga..hehhehehe
     
  7. Offline

    g4kuto Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2008
    Messages:
    875
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +115 / -0
    batunya ponari malah lebih mirip batu dari pegunungan tuh.. kan biasanya kalo meteroit warnanya pasti kehitam-hitaman..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.