1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Origin Penemu Telepon, "Ternyata bukan Graham Bell !!"

Discussion in 'History and Culture' started by b3ll4my, Jul 12, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    b3ll4my Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 27, 2009
    Messages:
    110
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +741 / -0
    Mungkin sejak kecil kita sudah mengenal dan belajar bahwa penemu Telepon adalah Alexander Graham Bell, tapi fakta baru-baru ini berkata lain. Berikut artikelnya :

    Antonio Meucci

    Antonio Meucci [​IMG]

    Antonio Santi Giuseppe Meucci, (13 April 1808—18 Oktober 1889) adalah seorang penemu berkebangsaan Italia yang penemuannya merupakan alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini untuk kehidupan sosial yaitu telepon.
    Umumnya penemu telepon yang lebih dikenal masyarakat adalah Alexander Graham Bell, tetapi sepertinya sejarah harus ditulis ulang karena adalah seorang imigran dari Firenze (Florence), Italia yang bernama Antonio Meucci yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849 dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871.
    Pada tahun 1850, dia pindah ke Staten Island, New York. Pada saat itu Meucci jatuh miskin, tetapi masih terus menyempurnakan alat yang telah diciptakannya yaitu telepon. Dikarenakan ia sakit keras dan perekonomian yang sulit, istrinya terpaksa menjual beberapa alat-alat ciptaannya hanya seharga enam dolar untuk biaya pengobatan.
    Setelah sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam untuk kembali membuat alat-alat ciptaannya. Pada tahun 1871, disebabkan tak cukup uang untuk membayar paten telepon, ia hanya membayar paten sementara yang berlaku untuk setahun dan harus diperpanjang pada tahun selanjutnya.
    Meucci mencoba untuk mendemonstrasikan potensi "telegraf berbicara" ini serta membawa model dan segala keterangannya pada wakil ketua perusahaan telegraf Western Union. Setiap kali Meucci hendak menemui wakil ketua ini, Edward B.Grant selalu mengatakan bahwa dia tak ada waktu. Dua tahun kemudian, saat Meucci meminta kembali semua materi telepon di perusahaan tersebut, ternyata mereka hanya mengatakan telah "hilang".
    Pada tahun 1876, Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon. Setelah Meucci mengetahuinya, ia memanggil seorang pengacara untuk memprotes pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Meucci mengalami kekalahan untuk kasus ini. Setelah adanya permusuhan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union baru terungkap bahwa Bell sebelumnya telah menyetujui membayar duapuluh persen keuntungan komersil atas "penemuannya" selama 17 tahun kepada Western Union.
    Lebih dari seabad dan di seluruh penjuru dunia, Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon. Tetapi pada tanggal 11 Juni 2002 dikongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon.

    Alexander Graham Bell
    [​IMG]
    Jakarta - Selama ini tokoh yang dikenal sebagai penemu telepon adalah Alexander Graham Bell. Namun, sebuah buku berjudul "The Telephone Gambit: Chasing Alexander Graham Bell's Secret" karya Seth Shulman telah menjungkirbalikkan hal tersebut. Buku itu menyebut Bell telah mencuri ide Elisha Gray, sesama penemu berkebangsaan Amerika.

    Buku tersebut mengungkit sebuah jurnal catatan penelitian Bell yang selama ini selalu berusaha disembunyikan dari publik oleh keluarga Bell hingga 1976, yang akhirnya dapat tersebar luas lantaran bantuan teknologi digital.

    Catatan ini memaparkan secara rinci usaha Bell dan Thomas Watson, asistennya, untuk mentransmisi suara lewat kabel secara elektromagnetik pada 1876. Setelah percobaannya gagal, Bell pergi ke kantor hak paten di Washington untuk menanyakan secara detail hak paten milik Gray.

    Tak berselang lama, Bell menemukan jenis transmiter lain (prototip dari telepon)yang diyakini mirip dengan ide Gray, termasuk bagan kasar orang yang sedang berbicara di telepon.

    Kecurigaan lainnya muncul tatkala di persidangan tahun 1878 untuk mengungkap penemu telepon sejati, Bell kebingungan memberikan pernyataan dan gugup ketika diminta mendemonstrasikan perangkat telepon di hadapan Elisha Gray, demikian seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Sabtu (29/12/2007).

    Sebelumnya di tahun 1860, Philipp Reis yang berkebangsaan Jerman telah menemukan sebuah piranti telepon, walaupun piranti tersebut memiliki prinsip kerja yang berbeda. Ironisnya hingga kini banyak orang yang masih menyakini bahwa Alexander Graham Bell adalah Bapak penemu telepon.

    Kongres Amerika Serikat telah mengeluarkan resolusi untuk meredakan kontroversi ini dengan menyatakan bahwa penemu telepon sebenarnya adalah Antonio Meucci, warga Italia, bukan Philipp Reis, Bell ataupun Gray.

    sumber : detikinet.com, id.wikipedia.org
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    thinkinginhell Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    288
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +29 / -0
    wedew, baru tau ane....
    waduh pak bell ni emang .........
    hhhhhhhhhhhhhhh....
     
  4. Offline

    eflaze Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,326
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +1,706 / -0
    wah..wah
    berita penting ini klo dilihat
    jadi kebenarannya dah terkuak nih
    jadi jawaban ke depan klo ditanya sapa penemu telepon pertama kali bukan G. Bell dunk

    ow gtu toh cerita asli nya...
    dah booming blm yah di media massa ??
    kyk baru kedengeran banget nih
     
  5. Offline

    blak Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 22, 2008
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,391 / -0
    Itu detikinet 2007 Sekarang 2009 >.< Mesti Booming Ulang >.<
     
  6. Offline

    fat_279 Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +138 / -0
    klo di Indonesia pendidikannya selalu OOD (Out Of Date). Gaji pengajar sudah tinggi tapi kualitasnya.....................
     
  7. Offline

    chynthia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,759 / -0
    Sebenernya perkara siapa yang nemuin si gak terlalu penting bagi dunia. Kalo tentang paten, hal-hal kayak gini dianggap penting hanya oleh orang yang akan menerima uang dari pemakaian barang yang dipatenkan (bisa jadi perusahaan ato penemunya sendiri). Tunggu aj berapa tahun lagi. bisa jadi nanti ada informasi baru kalo si meucci ternyata juga nyuri temuan si A, dan si A nyuri juga dari si B dan seterusnya. gak selesai-selesai.
     
  8. Offline

    b3ll4my Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 27, 2009
    Messages:
    110
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +741 / -0
    mav nih, saya agak kurang sependapat. Kita harus selalu menghargai hasil kerja keras orang lain, siapapun dia. toh bangsa kita juga marah waktu malaysia klaim batik adalah produk asli dari bangsa mereka, padahal yang nanti dapat untung bukan kita kok, tapi perajin batik itu sendiri. dan ini artikel memang sudah lama ada dalam harddisk saya, tepatnya akhir desember 2007, saya posting ulang d sini supaya kita sama2 belajar, soalnya bener apa yg dikatakan fat_279 pendidikan kita kadang memang masih tertinggal dan banyak yang belum tahu tentang berita ini. thx

    regards
     
  9. Offline

    chynthia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,759 / -0
    Yah beda pendapat si biasa. namanya juga diskusi. tapi apa anda yakin temuan ini sudah final? bisa jadi berapa tahun lagi ada info baru yang mengatakan bahwa sebenarnya bukan meucci yang nemuin telp, tapi sopirnya. cuman karena si sopir minder, jadi si meucci yang angkat bicara. kan bisa aj. intinya, kalo soal beginian kan soal sejarah. tidak ada yang bisa tahu pasti siapa yang pertama menemukan barang X. Yang bisa ketahuan adalah siapa yang pertama kali nyampe ke kantor paten. bagaimana jika sebenarnya telpon sudah ditemukan orang lain. cuman dia merasa temuannya gak berguna, terus dibuang. kan bisa jadi. intinya kalo soal sejarah yang orang-orang yang bersangkutan udah ko'it, susah de dicari kebenarannya. Kalaupun masih hidup, bisa disuruh bo'ong koq. "Lu bilang ye kalo gua yang nemuin telp, terus lu publikasikan. ntar lu g kasi bagian"

    Kalo soal batik si g kurang tau. Tapi ini prediksi g kenapa malay nge-klaim begitu. Sebenarnya orang sono ama indo kan sejenis alias sama. bisa jadi saat batik ditemukan, indo dan malay masih satu (dibawah majapahit kalo gak salah). terus, si penemu batik ini tinggalnya di daerah malay atau pernah pindah dan tinggal di malay. gitu kali ye. nebak doang si.
     
  10. Offline

    sYntic Veteran

    Joined:
    Dec 25, 2007
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +5,507 / -0
    toh telepon yang di pake pada jaman modern merupakan pengembangan dari model telepon yang diciptakan thomas alpha edison
     
  11. Offline

    rie_jbi Silent Reader Members

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    121
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +353 / -0
    kayak crita penemu radio yah
    tesla dengan amrconi
     
  12. Offline

    rie_jbi Silent Reader Members

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    121
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +353 / -0
    pikirannya simple bgt dan ada benernya
    tapi kayaknya banyakan salahna deh
    :D
     
  13. Offline

    b3ll4my Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 27, 2009
    Messages:
    110
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +741 / -0
    Aku ulang lagi y first post yang q petik dari wikipedia ini :
    Kongres Amerika pun sudah mengakui. y kalau ada perkembangan baru atw cc Chyntia punya bukti lain, y mari kita diskusikan ... hmm, kalo nebak doang si :onion-66:

    saya malah jadi berpikir ulang sosok A. Graham Bell itu sebenernya ? bis dulu pengagum dia dengan penemuannya, tapi ternyata :hammer: .....

    regards
     
  14. Offline

    chynthia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,759 / -0
    ^
    ^
    yang g maksud nebak doang itu yang bagian batik. sedangkan yang telpon, seperti yang bos Syntic bilang, telp ternyata pengembangan dari versi edison.
    kalo benar seperti bos syntic bilang, berarti edison yang merupakan penemu telp.
    emangnya kalo kongres Paman Sam mengakui, itu uda pasti bener? konspirasi disana gak kalah kental dengan konspirasi disini atau dimanapun di dunia. Sosok A itu maksudnya adalah orang anonim, yang kita gak tau. intinya, tentang siapa itu tidak penting bagi orang-orang yang memakai telp. toh, kehidupan tetap berjalan, siapapun yang menemukannya. dalam sejarah, tentang siapa itu tidak pentiong. yang penting adalah bagaimana, karena dari situlah informasi yang berguna bisa didapat.

    Ambil contoh kasus wright bersaudara penemu pesawat. ketika mereka sudah mendirikan perusahaan, partner bisnis mereka membuka perusahaan pesawat juga dan wright menuduh si partner ini mencuri design nya karena mirip. ujung-ujungnya masuk pengadilan. namun karena wright yang menang, maka dunia mencatat hanya wright bersaudara yang menemukan pesawat. coba kalo si partner yang menang. yang dicatat sejarah pasti bukan begitu lagi kan? intinya gitu. sejarah itu bisa dimainkan. asal anda punya koneksi dan sumber daya yang cukup, maka sejarah bisa dibelokkan sesuai pesanan anda. siapa yang lebih bagus publikasinya, versi dialah yang akan diterima dunia. nanti bila ada orang yang publikasinya lebih bagus lagi, versi dia yang dicatat. dan seterusnya begitu.
     
    Last edited: Jul 14, 2009
  15. Offline

    caesarkidd Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +935 / -0
    waduh...kalo begitu trus gimana dong ? buku pelajaran IPA harus direvisi semua dong
     
  16. Offline

    chynthia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,759 / -0
    sebagai orang awam, kita ikutin suara terbanyak saat itu aj. misalnya, saat lu ujian, lu tau si pemeriksa ujian mengharapkan lu menjawab Bell, ya lu jawab Bell pas ujian. Kalo nanti depdiknas uda merevisi jadi meuci ato Paijo, ya jawab yang sesuai itu. intinya kan asal dapet nilai.
     
  17. Offline

    Tanzmania Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 26, 2009
    Messages:
    964
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,483 / -0
    :haha: gara2 sekolah kerjanya cuma maen Graham Bell az kgk kenal :dead:

    Jadi skrg Bapak penemu telpon na c Antonio Meucci yah :???:
     
  18. Offline

    zweig Members

    Joined:
    Aug 5, 2008
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    wah berarti waktu sd semuanya salah dong ya,
     
  19. Offline

    flame_3 Silent Reader Members

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    tp kan emng ky gt di dunia penemuan, siapa yg paling cepet geraknya bisa jd penemu, kadang mrk udah ga pake yg namanya moral lg, curi-mencuri ide pun udah biasa terjadi di dunia2 org pinter ini,,,,contol lain yaitu yg siswa indo yg di bunuh sm dosennya sendiri (yg murid NTU itu lohhh), belom lama ini....
     
  20. Offline

    erha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    1,385
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +935 / -0
    yg hasil tesisnya itu tentang pemindaian video yg bisa menentukan karakteristik orang tsb kan, yg bermanfaat bg penegak hukum. -CMIIW-

    kalo misteri terbunuhnya si David Hartanto Wijaya gak bisa terpecahkan dan terpuaskan, mending mahasiswa Indonesia gak usah ambil beasiswa dr Nanyang Technolgy University. ntar tesis/idenya dicolong orang/dosen trus mahasiswanya dibuang
     
  21. Offline

    chynthia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,759 / -0
    Memangnya yang teknologi scanning David itu belum pernah ditemukan orang lain? bener-bener baru pertama kali? Amrik blm perna ketemu? mereka kan dewanya tekno, apalagi yang tekno anti teroris.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.