1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pendapat tentang A.I. pada permainan TURN-BASED STRATEGY

Discussion in 'Games Free Talk' started by saviorpalace, Apr 1, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. archeus M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 4, 2010
    Messages:
    4,560
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +2,842 / -0
    ai sekarang masih predictable menurut gw sama mereka g ada learning sama skali.akan lebih seru kalo misalnya kita maen game 1 profile,taktik yang paling sering kita pake itu d counter sama AInya
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Terrania M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 25, 2008
    Messages:
    297
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +45 / -0
    Kalau berdasarkan pengalaman saya sebagai maniak game selama 20 tahun lebih dan jam terbang lebih dari 100.000 jam, dan kebanyakan game yg dimainkan adalah itpe JRPG yg tentunya kebanyakan bersifat turn based :

    Pertama :
    A.I memang sengaja di set kurang cerdas, karena kalau di set terlalu cerdas, maka akan banyak sekali orang yg kesulitan untuk menghadapinya dan akhirnya kapok memainkan game dari developer tersebut.

    Bahkan game2 yg saya rasa mudah (tidak pernah game over dan tidak pernah berada dlm ancaman game over bahkan pada last Boss), masih banyak kok yg nanya2 di forum2 game, gimana cara ngalahin boss yg ini,yg itu, dll...

    Karena game2 seperti ini menyasar seluruh usia, jadi game ini harus cukup mudah utk dimainkan oleh pemula dan anak kecil/remaja.

    Kedua :
    Kalau memang mau dibuat dg serius AI yg pintar, maka berikut adl kelemahan2 utama AI yg biasanya ada dlm game Turn Based (game JRPG) :

    1. Tidak ada taktik khusus menghadapi player yg biasanya memiliki level atau kelengkapan skill lebih dari char AI nya

    2. Tidak ada standard pertarungan yg jelas, yg bisa memojokkan player

    Misalnya kalau AI di set utk berfokus pada player yg HP nya sudah rendah, ini saja bakal sangat merepotkan loh, soalnya kita (player) jadi harus banyak healing
    Atau kalau di set ada char AI yg berspesialisasi Healing dan ada yg berspesialisasi defend & attack dlm satu tim, ini juga bisa sangat merepotkan player.
    Atau kalau diset ada char AI yg berspesialisasi serangan menyebar tapi lemah, dan serangan terfokus tapi kuat (dan memfokuskan pada yg HP nya sudah sedikit), itu juga bakal sangat merepotkan

    Ketiga :
    AI yg bagus biasanya memang diset utk char yang merupakan Boss di sub quest, bukan di skenario utama. Ini semacam metode 'penyaringan' supaya semua orang yg hanya main utk senang2 tak perlu berhadapan dg AI yg 'cerdas nya bangsat', dan bisa menamatkan game dg relatif mudah (tanpa menghilangkan tantangannya).

    Sedangkan mereka yg perfeksionis bisa mencoba menaklukkan para Boss di subquest ini.

    Keempat :
    Biasanya programmer AI bukan gamer yg ahli, atau terlalu sibuk utk bisa menciptakan AI yg cukup baik

    Sehingga programmer AI nya belum tentu cukup berpengalaman utk bisa membuat AI yg tangguh.

    Kelima :
    Semakin rumit system gamenya (misalnya ada sistem job, ada sistem skill inheritance, summoning, item alchemy, dll), maka akan semakin banyak jenis strategy yg bisa diterapkan oleh player, dan tentunya utk tiap jenis strategy ini harus dirancang AI yg khusus (kalau mau AI nya jadi tanggguh)...

    Jadi tidak ada AI tangguh yg bersifat general (satu jenis AI yg bisa diterapkan utk semua jenis strategi yg mungkin diaplikasikan oleh player)

    Nah, semakin banyak AI yg harus di proses, kadang AI ini bentrok satu sama lain... dan ini ikut memperumit pemrograman AI

    Belum lagi, sulit bagi kita utk menciptakan AI yg bisa menganalisa strategy player.
    Misalnya : tim player terdiri dari 2 archer, 1 swordsman dan 1 magician.... strategy dia seperti apa ?? Apakah archernya utk support attack si swordsman ? atau archernya utk melemahkan musuh2 supaya nanit si swordman bisa membunuh dg satu kali serang ?? Atau justru penyerang utamanya 2 archer itu sedangkan swordman &magician nya cuma utk menghambat langkah musuh2 yg akan mendekati para archer ??

    Dan itu hanya pd game yg relatif sederhana saja... bisa anda bayangkan kalo gamer yg kreatif diserahi 6 char utk dimainkan dan bebas menentukan job atau skill dari tiap char tsb.... berapa ratus kombinasi yg bisa ada ? dan berapa macam strategi yg bisa dikembangkan dl tiap kombinasi char ??

    Dengan tingkat kerumitan yg seperti itu bagaimana AI bisa menganalisa strategy player ??

    Karena itulah biasanya AI utk char2 yg ada di 'jalanan' (bukan boss dan bukan char khusus) tidak terlalu bagus... karena terlalu rumit kalo mau dibuat khusus

    Keenam :
    Dari lima poin diatas saja sudah bisa disimpulkan bahwa memang membuat AI utk video game itu jauh lebih sulit daripada membuat AI untuk robot pekerja atau robot militer sekalipun (misalnya untuk misil atau robot penjinak bom)

    Karena AI di dunia bisnis atau militer dirancang utk berhubungan dg benda mati (pekerjaan rumah berhubungan dg debu atau suhu, sedangkan militer berhubungan dg target, yg biasanya berhubungan juga dg radar, suhu atau jenis metal), jadi AI nya 'sederhana' pun bisa.

    Dalam game, AI dihadapkan pada kreativitas manusia, apalagi pada game yg bersifat Turn Based, dimana player diberi waktu sangat banyak (atau tak terbatas) utk bisa memikirkan strateginya (kalo di game action kan player bisa tiba2 jadi 'bodoh' krn serangan AI yg bertubi2 atau yg kelewat akurat shg player dikalahkan secara psikologis, bukan secara taktik).

    Utk bisa menciptakan AI yg baik, programmer AI itu HARUS bekerjasama dg gamer yg sudah berpengalaman, krn logika saja tidaklah cukup, taktik lebih membutuhkan analisa dan kreativitas daripada pengetahuan.

    ...Weks... udah panjang banget ternyata... kalo ada yg gak ngerti atau kurang lengkap, PM saya aja ya
     
  4. sp4rkfist M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,619
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,258 / -0
    pengalaman gw ai-nya emang gak terlalu cerdas
    kalo kita coba naikkan difficultynya ke hard misalnya, kecerdasannya cuman nambah dikit, yang bikin susah gara2 ai-nya kelihatan cheating, dapat pasukan/uang ekstra ato handicap lain
     
  5. articuzwolf Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    7,700
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +41,030 / -1
    GREEDY ALGORITHM!!!
    haha, ati2 aja ntar malah jadi ga mungkin beres/menang -_____-'

    saran gw sih yg simple aja...asal asik aja dimaeninnya
    (AInya dibikin bego sekali2 juga gpp...buat mengundang tawa :haha:)
     
  6. slaviamayu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 15, 2010
    Messages:
    396
    Trophy Points:
    46
    Ratings:
    +21 / -0
    RPG yang saya tahu set ai tuh legend of mana dengan azure dream (pada pet/partner mereka)
     
  7. anfieldzone Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 19, 2010
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +142 / -0
    Gw biasa maen Romance 3 Kingdom dan sering ngerasa klo ni game terlalu mudah . . .
    Rata2 AInya terlalu naif dan bs dibodoin berkali2 dengan taktik yg sama.
    Pengalaman gw rata2 game TBS bukan ngandelin AInya buat bikin level kesulitan, tp lebih ke kecepatan ngumpulin resourcenya.
     
  8. Kazesimi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 19, 2010
    Messages:
    733
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +531 / -0
    kalo AI di dota OOT banget dech cemen !!!! gua maju dikit udah di berik ampe base wkwkwkwk
     
  9. saviorpalace Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    Hmmmm...
    menurut reply2 yang diatas(sorry gak di quote, kepanjangan tar):peace:
    Intinya AI TBS game tuh emang dari sononya gak dibikin sulit,,
    tapi,, buat para gamers, lebih prefer AI yang "expert", "medium", ato "easy"?
    terus kayaknya kalo kata gw AI nya kebangetan bego nya kan gak seru..
    apalagi TBS tuh kan ide utamanya kan taktik, jadi keknya gak ideal kalo AI nya dibikin bego banget..
    tapi juga kalo AI nya kepinteran kan repot juga ladeninya..
    :bingung:

    duh sorry neh trit nya lama vakum,, gw lupa ada trit ini:bloon:

    :maaf::maaf::maaf::maaf::maaf::maaf::maaf:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.