1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Pemecah Misteri Tenggelamnya Titanic

Discussion in 'Science and Technology' started by Shuichi, May 28, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Shuichi Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,528
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +152,285 / -2
    [​IMG]


    Titanic sudah menjadi legenda. Apa pun yang berkaitan dengan kapal yang karam pada 15 April 1912 itu selalu membuat orang penasaran. Sudah satu dekade lebih studi metalurgi atas badan kapal Titanic berkesimpulan, rendahnya standar paku sumbat atau keling pada lempengan logam yang menempel di rangka adalah biangnya. Hal ini menyebabkan lapisan bagian dalam kapal mudah lepas oleh desakan air laut yang dingin. Lebih dari 1.500 orang tewas karena tragedi itu.

    Kini bukti yang memperkuat argumen itu bertambah. Seperti ditulis International Herald Tribune, Rabu pekan lalu, ada beberapa hal yang patut didengar publik. Pertama, soal temuan tim ilmuwan yang melakukan penyelidikan di dasar laut tempat Titanic terkubur. Kedua, menyangkut ditemukannya arsip di gudang pembuat kapal tersebut. Dua fakta baru itu, bagi para sejarawan, menyudahi teka-teki penyebab tenggelamnya Titanic.

    Para ilmuwan menemukan fakta, ternyata pembuat kapal, Harland & Wolff di Belfast, Irlandia, berjuang selama bertahun-tahun untuk mendapatkan pemasok keling dan ahli keling yang cukup memadai. Maklum, pada waktu itu, Harland & Wolff tengah mengejar target penyelesaian tiga kapal terbesar di dunia, yakni: Titanic, serta saudaranya: Olympic dan Britannic. Tiap-tiap kapal membutuhkan tiga juta paku sumbat. Puncak kekurangan terjadi justru ketika Titanic dibuat.

    "Dewan perusahaan berada pada krisis cara," kata Jennifer Hooper McCarty, seorang anggota yang mempelajari dokumen perusahaan dan bukti-bukti yang lain. "Terdapat tekanan secara terus-menerus. Pada setiap pertemuan, hal itu muncul, Ada masalah dengan paku sumbat, dan kami ingin merekrut lebih banyak karyawan." Tim ilmuwan juga mengumpulkan petunjuk lain dari 48 paku sumbat Titanic melalui tes modern, simulasi komputer, perbandingan dengan logam abad lalu, dan dokumen penting dari apa yang menurut insinyur dan pembuat kapal pikirkan pada zaman itu soal sebuah karya hebat.

    Para ilmuwan menyatakan, masalah muncul ketika rencana kolosal memaksa Harland & Wolff kesulitan memperoleh pemasok paku sumbat besi dan hanya mendapatkan tempat menempa atau pandai besi yang kecil. Hal itu tampak dari terbukanya naskah yang ada pada perusahaan dan Pemerintah Inggris. Pandai besi yang kecil memiliki kecenderungan kurang ahli dan kurang berpengalaman dalam tugas-tugas besar.

    Karena tekanan tersebut, perusahaan membeli paku sumbat untuk Titanic dengan memesan potongan No. 3, yang dikenal dengan sebutan "best", bukan No. 4 yang disebut "best-best". Demikian temuan para ilmuwan. Di samping itu, mereka juga menemukan bahwa pembuat kapal menggunakan besi khusus No. 4 untuk jangkar, rantai, dan paku sumbat. Selain itu, ditemukan bukti bahwa kapal yang namanya identik dengan kemewahan itu ternyata bergantung pada material yang murah.

    Ilmuwan yang mempelajari 48 paku sumbat Titanic menemukan sejumlah lubang dengan konsentrasi tinggi. Paku sumbat itu ditemukan para penyelam lebih dari dua dekade lalu dari peristirahatan abadi Titanic, tiga kilometer di bawah laut Atlantik Utara. "Sejumlah material yang dibeli perusahaan bukan merupakan paku sumbat yang berkualitas," kata Timothy Foecke dari National Institute of Standards and Technology, sebuah agen federal di Gaithersburg, Maryland.

    Soal kekurangan pasokan tukang pandai besi yang berpengalaman yang dihadapi Harland & Wolff itu, McCarty mengatakan bahwa selama setengah tahun, dari akhir 1911 sampai April 1912, ketika Titanic masih dirakit, dewan perusahaan mengungkapkan kekurangannya setiap kali diadakan pertemuan. Pada 28 Oktober 1911, William Pirrie, pemimpin perusahaan, mengungkapkan perhatiannya atas kekurangan tukang pandai besi dan meminta rekrutmen untuk penambahan.

    Dalam penelitiannya, para ilmuwan menemukan, untuk pengelingan yang bagus, dibutuhkan orang yang benar-benar ahli. Besi harus dipanaskan sampai berwarna merah cherry dan ditempa dengan kombinasi pukulan besi hingga meleleh. Pekerjaan yang tanggung dapat menimbulkan masalah. "Mengeling dengan manual begitu rumit," kata McCarty, yang mengambil tesis doktoral pada Johns Hopkins University di Baltimore dengan topik analisis paku sumbat Titanic.

    Baja menjadi isyarat solusi. Karena itu, pembuat kapal mengganti paku sumbat besi dengan paku sumbat baja yang lebih kuat. Pemasangan berikutnya menggunakan mesin. Cara ini menghilangkan masalah tenaga kerja yang tidak ahli. Rival Harland & Wolff, Cunard, menggantinya dengan paku sumbat baja, beberapa tahun sebelumnya. Hal itu diterapkan pada Lusitania, kapal Inggris yang ditorpedo di pantai barat Irlandia oleh kapal Jerman selama Perang Dunia I.

    Para ilmuwan menemukan, Harland & Wolff juga menggunakan paku sumbat baja, tapi hanya pada lambung tengah Titanic. Hal itu dipilih karena diduga tekanan di daerah tersebut lebih besar. Paku sumbat besi dipakai untuk bagian buritan dan haluan kapal. Ternyata haluan kapal mengalami nasib buruk. Kajian terhadap rongsokan kapal memperlihatkan, ada lima robekan pada pelat haluan kapal.

    Para ilmuwan berpendapat, paku sumbat yang lebih baik kemungkinan akan menjaga Titanic tetap terapung cukup lama sampai tim penyelamat datang, sebelum air es masuk. Dengan demikian, ratusan penumpang kemungkinan masih bisa diselamatkan.
     
    Last edited: Oct 17, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,693 / -0
    bahasanya agak aneh .

    paku sumbat itu maksudnya paku kerling kan?
    tapi tetap aja kan tenggelamnya karena menabrak gunung es. :swt:
     
  4. Offline

    ngilerman Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2008
    Messages:
    2,782
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +129,192 / -2
    ya emg penyebabnya gara" nabrak gunung es tp emang tanpa nabrak cuman kena desiran" aer kapalnya juga rapuh gara" pelittt beli yang bagus hauhauahu
     
  5. Offline

    Sunoe Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2008
    Messages:
    1,947
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,947 / -0
    yah..
    gimana lagi biar cukup-cukupin dana untuk bisa jadi kapal segede gitu...
     
  6. Offline

    Feischmaker Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,021 / -0
    ...Pernah dibahas di Seconds to Disaster kan??? katanya sih emang karena kualitas sekrupnya kurang bagus...

    sama Awak kapal Titanic mengirimkan sinyal SOS dalam format yang tidak tepat, jadi sama kapal laen dikira cuma "prank" dan g ditanggepin...
     
  7. Offline

    Marx_Saint Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    3,996
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,879 / -0
    Iy, trus selama Titanic tenggelam malah Operator ny tidur.. :onfire:

    menurut peneliti, klw operatorny masih OL (hihi), mungkin seluruh penumpang Titanic bisa d selamatkan..

    ^^
     
  8. Offline

    Wanted_PC Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    1,659
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +39,240 / -0
    aq pikir konon katanya kapal titanic tenggelem lantaran ngangkut mumi mesir/yunani gtu....truz dikutuk ma dewa apalah.....tiba2 didepan kapal langsung ada gunung es yg muncul tiba2....secara disekitarnya gak ada kemunculan batu2 es.....
     
  9. Offline

    Marx_Saint Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    3,996
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,879 / -0
    waaksss... :onion-103: :swt:

    kan udah ada film ny..

    hampir mirip koq ceritany.. :top:

    ^^
     
  10. Offline

    ark_beetle Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 29, 2008
    Messages:
    3,189
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,544 / -0
    + nanmanya masih pelayaran pertama, siapa yang sangka bakalan langsung karam....
     
  11. Offline

    dawerzzzz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    1,515
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,132 / -0
    [​IMG][​IMG] wkokwokwo wajar klo dulu yang buat titanic nya nya banyak tekanan dari pihak perusahan... disuruh bikin 3 kapal tp dana nya terbatas... yang disalah kan perusahaan nya donk jgn pembuatnya [​IMG][​IMG]
     
  12. Offline

    fuadpahing Lurking Around Veteran

    Joined:
    Oct 30, 2008
    Messages:
    1,568
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +9,953 / -0
    Hahaha, kapal gede titanik tenggelam karena kualitas sekrup yang krang bagus, makanya beli sekrup jangan yang abal-abal donk :ngacir:
     
  13. Offline

    jameswied Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 5, 2009
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +171 / -0
    sama dengan yang gw lihat di tipi beberapa waktu lalu,masalahnya dari kekuatan paku yang tidak sesuai.
     
  14. Offline

    boku Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,863 / -0
    whauahaua..
    ternyata titanic cuma menang di nama ama casing doank toh:hammer:
    padahal dari dalamnya "quality" masih make barang2 "Kawe" juga.
    heueheue:em0100:
     
  15. Offline

    Xinez Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    2,933
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +30,259 / -0
    ternyata dulu waktu pembuatannya kejadian kayak gtu ya?? :hihi:

    parah2....:swt:
     
  16. Offline

    Nagi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +107 / -0
    maksud lo ?? jelasin dunk sombong darimanya ? daripada lo post asal cuman buat kejar setoran :P

    kan artikelnya cuman cerita klo ada dugaan bahwa kapal titanic ada kemungkinan bisa bertahan klo kapal ntu menggunakan sluruh paku sumbat baja, gk cuman di bagian lambung aj ..

    ato sombong gara2 yang naek cuman kalangan borju ?

    yang naek ke titanic kan bukan borju smua, bisa di liat di film-ny juga kan :p

     
  17. Offline

    RenX Post Hunter Moderator

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    4,227
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +19,815 / -1
    Kaptennya yg ngomong sblm brankat...
    kapal in tidak akan tenggelam...gitu dia bilangnya...
     
  18. Offline

    NoPerfect Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 11, 2008
    Messages:
    306
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +584 / -0
    wew berarti memang rapuh ya kapal titanic itu -__-" pantes aja gunung es di tabrak langsung ambruk
     
  19. Offline

    BackO Silent Reader Banned User

    Joined:
    Nov 8, 2008
    Messages:
    107
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    iya titanic tu gede badan isi mlompong tp hebat bisa buat kapal segitu gedena pas revolusi industri
     
  20. Offline

    RenX Post Hunter Moderator

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    4,227
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +19,815 / -1
    bahannya abal si...makanya ketabrak iceberg lgs rusak...
    klo kapal2 skrg nabrak gituan gpp...ud bguz...
     
  21. Offline

    eaglefox Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    299
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +3 / -0
    wah bisa jadi bahan pelajaran baru nih.
    makaa jadi orang jagan pelit.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.