1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Geography & Astronomy Pangea Sang Nenek Moyang Benua

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by smkosasih, Apr 30, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    Sebenarnya apa yang dimaksud dengan teori Pangea? Teori Pangea adalah sebuah teori yang menyatakan bahwa jutaan tahun yang lalu semua benua bergabung bersama dalam satu daratan besar yang disebut Pangea (sebelum akhirnya benua sekarang terdiri dari 5 buah benua).

    Kemudian karena suatu alasan yang masih belum diketahui pasti, benua-benua pecah dan mulai hanyut dalam arah yang berlawanan. Teori selanjutnya mengatakan bahwa benua-benua akan terus melayang sampai mereka bertemu lagi, dalam konfigurasi yang berbeda. Di yakini oleh beberapa ahli bahwa pangea memilik karakteristik yang sama dengan Antartica sekarang.

    [​IMG]

    Teori Pangea sendiri didasari oleh teori Alfred Wegener,seorang Ilmuwan Jerman. Pada Tahun 1920 dalam buku The Origin of Continents and sea (Entstehung Die Kontinente und der Ozeane), Dia mendalilkan bahwa semua benua itu pada satu waktu membentuk satu superbenua Pangaea, sebelum kemudian putus dan hanyut ke lokasi sekarang.

    Jadi benua pada jaman dahulu di ibaratkan sebuah batu apung yang bergerak karena adanya pergerakan lempeng di bagian bawah kulit bumi ini. Pangea mulai memecahkan diri nya menjadi benua (daratan) yang lebih kecil yang bernama Laurasia (membentuk daratan belahan selatan seperti amerika latin, Afrika, India, Antartika, Australia, Selandia baru, New guenea dll) dan Gondwanaland (membentuk daratan belahan utara seperti Amerika dan Eropa) selama periode Jurassic (jaman dinosaurus).

    [​IMG]

    Sedangkan pada akhir periode Cretaceous benua benua yang ada sudah sama dengan apa yang kita lihat hari ini (5 benua). Pada saat benua Pangea terbentuk, daratan daratan yang menjadi benua sekarang memiliki daratan penghubung (jembatan benua) yang menghubungkan benua Amerika bagian selatan (latin), Afrika, India, Australia dan Antartika.

    Pertanyaan nya sekarang adalah, bila kerak kulit bumi ini terus bergerak sampai hari ini, maka berapa kecepatan nya? oke, jadi begini, benua yang kita diami sekarang ini bergerak sangat lambat (dan tak bisa dirasakan oleh kita yang berdiri diatasnya), pergerakan lempeng lempeng benua ini tiap tahun nya mencapai 1.5 inchi/tahun bahkan lebih lambat dari pertumbuhan kuku jari tangan kita pertahun nya.

    Dan dengan ini jelas dibutuhkan ber juta juta tahun bagi daratan benua itu untuk bergerak berjauhan dan membentuk benua yang ada sekarang.

    [​IMG]

    Dan tanpa kita sadari pun sekarang benua benua kita telah "bertumbukan" dan proses nya telah berlangsung selama beberapa juta tahun, daratan Afrika telah bertumbukan dengan daratan benua Eropa. Italia, Yunani dan hampir semua kota di bagian Mediteranian merupakan bagian dari alur lempeng Afrika, dan itu telah tercatat pergerakan nya dalam 40 juta tahun terakhir (menurut data geologist).

    Tanda-tanda lain pergerakan tersebut adalah Gunung Alpen Swiss dan pegunungan Pyrenees telah saling mendorong, sehingga menyebabkan gempa bumi yang terkadang menyerang wilayah bagian Yunani dan Turki. begitu pula Australia yang diramalkan kedepan nya bila diperhitungkan dengan pergerakan lempeng bumi tersebut, maka Australia akan terus bergerak ke arah Utara hingga membentur Asia Tenggara. begitu pula dengan benua lain seperti benua Amerika.

    [​IMG]

    Awal terbentuknya Samudera besar di bumi ini juga di pengaruhi oleh Pangea. Setelah perpisahan (partisi pangea) tersebut muncullah samudera yang diperkirakan terbentuk 180-200 juta tahun yang lalu yaitu Samudera Atlantik tengah antara barat laut Afrika dan Amerika Utara serta Samudera Hindia barat daya antara Afrika dan Antartika.

    Jadi sangat dimungkinkan bila ini terus terjadi, maka bumi (benua) kita ini sedang dalam proses untuk menjadi "pangea" selanjutnya, karena bukti bukti penelitian memang menunjukkan hal tersebut. Jadi kurang lebih 250 tahun lagi Bumi ini bisa jadi tak berbentuk lagi seperti sekarang ini demikian penilitian yang di lakukan pihak NASA (Pangea Ultima).

    [​IMG]

    Selain membentuk Samudera, karena teori nya dulu benua kita saling terhubung, maka saat benua ini terpecah pecah menjadi sekarang ini, juga membawa karakteristik vulkanis yang serupa, seperti terbentuknya "ring of fire" atau cincin api yang melingkar dari Peru, terus memanjang hingga ke Meksiko, sepanjang pantai timur Amerika (los angeles), Alaska, Jepang, lalu Piliphina, Indonesia, kepulauan di Pasifik, dan berakhir di Selandia baru.

    video:
    [video=dailymotion;x8266a]http://www.dailymotion.com/video/x8266a_650-million-years-in-1-20-min_tech[/video]

    note:silahkan tambahkan/koreksi jika ada kesalahan, repost=:maaf:

    sumber:apakabardunia
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    xyrsh Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    591
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,249 / -0
    Belajar soal ini di geografi waktu sma...:lol:
    Dan memang bukti2 bahwa dulu benua2 sekarang itu saling berhubungan itu banyak, terutama kalau diliat dari penyebaran flora & fauna, bahkan ras manusia..
    Teori Darwin itu kan sangat didukung oleh teori pangea (saling mendukung, lebih tepatnya)
    Karena cukup banyak spesies yang sama, jadi memiliki perbedaan2 fisik karena beradaptasi.
    Misalnya spesies tertentu sedang berimigrasi, eh, ternyata jalur imigrasi dia terpisah menjadi dua benua sehingga terjadi perbedaan iklim etc etc
    Jadi spesies yg 'terbawa' kudu menyesuaikan diri dgn tantangan alam di tempat baru karena dy ga bisa balik ke tempat asalnya..

    ini buat yg percaya teori darwin loh~
    dan kalo kurang tepat, mohon :maaf:, udah lama sejak gw sma..
     
    Last edited: May 2, 2010
  4. Offline

    aqua00 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,003 / -0
    kira-kira proses penciptaan dunia dengan teori pangea ini ada hubungan ga ya?
     
  5. Offline

    audrian Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 12, 2009
    Messages:
    2,050
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +2,370 / -0
    Jadi pada intinya....seluruh dunia ini pada awalnya adalah satu benua bernama Pangea... :niceinfo: kk TS
     
  6. Offline

    deaz08 Beginner Members

    Joined:
    Jan 17, 2009
    Messages:
    360
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,013 / -0
    ya ada hubungannya kan gan,hal ini kan udah terbukti secara ilmiah:ehem:
     
  7. Offline

    FBR_master Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    mgkn kejadian gempa bumi 10.9 SR yg di pilem 2012 nih gan yg nyebabin patahan ampe sgini nya :)
     
  8. Offline

    valr1st Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    768
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +181 / -0
    ini udah bukan patahan lagi gan ... ini pergeseran loh ... kalo patahan kan berarti ada yang hilang dataran .. kalo pergeseran kan hanya sebagian kecil yang hilang tetapi benua tersebut bergeser jauh ..

    wah ga tau deh ama hal bginian hehehe ga mudeng
     
  9. Offline

    ghaghagha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 15, 2010
    Messages:
    760
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,228 / -0
    gambar paling akhir, daerah asia tenggara udah ngga ada :takut:
    jangan2 gara2 ring of fire nya ya :iii:
     
  10. Offline

    apitnobaka Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    523
    Trophy Points:
    166
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1,195 / -0
    karena penyebab ring of fire itu sebenernya proses penunjaman lempeng (subduksi)..
    jadi lempeng di bawah indonesia itu terus kedesak ke utara, dan takutnya.. bisa ilang ato ketabrak sama benua lain..
    [gampangannya sih begitu.. huehe..]

    CMIIW lah :peace:
     
  11. Offline

    TeranG__ Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    1,191
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +12,619 / -0
    jadi menurut perhitungan, kan di bumi ini ada pergeseran lempeng bumi. salah satu contoh gampangnya lempeng bumi yang terletak di sepanjang bawah pulau sumatra dan jawa, yang sering menjadi penyebab tsunami karena pergeseran lempeng bumi. lempeng bumi itu ada 2 jenis pergeseran kalo ga salah, dan gainget saya. setelah di itung itung dari pergeseran lempeng bumi, ternyata di itung ke jaman dahulu semua daratan menyatu. ada 2 darata besar, yang bagian atas namanya Laurasia, yang bawahnya Godwanaland, kedua daratan itu disebut Pangae. CMIIW
     
  12. Offline

    dega230989 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    521
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8 / -0
    ahh.. pangea.. ini masih teori kan yah? walaupun teori ini menjawab bbrp pertanyaan soal kesamaan jenis batu di berbagai tempat.. sygnya menurutku teori ini sedikit janggal menurut caranya sendiri tp jg ada probabilitasnya nah bingung kan jadinya mo ngomong apa akwkawkwakkaw.. haaadeh... jadi inget pelm 2012..
     
  13. Offline

    cooldejavu Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +23 / -0
    nice info bro
    btw, nama pangea sering keluar di game2, dan biasanya jadi benua besar gitu
    asal muasal mungkin dari teori ini juga
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.