1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Orang Pendek - Hominid mini dari Sumatera

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by ireh, Oct 4, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ireh Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,310 / -0
    Orang pendek adalah makhluk cryptozoology paling termashyur di Indonesia. Konon menurut para saksi ia memiliki tubuh seperti kera, namun berjalan seperti manusia. Berbeda dengan Bigfoot di Amerika, maka Orang Pendek benar-benar sesuai dengan namanya. Makhluk ini hanya memiliki tinggi kurang dari satu meter.
    [​IMG]

    Orang Pendek adalah makhluk cryptozoolgy yang dipercaya hidup tersebar di beberapa wilayah Sumatera seperti Bengkulu, Palembang dan Jambi. Nama-nama lain yang sering diasosiasikan dengan Orang Pendek antara lain : Atu Pendek, Ijaoe, Sedabo, Sedapa, Sindai, Uhang Pandak, Orang Letjo dan Orang Gugu. Makhluk ini memiliki tinggi hanya sekitar 70 cm, diselubungi oleh bulu gelap. Namun wajahnya relatif tidak diselimuti bulu. Kadang-kadang para saksi mendengar suara-suara aneh yang keluar dari mulutnya.

    Mulanya banyak peneliti yang menduga bahwa makhluk ini sesungguhnya adalah seekor kera atau siamang. Namun deskripsi para saksi mengenai perilaku dan cara berjalannya tidak sesuai dengan perilaku kera atau siamang. Lagipula, jejak-jejak kaki yang ditemukan menunjukkan bahwa makhluk ini tidak tergolong kedalam primata yang sudah dikenal.

    Ahli Cryptozoology W Osman Hill percaya bahwa Orang Pendek masih memiliki hubungan dengan Homo Erectus dari jawa. Peneliti lain menghubungkannya dengan hobbit dari Flores. Sedangkan penduduk lokal Sumatera percaya bahwa Orang Pendek adalah makhluk yang ramah, yang hanya menyerang hewan-hewan kecil untuk makanan. Karena itu mereka menerima keberadaan makhluk ini dengan toleransi.
    [​IMG]
    Legenda Orang pendek mulai terdengar sejak awal abad 20. Pada tanggal 21 Agustus 1915, Edward Jacobson menemukan sekumpulan jejak misterius di tepi danau Bento, di tenggara gunung Kerinci, Propinsi Jambi. Pemandunya yang bernama Mat Getoep mengatakan bahwa jejak sepanjang 5 inci tersebut adalah milik Orang Pendek.

    Pada Desember 1917, seorang manajer perkebunan bernama Oostingh berjumpa dengan Orang Pendek di sebuah hutan dekat Bukit Kaba. Ketika makhluk itu melihatnya, ia bangkit berdiri lalu dengan tenang berjalan beberapa meter dan kemudian naik ke pohon dan menghilang.

    Bukan hanya di Kerinci, penampakan makhluk ini juga sempat dilaporkan di wilayah Palembang. Seorang Belanda yang bernama Van Herwaarden menceritakan bahwa ia melihat Orang Pendek di sebuah pohon di utara Palembang pada Oktober 1923. Pertama, Herwaarden bermaksud menembaknya, namun kemudian ia melihat makhluk itu sangat mirip dengan manusia sehingga ia memutuskan untuk membiarkannya. Pengalamannya dipublikasikan di majalah Tropical Nature no.13 yang terbit tahun 1924.

    Pada tahun 1924 juga, museum nasional Bogor menerima cetakan jejak yang dipercaya sebagai milik orang pendek, namun akhirnya museum berhasil mengidentifikasi bahwa jejak tersebut adalah milik beruang Melayu yang diketahui kadang memang berdiri dengan dua kaki. Para ilmuwan yang skeptis kemudian menulis keraguan mereka akan keberadaan Orang pendek.

    Beberapa tahun kemudian, Museum kembali menerima bangkai yang dipercaya sebagai Orang Pendek. Penemuan ini sempat menjadi headline selama 2 hari karena adanya hadiah yang ditawarkan untuk penemuan bangkai Orang Pendek. Namun kemudian ketahuan ternyata bangkai tersebut adalah milik seekor kera yang dimodifikasi oleh penduduk lokal yang ingin mendapat hadiah.

    Minat sains terhadap Orang pendek mulai padam sejak saat itu.
    [​IMG]
    Namun makhluk ini kembali mulai mendapat status internasionalnya pada tahun 1989 ketika seorang penulis Inggris bernama Deborah Martyr menemukan jejak-jejak Orang Pendek di barat daya Sumatera. Jejak-jejak tersebut setara dengan jejak anak kecil berusia 7 tahun. Ia lalu mencetak jejak tersebut dengan gips dan mengirimnya ke badan pemerintahan yang mengurus taman nasional, namun kemudian cetakan itu hilang.

    Setelah 5 tahun meneliti, Martyr akhirnya melihat sendiri Orang Pendek di wilayah gunung Kerinci pada 30 September 1994. Makhluk itu terlihat sedang berjalan dengan tenang dengan dua kakinya. Setelah jarak beberapa puluh meter, makhluk itu berhenti sebentar, menoleh ke Martyr, lalu menghilang ke dalam hutan. Sejak penampakan itu, Martyr masih menjumpai makhluk itu dua kali.

    Luar biasanya, walaupun Orang Pendek umumnya berhabitat di Kerinci, propinsi jambi, namun penampakan makhluk ini terjadi di hampir seluruh Sumatera.

    Pada tahun 1995 ketika gempa besar melanda Liwa, Lampung, beberapa penduduk lokal menyampaikan kepada para pekerja asing bahwa mereka menyaksikan Orang Pendek keluar dari hutan, mungkin takut akibat gempa besar tersebut.
    [​IMG]
    Para peneliti kemudian mulai mendapat kemajuan ketika pada tahun 2001, sekelompok tim ekspedisi amatir dari Inggris yang dipimpin oleh Adam Davies menemukan sekumpulan jejak yang dipercaya milik Orang pendek.

    Cetakan jejak kaki tersebut dikirim ke Cambridge untuk dianalisa dan hasilnya jejak tersebut adalah miliki seekor kera dengan campuran karakter gibon, orangutan, simpanse dan manusia.

    Dengan adanya segudang laporan penampakan dan contoh rambut serta cetakan jejak kaki, pada September 2009 ini, sekelompok tim peneliti dari Inggris yang bernama Centre for Fortean Zoology (CFZ) berangkat menuju Kerinci untuk mencari keberadaan Orang Pendek.

    Saat saya menulis artikel ini, yaitu tanggal 1 Oktober 2009, Tim tersebut masih berada di Kerinci. Tujuan mereka jelas. membawa bukti yang lebih kuat dan meyakinkan mengenai keberadaan Orang Pendek.

    Tim yang terdiri dari empat orang ini akan dibantu oleh suku pedalaman setempat (suku kubu) untuk mencari keberadaan makhluk ini. Kepala suku dan banyak dari anggota suku ini telah menyaksikan keberadaan Orang Pendek dengan mata kepala mereka sendiri.

    Tim ini berangkat pada awal September 2009. Pada pertengahan September, mereka melaporkan bahwa mereka telah menemukan jejak kaki yang diyakini sebagai milik Orang Pendek. Bahkan dua anggota tim, Dave Archer dan Sahar Didmus mengaku melihat Orang pendek dengan mata kepala sendiri. Menurut mereka, makhluk itu awalnya bersembunyi di belakang pohon, lalu kemudian tiba-tiba berlari dengan dua kakinya masuk lebih dalam ke hutan. menurut Dave, Orang pendek memang memiliki kemiripan dengan simpanse. Bedanya makhluk ini berjalan dengan dua kaki seperti manusia.

    Foto berikut dikirim oleh anggota tim sebagai bukti keberadaan makhluk misterius ini.

    [​IMG]
    Dengan adanya perkembangan terbaru gempa di Sumatera yang terjadi pada tanggal 30 November dan 1 Oktober kemarin, Apakah Orang Pendek akan menampakkan dirinya kembali ?
    http://xfile-enigma.blogspot.com/
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    itu orang pendek masih termasuk ras kera?or ud mendekati manusia?
     
  4. Offline

    ireh Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,310 / -0
    bukan termasuk jenis kera, tp lebih tepat kalau disebut manusia purba.
     
  5. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    hmmm jd kerabat manusia tp yg blom berevolusi ampe jd manusia skrg?
     
  6. Offline

    wiwi.22 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 21, 2008
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,100 / -0
    Manusia pendek mungkin salah satu jenis manusia purba, krn belum bs berjalan tegap.. Mereka masih bs bertahan ya dgn perubahan lingkungan d dunia? Jarang ada makhluk purba yg bs bertahan dgn perubahan lingkungan ini..
    Wah yg pastinya makhluk ini harus d jaga kelestariannya biar ga punah..
     
  7. Offline

    kriboe Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 13, 2009
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +3 / -0
    menurut legenda yg tersebar d daerah kerinci.
    uhang pendek g' bleh d sebut d saat qt d hutan.

    konon, qt akalan tersesat d saat qt melihatny.
    kabupataen kerinci (jambi) suasananya emang sakti.

    btw, nice inpo gan.
     
  8. Offline

    yoyoi_cui Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 15, 2009
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +214 / -0
    klo gw bilang itu bukan dah,, masa masih ada aja sih manusia begitu di jaman mayan modern kayak gini :hahai:
     
  9. Offline

    firebringer Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 27, 2008
    Messages:
    124
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +4 / -0
    siapa yang tahu bro..di dunia ,masih banyak yang menjadi misteri, tetapi untuk kasus orang penddek hampir serupa dengan yeti, bigfoot dkk dech, selama blum ada penampakan yang jelas, saya masih ragu akan keberadaanya
     
  10. Offline

    AxE_eFFecT Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    239
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +16 / -0
    wah wah wah...masa??? kok gw baru denger ya...
    jaman skrg masih ada manusia yang bener2 purba gitu???
    masa sih??? :???:

    apa mirip2 tarzan gitu kali ya? masih bayi terus jatuh ato ketinggalan di hutan terus jadi gitu deh..
     
  11. Offline

    pHy Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 12, 2009
    Messages:
    377
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,044 / -0
    ^
    mgkn ad.. tpi qta ga pnah liat..
    mnusia kerdil plg karena kelainan..
    bkn yg murni kerdil..^^
     
  12. Offline

    top Topzero Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 12, 2009
    Messages:
    1,867
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,439 / -0
    wah mungkin ga ya kalo di pulau2 yang blom berpenghuni di indo ada yang kayak gitu

    kan blom ada yang pernah meneliti ke t4 yang tak berpenghuni
     
  13. Offline

    elayangfeb Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 13, 2008
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +16 / -0
    wahh.. klao mang ada orang pendek nie, musti segera dipatenkan....
    takuut.. klao ada yang ngaku2 lagi :takut:
     
  14. Offline

    Mitsuyama Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    1,026
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +130 / -0
    udah mendekati manusia yah itu orang pendek nya...
    :hahai:
     
  15. Offline

    jack_hawkins Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 12, 2009
    Messages:
    499
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,629 / -0
    :niceinfo:
    keren indonesia masih punya manusia purba yg masih hidup....
     
  16. Offline

    enak_oom Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +170 / -0
    jdnya masih ada tuh orang??
    mungkin anak kecil kli..^^
     
  17. Offline

    GteRRRkeset Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 16, 2008
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +19 / -0
    wah pernah di siarin di dicoveri tu.....
    emg ada koq......
     
  18. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,416
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,472 / -8
    dari sekian banyak itu. apakah orang pendek untuk sekarang masih ada dan gampang d jumpai.

    selama ini yang ane denger orang pendek yang ada d jawa barat orang badui kalau tidak salah.
     
  19. Offline

    nurend Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    6,972
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +65,609 / -0
    perasaan ada juga di jatim
    gw pernah baca artikelnya di suatu majalah
     
  20. Offline

    reazon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,014 / -0
    bukannya manusia purba ukuran tubuhnya besar-besar......:???:
    kalo d bilang manusia itu hasil evolusi dari monyet atau apalah,,
    gw ga percaya tuh......:wuek:
     
  21. Offline

    reyhans_13 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 23, 2009
    Messages:
    644
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +62 / -0
    banyak bgt kaleee... hutan papua blum terjamah semua malah... blum lgi hutan laennya...
    apalagi lautnya.... banyak bgt yg blon d jelajahi.......
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.