1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Nazi Pernah datang ke Indonesia

Discussion in 'History and Culture' started by moronez, Oct 6, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    moronez Members

    Joined:
    Oct 6, 2008
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    Saksi bisu PD II di Indonesia


    Perang dunia II merupakan perang terdasyat sepanjang sejarah manusia, baik dalam segi jumlah korban maupun luas medan pertempuran. Ratusan juta nyawa manusia melayang. Tak seperti perang dunia I yang hanya meliputi medan Eropa saja, Perang dunia II merupakan Perang dunia yang sesungguhnya karena melibatkan hampir semua benua, mulai dari Eropa, Afrika bahkan Asia. Front Eropa dikuasai oleh Jerman dan Italia, Afrika dikuasai oleh Inggris dan Asia dikuasai oleh Jepang. Kini setelah puluhan tahun berlalu, perang dunia II masih menyisakan banyak misteri yang belum terpecahkan. Salah satunya adalah fakta kedatangan Nazi di Indonesia.


    Pagi-pagi buta tanggal 1 September 1939, Komando Tertinggi Jerman Mengeluarkan perintah harian yang berbunyi:
    “Saat penuh cobaan telah tiba. Tatkala semua upaya lain telah habis, maka senjatalah yang harus memutuskan. Kami memasuki pertempuran ini dengan menyadari bahwa keadilanlah yang menuntun kami. Kami percaya akan Fuhrer, pemimpn kami. Maju bersama Tuhan, demi Jerman.”
    Tidak ada suatu pernyataan resmi yang dikeluarkan, baik yang ditujukan untuk rakyat Jerman maupun dunia. Pengumuman pecahnya perang terdasyat dalam sejarah umat manusia ini adalah dari dentuman-dentuman meriam kapal perang Jerman Schleswig Holstein. 1,8 juta orang prajurit Jerman menyerbu Polandia dan mengawali pecahnya perang dunia II yang menghilangkan ratusan juta nyawa manusia. Menariknya, dari perang inilah terjadi perubahan peta perpolitikan militer secara drastis. Singkatnya PD II (1939-1945) membawa banyak perubahan dalam perangkat serta taktik militer.

    Adalah Jerman yang melontarkan taktik perang serta persenjataan modern, seperti taktik Blizkrieg yang mampu menggulung raksasa Perancis dalam waktu singkat, serta London yang dibuat hancur dengan roket V-1 dan V-2 dan Luhtwaffe (Angkatan Udara Jerman) yang menjadi pengguna pertama pesawat bermesin jet. Karena itu walaupun Jerman keluar sebagai negara yang kalah dalam pertempuran ini namun Jermanlah yang justru merubah pola pikir perang kolosal menjadi perang modern.

    Tahun 1939-1940 merupakan tahun kejayan bagi Jerman Nazi. Polandia dapat digulung Hitler kurang dari 3 minggu tepatnya 17 hari. Kemudian Perancis dapat ditaklukkan hanya melalui pertempuran selama lima hari. Lalu berturut-turut negara-negara Eropa berlutut di bawah Jerman, begitu pula dengan Belanda yang dikalahkan tahun 1940.

    Kancah pertempuran Eropa rupanya berimbas juga pada keadaan di Hindia-Belanda. Bersamaan dengan ekspansi Jerman ke Belanda bulan Mei 1940, Pemerintah Kolonial Belanda di Indonesia menahan sebanyak 2.436 orang Jerman. Banyak diantara mereka merupakan pegawai kolonial, ahli budaya, insinyur, dokter, ahli minyak bumi dan juga diplomat bahkan seniman terkenal Walter Spies yang merupakan pendiri sekolah lukis di Bali juga ditangkap. Kemudian orang-orang Jerman ini dimasukkan dalam kamp pengasingan di Sumatra Utara . Proses penangkapan ini berlangsung hingga penghujung tahun 1941.
    14 Desember 1941 pasukan Jepang mendarat di Borneo (Kalimantan). Pemerintah kolonial Belanda yang saat itu sudah dalam keadaan genting, melihat bahayanya jika para tahanan ini jatuh ke tangan Jepang karena Jepang telah bersekutu dengan Jerman. Maka Pemerintah Kolonial memutuskan untuk membawa para tahanan Jerman tersebut ke India yang merupakan koloni Inggris dengan maksud menyerahkan tawanan tersebut ke tangan Inggris.

    Pada tanggal 18 Januari 1942 berangkatlah tiga kapal berbobot 3000 ton yang membawa tawanan. Kapal terakhir yang berangkat adalah Kapal van Imhoff dari Sibolga, Sumatra. Celaknya kapal tersebut tidak menggunakan tanda palang merah. Sehingga keesokan harinya tanggal 19 Januari 1942 van Imhoff mendapat serangan dari 2 pesawat pemburu milik Jepang. Dalam keadan panik, pasukan Belanda yang ditugaskan menjaga tawanan melarikan diri dengan perahu kargo yang ditarik dengan perahu motor penarik. Sebelumnya pasukan belanda tersebut telah merusak perahu sekoci, pompa air serta alat komunikasi. Beruntung masih ada satu sekoci yang belum dirusak atau tidak sempat dirusak, maka tawanan Jerman tersebut menaiki perahu kecil itu. Dari 477 tawanan 411 meninggal dan yang berhasil selamat sebanyak 64 orang dapat selamat dan mencapai Nias sedangkan 2 orang lainnya meninggal sesaat ketika mencapai Nias.
    Tahun 1942 adalah tahun yang menentukan baik di medan perang Eropa ataupun Pasifik. Walaupun Jepang pada 8 Maret 1942 dapat mengalahkan Belanda di Indonesia namun pada setelah pertempuran di Midway (Juni 1942) dan kemudian di kepulauan Solomon (November 1942) yang mengakibatkan pengosongan Pulau Guadalcanal beberapa waktu kemudian, pamor Jepang di kancah Pasifik mulai merosot. Begitu pula dengan Jerman, operasi Barbarossa yang dilancarkan Hitler berbuah kehancuran bahkan dalam bulan November 1942 pasukan Rusia yang dipimpin oleh Marsekal Zukov mengurung Jerman di Stalingrad dan pada bulan November itu pula Rommel dikalahkan oleh Montgomery di front Afrika. Puncak kemalangan Jerman terjadi pada bulan Agustus 1943 dimana satu-satunya kilang minyak Jerman di Ploesti, Rumania di bom habis-habisan oleh tentara udara Sekutu. Walaupun Ploesti tetap berdiri namun hampir 50% kilang tersebut mengalami kerusakan.

    Pada bulan Mei 1943 Kriegsmarine mengadakan persetujuan dengan Jepang. Inti persetujuan tersebut adalah untuk mengimport senjata perang yang ditukar dengan bahan baku seperti karet, minyak, timah, molybdan, wolfram dll. Kemudian di Jakarta Mayor Angkatan Laut Jerman, Dr. Herman Kandeler (yang juga merupakan wakil anggota diplomatik) meminta pada Jepang villa dan Perkebunan Helfferichs di Cikopo, Bogor diberikan kembali kepada Jerman. Maksudnya villa dan perkebunan ini untuk dijadikan tempat beristirahat awak U-boat yang telah mengalami pelayaran di bawah laut selama berbulan-bulan. Kemudian perkebunan ini diserahkan kepada Alber Vehring. Vehringlah yang menyediakan segala makanan selama awak U-boat tersebut berada di perkebunan. Dalam catatan hariannya Peter Marl (merupakan salah satu awak U-boat) mengatakan:
    “Mereka bisa menikmati tempat itu, surga tropis dan bisa melupakan sejenak untuk waktu yang singkat kejamnya perang dan bahayanya pelayaran laut”.
    Tercatat selama periode 1943-1944, sebanyak 42 kapal selam telah dikirim ke Indonesia. Bahkan U-180 telah dua kali dikirim. Namun hanya sedikit sekali yang dapat kembali dengan selamat ke Perancis mengingat tahun-tahun tersebut laut telah dikuasai oleh Sekutu.

    Sebenernya seh masih byak lagi yang belum di ulas tapi takut kepanjangan jadi gw cuma masukin alasan sama hubungan jerman-jepang di Indonesia aja. mungkin lain waktu saya teruskan.

    [​IMG][/URL][​IMG][/IMG]
    [/FONT]
    [/SIZE][/SIZE][​IMG][/URL][​IMG][/IMG]
     
    Last edited: Oct 7, 2008
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    truedark7 Spiderman Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 25, 2008
    Messages:
    1,879
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +11,508 / -0
    males nich bacanya bisa di bold gak, yang pentingnya aja khususnya tentang kedatangan jerman
     
  4. Offline

    theiNDrAs Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2008
    Messages:
    2,176
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +44,196 / -0
    wah good info bro...

    thx for sharing...
    klo perlu foto2 nya d upload sklian bro, biar lbh okeh...:D
     
  5. Offline

    moronez Members

    Joined:
    Oct 6, 2008
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    sori negh berantakan fotonya. tadinya sih mau jelasin satu2 pasukan Jerman yang di kubur di gadog tapi ntar kepanjangan. ow iya ne fakta dan bisa gw pertanggung jawabkan cz dari hasil wawancara n pnelitian gw.:em0100:
     
  6. Offline

    underbon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    1,011
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,302 / -0
    gw juga yakin si hotler pernah k indonesia karna kalo hitler ga k indonesia jojon ga bakalan punya kumis kaya hitler

    :em0100:
     
  7. Offline

    Lycoris Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 19, 2008
    Messages:
    320
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +259 / -0
    mengenai masalah Perwira Jepang pernah ke Eropa udah tau ?

    mereka bahkan sempat nyoba Tiger tanknya Jerman & difoto
     
    • Like Like x 1
  8. Offline

    meneng Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    435
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +19 / -0
    wew, ga nyangka Indo pernah jadi temapt singgahan kapal2 Jerman!!! ngomong2 kok Itali ga pernah disebut2 ya klo masalah perang??
     
  9. Offline

    sydnar Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 25, 2008
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +21 / -0
    wah informasi yg menarik...aq seh sejak dulu suka sejarah perang dunia, dapet informasi baru neh tentang PD jadi semangat cari versi lengkapnya cerita nazi di indonesia
     
  10. Offline

    NuRaider Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 24, 2008
    Messages:
    3,866
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +54,512 / -0
    Oh tentara Jerman dulu pernah kesini juga yah..

    Indonesia banyak didatangi bangsa asing yah dulu...
     
  11. Offline

    ark_beetle Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 29, 2008
    Messages:
    3,189
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,544 / -0
    Jadi Nazi pernah ke Indo juga.. tapi kenapa ga pernah ada di buku pelajaran sejarah Indo yah...
     
  12. Offline

    shinreiyasha Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 31, 2008
    Messages:
    306
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +245 / -0
    jadi nazi k indonesia cuma mampir aja y, sempet menyebarkan doktrin2nya gak tuch.
     
  13. Offline

    Akihisa Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 23, 2010
    Messages:
    375
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +16 / -3
  14. Offline

    seveneleven Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    128
    Trophy Points:
    151
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10,644 / -0
    yoi beberapa kali hitler ngelakuin blunder termasuk blunder yang paling fatal yaitu menyerang rusia...kesalahan yang sama seperti napoleon dulu.....ck ck ck ck....hitler ga belajar dari sejarah c...
     
  15. Offline

    happybratboy Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,241
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,346 / -0
    untung di indo ga ada orang yahudi
     
  16. Offline

    Kazesimi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 19, 2010
    Messages:
    733
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +526 / -0
    swt kirain mau nge bantai lagi dia !!!!

    untung di indo org nya pada ber sahabat yach ~~ the hee ~~
     
  17. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,416
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,493 / -8
    wah abru tau neh kalau Nazi pernah datang k indonesia.

    selama ini yang ane tau cuma penjajah ajjah.

    tapi sayang g'sempat jajah indonesia. kalau sempat menjajah dah pasti merasakan bambu runcing.

    dan tambah daftar sejarah penjajahan d indonesia.
     
  18. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,690
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,801 / -1
    swt si khuma dukung penjajahan lah kan emang ada gosip gosip muasal ktnya hitler mati di indo jdi t4 persembunyiannya hitler ama nazi dll :swt:
     
  19. Offline

    yoshikanji Superstar Veteran

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,467
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +38,401 / -0
    avara kdavra, open sesame...
    auto lock open.



    Regards,
     
  20. Offline

    mystiquelle Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 4, 2012
    Messages:
    4,744
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +23,557 / -0
    bisa juga charlie chaplin gan :XD:

    kata siapa? mana tau salah satu dari kita disini ada yang keturunannya :ngacir:
     
  21. Offline

    dickbull Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 19, 2013
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    47
    Ratings:
    +5 / -0
    Ini gak tau benar atau hoax, tp kl ane ke toko buku/ gram*dia psti ada bukunya dan ane jg prnh baca ttg hitler mati di indonesia

    Kl di film dokumenter kyk discovery channel prnh diberitakan bahwa hitler matinya gak dibunuh atau di racun ketika bersembunyi di banker
    Ketika di teliti jenazahnya jg beda dan disembunyiin sama pihak rusia.
    Yaaa kl bener jerman/hitler prnh ke indonesia, pendapat ane sih bisa jadi cos pihak rusia selaku sekutu yg hancurin jerman msh tertutup n sembunyiin kebenaran ttg
    kematian hitler
    Hehehehehehe analisa ane aje
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.