1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

People Musashi, Si Model dari Jepang

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by bagoz, Oct 14, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    bagoz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    345
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    boz........ sorry klo :repost:

    [​IMG]


    Miyamoto Musashi adalah tokoh historis Jepang, hidup sekitar awal abad 17 di masa permulaan kekuasaan Shogunat Tokugawa. Konon, bagi orang Jepang laki-laki ini begitu memberikan arti. Dua kapal perang terbesar kekaisaran Jepang saat PD II salah satunya dinamakan sesuai dengan namanya.

    Musashi bukanlah negarawan, keturunan bangsawan ataupun seorang jenderal kenamaan. Dia sekedar pendekar pedang yang di separo akhir hidupnya kemudian mendalami seni. Sebagai pendekar dia juga tidak mempunyai tuan (daimyo) tempat mengabdi. Sebagian besar hidupnya dihabiskan dengan menjadi samurai pengembara (shugyosha) yang menjelajahi seantero jepang dan tetap bebas merdeka dengan menjadi ronin (samurai tak bertuan).

    Namun sebagai pendekar pedang dia bukanlah pendekar kebanyakan. Sampai usia 30 dia telah melakukan sekitar 60 pertarungan dan tak sekalipun terkalahkan. Kemenangan pertama diperoleh di usia 13 tahun, dengan menewaskan seorang pendekar yang lebih tua. Ini sangat luar biasa mengingat dia tidak mempunyai guru formal yang mengajarinya bermain pedang. Padahal lawan bertarungnya adalah pendekar-pendekar terkenal yang berasal dari perguruan besar pula.

    Duel Musashi yang paling terkenal adalah saat melawan Sasaki Kojiro di pulau Funa (terletak antara Honshu dan Kyushu ). Menurut cerita, orang Jepang masih membicarakan duel ini sampai sekarang. Waktu itu Kojiro juga telah mendapatkan reputasi sebagai pemain pedang tak terkalahkan di provinsi barat. Kojiro menggunakan pedang panjangnya yang terkenal –dinamai Galah Pengering- sedang Musashi membawa pedang kayu –sebagaimana sering digunakan dalam duel-duelnya yang lain- yang diukirnya dari sebatang dayung. Pertarungan diakhiri dengan tewasnya Sasaki Kojiro.

    Setelah pertarungan itu Musashi mulai lebih sedikit terlibat pertarungan, apalagi yang sampai membawa kematian lawannya. Dia menjadi terfokus untuk mendalami semua seni. Di masa tuanya dia dikenal sebagai seniman dengan banyak kebisaan. Melukis dengan tinta india, kaligrafi, hingga membuat patung. Lagi-lagi seperti kemampuannya bermain pedang, kematangan seninya pun diperolehnya dengan tanpa guru.

    Di akhir hidupnya Musashi menulis buku yang kemudian menjadi master piecenya. Kitab tipis yang diberinya judul Kitab Lima Lingkaran, yang tetap terkenal hingga sekarang. Buku ini berisi perenungannya tentang Jalan Pedang dan berisi pemikiran tentang filosofi hidupnya. Disebut Lima Lingkaran karena dia membagi bukunya menjadi lima bab: Bab Tanah, Api, Air, Angin, dan Kehampaan.

    Melihat sepintas cerita hidupnya, barangkali inilah yang membuat pengaruh Musashi begitu besar buat orang Jepang. Menilik dari asal-usul Musashi bukanlah keturunan klan yang terkenal. Padahal di jaman feodal, klan bisa berarti segalanya. Kemandirian dan kemerdekaannya juga membuat banyak orang kagum. Tak pernah dia memiliki guru ataupun tuan sebagaimana samurai kebanyakan pada waktu itu.

    Ada satu cerita menarik saat Musashi akan bertempur melawan Klan Yoshioka. Sebelum pertempuran dia sempat masuk ke satu kuil dan berdoa memohon bantuan para dewa. Beberapa waktu setelah berdoa, rasa malu kemudian melandanya. Musashi berpendapat tak layak dia menggantungkan diri pada dewa. Meski dia menghormari dewa-dewa tapi hanya dirinya sendiri lah yang seharusnya diandalkan.

    Ringkasnya Musashi adalah seorang yang mencapai puncak karena self-made, tanpa koneksi atau keturunan. Dan pencapaian itu dia bayar dengan tekad baja, kemandirian, kerja keras, disiplin, integritas dan ketekunan yang tiada tara.

    Nilai-nilai inilah yang tentu masih dianut kuat oleh orang Jepang. Melihat Musashi membuat mereka seakan melihat diri mereka sendiri. Musashi adalah model Jepang, figur dimana mereka ingin menjadi.

    Akhirnya, Novel Musashi, karya Eiji Yoshikawa bisa jadi awal yang baik buat mengenal tokoh ini, diterbitkan Gramedia. Dengan tebal buku 1200an halaman, memang perlu keuletan buat menyelesaikannya.
     
    Last edited by a moderator: Oct 14, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    juliusdj Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 4, 2009
    Messages:
    265
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +913 / -0
    Musashi keren, bisa jadi teladan
    gua juga dah baca novelnya, ceritanya bagus
    :niceinfo:
     
    Last edited by a moderator: Oct 14, 2009
  4. Offline

    ryzqrd Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    1,552
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +528 / -0
    ck ck ck..
    luar biasa..
    jadi pengen baca buku nya nih..
    :top:
     
  5. Offline

    valr1st Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    768
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +181 / -0
    mengandalkan diri sendiri tanpa orang lain hmm nice emangat yg hebat sesuai a,a sifat orang2 jepang ... mereka semua semangatnya tinggi darah samurai
     
  6. Offline

    n_iz_are Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    1,373
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,978 / -0
    bagus tuh....
    kita harus berusaha tanpa bantuan orang lain...:piss:
     
  7. Offline

    Iou Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2009
    Messages:
    353
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,502 / -0
    Orang kaya dia, kenapa pas dia uda mulai tua/lemas gitu ngga diburu oleh orang lain untuk dibunuh ya... Menurut wiki dia meninggalnya tidak dalam pertarungan soalnya. Pada takut kah?
     
  8. Offline

    matriks Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 21, 2009
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    saya sudah bacanya gila 1200 halaman emang wkwkwk
     
  9. Offline

    Kiddo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    1,147
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +668 / -1
    keren...
    tapi novel mahal,,,gw lebih doyan baca komiknya....vagabond tuh yg terbitan m&c, mangaka nya sama kyk yg buat slam dunk..sip banget ceritanya :top:
     
  10. Offline

    thinkinginhell Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    288
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +29 / -0
    kalo males baca novelnya nyang 1200 halaman, mending baca Vagabond
    meskipun agak beda dikit ceritanya, tapi intinya ampir sama, soalnya Vagabond kan diambil dari novelnya Eiji Yoshikawa juga............
     
  11. Offline

    balthasar12 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 9, 2009
    Messages:
    257
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +785 / -0
    gan, pnya pic slama dy msh hidup gk? yg bkn khayalan...
     
  12. Offline

    Raestloz Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    5,098
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,535 / -0
    Begitu2 Musashi licik juga lho :ngacir:

    Dia sengaja telat sejam lebih sampai Sasaki Kojiro habis kesabaran. Begitu dia dateng Kojiro udah ga nahan dan langsung menyerang membabi buta, Musashi tinggal nyabet dan begitu Kojiro jatuh langsung lari lagi dengan kapalnya itu :hahai:

    moral dari cerita ini licik gapapa! Yang penting elo menang! :hahai:

    moral jelek dong :madesu:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.