1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

MUI Haramkan Donor Organ Hidup, Penderita Gagal Ginjal Terancam

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by smkosasih, Jul 28, 2010.

?

Setuju atau tidak setuju donor ginjal diharamkan ?

  1. setuju donor ginjal haram

    0 vote(s)
    0.0%
  2. tidak setuju donor ginjal diharamkan

    0 vote(s)
    0.0%
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    "MUI Haramkan Donor Organ Hidup, Penderita Gagal Ginjal Terancam"
    [​IMG]
    Keputusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengharamkan donor organ dari pendonor yang masih hidup bisa mengancam kelangsungan hidup penderita gagal ginjal yang kebanyakan mendapat donor dari manusia hidup.

    MUI dalam jumpa pers Selasa malam (27/7/2010) hanya membolehkan pengambilan organ setelah si pendonor dinyatakan meninggal. Penerima donor pun menurut MUI baru bisa dilakukan jika pasien berada dalam keadaan kritis.

    Sementara kondisi yang terjadi di dunia medis saat ini kebutuhan akan donor ginjal terus meningkat. Antrean untuk menerima donor ginjal sangat panjang yang saking lamanya menunggu donor ginjal banyak pasien yang tidak terselamatkan.

    Akhirnya keluarga pasien atau pendonor ginjal saat ini banyak dari pendonor yang masih hidup yang bersedia memberikan donor ginjal dengan berbagai alasan.

    Seperti diketahui, manusia memiliki dua buah ginjal sehingga jika hanya satu ginjal yang didonorkan, maka ia masih memiliki satu ginjal yang masih bisa bekerja.

    Ilmuwan juga sudah membuktikan donor organ ginjal dari orang yang masih hidup dan sehat tidak memberikan efek yang signifikan dalam mempercepat kematian si pedonor ginjal atau hati. Asalkan pedonor tersebut memperhatikan kesehatannya dan menjalani pola hidup sehat.

    "Saya tidak setuju jika semua donor organ dari manusia hidup diharamkan, karena tujuan dari donor organ ini adalah untuk menolong orang lain," ujar dr Kartono Mohammad, saat dihubungi detikHealth, Rabu (28/7/2010).

    dr Kartono bercerita dulu saat Kyai Ali Yafie menjabat sebagai ketua MUI, beliau setuju dengan donor organ dari manusia hidup dengan beberapa catatan.

    Tapi lanjut dr Kartono, kalau memang sekarang diharamkan, maka penderita gagal ginjal yang miskin akan terancam meninggal, sementara penderita gagal ginjal yang kaya bisa melakukan transplantasi ginjal di luar negeri.

    "Jadi bagi orang yang memang memerlukan transplantasi organ baik karena gagal ginjal atau gagal hati, terpaksa harus dilakukan di luar negeri karena disini tidak bisa," ungkap dokter yang pernah menjabat sebagai ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

    dr Kartono menilai donor organ yang legal sebenarnya bisa saja dilakukan untuk tujuan kemanusiaan. Namun dia mengaku tidak dalam kapasitas untuk setuju keputusan MUI tersebut.

    "Apakah perlu dilakukan kajian lagi atau tidak, saya tidak mau komentar karena saya hanya bisa bicara dari sisi kemanusiaan," katanya.

    sumber:detikHealth
     
    Last edited: Jul 28, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    snowflakez Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 20, 2008
    Messages:
    801
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,680 / -0
    widih....ini haram itu haram...sampe2 skg donor ginjal d haram kan...mantap bner dah ah :yareyare:

    klo ada penderita gagal ginjal yg kritis n ga punya biaya wat operasi d luar berati dia tinggal nunggu wafat doank yah :???:

    sbnernya apa sih dasar dr sesuatu itu d haramkan atau tidak??ada penjelasan nya ga, saya ga ngerti soalnya :???:

    kek nya dah melenceng d sampe2 sgla hal bisa d haramkan seenaknya...jgn sampe nanti bernafas pun d haramkan :sigh:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    sp4rkfist Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,633
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,263 / -0
    selalu begini:jah:
    membuat fatwa haram tanpa memperhitungkan terlebih dahulu akibatnya:yareyare:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    tsar5 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 8, 2009
    Messages:
    959
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +492 / -0
    apa sih mau nya si MUI :lempar:
    nyawa tuh penting tau :lempar:
    sekalian aja ntar wc umum juga haram :lempar:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    Meramera Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 5, 2009
    Messages:
    963
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,264 / -0
    apa2an ini... :panda:

    yg namanya donor ginjal kan buat keselamatan seseorang... demi nyawa seseorang.. tp malah d haramkan jga.. :sigh: apa tujuan mereka sebenarnya.. :yareyare:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  7. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    keputusan apa ini :rokok: secara gak langsung ikut membunuh pasien2 yang membutuhkan organ hidup ,kalau gara2 keputusan ini byk penderita gagal ginjal meninggal mesti bertanggung jawab MU**atas keputusannya
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    ada yang tau alasannya kenapa diharamkan..:???:
     
  9. Offline

    Ketok Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    933
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +17,643 / -0
    :maaf: sekarang apa sih yang ga diharamin MUI.. dikit-dikit haram (syarat dan ketentuan berlaku), ini juga, kalo uda kritis baru boleh terima donor, lah yang bener aja, pas pasien uda ampir koit baru dikasih pertolongan, ga boleh pas masih agak bugar =_=:voodoo:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  10. Offline

    inumaru Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    1,799
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,004 / -0
    Hanya boleh dari yang sudah meninggal dan kalo yg didonor kalo sudah kritis...
    Kok aneh..
    G ada alasan kenapa tapi ada syarat dan ketentuan berlaku..
    :yareyare:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  11. Offline

    MobyC Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    518
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +59 / -0
    Buat Fatwa asal nyeplos ya MUI, dulu rokok sekarang masalah donor organ :rokok:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  12. Offline

    tsar5 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 8, 2009
    Messages:
    959
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +492 / -0
    kalo rokok sih haram gapapa, ga suka bau rokok soal nya saya :voodoo:
    kalo nyium asep rokok langsung mual :dead:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  13. Offline

    snowflakez Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 20, 2008
    Messages:
    801
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,680 / -0
    idem kk, saya jg nda tau alasan nya knp d haramkan....bahkan saya jg ga tau batasan yg haram dan yg tidak d mata mereka tu seperti apa...n saya jg ga tau apa alasan nya mereka sampe bisa yg nentuin hal2 yg haram dan tidak itu apa aja :???:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  14. Offline

    sp4rkfist Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,633
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,263 / -0
    jangan lupa fatwa haram bunga bank:hehe:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  15. Offline

    Will Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,279 / -0
    kalo itu sih emang ga boleh, masalahnya asal dana untuk bunga bank ga jelas. duh bahas beginian ntar jadi nyerempet SARA

    setuju ga setuju sih, mungkin dikhawatirkan ngebahayain pendonor
     
  16. Offline

    simomone Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,591
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,184 / -0
    gw gak setuju kalo donor ginjal diharamkan :rokok:
    asal tujuannya jelas & si pendonor ikhlas demi menolong nyawa orang laen ya gak apa2lah..
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  17. Offline

    forrow07 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    2,012
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,642 / -0
    kebiasaan MUI Indonesia semua2 di Haramkan :yareyare:

    coba bagi mereka yg berkepentingan
    di telaah baik buruknya semua itu
    kalau tujuan baik kenapa harus diharamkan :???:
    karena donor seperti ini masih banyak yg butuh lho
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  18. Offline

    vhascal Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    Katanya kita makhluk sosial.. Koq ingin berbuat baik aja di bilang haram... Pikir dua kali aja dulu
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  19. Offline

    BlankShade Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,073
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,443 / -0
    Ini Mui kebanyakan kekuasaan di Indo mangkanya suka cari sensasi :swt:

    akhir2 idup juga di"haram"kan :onfire:
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 1
  20. Offline

    thisisant Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    7,417
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +9,850 / -0
    Kalo jual beli organ haram mah ayo, bantu berantas sekalian.. Kalo donornya sadar dan ngerti konsekuensinya masa ngga boleh?
    Maunya apa sih.. Dikira cuci darah murah apa.. :lempar:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  21. Offline

    Deztro Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 3, 2010
    Messages:
    5,554
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,501 / -0
    walah cape denger ginian, ini haram itu haram.... jadi yg ga haram apaan?
    lagian kan ini donor, apa mesti dijelasin lagi kali ya arti donor apaan, ngasi sesuatu ke orang lain secara sukarela, tuh yg gw tebelin, klo pendonornya mau ngasih ke orang lain secara sukarela masa dilarang, kan dia juga ga merasa nyesel donorin ginjalnya, lama kelamaan hak orang terbatasi klo kayak gini sih. bener2 bahaya ckckck....

    @atas gw
    ya bener tuh bro, klo jual beli organ donk yg dilawan bukan donor ginjal. cuci darah juga ga murah trus itu pun ga bener2 bisa nyembuhin
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.