1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Physics and Chemistry Mengenal Aksi-Reaksi [Hukum Newton III]

Discussion in 'Science and Technology' started by ramarifin, Oct 1, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ramarifin Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 31, 2011
    Messages:
    608
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +306 / -0
    di nukil dari Hendradi Hardhienata (Departemen Fisika FMIPA IPB) fisika lipi
     
    Last edited: Oct 1, 2011
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    lawrence3 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 1, 2011
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    Sebenernya untuk memahami fisika itu tidak perlu dihapal teorinya ya bro, tp perlu dipahami benar-benar penerapannya dalam dunia nyata . Contoh nyata ya itu tadi munculnya gaya gesek akibat benda yg bergerak memunculkan persamaan aksi reaksi..
     
  4. Offline

    ichreza Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    839
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,765 / -0
    KETIKA sebuah apel yang sudah matang lepas dari pohonnya dan lantas jatuh ke bawah, barangkali bagi kita itu sebuah kejadian keseharian yang tidak perlu dipertanyakan. Tapi ternyata bermakna lain bagi Isaac Newton. Peristiwa yang sederhana itu menjadi inspirasi baginya untuk menemukan sebuah penemuan besar, kelak mengubah cara pandang kita tentang alam.
    Dari kisah jatuhnya buah apel, Newton berhasil menemukan teori bumi yang kita pijak ini memiliki daya tarik yang besar sekali, sehingga semua benda di dunia selalu berpijak ke tanah. Teori itu lantas kondang dengan sebutan Teori Gravitasi. Berkat teori inilah bertahun-tahun kemudian antara lain orang bisa menemukan caranya terbang menggunakan pesawat.
    Di samping Teori Gravitasi, masih banyak lagi penemuan Newton lainnya yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Lantas bagaimanakah kisah hidup tokoh yang punya visi dan pemikiran luar biasa ini?
    Isaac Newton lahir pada tanggal 25 Desember 1642 di Woolsthrope, Inggris. Sepanjang hidupnya Newton tidak mengenal ayahnya, karena ketika ia lahir sang ayah sudah meninggal.
    Semenjak kecil Newton sudah menunjukkan bakatnya yang hebat di bidang mekanika ditambah tangannya yang begitu cekatan. Namun, kendati otaknya cemerlang, Newton tidak begitu kelihatan tertarik belajar di sekolah, sehingga ia luput dari perhatian para guru yang selalu mengincar anak pintar.
    Melihat anaknya seperti malas sekolah, sang ibu sempat terpikir untuk mengeluarkan Newton dari sekolah dan menyarankan untuk menjadi seorang petani. Untungnya Newton bisa membujuk ibunya kalau minat dia sebenarnya bukan mencangkul tanah, biarpun dia cekatan.
    Jadilah kemudian Newton seorang mahasiswa di Universitas Cambridge. Ia banyak belajar di kampus itu dengan cepat. Lebih dari sekadar membaca, Newton juga kreatif membuat percobaan dan penyelidikan sendiri. Rasa ingin tahu dan daya pikirnya yang sangat besar mendorongnya melakukan semua itu. Tak heran, ketika masih berumur dua puluh tahunan, ia sudah menemukan banyak dasar-dasar teori ilmu pengetahuan, yang nantinya bakal mengguncang dunia.
    **
    PENEMUANNYA yang pertama adalah tentang cahaya. Dulu orang beranggapan warna putih merupakan warna tunggal atau warna murni. Tapi, lewat serangkaian percobaan seksama, Newton menemukan sekaligus membuktikan, warna putih merupakan campuran dari tujuh warna berbeda yang sama dengan warna-warna pelangi, yaitu merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila-ungu (Mejikuhibiniu). Teori ini kemudian ngetop dengan istilah Pembiasan Cahaya.
    Tak hanya puas dengan penemuan pembiasan cahaya, Newton membuat percobaan lain yang masih ada hubungannya dengan cahaya. Kali ini ia melakukan pemantulan cahaya. Dari urusan bias-membias dan pantul-memantulkan cahaya ini, kemudian Newton berhasil membuat sebuah benda yang bernama teropong refleksi. Kelak temuannya itu digunakan oleh sebagian besar penyelidik bintang.
    Setelah penelitian di bidang cahaya, Newton kemudian mendalami bidang mekanika. Lagi-lagi teorinya di kemudian hari menjadi tonggak penting ilmu fisika. Mekanika merupakan bidang kajian yang berhubungan dengan bergeraknya suatu benda. Seputar hal ini, Newton menemukan beberapa teori sekaligus. Pertama, teori suatu benda yang bergerak karena pengaruh kekuatan luar. Kedua, yang paling terkenal, teori yang menyatakan setiap benda melakukan aksi gerak pasti ada gerak tandingannya (reaksi) dengan besar yang sama tapi arahnya bertentangan. Ketiga, teori gaya berat atau gravitasi.
    Semua ilmu yang diwariskan Newton tadi nantinya terpakai untuk menjawab banyak peristiwa alam, mulai dari goyangan pendulum sampai gerak-gerik planet dalam orbitnya. Berkat penemuan Newton pula, para ahli bintang dapat memecahkan teka-teki alam semesta atau meramalkan gerakan bintang dan posisi planet.
    Di samping itu, Newton juga melahirkan teori tentang asal muasal bintang-bintang di langit seperti yang kita ketahui sekarang. Tak aneh jika kemudian ia juga dikenang sebagai astronom besar. Ia juga menciptakan berbagai teori lainnya, seperti teori penyelidikan tentang panas, teori tentang suara, dan banyak lagi.
    Dengan segala karya yang telah ia buat serta teka-teki alam yang sudah dia pecahkan, Isaac Newton memang sangat pantas menyandang gelar ilmuan besar. Kendati ia telah menghadap kepada Sang Maha Pencipta pada 20 Maret di Kensington, London, Inggris di usia 85 tahun, namun berbagai penemuan dan prakarsanya telah mampu merevolusi pikiran, cara hidup manusia, dan menstimulasi penemuan-penemuan lainnya hingga sekarang.***
    Sumber : Pikiran Rakyat (1 April 2004)
     
  5. Offline

    Di4m0nD Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    704
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +88 / -0
    dari pada matematika, fisika emang lebih keliatan penggunaan nya dalam kehidupan sehari-hari
    terutama buat perkembangan teknologi sekarang ini
     
  6. Offline

    bizly Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    20,281
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +103,779 / -3
    ^^
    matimatikan adalah kunci inggris ilmuawan dalam mempelajari hukum fisika...
    Setelah membaca trit ini saya jadi sadar ternyata Hukum III Newton itu tidak sederhana seperti yang saya dapatkan sewaktu SMA dulu. :hmm:
     
    • Thanks Thanks x 1
  7. Offline

    Hudoq Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 10, 2011
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    setuju, fisika emang harus difahami dengan pendekatan konsep dan peristiwa sehari-hari. hal ini karena fisika tidak seabstrak matematika. bayangkan kalo kita belajar fisika, tetapi yang yang kita pelajari rumus melulu, y jelas yang kita pelajari matematika.
     
  8. Offline

    aqua00 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,003 / -0
    hukum ketiga newton ini bisa diaplikasikan untuk level benda terlihat, sementara untuk level atomic katanya harus menggunakan hukum mekanika kuantum...
    hal ini menjadi pertanyaan besar para ilmuwan, yaitu mengapa hal ini bisa terjadi...
     
  9. Offline

    Andrexix Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    2,733
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,634 / -1
    ternyata gak sesimple waktu dipelajari di sekolah sampe saya berpikir
    (aksi : pukul orang, reaksi : dibalas gebuk :oggaring:)
     
  10. Offline

    Elk4put Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 12, 2011
    Messages:
    1,543
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +116 / -0
    gak seberapa sulit klo tau logikanya n suka ama fisika.meski rada oon dikit pada awalnya.laju pelor juga pake hukum newton 3.pelor yg kluar dari barrel tepatnya projektil.gaya yg melepas pelor kluar membuat senjata mengalami yg dinamakan recoil.yaitu keadaan dimana senjata yg kita pake bergoyang.klo di pelor ada hukum fisika laen.hukum fisika kecepatan n percepatan.gerak parabolik..ato momentum.termasuk hukum gravitasi.krn pelor kan berat.meski cuman satuan gram.
     
  11. Offline

    acher3 Beginner Members

    Joined:
    May 16, 2011
    Messages:
    373
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +68 / -0
    kalau belajar fisika matematika ribet gunakanlah media lain berupa gambar yang dapat diterima oleh otak kita
     
  12. Offline

    ezerezer Beginner Members

    Joined:
    Jan 30, 2010
    Messages:
    225
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +2,569 / -0
    ada aksi ada reaksi
    ga hanya di dinamika benda aja

    di kehidupan sehari2 juga bisa dipraktikkan
    haha
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. pemikiran isaac newton tentang setiap aksi pasti ada reaksi

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.