1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Medan Magnet Cegah Serangan Jantung

Discussion in 'Science and Technology' started by ghombalz, Jun 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ghombalz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,466 / -0
    [​IMG]
    Penyakit jantung (inmagine.com)

    Medan magnet bisa mengencerkan kekentalan darah. Sehingga bisa memperlancar sirkulasi.

    Kondisi darah yang terlalu kental dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, hingga meningkatkan resiko serangan jantung. Namun, Anda jangan khawatir. Penelitian dari Temple University, China, mulai menemukan solusinya.

    Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Rongjia Tao telah menemukan bahwa medan magnet bisa membantu mengurangi kekentalan darah manusia dan mencegah serangan jantung.

    Tao yang juga Kepala Jurusan Fisika di Temple University itu pada awalnya mencoba medan magnet untuk mengurangi kekentalan minyak dalam mesin dan selang. Namun, kemudian dia menerapkan metode ini untuk mengencerkan darah dalam sistem sirkulasi tubuh manusia. Sebab, sel darah merah banyak mengandung zat besi.

    Dalam percobaan itu, Tao bisa mengurangi kekentalan darah sebesar 20-30 persen dengan meletakkan seseorang dalam medan magnet dengan kekuatan 1,3 Tesla (satuan internasional untuk intensitas magnet) selama satu menit.

    Tao dan teman-temannya telah melakukan uji coba terhadap sejumlah contoh darah di laboratorium Temple. Hasilnya, mereka menemukan medan magnet mampu memisah-misahkan sel darah merah, menyebabkan sel-sel itu tergabung dalam rangkaian pendek, dan melancarkan sirkulasi darah.

    Rangkaian sel darah merah ini lebih besar dari sel darah merah tunggal, sehingga mereka mengalir ke tengah dan mengurangi gesekan dengan dinding pembuluh darah. Turunnya kekentalan ini, memberi efek sel darah bisa mengalir secara bebas. Ketika medan magnet dipindahkan, kekentalan darah lambat laun akan kembali, namun dalam waktu beberapa jam kemudian.

    "Dengan memilih kekuatan dan durasi medan magnet yang cocok, kita akan mampu mengendalikan ukuran agregat sel darah merah untuk mengendalikan kekentalan darah," kata Tao sebagaimana dikutip laman medindia.net. "Metode magneto-reologi ini memberikan cara yang efektif untuk mengendalikan kekentalan darah dalam kisaran yang dipilih."

    Saat ini, satu-satunya cara untuk menipiskan darah hanyalah melalui obat-obatan seperti aspirin. Namun, mengkonsumsi obat ini secara terus-menerus akan menimbulkan efek samping yang tidak bagus untuk kesehatan.

    Menurut Tao, metode medan magnet tidak hanya lebih aman, tapi juga bisa dilakukan secara berulang-ulang. Ketika medan magnet diterapkan kembali, kekentalan darah akan berkurang lagi. Dia juga menambahkan penurunan kekentalan itu tidak mempengaruhi fungsi normal sel-sel darah merah.

    Namun demikian, Tao mengatakan masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Dia berharap pada akhirnya terapi ini dapat diterima untuk mencegah penyakit jantung.

    Tao dan mantan muridnya, Ke "Colin" Huang, sekarang duduk di Departemen Radiasi Onkologi di Universitas Michigan dan telah mempublikasikan penelitian mereka.

    ga nolak :thx: :grp:
    sumber : VIVAnews
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    cupuramadhan Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 30, 2010
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    Thank's inpohnya
     
  4. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,561 / -1
    baru tau ane ternyata medan magnet bisa mengurangi resiko penyakit jantung..
    ternyata zat besinya yang di encerkan :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.