1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Makan Apel Bisa Merusak Gigi?

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by derhangker, Oct 10, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    derhangker Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 22, 2009
    Messages:
    83
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +266 / -0
    [​IMG]APEL merupakan buah yang cukup mudah didapat. Rasanya yang manis dan segar cocok dijadikan kudapan langsung, atau sebagai jus, salad, bahkan cake. Selain memiliki rasa yang enak, apel juga memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan.

    Namun berdasarkan penelitian terbaru menyebutkan, makan empat butir apel sehari bisa merusak gigi dibandingkan dengan minuman berkarbonasi.

    Anggur dan bir juga meningkatkan risiko kerusakan gigi, lebih tinggi daripada acar bawang dan jeruk yang dikonsumsi. Tapi, apel lebih tinggi unsur karbonasinya.

    "Hal ini tidak hanya tentang apa yang kita makan, tapi bagaimana kita memakannya," kata pemimpin penelitian Profesor David Bartlett, kepala prostodontik di King s College London Dental Institute, yang dikutip dari Dailymail, Minggu (9/10/2011).

    Dokter mengatakan bahwa apel merupakan makan yang baik, tetapi jika Anda memakannya secara perlahan-lahan tingkat keasaman yang tinggi dapat merusak gigi Anda.

    Sementara minuman yang paling sering dikaitkan dengan diet erosi, terutama cola, tidak menunjukkan peningkatan risiko tersebut.

    Hasil menekankan, bahwa nasihat diet harus ditargetkan pada asam kuat daripada beberapa jenis minuman ringan yang biasa dikonsumsi.

    Dalam studi baru, para peneliti mencari hubungan antara keausan gigi di beberapa kasus mulut, dan diet yang dilakukan lebih dari 1.000 pria dan wanita berusia 18 hingga 30 tahun.

    Mereka mencari kerusakan pada permukaan enamel gigi sebesar 2 mm, dan pada dentin, struktur pendukung utama dari gigi bawah enamel, dan membandingkan dengan cara dietnya.

    Orang yang makan apel 3,7 kali lebih mungkin mengalami kerusakan dentin, sementara konsumen minuman berkarbonasi tidak memiliki risiko tambahan.

    Jus buah meningkatkan kemungkinan kerusakan enamel di sekitar bagian atas gigi dekat gusi empat kali lipat, sementara bir yang asam, mengangkat kemungkinan kerusakan dentin tiga kali lipat.

    Beberapa apel mengandung sebanyak empat sendok teh gula yang memberikan kontribusi untuk kadar asam di mulut.

    Dr Glenys Jones, ahli gizi di unit Medical Research Council's Human Nutrition Research, mengatakan, "Buah bisa asam dan jelas tidak memiliki kadar gula tapi saya tidak ingin orang menjadi putus asa dengan mengonsumsi buah dan jus buah."

    Salah satu saran adalah, makan apel dengan susu atau sepotong keju yang mengandung kalsium baik untuk menetralkan asam. Minum air segera setelah makan apel juga akan membantu menghilangkan efek berbahaya.

    Dr Jones menambahkan, "Minum jus buah dan smoothie dengan sedotan adalah cara untuk melindungi gigi Anda. Menyikat gigi sebelum makan makanan asam juga dapat membantu karena memberikan penghalang antara makanan dan gigi."
     
  2. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,168 / -0
    Tret ditutup dulu ya...

     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.