1. Saksikan Penampilan Slank dalam "KONSER DRUG FREE, ASIA - AFRIKA" ONLINE!!! Klik Di SINI!!
  2. Diberitahukan akan ada maintenance (MT) susulan fixing beberapa fitur forum, error-error technical dan perbaikan `kosmetik' forum dan beberapa update lainnya. Forum akan tutup-buka dimulai Senin, 20 April 2015 - Jumat, 24 April 2015 dari jam 00:00 - 08:00 WIB pagi secara intensif atau bisa lebih panjang jika tidak selesai selama 8 jam per-harinya. Dan juga terjadi pada waktu² lainnya MT dadakan singkat. Mohon maaf atas gangguan ini.

Mahluk-mahluk Mitologi dalam Kepercayaan Umat Hindu

Discussion in 'Random Images' started by ardiajah, Sep 28, 2010.

  1. ardiajah

    ardiajah Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 31, 2010
    Messages:
    1,584
    Trophy Points:
    63
    Ratings:
    +231 / -0
    Barong
    [​IMG]
    Barong adalah karakter dalam mitologi Bali. Ia adalah raja dari roh-roh serta melambangkan kebaikan. Ia merupakan musuh Rangda dalam mitologi Bali. Banas Pati Rajah adalah roh yang mendampingi seorang anak dalam hidupnya. Banas Pati Rajah dipercayai sebagai roh yang menggerakkan Barong. Sebagai roh pelindung, Barong sering ditampilkan sebagai seekor singa. Tarian tradisional di Bali yang menggambarkan pertempuran antara Barong dan Rangda sangatlah terkenal dan sering diperlihatkan sebagai atraksi wisata. Barong singa adalah salah satu dari lima bentuk Barong.

    Jatayu
    [​IMG]
    Jatayu adalah tokoh protagonis dari wiracarita Ramayana, putera dari Sang Aruna dan keponakan dari Sang Garuda. Ia merupakan saudara Sempati. Ia adalah seekor burung yang melihat bagaimana Dewi Sita diculik oleh Rahwana. Ia berusaha melawan tetapi kalah bertarung dan akhirnya mati. Tetapi ketika belum mati dan masih sekarat masih bisa melaporkan kepada Sri Rama bahwa Dewi Sita istrinya diculik.

    Airawata
    [​IMG]
    Dalam mitologi Hindu, Airawata adalah nama seekor gajah putih, wahana Dewa Indra. Airawata merupakan putera dari Irawati, salah satu puteri Daksa. Dalam mitologi Hindu sering digambarkan bahwa Airawata ditunggangi oleh Indra yang membawa senjata Bajra, sambil membasmi makhluk jahat. Menurut mitologi Hindu, Airawata merupakan salah satu gajah penjaga alam semesta. Ia dianggap sebagai pemimpin para gajah.

    Asura
    [​IMG]
    Asura dalam ajaran agama Hindu adalah bangsa Daitya, kadangkala disamakan dengan rakshasa atau makhluk yang jahat. Mereka memiliki sifat negatif, yakni memusuhi para Dewa. Meskipun demikian, beberapa Asura merupakan Dewa.

    Detya
    [​IMG]
    Dalam bahasa Sanskerta, kata Detya secara harfiah berarti "keturunan Diti." Dalam mitologi Hindu, Detya adalah sejenis makhluk jahat sebangsa raksasa, keturunan Diti dan Bhagawan Kasyapa. Para Detya sering bertikai dengan para Aditya, atau para dewa, meskipun mereka merupakan saudara seayah. Detya yang terkenal adalah Hiranyaksa, Hiranyakasipu, dan Mahabali. Kadangkala, mereka juga disebut Asura.

    Kinnara
    [​IMG]
    Kinnara adalah makhluk surgawi berwujud setengah manusia setengah burung. Mereka pandai memainkan alat-alat musik, seperti Vina atau Kecapi. Kinnara wanita disebut Kinnaris. Kinnaris berwujud wanita cantik dari kepala sampai pinggang, namun bagian tubuh ke bawah berwujud angsa. Mereka pandai bersyair, memainkan alat musik, dan menari.

    Makara
    [​IMG]
    Makara dalam mitologi Hindu, adalah makhluk yang berwujud ikan berkepala gajah, seperti yang sering dilukiskan dan dipahatkan dalam candi-candi di Indonesia, khususnya di Bali dan Jawa. Orang Bali menyebutnya gajahmina, yang secara harfiah berarti "ikan gajah". Kadangkala Makara dilukiskan sebagai makhluk berwujud separuh kambing dan separuh ikan seperti simbol Kaprikornus dalam zodiak.

    Karura
    [​IMG]
    Karura adalah seekor makhluk besar yang memiliki nafas panas dan merupakan bagian dari mitologi Hindu-Buddha Jepang. Makhluk ini memiliki tubuh manusia dan kepala seekor elang. Makhluk ini dibawa ke Jepang dengan penyebaran agama Buddha. Nama Karura juga merupakan pelafazan bahasa Jepang dari kata Sansekerta garuda. Namun nampaknya bentuk Jepang ini diambil dari bahasa Pali garula.

    Buto Ijo
    [​IMG]
    Buto Ijo adalah mahluk seperti jin yang berwarna hijau dan bertubuh besar dengan taringnya yang tajam. Ia suka sekali menculik anak-anak balita untuk dijadikan tumbal dan mainan atau dijadikan budak belian yang mesti memijati sang Buto Ijo, atau kemudian dimakan setelah bosan dijadikan mainan anak-anaknya. konon untuk menangkal datangnya buto ijo menggunakan bambu kuning yang dibuat sperti kalung.

    Antaboga
    [​IMG]
    Antaboga adalah seekor ular raksasa dalam mitologi Bali. Ia diceritakan pada awal mitologi, pada penciptaan dunia. Pada suatu saat Antaboga bermeditasi dan kemudian menjadi seekor penyu bernama Bedawang. Dalam pewayangan Jawa, Antaboga adalah raja ular yang hidup di dasar bumi yang mengasuh Wisanggeni. Perwujudannya adalah naga dengan mahkota memakai badhong berambut dan memakai baju serta mengenakan kalung emas.

    Batara Kala
    [​IMG]
    Dalam ajaran agama Hindu, Kala adalah putera Dewa Siwa yang bergelar sebagai dewa penguasa waktu. Dewa Kala sering disimbolkan sebagai rakshasa yang berwajah menyeramkan, hampir tidak menyerupai seorang Dewa. Dalam filsafat Hindu, Kala merupakan simbol bahwa siapa pun tidak dapat melawan hukum karma. Apabila sudah waktunya seseorang meninggalkan dunia fana, maka pada saat itu pula Kala akan datang menjemputnya.

    Bedawang
    [​IMG]
    Bedawang atau Bedawang Nala adalah seekor penyu raksasa dalam mitologi Bali yang membawa seluruh dunia di punggungnya. Dalam mitologi kreasi dunia, ia merupakan perubahan dari Antaboga. Ia bersama dua ular naga mendukung dunia manusia. Jikalau ia bergerak, maka akan terjadilah gempa dan letusan gunung berapi di atas bumi.

    Dewi Sri
    [​IMG]
    Dewi Sri atau Dewi Shri (Bahasa Jawa), Nyai Pohaci Sanghyang Asri (Bahasa Sunda), adalah dewi pertanian, dewi padi dan sawah, serta dewi kesuburan di pulau Jawa dan Bali. Pemuliaan dan pemujaan terhadapnya berlangsung sejak masa pra-Hindu dan pra-Islam di pulau Jawa.

    :maaf: kalo repost

    jangan :bata

    kalo berkenan :tnx::grp:

    http://terselubung.blogspot.com/2010/09/mahluk-mahluk-mitologi-dalam.html

     
    Last edited: Sep 29, 2010
  2. Double_DecaKiva_DenBlades

    Double_DecaKiva_DenBlades Superstar Gatotkaca

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,581
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,080 / -0
    baru tahu karura itu dari mitologi hindu juga,kirain dari jepang
    nice info deh:elegan:
     
  3. sakubakugan

    sakubakugan Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 21, 2009
    Messages:
    15,203
    Trophy Points:
    163
    Ratings:
    +1,164 / -0
    keren :top:
    padahal seharusnya ane yang lebih tau :madesu:
    tapi ane ragu apa dewi sri termasuk salah satunya :???:

    :niceinfo:
     
  4. raia2122

    raia2122 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +40 / -0
    Nambah ilmu neh, thx bro ....
     
  5. astra212

    astra212 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 15, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    58
    Ratings:
    +1 / -0
    Oooo???? itu pny hindu y???? kirain pny kepercayaan laen....
     
  6. mountaindew

    mountaindew Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 12, 2009
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    kalau gambar pertama & kedua ane udah tau itu makhluk mitologi hindu, kalo asura ane kira dari jepang, trus yang lainnya kirain dari kepercayaan jawa...baru tau ane...
     
  7. guarimen

    guarimen Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    511
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +10 / -0
    ko dijadiin film kyknya keren tuh :top:
    garuda gak masuk??
     
  8. guarimen

    guarimen Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    511
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +10 / -0
    ko dijadiin film kyknya keren tuh :top:
    garuda gak masuk??
     
  9. resky17

    resky17 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    687
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +1 / -0
    Rangda nya ga ada ya :???: but :niceinfo:
     
  10. happybratboy

    happybratboy Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,310
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +268 / -0
    baru dari bali, baru tau tuh yang kaya elang namanya jatayu
     
  11. ardiajah

    ardiajah Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 31, 2010
    Messages:
    1,584
    Trophy Points:
    63
    Ratings:
    +231 / -0
    ide bagus....kalo di buatin pilm
    tp bukan pilm kacangan yang biasanya tampil di in##sia#
     
  12. andhika_tgl

    andhika_tgl Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 20, 2009
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    wah ternyata jatayu keponakannya garuda dan masih saudara dari sempati... kalau sama merpati dan lion air saudaraan juga nggak yah... ?
     
  13. dakocit

    dakocit Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 3, 2009
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    wahh...ternyata banyak juga mahluk mitologinya...
    saya cm tau barong sm buto ijo aja :malu:
     
  14. asp1978

    asp1978 Silent Reader Members

    Joined:
    May 7, 2010
    Messages:
    148
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +2 / -0
    Dewi sih mah gan kebudayaan lokal animisme, enggak masuk hindu, tapi di masukkan dari kebudayaan lokal, setahu ane mah
     
  15. leroux

    leroux Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 20, 2010
    Messages:
    3,231
    Trophy Points:
    83
    Ratings:
    +397 / -0
    wah wah baru tau aku ternyata banyak juga mitos" hindu

    yang paling ku tau cuman Bhatara Kala
     
  16. AkhyRul

    AkhyRul Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    608
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +135 / -0
    jadi inget komik Garudayana :top:
     

Share This Page