1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Promosi IDWS Store Bulan Mei: VIP 30 Hari RP.20.000. dan Maximum 30 Hari RP.35.000. Pembelian terbatas. Informasi lebih lanjut baca di sini
  3. Zona All About Story sedang membutuhkan bantuanmu, segera daftarkan diri kamu di open recruitment: moderator AAS
  4. Kini kamu bisa mengupload files menggunakan PC, Mac dan Android ke Maknyos IDWS, informasi lebih lanjut cek: Maknyos IDWS Uploader
  5. Gratis VIP selama 5 Hari khusus untuk member Registered dan MVU, syaratnya hanya login di sini.

Maglev (kereta tanpa roda)

Discussion in 'Random Images' started by aralekun, Aug 28, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    aralekun Beginner Members

    Joined:
    Dec 16, 2008
    Messages:
    353
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +122 / -0
    Saya sangat tertarik dengan update dari gigabyte di thread 7 Kereta Api Tercepat di Dunia. Akibatnya terlintas di pikiran akan kereta yang termasuk kereta cepat dan lebih canggih dari semua kereta tersebut tetapi berbeda cara kerjanya. Kereta yang saya maksud adalah kereta tanpa roda alias melayang di udara, canggih! Kereta tanpa roda ini populer dengan nama Maglev.

    Video di bawah ini adalah dokumentar tentang maglev Jerman dan China. Terima kasih kepada Uploader: mionyaratri yg sudah mengupload video tersebut di IDWS.

    National Geographics - Mega Structures - Future Trains
    Date upload: 18/05/09 Size: 544.02MB

    Di bawah ini gambar-gambar kereta dari beberapa negara yang sudah menggunakan sistem kereta maglev.

    JEPANG
    [​IMG]


    CHINA-Shanghai
    [​IMG]

    JERMAN
    [​IMG]

    Langsung saja ke penjelasan kereta maglev yg saya kutip dari video, dan saya terjemahkan yg penting-pentingnya saja (yg bisa di mengerti oleh saya).

    MagLev adalah singkatan dari Magnetically Levitated trains yang terjemahan bebasnya adalah kereta api yang mengambang secara magnetis.

    Kereta maglev telah membuka gerbang baru perkeretaan. Kereta maglev akan berperan kunci di masa depan di karenakan lebih ramah lingkungan, lebih cepat dan hemat energi yang akan berpengaruh ke sektor ekonomi.

    Kereta maglev telah lama di teliti di 2 negara yaitu Jerman dan Jepang. Kereta maglev telah di implementasikan di China-Shanghai atas kerjasama dengan Jerman. Dan masih dalam rencana kereta maglev akan di bangun juga di AS.

    Kereta maglev Jerman memiliki keunggulan dimana kereta maglev benar-benar mengambang kurang lebih 10mm dalam keadaan berhenti maupun ketika melaju. Sementara milik jepang masih menggunakan roda landing dan ketinggian saat mengambang lebih dari 10mm.

    roda di ganti magnet
    [​IMG]

    Kereta maglev bisa bergerak di karenakan di bagian bawah masing-masing kaki kereta maglev ada 2 bagian magnet yaitu magnet penyokong (support magnet) adalah magnet yang menarik kereta agar mengambang dan menggerakkannya sedangkan di bagian sisi-sisinya adalah magnet
    penuntun (guidance magnet) menjaga kereta tetap di jalur rel. Magnet penyokong dan penuntun ini di pasang pada kedua sisi sepanjang kaki kereta dan sistem kontrol elektronik memastikan kereta melayang di ketinggian 10mm dengan stabil.

    Kereta maglev ketika bergerak dan mengerem di kendalikan oleh sistem *SLLMotor. Motor ini tidak terdapat dalam kereta maglev melainkan di relnya sendiri. fungsinya sama seperti seperti motor rotasi elektronik yg umum hanya saja lilitan dari motor di rubah menjadi bagian dari rel sementara magnet dari motor menjadi bagian dari kereta magnet. Medan magnetik yg menggerakkan kereta magnet dihasilkan oleh lilitan di rel.

    Rel kereta maglev bisa di buat di atas atau sejajar dengan tanah sesuai kebutuhan. Dalam banyak kasus, rel kereta magnet memerlukan sedikit tanah dan ruang jika dibandingkan dengan sistem transfortasi yg lain.

    kereta maglev saat berpindah jalur rel menggunakan sistem perpindahan jalur rel baja yang bisa melengkung **(bendable steel switches system). Pada saat menikung kereta maglev bisa mencapai kecepatan 200km/jam dan 300-400km/jam ketika bergerak lurus.

    Fungsi sistem kontrol (kontrol room) adalah menjaga keselamatan kereta-kereta maglev, mengatur perpindahan jalur rel dll. Kereta maglev berkomunikasi dengan sistem kontrol melalui sistem komunikasi radio. Sistem komunikasi ini dilakukan secara otomatis yg terpasang pada sistem rel dan kereta maglev. Sistem radio memberikan informasi lokasi kereta magnet dan mengaktifkan rel yg akan dan sedang dilalui kereta maglev.

    Teknologi maglev ini menyebabkan kereta maglev bisa beroperasi dalam kecepatan 300-400km/jam. Dalam uji coba di Jepang,
    JR-Maglev Kereta maglev tercepat dunia dengan kecepatan resmi, 581 km/jam (2003, Guiness World Record). Penggunaan energi kereta maglev lebih rendah dari kereta api/listrik, 3x lebih hemat dari mobil dan 5x lebih hemat dari pesawat terbang.Lebih dari itu kereta maglev tidak berisik dan berguncang karena tidak ada suspensi apalagi roda. Perawatan yang murah dan konsumsi energi yang hemat dibanding kereta api/listrik menjadi faktor penting bagi pertumbuhan ekonomi. Kereta maglev terdiri dari 2 gerbong minimal dan tergantung dari jumlah penumpang maksimal bisa 10 gerbong. Kereta maglev bisa juga sebagai kereta kargo dengan kapasitas seberat 15ton/gerbong.

    Tentu saja setiap sarana transfortasi memiliki resiko-resiko kecelakaan. Di bawah ini gambar-gambar kecelakaan kereta maglev yang terjadi di Jerman dengan korban jiwa 23 orang. Pada gambar lainnya memperlihatkan kereta maglev di Shianghai yang kebakaran. Walau masih memiliki resiko seperti itu tentunya tidak menyurutkan beberapa negara untuk tetap membangun sarana tersebut (ex. China). Karena maglev tetap di pilih untuk menggantikan sarana transfortasi sejenis karena jauh lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

    Kecelakaan 1 (Jerman). Kereta maglev menabrak kereta maglev pemeliharaan jalur ( track service Maglev).
    [​IMG]

    [​IMG]

    Kecelakaan 2 (Shanghai). Salah satu rangkaian kereta maglev mengalami kebakaran, unit khusus dikerahkan untuk evakuasi di ketinggian.
    [​IMG]

    [​IMG]


    Saya sangat berharap pemerintah lebih memilih transfortasi kereta maglev di bandingkan apa yang sedang di rencanakan sekarang ini oleh pemerintah yaitu membangun sistem kereta api peluru. Ini sumber rencana tersebut shinkansen Indonesia.

    Kalau masih penasaran silahkan lihat video format flv.
    1st Jerman punya, 2nd Jepang punya dan 3rd China punya.

    Video di atas di dapat dari Youtube dan saya lokalkan.


    [​IMG]
    [​IMG]
    Indonesia kalau tidak ada halangan akan membangun kereta maglev di atas yang selesai tahun 2012

    Mohon maaf kalau penjelasannya tidak detail dan sulit di mengerti. ^^v.
    PM saya kalau ada kesalahan yg harus di perbaiki.

    Haturnuhun ka :idws:

    tambahan...

    antara iya dan engga... tergantung kondisi Indonesia (kepastian politik). kalau MoU-nya sudah dibahas, kalau mau detilnya baca di koran ini link-nya

    > http://epaper.pikiran-rakyat.com/in...-senin-07-desember-2009/10-desember-2009.html <

    link di atas bisa di akses dengan cara register terlebih dahulu ^^'... terus cari koran hari senin tanggal 7 desember 2009 di halaman 25. pada saat reply ini di tulis dah saya cek masih ada arsipnya. maaf kalau ribet dikit. ^^v

    Btw Indonesia punya bukan proyek Jerman maupun Jepang, tapi dari Amerika. Ini saya lupa sumbernya tapi bisa di lihat dari desainnya beda jauh kan ?! mau apapun desainnya semoga bermanfaat bagi masyarakat luas.

    Proyek maglev indonesia kalau jadi maka jarak tempuh Jakarta-Bandung cuman beberapa menit. Bagi yg malas bawa mobil ke bandung tapi mobilnya nga mau di tinggal di jakarta, bisa ikut naik maglev >.<... liat aja gambarnya tuh muat mobil dan kontainer. Mantap lah.
     
    Last edited: Jan 8, 2011
    • Terimakasih Terimakasih x 2
    • Like Like x 1
  2. Ghattotkacha Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.
  3. Offline

    ansi Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 25, 2008
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    jepang mmg hebat ya...kapan indonesia menyusul neh
     
  4. Offline

    josher Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 16, 2009
    Messages:
    1,512
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +1,302 / -0
    kalau di indonesia ntar rel-nya pada dicolongin gimana :onion-55:
    suramadu aja besinya pada dicolongin :th_093:
     
  5. Offline

    khangyang Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 14, 2008
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +6 / -0
    wew,,keren...kapan nih indonesia bikin???
     
  6. Offline

    mr_ark Superstar Staff Member Super Moderator

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    16,392
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +46,085 / -2
    Indonesia bikin Maglev? :???: Mending benahin dulu KRL/KRD nya deh. :onion-08: Yang KRL ekonomi tuh terutama benahin... jauh sekali tingkat kenyamanannya dengan KRL AC. :madesu:

    Kalo entar Maglev jadi dibikin, tarif KRL AC turunin yak... :onion-08:
     
  7. Offline

    bagoz Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    346
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    kapan...
    Indonesia mau nyusul????
     
  8. Offline

    lazuard Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    411
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +12 / -0
    kalo ada di indo pasti banyak paku nempel di magnetnya:)
     
  9. Offline

    blu3rainbow Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 29, 2009
    Messages:
    94
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    :top:salut deh

    di indonesia kapan adanya yakh?
     
  10. Offline

    laksonoadi Silent Reader Members

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    138
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +360 / -0
    indonesia mah yang terlihat ga da beritanya di tipi

    cuma kereta gantung...

    malingnya susah nyuri nya

    hahahahhaa
     
  11. Offline

    Garfield_86 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    1,550
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +46,419 / -1
    Ini yang gw impiin dari dulu..
    Kaya yang difilem back to the future..
    Ngambang pake magnet..
    Trus yang bagian bawah pake apa tuh..??
    Masih tetep kudu ada besinya, ya, buat bisa saling tolak menolak..

    Si Einstain kalo ga meninggal mungkin udah nemuan anti-gravitasi, ya, jangan2..

    :hoho:
     
  12. Offline

    level99 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 3, 2009
    Messages:
    1,364
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +139 / -0
    sinkansen y:???:
    mantep nh kreta..:top:
    indonesia kcpatan rendah aj sering kclakaan ap lagi kecepatan tinggi gt:haha:
     
  13. Offline

    bibibi Post Hunter Very Important Person

    Joined:
    Aug 13, 2008
    Messages:
    2,643
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +4,115 / -0
    mirip shinkansen di jepang... yg laju2 ituloh :haha:
     
  14. Offline

    doni_xcool Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 8, 2009
    Messages:
    571
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +14 / -0
    wew.. great.. nyaman banget pasti tuh naiknya..
     
  15. Offline

    aralekun Beginner Members

    Joined:
    Dec 16, 2008
    Messages:
    353
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +122 / -0
    zz

    Sepintas mungkin bisa terjadi hal seperti itu di Indonesia, dan mungkin untuk menghindarinya rel maglev di bikin tinggi dan aktif hanya ketika kereta maglev akan dan sedang melaluinya. Rel yang telah dilaluinya secara otomatis akan mati. Jadi medan magnet yang terjadi akan bersifat sementara. Jadi jangan khawatir hal tersebut akan terjadi. Shanghai, Jerman dan Jepang sudah melakukannya. ^^v
     
    Last edited: Sep 1, 2009
  16. Offline

    aditya57164 Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 1, 2009
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +7 / -0
    manteb kayak ke, btw ada goncangan nggak yaa kalo naik
     
  17. Offline

    aralekun Beginner Members

    Joined:
    Dec 16, 2008
    Messages:
    353
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +122 / -0
    Ada tetapi tidak membuat limbung penumpang. seperti yang dijelaskan dalam video maglev dari Jerman bahwa Kereta maglev aman bagi penumpang untuk berdiri, berjalan dimana tidak ada guncangan yang diakibatkan oleh suspensi (keretanya tidak ada suspensi sejenis per yg bikin goyang-goyang dan lagian jalannya rata gitu).
     
    Last edited: Sep 2, 2009
  18. Offline

    mbahedan Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    2,830
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +59,830 / -0
    waduh...tunggu maglev udah jadi barang bekas n ga dipake di jepang pasti bis tu indonesia bikin maglev... :haha:

    klo udah ada maglev bisa2 KRL AC tu udah kayak KRL ekonomi... AC-nya mati trus penumpangnya kayak ikan teri satu ember...
     
  19. Offline

    andi msc Senpai Veteran

    Joined:
    Aug 15, 2008
    Messages:
    8,576
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +61,626 / -0
    jepang segitu cepatnya teknologi

    wah klo begitu lebih enak naik Kreta gitu donk :top:
     
  20. Offline

    ghost Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 22, 2009
    Messages:
    1,099
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +21,021 / -0
    di indonesia...gue ragu bisa selamet....
     
  21. Offline

    aralekun Beginner Members

    Joined:
    Dec 16, 2008
    Messages:
    353
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +122 / -0
    Wah kok Jepang sih... kalau dari penjelasan dan video yang saya tampilkan adalah maglev Jerman punya yang lebih populer. Salut juga buat Jepang yang membuat kereta maglev yang berbeda dari Jerman dan memecahkan rekor top speed 581 km/jam. namun top speed bukan segalanya, seperti yang di jelaskan di video, kenyamanan, keamanan dan daya tahan menjadi prioritas. kereta maglev pada umumnya hanya akan beroperasi pada kecepatan 200-450 km/jam. dengan kecepatan segitu, Bandung-Jakarta cuman berapa menit ya?! >.<
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.