1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Leukoplakia, Awasi Bercak Putih di Lidah

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by shinminho, Jul 19, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    SAAT menyikat gigi, dianjurkan mengecek juga daerah rongga mulut. Misalnya, mukosa pipi dan lidah. Lihat, adakah bercak putih di sana. Jika ada, bersihkan bercak putih itu dengan alat pembersih lidah. ''Setelah dibersihkan, periksa kembali lidah. Bila bercak putihnya hilang, tak perlu khawatir. Bisa jadi bercak putih itu adalah sekumpulan makanan yang menempel di lidah plus infeksi jamur,'' terang Dr drg Diah Savitri Nugroho SpPM MSi.

    Namun, bila bercak putih itu tak kunjung hilang meski sudah dikerok berulangulang, disarankan segera memeriksakan gigi ke dokter. Sebab, ada kemungkinan itu adalah gejala leukoplakia, sejenis lesi yang bisa mengarah ke keganasan. ''Dokter akan melihat penyebabnya dan menegakkan diagnosis. Bila perlu, dilakukan biopsi untuk mengetahui keganasan yang mungkin terjadi,'' terangnya.

    Menurut staf Departemen Penyakit Mulut FKG Unair tersebut, ada dua jenis leukoplakia. Yakni, hemogenous dan nonhemogenous. Ciri-ciri leukoplakia hemogenous adalah bercak putih datar halus dengan batas tidak jelas dan permukaan bergelombang. Sedangkan leukoplakia nonhemogenous berbentuk tak beraturan dan terasa ada penebalan. ''Saat disentuh dengan lidah, terasa ada bentukan yang tebalnya tidak sama,'' kata Savitri.

    Penyebabnya? Alumnus FKG Unair itu menyatakan, kondisi tersebut idiopatik. Artinya, penyebabnya tidak jelas. Meski begitu, ada beberapa faktor yang diduga bisa menjadi pencetus leukoplakia.

    Misalnya, kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau. ''Karena faktor merokok, leukoplakia lebih banyak diderita kaum pria,'' katanya. Penyebab lainnya, lanjut dia, adalah infeksi jamur candida albicans, serangan human papilloma virus (HPV), serta virus epstein barr.

    Diingatkan, penyakit itu sering ''terlupakan'' karena tidak memunculkan gejala spesifik. Pasien leukoplakia umumnya tidak mengeluh sakit atau nyeri. Ada kalanya bercak putih di lapisan dinding mulut itu sangat sensitif terhadap rangsangan sentuh, makanan pedas, dan makanan panas. Akhirnya, muncul gejala mirip sakit gigi.

    Dalam stadium awal, leukoplakia bisa disembuhkan dengan terapi untuk menghilangkan seluruh iritasi di sekitar rongga mulut. Biasanya obat antijamur diberikan terus-menerus selama satu sampai dua minggu.

    Namun, jika bercak putih sudah meluas, akan dilakukan pengangkatan lesi tersebut melalui pembedahan. ''Untuk menghindari leukoplakia, terapkan oral hygiene dan tidak merokok atau mengunyah tembakau,'' saran Savitri. (ai/c13/soe)

    sumber:jawapos
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    manggaAsem Members

    Joined:
    Mar 5, 2010
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    emang merokok tuh lebih banyak jeleknya daripada bagusnya.. salahsatunya ya ini.
     
  4. Offline

    valkirie_only Beginner Members

    Joined:
    May 3, 2010
    Messages:
    336
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +7,389 / -0
    hmmm....berdasarkan informasi diatas efek negatifnya jd bs mengakibatkan sensitivitas yg berlebih ya kalo makan yg pedas n panas?

    apakah ada penyakit yg benar2 diakibatkan oleh hal ini, soalnya kan katanya kalo udah iritasi mesti dibedah? berarti serius dong tuh
     
  5. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    Tentu saja, karena permukaan lidah yg jadi tidak sama rata, sehingga ada bagian yg pengecapnya normal dan yg tidak.
    afaik leukoplakia kadang2 jadi predisposisi keganasan mulut, tapi kurang tahu juga yah :dead:
     
  6. Offline

    valkirie_only Beginner Members

    Joined:
    May 3, 2010
    Messages:
    336
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +7,389 / -0
    hoooo....predisposisi keganasan mulut?

    kalo kita bersihinnya dengan cara nyikat lidah pake sikat gigi apakah aman?
     
  7. Offline

    shin_raidra Beginner Members

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    232
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +83 / -0
    Leukoplakia memang dikategorikan sebagai lesi pra-kanker..jadi bila menemukan lesi ini praktisi medis langsung lebih berhati-hati. Kanker yang berhubungan erat dengan ini adalah squamous cell carcinoma yang penyebarannya melalui kelenjar getah bening.. permasalahannya daerah mulut adalah daerah yang penyebaran kelenjar getah beningnya paling rumit dan melintasi garis tengah..apalagi kanker ini cukup resisten terhadap chemotherapy.:sekarat
    Faktor resiko utama adalah merokok, alkohol, dan lesi kronis yang tidak spesifik..di Indonesia secara khusus ditambahkan kebiasaan mengunyah sirih dapat meningkatkan resiko ini..:pusing:
     
  8. Offline

    raynoism Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 26, 2009
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    kanker lidah itu bahaya, susah ditolong,jadi bener memang harus diperiksa kalo ada yang aneh2
     
  9. Offline

    shin_raidra Beginner Members

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    232
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +83 / -0
    Oh iya sebagai tambahan kebanyakan pasienku yang datang kemudian di diagnosa dengan kanker lidah mempunyai gejala awal yang sangat sepele..yaitu sariawan yang tidak sembuh2, kemudian saat dipegang ternyata memiliki konsistensi yang lebih keras..So, bila anda punya sariawan di mulut yang tidak sembuh-sembuh lebih dari 2 minggu, apalagi dengan faktor resiko yang sudah saya post sebelumnya..harap bertemu praktisi medis untuk evaluasi lebih lanjut...:iii::aaaa:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.