1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Kunyah Makanan Pelan-pelan Agar Terhindar dari Diabetes

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by smkosasih, Oct 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    Dalam kehidupan yang sibuk dan serba cepat, terkadang orang lebih suka untuk mengunyah makanan dengan cepat. Ternyata kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko diabetes. Kunyah makanan Anda pelan-pelan agar risiko diabetes menjauh.
    [​IMG]
    Sebuah penelitian terbaru telah membuktikan bahwa makan secara terburu-buru bisa meningkatkan risiko terkena diabetes di usia lanjut.

    Menurut penelitian, kemungkinan orang yang selalu mengunyah makanan dengan cepat berisiko tinggi mengalami penyakit metabolisme seperti diabetes. Ini disebabkan karena mengunyah makanan dengan cepat dapat meningkatkan kuantitas gula dalam aliran darah dalam seketika.

    Akibatnya, orang yang sering makan cepat-cepat cenderung lebih mudah mengembangkan impaired glucose tolerance (IGT) atau dikenal juga dengan pra-diabetes.

    "Tingkat gula darah pada orang dengan IGT lebih tinggi dari biasanya, sehingga mereka berisiko mengembangkan diabetes. Tapi masalahnya kondisi ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2 jika tindakan tidak dilakukan. Kemungkinan orang-orang (yang makan dengan cepat) mengembangkan diabetes tipe 2 dalam 10 tahun berikutnya adalah 50 persen," jelas Dr Pradeep Ratnaparkhi, seperti dilansir Timeofindia, Jumat (14/10/2011).

    Menurutnya, makan terlalu cepat berbahaya bagi kesehatan dengan berbagai cara. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan jumlah kalori yang dikonsumsi karena dibutuhkan waktu bagi otak untuk memberikan sinyal bahwa perut sudah kenyang.

    Otak membutuhkan waktu 20 menit untuk menyadari bahwa perut sudah kenyang. Jadi, jika Anda mengunyah dengan cepat maka kalori yang masuk ke tubuh akan semakin banyak hingga Anda mendapatkan sinyal bahwa perut sudah kenyang.

    Hal ini ternyata mengakibatkan kenaikan berat badan yang pada gilirannya berhubungan dengan pra-diabetes dan diabetes tipe 2.

    "Diet sehat dan olahraga teratur dapat membantu orang dengan pra-diabetes menjaga tingkat gula mereka di bawah kontrol. Dan makanlah secara perlahan agar tetap ramping dan bugar," tutup Dr Pradeep Ratnaparkhi.

    sumber:detikHealth
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    adnanunique Superstar Veteran

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,133
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,195 / -0
    wah, persentase nya besar juga ya :takut:

    jadi anjuran untuk mengunyah makanan 37 x itu ternyata memang bermanfaat yah
     
  4. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.