1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Collection Kumpulan Resep Tapanuli Sumatera Utara (Batak)

Discussion in 'Meramu / Meracik' started by gratcy, Jul 24, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    gratcy Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    Kuliner Sumatera Utara menjadi salah satu hal yang perlu disambangi dan disandingkan untuk Wonderful Indonesia. Sumatera Utara bukan hanya ke indahan alamnya saja yang terkenal sampe ke pelosok negeri, tapi kulinernya juga sering sekali kita jumpai disekitar kita, pada umumnya sih orang lihat Lapo (Rumah Makan Batak), dan ekspektasi orang pasti makanan itu haram. Memang benar, tapi tidak semuanya haram. Ada banyak sekali kuliner sumatera utara yang bisa dimakan oleh Non Muslim kok.

    Kekayaan cita rasa dan bumbu / rempah-rempah khas di Sumatera adalah alasannya. Buat yang merasa orang Sumatera Utara a.k.a Batak, monggo di share pengalaman kalian mengenai Resep Masakan khas Batak, biar yang lain tau dan berani mencoba nikmatnya makanan khas Batak.

    Nah, buat batak yang gak tau, kelewatan Dale (Bahasa Batak: Gak Tau Adat), wajib belajar, supaya gak dibilang Dale.

    Oke, Cookers drop your recipe here. As example:

    [​IMG]
    Kue Lapet Khas Batak​
    Resep Masakan Kue Lapet Khas Batak

    Sumatera Utara bukan hanya ke indahan alamnya saja yang terkenal, tapi kulinernya pun banyak sekali yang terkenal dan enak di lidah. Salah satu yang akan dibahas pada postingan kali ini adalah Resep Masakan Kue Lapet Khas Batak.
    Ada dua jenis Kue Lapet, ada yang berbahan dasar beras ada juga ketan, tapi di postingan kali ini yang akan kita buat adalah Lapet Beras. Makanan ini merupakan makanan khas tradisional Sumatera Utara, khususnya adat Batak. Bahan dasar dari makanan ini adalah beras, jadi kalo kamu udah makan makanan ini pasti cepat kenyang (Mental Indonesia, Gak Ketemu Nasi Gak Kenyang).
    Cara pembuatannya tergolong mudah, tapi agak memakan waktu sih. Untuk lebih jelasnya langsung aja kita mulai memasak. Yang merasa Boru Batak, wajib baca dan pelajari, biar ngak dibilang “Dale” (Gak Tau Adat) ^_^. Tapi seperti biasa Cookers sebelumnya kalian harus cuci tangan terlebih dahulu yaa Cookers. Kebersihan merupakan kunci kesuksesan dalam memasak.

    Bahan-bahan:
    • 50 g tepung ketan
    • 50 ml air
    • 150 g kelapa yang muda, bersihkan kulitnya, parut memanjang
    • Daun pisang untuk membungkus
    • 200 g beras
    Bumbu-bumbu Halus:
    • 100 g gula pasir
    • 1 sdt garam
    • Semua bahan-bahan dan bumbu-bumbu sudah siap, kita lanjut memasak.

    Cara Membuat:
    • Hari Pertama:
      • Cuci hingga bersih beras, kemudian rendam beras semalaman, tiriskan.
    • Hari Kedua:
      • Jemur beras hingga kering, lalu masukkan di dalam grinder atau food processor, haluskan. Ayak, sisihkan (Jadilah Tepung Beras).
      • Campur tepung beras, tepung ketan, air, gula pasir, dan garam. Uleni hingga tercampur rata.
      • Masukkan kelapa, remas-remas hingga kelapa menyatu dengan adonan. Sisihkan.
      • Ambil daun pisang, sendokkan 3 sdm adonan ke bagian tengah daun. Bentuk seperti limas, sematkan daun pisang di bagian dasar untuk menguncinya. Ulangi proses yang sama hingga adonan habis.
      • [​IMG] Cara Membentuk Kue Lapet
      • Kukus di dalam dandang panas hingga matang (30 s/d 45 menit).
      • Angkat dan sajikan selagi hangat.

    Duh tergolong mudah sih iyaa, tapi makan waktu. Pasti diantar kalian ada yang ngedumel seperti itu yaa Cookers, tapi maklumlah, namanya juga masakan tradisional, pasti pembuatannyapun sangat tradisional dan memakan waktu. Tapi dari itu semua saya yakin kalian pasti puas dengan hasilnya.

    Sumber: http://www.dapurpalma.com/resep-masakan-kue-lapet-khas-batak/

    Salam,

    Dapur Palma
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    gratcy Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    [​IMG]

    Resep Sambal Goreng Ikan Teri Medan

    Masih dari tanah Batak. Kali ini kita akan membahas resep “
    Sambal Goreng Ikan Teri Medan“. Pamali jika orang Sumatra khususnya orang Medan tidak kenal dengan masakan ini. Yukk cookers, kita mulai memasak. Mulai Siapkan bahan-bahan dan alat masaknya yaa.

    Bahan:
    • 100 gram ikan teri
    • 50 gram kacang tanah goreng
    Bumbu:
    • 25 gram cabai merah
    • 6 siung bawang merah
    • 2 siung bawang putih
    • 1 ruas lengkuas geprek/haluskan
    • 2 sendok makan air asam jawa
    • Secukupnya garam
    • secukupnya gula pasir
    • 3 sendok makan minyak, (menumis)
    Setelah semua bahan-bahan dan bumbu-bumbu selesai kita siapkan, selanjutnya kita mulai masak-masak. Yukk Cookers, kita ikutin langkah-langkahnya di bawah ini.

    Cara Memasak:

    • Goreng ikan teri terlebih dahulu.
    • Tumis bumbu halus dan lengkuas hingga wangi,
    • Kemudian tambahkan air asam jawa aduk aduk sampai rata, matikan api.
    • Lalu Setelah agak dingin, campurkan ikan teri goreng dan kacang tanah goreng agar keduanya tak cepat melempem. selesai
    • Angkat Sajikan
    Khusus buat para Cookers, kami kasih satu hal rahasia dari “Sambal Goreng Ikan Teri Medan” ini yaa. Makanan ini bisa bertahan lama loh, tanpa mengurangi kerenyahan dan kenikmatan rasanya. Satu lagi rahasia dari “Sambal Goreng Ikan Teri Medan” ini yaitu, makanan ini akan lebih nikmat jika ditemani dengan “Daun Singkong Tumbuk“. Selamat menikmati.

    Sumber: http://www.dapurpalma.com/resep-sambal-goreng-ikan-teri-medan/


    Salam,

    Dapur Palma
     
    Last edited: Jul 27, 2015
  4. Offline

    ovarz Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 16, 2009
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +99 / -0
    resep bolu meranti ada ndak gan?
     
  5. Offline

    gratcy Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    Sementara ini sih lom ada. Meranti kan bolu buatan lokal, bukan resep tradisional. Tapi nanti kita coba siapkan. Thanks buat suggestnya gan :gadismaaf:.
     
  6. Offline

    gratcy Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    Resep Masakan Ikan Mas Arsik Khas Tapanuli

    [​IMG]
    Resep Masakan Ikan Mas Arsik Khas Tapanuli

    Resep Masakan Ikan Mas Arsik Khas Tapanuli
    Wikipedia, Arsik adalah salah satu masakan khas kawasan Tapanuli yang populer. Masakan ini dikenal pula sebagai ikan mas bumbu kuning. Ikan mas adalah bahan utama, yang dalam penyiapannya tidak dibuang sisiknya.

    Ikan Mas dalam adat batak. Mulai dari kelahiran, menikah, meninggal dan acara sakral lainnya, bagi orang Batak masing-masing memiliki prosesi yang wajib hukumnya untuk dilaksanakan. Pada prosesi ini ada pesan adat yang harus disampaikan. Dekke na niarsik atau ikan mas arsik adalah wujud nyatanya. Yakni sebuah hidangan khas Batak yang menjadi simbol berkat kehidupan.

    Jadi begitu sekilas tentang ikan arsik dan ikan mas dalam adat batak. Jadi kalo kamu ngaku batak dan tidak tau ini berarti kamu Batak Dalle(Keturunan batak yang tidak paham bahasa dan adat batak).

    Buat ina-ina muda batak biasanya sih tidak ngerti memasak ikan arsik, nah sekarang saatnya kamu belajar dan harus bisa. Demi memanjakan suami dan keluarga. Paling tidak sesekali ada masakan khas batak yang dihidangkan dirumah.

    Oke Cookers, kita langsung aja mulai memasak kita yaitu Resep Masakan Ikan Mas Arsik Khas Tapanuli. Tapi sebelumnya kamu harus cuci tangan terlebih dahulu yaa. Setelah itu kita mulai dari persiapan bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan terlebih dahulu. Let’s Cook, Cookers!

    Bahan-bahan:
    • 1,5 kg Ikan mas segar dan masih hidup
    • 10-15 batang Kacang panjang, pilih yang masih muda, ditandai dengan badan dan biji yang masih kecil. Potong-potong menjadi 4 bagian
    • 3 buah Bunga rias, disebut juga kecombrang, belah bunganya menjadi empat dan iris-iris kecil batangnya
    • 5 lembar Asam galugur, biarkan utuh, tidak dipotong-potong
    • 10 batang Bawang daun, disebut juga lokio atau bawang batak, biarkan utuh
    • Air matang dengan jumlah yang cukup

    Bumbu-bumbu:
    • 10 siung / buah Bawang putih, giling hingga lembut
    • 8 siung / buah Bawang merah, giling hingga halus
    • 2 buah Tomat, parut hingga halus
    • 100 gr Lengkuas muda. Ambil 1/3-nya untuk dirajang dan dihaluskan, sisanya 2/3 diiris-iris kecil untuk dijadikan alas ikan di wajan
    • 50 gr Jahe muda, digiling halus
    • 100-150 gr Kunyit tua, dirajang lalu digiling halus
    • 6 buah Cabe merah, lalu digiling
    • 3 batang Sereh, potong pangkalnya kira2 10 cm, dirajang lalu digiling halus, sisa batangnya yang berwarna hijau dipotong
    • sepanjang 5-8 cm untuk dijadikan alas ikan di wajan
    • 1 sdm Andaliman (tidak termasuk batang2 kecilnya)
    • 300 gr rebung (Tunas muda bambu) di iris tipis, pola sesuai selera
    • 1 buah Jeruk nipis, ambil airnya saja
    • 3-4 lembar Daun salam
    • 2 sdm Garam (atau sesuai selera)


    [​IMG]
    Bahan-bahan Ikan Mas Arsik


    Waduh kalo dilihat dari ilustrasi gambar diatas banyak juga yaa Cookers. Tapi memang seperti itu adanya, semua masakan sumatera khususnya batak kaya akan rempah-rempah. Oke, kita langsung aja mulai memasaknya yaa Cookers!

    Cara Membuat:
    • Buang isi perut ikan mas, biarkan sisiknya (Ciri khas arsik)
    • Kemudian, masukkan lengkuas, daun sereh dan sebagian asam galugur ke wajan.
    • Giling semua bumbu hingga halus benar, masukkan ke dalam wajan. Masukkan daun salam.
    • Tambahkan air sampai memenuhi 3/4 tinggi panci. Aduk bumbu. Nyalakan api sampai air mendidih.
    • Masukkan ikan di dalam wajan. Masukkan lokio dan sisa asam galugur. Beri garam sesuai selera. Masukan perasan jeruk nipis.
    • Lanjutkan memasak dengan api sedang sampai kurang lebih 20 menit. Tutup wajan selama proses pemasakan ini.
    • Setelah 20 menit, buka tutup wajan, cicipi apakah asin dan kecutnya sudah pas. Tata potongan kacang panjang di atasnya.
    • Tutup wajan. Lanjutkan memasak dengan api sedang-kecil selama 40 menit hingga kuah hampir habis dan semua bahan matang. Matikan api, angkat dan sajikan
    Ikan Mas Arsik Khas Tapanuli siap disantap bersama nasi putih pulen ^_^. Mau pake nasi merah juga boleh, jadi serasa di kampung gitu. hehehe
    Untuk referensi masakan khas buat kalian kakak, ina, boru, dan semuanya. Kalian bisa lihat disini.

    Catatan:
    • Arsik ini sama sekali tidak menggunakan minyak goreng. Bumbu tidak ditumis tetapi hanya direbus saja.
    • Jangan menggunakan api terlalu besar, yang sedang-sedang saja
    Lebih Detail: http://www.dapurpalma.com/resep-masakan-ikan-mas-arsik-khas-tapanuli/
     
  7. Offline

    choli Superstar Super Moderator

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    10,873
    Trophy Points:
    186
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,237 / -2
    gratcygratcy
    Punya resep bpk ngga?
    :onegai:
     
  8. Offline

    gratcy Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    cholicholi
    BPK, Itu saya suka bang, selera kita sama . :top:

    Untuk resep BKPnya lom ada sih bang, nanti deh saya coba praktekin dulu di dapur saya.

    Btw marganya apa? Saya Hutapea. Salam
     
    • Like Like x 1
  9. Offline

    choli Superstar Super Moderator

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    10,873
    Trophy Points:
    186
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,237 / -2
    Ane bukan batak bro..
    Ane mah cina-peranakan.
    Marga ane 'toh'
    Yg tentu aja udah ngga bs bhs cina..
    :XD:
     
  10. Offline

    gratcy Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    cholicholi

    owh maaf gan. ane pikir batak.
    Tapi di lapo juga banyak orang cina, di medan juga banyak cina medan. berarti kita saudara dong. #GakNyambung
    Biarpun agan bukan orang batak, paling gak suka masakan batak.
    Itu berarti, masakan batak berarti cocok untuk semua lidah. kwkwkw
     
  11. Offline

    gratcy Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    Resep Sambal Tuk-tuk

    [​IMG]

    Resep Sambal Tuk-tuk

    Sambal Tuk-tuk merupakan makanan tradisional khas Tapanuli Sumatera Utara. Makanan ini menjadi ciri khas masyarakat Mandailing. Secara garis besar bahan-bahan yang gunakan sambal tuk-tuk tidak berbeda dengan sambal lainnya, hanya yang membedakan ada bumbu Andalimannya. Andaliman adalah bumbu khas Batak Sumatera Utara. Rata-rata masakan Batak selalu ada bumbu andaliman sebagai penyempurnanya. Rasanya aneh jika makanan Batak tidak menggunakan Andaliman. Biasanya untuk menjumpai bumbu Andaliman ini anda bisa mencarinya di supermarket terdekat atau di pasar tradisional. Kalo di tukang sayur lewat, agak jarang mereka menjualnya.

    [​IMG]
    Bumbu Andaliman

    Resep yang kita bahas kali ini adalah Resep Sambal Tuk-tuk Khas Tapanuli Sumatera Utara. Sambal pedas, dipadukan dengan andaliman dan Ikan aso-aso goreng, menjadikan rasa yang gurih dan mengigit di lidah anda. Untuk pembuatan sambal ini sangat mudah kok Cookers. Kita langsung aja yaa ke pembuatannya. Let’s Cook! Tapi sebelum mulai memasak, kita cuci tangan terlebih dahulu yaa Cookers. Kebersihan merupakan kunci dari kesuksesan masakan anda.

    Bahan-bahan:

    • 2 ekor ikan aso-aso / Ikan Kembung yang sudah diasapi (bisa juga menggunakan ikan teri 100 gr)
    • 1 sdm andaliman
    • 2 butir kemiri
    • 5 buah bawang merah
    • 1 siung bawang putih
    • 10 buah cabe / cabai merah kriting
    • 5 buah cabe / cabai rawit
    • ½ sdt garam
    • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan

    Cara Membuat Sambal Tuktuk:

    • Goreng ikan sampai matang, tiriskan.
    • Sangrai semua bahan kecuali garam sampai harum dan matang
    • Haluskan semua bahan yang telah disangrai, lalu tambahkan suwiran ikan aso-aso yang telah digoreng.
    • Haluskan kembali semua bahan, bumbui dengan garam, sajikan.
    • Sambal Tuk-tuk siap disajikan dan disantap untuk 3-4 porsi. Untuk menyantap sambal Tuk-tuk ini enaknya dipadukan dengan Sayur Daun Singkong Tumbuk. Untuk referensi resep sambal khas Indonesia lainnya, kalian bisa lihat disini.
    Catatan:
    Anda bisa mengganti ikan aso-aso (Ikan kembung yang diasapi) dengan ikan teri medan sesuai selera.


    Pelaku Utama: http://www.dapurpalma.com/resep-sambal-tuk-tuk/
     
  12. Offline

    gratcy Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    Resep Sasagun Khas Batak Toba


    [​IMG]

    Resep Sasagun Khas Batak Toba

    Filosofi:
    Dahulu makanan ini selalu disertakan oleh orang tua kepada anak-anaknya yang akan merantau, dan juga kepada mereka yang akan pulang ke perantauan.

    Tepung beras dan kelapa parut yang di gongseng di padukan dengan sirup gula merah dan selai buah-buahan memberikan rasa yang berbeda dan khas pada lidah anda. Untuk pembuatannya mudah tapi cukup memakan waktu untuk prosesnya. Tapi tidak ada salahnya bagi anda orang batak untuk mencobanya, sekalian nostalgia juga dengan kampung halaman. Dari pada nanti di bilang Batak Dalle, heheh.

    Bahan-bahan:
    • 1 kg tepung beras
    • 2 butir kelapa parut

    Bahan-bahan Sirup Gula Merah:
    • ½ kg gula merah
    • ½ sdt garam
    • 300 ml air

    Bahan Tambahan (Opsional):
    • Buah Nanas / Durian yang sudah di hancurkan, secukupnya
    Setelah semua bahan-bahan telah tersedia, kita langsung aja yuk memulai pembuatan Sasagun ini. Let’s Cook!?

    Cara Membuat Sasagun:
    • Sirup Gula Merah
      • Siapkan panci, masukkan air dan gula merah, lalu rebus hingga mendidih dan gula merah mencair. Kemudian tambahkan sedikit garam, aduk-aduk hingga rata. Rebus hingga gula merah mengental.
    • Sasagun
      • Siapkan baskom, masukkan tepung beras dan kelapa parut lalu aduk-aduk hingga tercampur rata tepung beras dan kelapa parut nya. Diamkan selama ± 1 jam agar kelapa parut meresap di tepung beras.
      • Siapkan wajan, gongseng adonan hingga matang. Aduk-aduk terus selama ± 1 ½ jam hingga adonan kering dan berwarna dan agak mutung / gosong kemerah-merahan. Jika ada adonan yang menggumpal segera ratakan. Setelah dirasa matang, matikan api lalu tiriskan.
      • Siram sirup gula merah dengan adonan tepung beras dan parutan kelapa, kemudian aduk-aduk hingga rata menggunakan tangan. Tambahkan juga buah nanas / durian yang sudah di hancurkan, aduk-aduk kembali hingga semua bahan-bahan tercampur rata.
      • Siapkan cetakan (bisa menggunakan cetakan kue/es lilin), lalu masukkan adonan kedalam cetakan, lakukan hingga adonan habis.
      • Masukkan sasagun ke dalam lemari es, diamkan 2-3 jam hingga sasagun mengeras.
      • Sasagun siap di sajikan dan disantap

    Sasagun siap disajikan dan disantap. Anda bisa menambahkan teh manis sebagai pelengkapnya. Untuk referensi resep masakan batak lainnya kalian bisa lihat disini yaa Cookers.

    Catatan:
    Pastikan tidak ada adonan yang menggumpal pada saat menggongseng.


    Narasumber: http://www.dapurpalma.com/resep-sasagun-khas-batak-toba/
     
    • Like Like x 1
  13. Offline

    nahrevan Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 3, 2015
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1 / -1
    saya sukabanget sambal teri dengan petenya, namun setau say aitu bukan masakan batak..
    karena itu diadaptasi dari masakan baladonya orang minang..................
     
    • Like Like x 1
  14. Offline

    gratcy Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    masalah itu dari mana, itu sama saja kok. Tapi di resep itu kan menggunakan ikan teri medan, jadi saya anggap itu masakan khas sumatera utara.
     
  15. Offline

    gratcy Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    [​IMG]
    Resep Kembang Loyang / Kembang Goyang​

    Resep Kembang Loyang / Kembang Goyang

    Masih dalam nuasa natal dan mendekati tahun baru biasanya para khalayak batak pantang tidak ada camilan satu ini di rumah.
    Resep camilan yang akan kita bahas kali ini berasal dari Sumatera Utara yaitu Resep Kembang Loyang / Kembang Goyang. Perpaduan tepung beras dengan sagu dan bahan-bahan lainnya dan kemudian di goreng tipis-tipis (seperti emping) memberikan rasa yang melekat dilidah anda.

    Untuk pembuatan kembang loyang ini sangat mudah, hanya agak panas waktu memasaknya, hehehe. Kita langsung aja Cookers memulai pembuatan Kembang Loyang / Kembang Goyang ini, tapi sebelumnya kita awali dari pesiapan bahan-bahan terlebih dahulu yaa. Let’s Cook!?

    Bahan-bahan:

    • 200 gr tepung beras
    • 25 mg tepung sagu
    • 2 butir telur, ambil kuningnya saja, sisihkan
    • 50 gr tepung gula
    • 1 sdt vanila
    • 200 ml santan / sesuaikan aja kekentalan utk adonan
    • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

    Alat-alat:
    • Cetakan Kue Kembang Goyang

    [​IMG]
    Cetakan Kembang Loyang - Kembang Goyang

    Setelah semua bahan-bahan telah tersedia kita langsung aja memulai ke tahap pembuatannya.

    Cara Membuat Kembang Loyang / Kembang Goyang

    • Campur tepung beras, vanila, tepung gula, aduk-aduk hingga semua bahan-bahan tercampur merata. Kemudian tambahkan 2 kuning telur ke kedalam adonan yang sudah tercampur.
    • Masukkan santan sedikit sambil aduk-aduk hingga tercampur merata, masukkan santan sedikit demi sedikit hingga kekentalan adonan dirasa cukup
    • Panaskan wajan dan cetakannya dengan api sedang. lalu celupkan cetakan dari wajan ke adonan, cemplungin dan biarkan 3 detik sambil digoyang2.
    • Jangan lupa bolak balik biar tidak gosong. Angkat bila warna sudah cokelat ke emasan, lakukan hingga semua adonan habis.

    Kembang Loyang / Kembang Goyang siap disajikan dan disantap bersama keluarga tercinta anda. Untuk menyantap nya enaknya ditemani teh manis hangat sebagai pelengkap dan penghilang dahaga anda.
    Bagaimana Cookers, mudah bukan? Untuk referensi resep camilan lainnya anda bisa lihat disini yaa Cookers.

    Sumber Kembang Goyang: http://www.dapurpalma.com/resep-kembang-loyang-kembang-goyang/
     
  16. Offline

    nahrevan Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 3, 2015
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1 / -1
    benar itu masakan sumatera utara, tapi kan judul thread anda khusus masakan tapanuli... ini yang say aanggap tidak benar, begitu juga dengan masakan kue kembang loyang itu kue ciri khas orang melayu kampung , bukan dari tapanuli....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. makanan khas sumatera utara dan cara pembuatannya

    ,
  2. resep masakan batak mandailing

    ,
  3. resep masakan sumatera utara

    ,
  4. resep masakan sumatra utara,
  5. Resep masakan sumatera,
  6. cara pembuatan makanan khas sumatera,
  7. cara membuat makanan khas daerah sumut,
  8. masakan batak halal,
  9. Aneka masakan khas sumatera utara dan cara masaknya,
  10. resep kue mandailing dari tepung

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.