1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Legend/Myth Kraken - Sang penguasa lautan

Discussion in 'History and Culture' started by major_main, Jun 28, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    major_main Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    1,530
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,662 / -0
    LEGENDA KRAKEN

    Mungkin tidak ada monster legendaris yang lebih mengerikan dibandingkan dengan Kraken, penguasa lautan yang membuat para pelaut bergidik ketakutan. Apa yang menarik dari legenda Kraken adalah adanya kemungkinan kalau legenda ini mungkin memang berdasarkan pada sesuatu yang nyata.

    Kraken adalah seekor monster yang digambarkan sebagai makhluk raksasa yang berdiam di lautan wilayah Islandia dan Norwegia. Makhluk ini disebut sering menyerang kapal yang lewat dengan cara menggulungnya dengan tentakel raksasanya dan menariknya ke bawah.

    Kata Kraken sendiri berasal dari Kata "Krake" dari bahasa Skandinavia yang artinya merujuk kepada hewan yang tidak sehat atau sesuatu yang aneh. Kata ini masih digunakan di dalam bahasa jerman modern untuk merujuk kepada Gurita.Begitu populernya makhluk ini sampai-sampai ia sering disinggung di dalam film-film populer seperti Pirates of the Caribbean atau Clash of The Titans. Jika ada makhluk raksasa penguasa lautan, maka Krakenlah namanya.

    [​IMG]

    Karakter Kraken


    Kita mungkin mengira Kraken hanyalah sebuah bagian dari dongeng, namun sebenarnya tidak demikian. Sebutan Kraken pertama kali muncul dalam buku Systema Naturae yang ditulis Carolus Linnaeus pada tahun 1735.

    Mr. Linnaeus adalah orang yang pertama kali mengklasifikasi makhluk hidup ke dalam golongan-golongannya. Dalam bukunya itu, ia mengklasifikasikan Kraken ke dalam golongan Chepalopoda dengan nama latin Microcosmus. Jadi, boleh dibilang kalau Kraken memiliki tempat di dalam sains modern.

    Erik Ludvigsen Pontopiddan, Uskup Bergen yang juga seorang naturalis, pernah menulis di dalam bukunya Natural History of Norway yang terbit tahun 1752 kalau Kraken "tidak bisa disangkal, adalah monster laut terbesar yang pernah dikenal".

    Menurut Pontopiddan, Kraken memiliki ukuran sebesar sebuah pulau yang terapung dan memiliki tentakel seperti bintang laut. Ia juga menyebutkan kalau makhluk ini bisa menggulung kapal yang lewat dengan tentakelnya dan menariknya ke dasar lautan. Namun, menurut Pontopiddan, bahaya terutama dari Kraken adalah riak air yang dashyat ketika ia menyelam ke dalam laut. Riak itu bisa menenggelamkan kapal yang ada di dekatnya.

    Menariknya, selain menggambarkan Kraken sebagai makhluk yang berbahaya, Pontopiddan juga menulis mengenai sisi lain dari makhluk misterius ini. Ia menyebutkan kalau ikan-ikan di laut suka berada di dekat Kraken. Karena itu juga, para nelayan Norwegia yang mengetahui hal ini suka mengambil risiko untuk menangkap ikan dengan membawa kapalnya hingga berada tepat di atas Kraken.

    Jika mereka pulang dengan membawa hasil tangkapan yang banyak, para penduduk desa tahu kalau para nelayan tersebut pastilah telah menangkap ikan tepat di atas Kraken.

    Sejak lama, makhluk ini hanya dianggap sebagai bagian dari Mitologi kuno yang setara dengan sebuah dongeng. Namun ketika sisa-sisa bangkai monster ini terdampar di pantai Albaek, Denmark, Pada tahun 1853, para ilmuwan mulai menyadari kalau legenda mengenai Kraken mungkin memang berdasarkan pada sesuatu yang nyata, yaitu cumi-cumi raksasa (Giant Squid), cumi-cumi kolosal (Colossal Squid) atau Gurita raksasa (Giant Octopus).

    Seberapa besarkan seekor cumi atau gurita bisa bertumbuh?

    Benarkan mereka bisa menyerang sebuah kapal besar seperti yang digambarkan di film-film?

    Penampakan Signifikan

    Pada tahun 1801, Pierre Denys de Montfort yang menyelidiki subjek mengenai Kraken menemukan kalau di Kapel St.Thomas di St.Malo, Brittany, Perancis, ada sebuah lukisan yang menggambarkan seekor gurita raksasa sedang menyerang sebuah kapal dengan cara menggulungnya dengan tentakelnya. Insiden yang tergambar dalam lukisan tersebut ternyata berdasarkan pada peristiwa nyata.
    [​IMG]
    Dikisahkan kalau kapal tersebut adalah kapal Norwegia yang sedang berada di lepas pantai Angola. Ketika mendapatkan serangan tak terduga tersebut, para pelaut di atas kapal lalu membuat sebuah kaul untuk St.Thomas yaitu jika mereka dapat terlepas dari bahaya ini, mereka akan melakukan perjalanan ziarah.

    Para awak kapal kemudian mengambil kapak dan mulai melawan monster itu dengan memotong tentakel-tentakelnya. Monster itupun pergi. Sebagai pemenuhan atas kaul itu, para awak kemudian mengunjungi Kapel St.Thomas di Britanny dan menggantung lukisan itu sebagai ilustrasi atas peristiwa yang menimpa mereka.

    Sayangnya, peristiwa yang menimpa para pelaut itu tidak diketahui persis tahun terjadinya. Namun, paling tidak, penyerangan monster raksasa terhadap sebuah kapal tidak bisa dibilang sebagai mitos semata.

    Selain kisah lukisan di Kapel St.Thomas, Mr.Monfort juga menceritakan perjumpaan lain dengan makhluk serupa cumi atau gurita raksasa yang dialami oleh kapten Jean-Magnus Dens dari Denmark yang bertemu dengan makhluk itu juga di lepas pantai Angola. Makhluk raksasa itu menyerang kapal mereka dan bahkan berhasil membunuh tiga awaknya.

    Para awak kapal yang lain tidak tinggal diam dan segera mengambil meriam dan menembakkannya ke monster itu berulang-ulang hingga ia menghilang ke dalam lautan.

    Kapten Dens memperkirakan monster itu memiliki panjang 11 meter.

    Kisah lain terjadi pada tanggal 30 November 1861. Ketika sedang berlayar di kepulauan Canary, para awak kapal Perancis, Alencton, menyaksikan seekor monster laut raksasa berenang tidak jauh dari kapal. Para pelaut segera menyiapkan peluru dan mortir yang kemudian ditembakkannya ke arah monster itu.

    Monster yang ketakutan dengan segera berenang menjauh. Namun, kapal Alencton segera diarahkan untuk mengejarnya. Ketika mereka berhasil mendekatinya, garpu-garpu besi segera dihujamkan ke tubuh monster itu dan jaring segera dilemparkan. Ketika para awak mengangkat jaring itu, tubuh monster itu patah dan hancur yang kemudian segera jatuh ke dalam air dengan menyisakan hanya sebagian dari tentakelnya.

    Ketika kapal itu mendarat dan tentakel itu diperlihatkan kepada komunitas ilmuwan, mereka sepakat kalau para awak kapal mungkin telah menyaksikan seekor cumi raksasa dengan panjang sekitar 8 meter.

    Pada bulan Oktober 1873, seorang nelayan bernama Theophile Piccot dan anaknya berhasil menemukan tentakel cumi raksasa di Newfoundland. Setelah diukur, para peneliti menyimpulkan kalau hewan itu kemungkinan memiliki panjang hingga 11 meter.

    Pada tahun 1924, Frank T.Bullen menerbitkan sebuah buku yang berjudul The Cruise of the Chacalot. Dalam buku ini, Bullen menceritakan sebuah kisah luar biasa yang disebut terjadi pada tahun 1875. Kisah ini membuat Kraken mendapatkan musuh abadinya, yaitu Paus Penyembur (Sperm Whale).

    Menurut Bullen, pada tahun 1875 ia sedang berada di sebuah kapal yang sedang berlayar di selat Malaka. Ketika malam bulan purnama, ia melihat ada sebuah riakan besar di air.
    Mendengar kesaksian Bullen, kita mungkin tergoda untuk mengatakan kalau ia membesar-besarkan atau mungkin mengarangnya saja. Namun, pada Oktober 2009, komunitas ilmuwan menyadari kalau kisah yang diceritakan Bullen mungkin memang bukan sekedar cerita fiksi. Cumi raksasa memang bermusuhan dengan Paus Penyembur.

    Di wilayah perairan di pulau Bonin di Jepang, para peneliti kelautan berhasil mendapatkan foto-foto langka yang memperlihatkan seekor paus penyembur sedang menyantap seekor cumi raksasa yang diperkirakan memiliki panjang 9 meter.
    [​IMG]

    [​IMG]
    :ngeselin: Dendam lama tidak pernah berakhir. :ngeselin:

    Giant Squid, Colossal Squid dan Giant Octopus
    Sekarang, mari kita sedikit mengenal lebih jauh tiga teman raksasa kita yang mungkin telah memicu legenda Kraken. Saya akan mulai dari Giant Squid atau Cumi raksasa.

    Giant Squid atau Cumi-cumi raksasa

    Giant Squid atau cumi-cumi raksasa yang berasal dari genus Architeuthis ini memiliki 8 spesies dan diketahui bisa memiliki panjang hingga 13 meter bagi yang betina dan 10 meter untuk yang jantan. Ukuran ini dihitung dari sirip caudal hingga ujung tentakelnya. Namun, ukuran cumi ini bisa jadi lebih besar daripada yang diperkirakan.

    Pada tahun 1880, potongan tentakel ditemukan di Selandia Baru dan diperkirakan merupakan milik dari cumi raksasa yang memiliki panjang 18 meter. Ukuran yang sangat luar biasa!

    Ide kalau seekor cumi raksasa bisa menenggelamkan sebuah kapal mungkin terdengar mengada-ngada pada zaman ini. Namun, pada abad pertengahan, ukuran kapal tidak sebesar yang kita miliki sekarang. Contohnya, kapal Columbus yang bernama Pinta hanya memiliki panjang 18 meter. Sebuah cumi sepanjang 10-15 meter sudah bisa dipastikan dapat menyerang dan menenggelamkan kapal ini dengan mudah.

    Perilaku giant Squid ini hampir tidak pernah dikenal sebelumnya hingga pada tahun 2004 ketika para ilmuwan Jepang berhasil mendapatkan 556 foto makhluk ini dalam keadaan hidup. Cumi-cumi tersebut terperangkap dalam sebuah jebakan yang dibuat. Ketika ia berhasil lolos, salah satu tentakelnya yang memiliki panjang 5,5 meter putus. Dari panjang ini, para ilmuwan tersebut memperkirakan kalau makhluk itu memiliki panjang 8 meter.

    Colossal Squid atau Cumi Kolosal
    Apabila kita mengira Cumi raksasa sudah memiliki ukuran yang luar biasa, maka, perkenalkan makhluk yang satu ini, Colossal Squid atau Cumi kolosal.

    Makhluk ini memiliki nama latin Mesonychoteuthis hamiltoni dan para ilmuwan percaya kalau makhluk ini bisa bertumbuh hingga paling tidak memiliki panjang 14 meter. Ini membuatnya menjadi hewan invertebrata terpanjang di dunia. Walaupun demikian, para ilmuwan tidak bisa memastikan hingga seberapa panjang hewan ini bisa bertumbuh.

    Mengenai Colossal Squid, Dr.Steve O'Shea, ahli cumi dari Auckland University berkata:
    [​IMG]
    Colossal Squid di foto di atas ditangkap di Laut Ross dan memiliki panjang mantel 2,5 meter. Ukuran ini termasuk luar biasa karena Giant Squid terbesar yang diketahui hanya memiliki panjang mantel 2,25 meter. Lagipula, Colossal Squid di atas dipercaya masih dapat bertambah panjang hingga mencapai ukuran yang jauh lebih besar.

    Jika ada Kraken di luar sana, maka bisa dipastikan kalau Colossal Squid adalah tersangka paling utamanya.

    Lalu, apa bedanya Giant Squid dan Colossal Squid?

    Giant Squid hanya memiliki tentakel yang memiliki lubang penghisap dan gigi-gigi kecil, sedangkan Colossal Squid memiliki tentakel yang juga dilengkapi dengan kait yang tajam. Beberapa kait bahkan memiliki 3 ujung.

    Selain dua jenis Cumi-cumi di atas, makhluk yang satu ini juga memiliki tentakel dan bisa bertumbuh dalam ukuran yang luar biasa, yaitu Giant Octopus.

    Giant Octopus atau Gurita Raksasa
    Giant Octopus atau gurita raksasa bisa bertumbuh hingga memiliki panjang 9 meter. Panjang ini cukup membuatnya menjadi monster yang ditakuti oleh para pelaut. Makhluk inilah yang dipercaya Monfort sebagai monster yang menyerang para pelaut Norwegia di lepas pantai Angola yang lukisannya tergantung di Kapel St.Thomas.

    Pada masa kini, teori mengenai Cumi atau Gurita raksasa dianggap sebagai penjelasan yang paling masuk akal mengenai legenda Kraken.

    Jika kita beranggapan kalau legenda Eropa yang mengatakan kalau Kraken memiliki ukuran sebesar sebuah pulau sebagai "membesar-besarkan", maka mungkin misteri Kraken memang sudah terpecahkan.

    Tetapi, bagaimana kita bisa memastikannya?

    [​IMG]
    [​IMG]
    ^ Bangkai ini terdampar di pantai St.Augustine, Florida tahun 1896. Dipercaya sebagai Giant Octopus
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]

    http://xfile-enigma.blogspot.com <<- salah satu blog paporit ane
    kalo thread ini cukup informatif ga ada salahnya kan kasih :grp: atau :thx: ga ada ruginya kok :piss:
    DIJAMIN TIDAK :fd_7:
     
    Last edited: Jun 28, 2010
    • Thanks Thanks x 33
    • Like Like x 32
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    ImNotPro Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 24, 2010
    Messages:
    557
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +322 / -0
    wagh kalo giant squid dah pernah denger
    n gw percaya

    kalo colosal squid blon pernah denger

    dengan teknologi sekarang masih banyak ya rahasia alam yg blon ditemukan

    :niceinfo:
     
  4. Offline

    zakainiwak Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,291
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,726 / -0
    lengkap banget penjelasanya kk..:top:
    jadi dapet banyak ilmu...
    makasih udah mau share...
    tapi saya rasa yg menyerang kapal2 itu kemungkinan gurita...
    kalo cumi2 kyk mereka gk agresif dibandingkan gurita yg memiliki kecerdasan...CMIIW
     
  5. Offline

    babi_dugem Beginner Members

    Joined:
    Mar 27, 2010
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +60 / -0
    Mo kasih tambahan gambar nih yang gw temuin di google...
    [​IMG]
    tp legenda kraken yg segede gitu antara percaya en gak percaya sih, secara jaman skrg uda gak pernah kedenger lg ttg legenda kraken itu..
    btw thx gan, mayan bisa nambah2 pengetahuan ttg legenda2 :piss:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    odinsword Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 13, 2009
    Messages:
    4,684
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +42,447 / -1
    kalo tentang cumi besar gw percaya tapi kalo kraken masih ragu, belum ada gambar yang jelas :piss:

    mungkin karena hidupnya di perairan yang dalam sekali sehingga sulit dipastikan
     
  7. Offline

    csc Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 12, 2009
    Messages:
    155
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    kraken sptnya msh sulit untk dipercaya.. kraken kaya yg makan kapten jack sparrow kan y?
    btw klo cumi2 besar belum prnh tertangkap yg msh dlm keadaan hidup...
     
  8. Offline

    major_main Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    1,530
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,662 / -0
    legenda memang sulit dipercaya. yg ingin dijelaskan penulis (bukan saya) adalah adanya kemungkinan legenda kraken itu adalah cumi-cumi / gurita raksasa yg memang ada...

    liat siapa tsnya
    bukannya bermaksud untuk oot tapi hanya menambahkan
     
  9. Offline

    nayaxoe Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    110
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    kalo kraken masih ????????
     
  10. Offline

    valr1st Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    768
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +181 / -0
    :panik:Releaseeeeeeeeeeeeeeeeeee the KraKENNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN:panik::panik:


    wakakakak segede gilaaaa itu legenda ..

    walau emang yang paling deket gurita atau giant octopus

    soalnya kan di legenda2 kek clash of titan atau legenda lainnya kraken itu selalu di dominasi pasti punya tentacle ... kalo paus kan ga ada tentacle
     
  11. Offline

    dodome Lurking Around Veteran

    Joined:
    Jan 22, 2009
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    231
    Ratings:
    +12,736 / -0
    Kalau udah di daratan (diliat dr foto2nya) nggak gitu nyeremin ya. Paling kita cuma bilang "Wow, gede banget."
    Tapi kalau ketemu di laut kayaknya ceritanya udah lain lagi.

    NYeremiiin..

    Secara manusia kan habitatnya bukan laut. DUh ngeri deh jaman dulu tuh kayak apa ya kapal kok bisa sampe di lahap sama gurita raksasa
     
  12. Offline

    indraipa1 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 5, 2009
    Messages:
    804
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +105 / -0
    kan telah dijelaskan diatas bahwa "Pada masa kini, teori mengenai Cumi atau Gurita raksasa dianggap sebagai penjelasan yang paling masuk akal mengenai legenda Kraken".
    Tapi kalo kraken emang sebesar pulau kenapa ga dicari pake foto satelite aja d tempat2 yang diduga penampakan kraken?
     
  13. Offline

    dudduls19 Silent Reader Members

    Joined:
    May 21, 2008
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    KAYAK yang ada di pirate carribean yak..syreeem tuh ...
     
  14. Offline

    neoark99 Beginner Members

    Joined:
    Apr 27, 2009
    Messages:
    365
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +719 / -0
    :niceinfo:
    btw kalo dibikin takoyaki mantep tuh:hahai:
     
  15. Offline

    D3wangga Silent Reader Members

    Joined:
    May 10, 2010
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +26 / -0
    Kalau emang bener ada tuh, lautan pasti menjadi menakutkan
    tapi keren yach bila bisa liat yg kayak gituan . . . .
     
  16. Offline

    pandanarang Beginner Members

    Joined:
    Jun 6, 2010
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +239 / -0
    waduh gak ngira kalo ada cumi2 segede itu,,,,padahal aku doyan banget cumi2 saos pedas wkwkwkwkwk
    jadi ngeri makan cumi kalo ternyata cuminya segede itu
     
  17. Offline

    uzzand Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 29, 2009
    Messages:
    432
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +16,852 / -0
    THE KRAKEN
    thx for SHARE :maaf::maaf:
     
  18. Offline

    Excalibur_212 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    1,061
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +1,133 / -0
    wah mantap tapi pernah liat dimana ya?
    tapi mantap deh gan ^_^
     
  19. Offline

    reyhans_13 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 23, 2009
    Messages:
    644
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +62 / -0
    oooowh ini yg d legendain sbg anaknya dewa Hades yaaaa....
    beneran ada.... :???:
    :niceinfo:
     
  20. Offline

    delucoaxz Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 11, 2009
    Messages:
    108
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    nice info gannnnnnnnnnnnnnnn
     
  21. Offline

    7thchild Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 18, 2009
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +142 / -1
    wow :shock: ini si giant bgt :shock: untung cm mitologi y :sigh:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.