1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Konsultasi Sever, VPS, Hosting, di sini Tempatnya

Discussion in 'Konsultasi IT' started by annapurba, Oct 22, 2015.

?

Informasi Apa yang menarik untuk dibahas?

  1. Server, Hosting, VPS

    2 vote(s)
    13.3%
  2. Internet Service Provider

    6 vote(s)
    40.0%
  3. SEO

    5 vote(s)
    33.3%
  4. Belum kepikiran

    2 vote(s)
    13.3%
  1. Offline

    annapurba Community Contributor

    Joined:
    Oct 22, 2015
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3 / -0
    Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi ilmu pengetahuan tentang dunia informasi teknologi (IT) kepada siapa saja. Mungkin sudah banyak yang berpikir kalau pembahasan ini terus berulang kali dibahas, di berbagai sosial media, di forum atau bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun sebelumnya, pembahasan yang ada pada dunia IT lebih condong kepada mereka-mereka yang sebelumnya memang sudah memiliki basik dalam dunia tersebut. Sehingga kaum awam yang tidak mengerti apa-apa pun kerap enggan untuk bergabung dalam pembahasan tersebut.

    Disini, di idws saya akan membahas semua yang ada di dunia IT secara menyeluruh namun dapat dipahami dengan mudah. Pembahasan tentang IT ini semata-mata saya buat bukan untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Murni hanya untuk berbagi ilmu kepada setiap orang. Hal ini juga didorong dengan rasa miris yang saya perhatikan selama bertahun-tahun di dunia informasi teknologi tanah air yang bergerak begitu lamban. Seperti tidak semua orang menerima dengan baik, dan bahkan tidak sedikit orang-orang yang menganggap bahwa IT itu tidak begitu penting dalam kehidupan mereka. Padahal jika kita melihat dengan mata logika, IT itu sangat bermanfaat bahkan untuk hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari.

    Pernahkah kamu berpikir seberapa penting informasi dalam kehidupan kamu? Seberapa besar peran IT yang ada di hidup kamu? Atau juga sebaliknya, seberapa besar peran kamu dalam mengembangkan industri IT di tanah air? Pembahasan ini mungkin tidak akan pernah cukup untuk dijabarkan dalam satu buku dengan 1000 halaman sekali pun. Maka dari itu, saya membuka thread ini, untuk bersama-sama kita membangun Tanah Air dengan perkembangan-perkembangan yang di negara lain memang sudah bergerak cepat.

    Server

    Sering dengar kata ini? Mengerti akan hal ini? Banyak orang yang berucap kata server, namun tidak begitu mengerti seperti apa server itu sesungguhnya, lalu apa saja kegunaannya, dan kenapa server ini harus ada di muka bumi ini? Mungkin itu pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan oleh orang-orang awam yang tidak tahu apa-apa.

    Jika melihat kata dasar dari server sendiri, serve dalam Bahasa Inggris artinya melayani, server artinya pelayan. Ya! Hampir sama dengan itu semua, karena saat ini kita sedang membahas tentang dunia IT yang tak jauh dari dunia komputer, maka server disini dapat diartikan sebagai sebuah pelayan yang bertugas melayani komputer-komputer lainnya. Masih tak jauh berbeda dengan dunia nyata, orang yang dilayani dan melayani tentu terhubung satu dengan yang lainnya, begitu juga dengan server, komputer pelayan ini tentu akan menjadi berguna jika terhubung dengan komputer-komputer lainnya yang dilayani.

    Hosting

    Hosting sendiri adalah bagian dari server. Gambaran mudahnya, setiap orang tentu saja mengenal sebuah website, atau bisa dibilang juga setiap hari berapa ratus juta manusia membuka website. Pernah tidak terbayang? Website ini sebenarnya rumahnya dimana? Apakah di langit? di pulau? Atau di luar angkasa? Tentu saja website ini punya tempat tinggal, karena tidak mungkin melayang-layang seperti sebuah roh. Meskipun sama-sama tidak bisa disentuh, tapi website ini punya rumah, server hosting inilah rumahnya. Di dalam server hosting inilah sebuah website bisa berjalan. Dalam artian berarti server ini tentu tidak akan pernah mati, karena jika mati, maka website tersebut akan tidak dapat diakses. Sering menemukan website yang ingin kamu buka tidak terbuka? Ya mungkin saja saat itu servernya sedang mati. Sebenarnya server hosting ini tidak hanya untuk menjalankan website saja, tapi juga bisa untuk menjalankan sebuah file ataupun program.

    VPS

    VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Dari namanya saja sudah jelas menggambarkan server seperti apa yang ini. Istilah mudahnya, server virtual ini adalah sebuah server yang dapat kita gunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari kita. Kita bisa mengakses server tersebut dimana pun kita berada asalkan kita terhubung ke internet. Server ini tak berbeda jauh dengan komputer yang kita miliki di rumah kita masing-masing. Dengan VPS kamu bisa menyimpan data-data kamu disana, dan dapat diambil kapan saja kamu membutuhkannya. Kamu juga bisa menginstal sebuah software layaknya komputer kamu yang ada di rumah.

    Spesifikasi sebuah VPS itu sendiri berbagai macam tak jauh berbeda dengan komputer yang kita miliki, baik dari segi Hard disk, memorynya, jenis prosesornya, pilihan operasi sistemnya (Windows/Linux/Lainnya), dan sebagainya. VPS sudah terhubung dengan internet selama 24 jam dengan kecepatan tinggi agar setiap user bisa dengan mudah mengaksesnya. VPS biasanya diakses melalui komputer pribadai menggunakan software Remote Desktop Connection (RDC) yang biasanya sudah tersedia di operasi sistem WINDOWS. Untuk penjelasan lebih dalamnya dapat kita saling berbagi informasi di thread ini agar semakin mudah dijabarkan satu per satu, tidak dalam satu thread saja.

    Colocation dan Dedicated Server

    Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk software besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Shared hosting sendiri memiliki arti menggunakan sebuah server untuk digunakan sebagai sebuah server hosting untuk digunakan secara bersama-sama dengan pengguna server lainnya. Jadi untuk kebutuhan-kebutuhan besar, tidak seperti sebuah website saja, memang lebih baik menggunakan sebuah dedicated server agar semua software dapat berjalan dengan baik.

    Berbanding terbalik dengan colocation server. Server ini sebenarnya tidak ada bedanya dengan dedicated server. Yang membedakannya adalah hanya tempat menaruh server tersebut dimana.

    Lalu kenapa kita membutuhkan semua itu? Masih belum mengerti juga?

    Dengan adanya server yang telah tersusun dalam sebuah jaringan, maka itu semua tentu akan memudahkan kita saling berkomunikasi dengan seseorang di lokasi yang berbeda. Dengan adanya jaringan komputer, dapat menjadikan pekerjaan seseorang lebih efektif dan menghemat banyak hal. Sebagai contoh kecil, untuk mencetak dokumen di warnet kita tidak perlu memindah data ke flashdisk kemudian membawanya ke server. Cukup dengan kita menyimpan di direktori server melalui computer client, kemudian server akan mencetaknya. Karena media penyimpannannya sudah saling terhubung antara komputer client dengan server. Itu hanya contoh kecil saja, masih banyak lagi hal-hal besar yang dapat dilakukan dengan semua itu.

    Mari bersama-sama kita membangun Indonesia yang lebih maju, yang lebih terhubung satu dengan yang lainnya, yang tidak ada lagi jarak antara Pulau Jawa dan Kalimantan, Sumatra dan Papua, dan masih banyak lagi lainnya.
     
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    annapurba Community Contributor

    Joined:
    Oct 22, 2015
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3 / -0
    reserved for update

    --------------------------------------------------------------
     
  4. Offline

    sunkenship Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    602
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +78 / -6
    ada mbak CC baru :mimisan:

    ga ada yang berani post :iii:
     
  5. Online

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,299
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +113,711 / -8
  6. Offline

    boddhii Progressive Revolusioner Members

    Joined:
    Oct 3, 2011
    Messages:
    416
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +169 / -0
    mending di sini aja si. karena yang nulis kan kontributor om. semacam AMA barangkali ya.
     
  7. Offline

    bayspeed Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2012
    Messages:
    1,849
    Trophy Points:
    87
    Ratings:
    +615 / -0
    thread kuburan :takut:

    ane kesini gara2 ada yg share
     
  8. Offline

    jonni23 Members

    Joined:
    Mar 17, 2016
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -2
    Min, tanya dong, apakah jaringan lagi lambat banget di minggu ini. thx lo
     
  9. Offline

    sunkenship Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    602
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +78 / -6
    :bloon: udah dimulai belum konsultasinya.. :mimisan:
     
  10. Offline

    qenzz Post Hunter Regional Leader

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    4,729
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,152 / -43
    mau nanya-nanya tentang RAID 1-5
    untuk di server.
    ada yg bisa kasih pengarahan?

    hal-hal yang dibutuhkan dan metode untuk melakukannya..
    thx
     
  11. Offline

    venantius Senpai Veteran

    Joined:
    Aug 7, 2008
    Messages:
    5,309
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +72,212 / -1
    Pertama, soal RAID sendiri itu ada beberapa macam dari cara handlingnya:

    Soft-RAID, disini tidak diperlukan hardware yang berperan sebagai RAID Controller. Soft-RAID dihandle oleh sistem operasi.
    Hardware Assisted RAID, diperlukan hardware untuk menangani I/O dari mode RAID yang digunakan. bisa berupa:
    - onchip raid controller (atau dikenal dengan istilah"fake raid") contohnya chipset Intel PCH
    - onboard raid controller, yaitu sebuah controller raid yang tidak memiliki dedicated memory (berfungsi sebagai cache) dan tidak ada fitur BBU. Kurang lebihnya sama seperti lowend raid card.
    - add-on raid controller, pada umumnya berupa card expansion, memiliki dedicated memory dan juga BBU. Contoh: LSI MegaRAID 9260

    Tiap-taip RAID controller juga pada umumnya berbeda-beda dalam hal mode RAID yang disupportnya.


    Kedua, RAID 1+5 itu adalah gabungan (nested) RAID 5 dan RAID 1.

    RAID 5 membutuhkan minimal 3 disk, setiap blok data akan tersimpan di dalam 2 disk (stripping), dimana disk ke-3 digunakan untuk parity/cheksum. Kelebihan RAID 5 adalah pada performa read yang baik seperti halnya RAID 0, hal ini dikarenakan blok data di stripping pada 2 disk, sehingga pembacaan data menjadi lebih cepat. Tapi untuk performa writenya sedikit lebih rendah ketimbang RAID 1 karena parity block dituliskan pada 1 disk saja.

    Kalau ada 3 disk masing masing memiliki kapasitas 500 GB apabila digunakan mode RAID 5, maka kapasitas arraynya adalah 1000 GB

    RAID 1 itu membutuhkan minimal 2 disk, setiap blok data yang sama akan dituliskan pada masing-masing disk (mirroring).
    Kalalu ada 2 disk masing masing memiliki kapasitas 500 GB, apabila digunakan mode RAID 1, maka kapasitas arraynya adalah 500 GB.

    Jadi kalau RAID 1+5 itu minimalnya membutuhkan 6 disk. Atau sama seperti 2 x RAID 5 yang dimirrorkan

    RAID 1+5 ini cukup kompleks, jadi lebih baik sih menggunakan mode RAID yang lebih umum saja, misal RAID 1, RAID 5, atau RAID 10.

    Dan pada dasarnya RAID itu difungsikan untuk redundancy bukan difungsikan untuk backup, sekalpun mode RAID 1 digunakan.

    CMIIW, mungkin yang lainnya ada yang mau menambahkan soal RAID...
     
    • Like Like x 1
  12. Offline

    ikangule Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 29, 2015
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    41
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +154 / -0
    ^ tanpa perlu baca artikelnya ngga sih
     
  13. Offline

    venantius Senpai Veteran

    Joined:
    Aug 7, 2008
    Messages:
    5,309
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +72,212 / -1
    maksudnya gimana ya?
    kebetulan beberapa waktu lalu pernah juga bahas diskusi soal raid, di forum sebelah sih tapinya

    Code:
    http://www.kaskus.co.id/post/5758370ea09a39b6108b4567#post5758370ea09a39b6108b4567
    Bisa dibaca-baca reply dari postingannya... kalau masih ada yang kurang lengkap bisa dilanjut diskusinya
     
  14. Offline

    ipungtole Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 11, 2013
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    VPS perbulan berapa gan? yang free cpanel
     
  15. Offline

    zapikoe Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 27, 2009
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    Dear TS, mumpung cloud hosting lagi populer, apa boleh dibuatkan juga perbandingan hosting2 yang populer di Indonesia/Asia Tenggara
    Beberapa yang lokal, seperti Dewaweb dan Infinys
    juga AWS, Linode, dan Azure gitu, misalnya
     
  16. Offline

    venantius Senpai Veteran

    Joined:
    Aug 7, 2008
    Messages:
    5,309
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +72,212 / -1
    Umumnya sih diatas $10 USD/bln. Dari info di forum luar negeri yang bahas soal hosting, license cpanel termurah itu modalnya $ 8 USD.
    Ini bisa memungkinkan karena provider hosting tersebut memiliki bisnis skala besar, dan tentunya bekerja sama dengan developer cpanel.

    Kalau nggak salah pernah liat juga iklan dari salah satu provider vps luar negeri, untuk vps yang bundling cpanel seharga $12 USD per bulan. Spek vps nya sendiri minim banget (pas-pasan dengan spek rekomendasi cpanel), dan sudah pasti jenis VPS adalah OpenVZ dan pastinya juga unmanaged.

    Nggak enaknya vps yang bundling cpanel adalah pilihan menjadi lebih terbatas, sebab nggak semua provider bekerja sama secara langsung dengan developer cpanel. Mungkin karena ngejar lisensi yang murah, maka belum tentu nantinya spek vps, lokasi dc nya, dan layanan support (unmanaged/managed) dari hostingnya bisa sesuai dengan keinginan.

    Kalau buat yang data center iix, dewaweb bagus koq..
    Tapi kalau buat yang data center selain iix, dan pengen latency yang bagus mungkin pilihannya adalah provider yang punya server yang dc nya di singapore. Soalnya jakarta - singapore itu latency nggak jauh beda dengan jakarta - surabaya. Linode, DigitalOcean, Leaseweb ketiganya punya server/dc di singapore.

    Kenapa mesti di singapore? Karena pada umumnya bandwidth dari dc di singapore itu kapasitasnya besar, jadi baik ke indonesia atau ke usa dan eropa lebih terjamin. Kalau yang dc indonesia biasanya terlalu dibatasi bandwidth ke luar negeri (hingga saat ini masih gitu).
     
    • Like Like x 1
  17. Offline

    indogag Members

    Joined:
    Feb 24, 2017
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.