1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

kiAmat 2012 beluM pasti....

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by passat, Mar 18, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    passat Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    2,475
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +226 / -0
    Hmm … sepertinya banyak juga ya penggemar kiamat 2012. Ada apa sebenarnya, sehingga manusia sangat tertarik dan percaya dengan mudah pada isu-isu seperti ini?

    Katanya, dunia akan berakhir pada tanggal 21 Desember 2012! Runutan angka yang menarik yang membuat Anda langsung terperangah dan menggumam, “Ah benar juga … pasti bener nih beritanya”. Lantas, tanpa telaah lanjut, Anda pun berkata kiamat tinggal 3 tahun lagi. Atau kalau Anda tak percaya teori kiamat, Anda langsung berkomentar, “Cuma Tuhan yang tahu kapan kiamat”, “Ah kamu musyrik …”, atau “Itu info disebarkan oleh orang tak beragama”. Sekali lagi, semua informasi hanya ditelan tanpa ditelaah.

    [​IMG]

    Nah, karena dunia akan kiamat sebentar lagi, berhentilah merencanakan hidup, karier Anda, tak usah lagi berpikir untuk punya rumah, segeralah menikah sebelum kiamat, dan pastikan Anda bisa bersenang-senang menikmati hidup sebelum kiamat. Atau, segeralah bertobat. Jangan sampai saat kiamat Anda malah belum bertobat. Tiga tahun lagi lho!.

    Kata sebagian orang, mungkin ini pembahasan yang aneh. Hampir setiap saat kita mendengar tentang berbagai teori kiamat … dan kenyataannya kita masih ada di sini. Belum ada satu teori pun yang kebenarannya terbukti. Tapi, kenapa 2012 begitu penting?

    Katanya, kalender Maya akan berhenti tahun 2012, dan kemudian jadi semacam agama dan kepercayaan baru, mengalahkan kepercayaan yang ada di masyarakat. Mengabaikan semua alasan saintifik dan pada akhirnya membawa masyarakat pada kekhawatiran baru. Lupakan Nostradamus, Y2k, dan semua prediksi kiamat lainnya, karena sekali lagi menurut ramalan 2012, planet X akan kembali dan menghancurkan Bumi.

    Ok … kita berhenti dulu di sini dan mari kita telaah setiap alasan yang muncul tentang kiamat 2012 ini. Dan bagi Anda para penggemar nubuat Kalender Maya, saya punya berita buruk untuk Anda semua. Tidak akan ada kiamat di tahun 2012 … dan ini alasannya, silakan disimak.

    Kalender Maya

    [​IMG]

    Apa itu kalender Maya? Ini merupakan kalender yang disusun oleh sebuah peradaban yang dikenal dengan nama Maya pada kisaran 250-900 M. Bukti kehadiran peradaban Suku Maya ini bisa dilihat dari sisa kerajaannya di hampir semua bagian selatan Meksiko, Guatemala, Belize, El Savador, dan sebagian Honduras.

    Dari bukti-bukti sejarah, masyarakat suku Maya memang memiliki kemampuan menulis yang baik dan juga kemampuan untuk membangun kota dan perencanaan kota. Dalam hal membangun, Suku Maya terkenal dengan bangunan piramida dan berbagai bangunan besar lainnya. Tak hanya itu, dalam kebudayaan, peradaban suku Maya memberi pengaruh yang sangat besar pada kebudayaan Amerika Tengah. Pengaruh itu bukan hanya dalam hal peradaban namun juga dalam hal populasi pribumi di area tersebut. Sampai saat ini, sejumlah Suku Maya masih tetap ada dan meneruskan tradisi mereka yang telah berumur ribuan tahun itu.

    Suku Maya dalam kehidupannya menggunakan beberapa kalender berbeda. Bagi mereka, waktu merupakan penghubung dengan lingkaran spiritual. Kalender memang digunakan untuk hal-hal praktis seperti untuk kehidupan sosial, pertanian, perdagangan dan berbagai keperluan administratif. Namun dipercaya ada elemen religi yang besar di dalamnya yang memberi pengaruh. Bagi suku Maya, setiap hari memiliki ruh pelindung yang berbeda sehingga setiap hari memiliki fungsi yang berbeda pula. Sangat berbeda dengan kehidupan modern dengan kalender Gregorian yang hanya menetapkan kalender sebagai waktu yang terkait dengan hal-hal administratif, kehidupan sosial dan keperluan ekonomi.

    Kebanyakan kalender Maya memiliki rentang waktu pendek.

    * Kalender Tzolk’in berakhir dalam 260 hari
    * Kalender Haab’ memberi perkiraan 1 tahun Matahari yakni 365 hari.

    Suku Maya kemudian menggabungkan kedua kalender ini membentuk “Calendar Round”, siklus yang akan berakhir setelah 52 Haab (sekitar 52 tahun atau kisaran panjangnya satu generasi). Di dalam “Calendar round” terdapat Trecena ( siklus 13 hari) dan Veintena (siklus 20 hari). Tampaknya, sistem siklus ini berlaku dengan mempertimbangkan jumlah hari dalam 52 tahun adalah 18980 hari.

    Untuk bangsa Maya, sains dan agama adalah satu. Mereka membangun sistem matematika dan astronomi yang cukup impresif, terkait dengan kepercayaan mereka. Pencapaian dalam hal matematika bisa dilihat pada notasi posisi dan penggunaan angka nol. Dalam astronomi, mereka secara akurat menghitung tahun Matahari, melakukan kompilasi tabel posisi bulan dan Venus, serta memprediksi Gerhana Matahari. Suku Maya juga memiliki penanggalan untuk “siklus Venus” yang cukup akurat. Kalender Venus ini dibuat berdasarkan lokasi Venus di langit malam. Hal yang sama tampaknya juga dilakukan pada planet-planet lainnya.

    Sistem “Calendar Round” ini memang sangat baik untuk mengingat hari kelahiran atau periode keagamaan. Namun, untuk merekam sejarah, kalender ini tak bisa dijadikan patokan karena tak dapat merekam kejadian yang lebih tua dari 52 tahun.

    Akhir Perhitungan Panjang = Akhir Dunia?

    [​IMG]

    Karena tak bisa merekam kejadian sejarah yang lebih tua dari 52 tahun, Suku Maya punya solusi lain. Dengan metode yang cukup inovatif, mereka bisa memperluas jangkauan “Calendar Round” yang tadinya cuma 52 tahun itu.

    Sampai di titik ini, kalender Maya akan tampak sangat kuno, bahkan bisa dikatakan dibuat hanya berdasarkan kepercayaan religi, siklus bulan, kalkulasi matematika dengan siklus atau unit 13 dan 20 sebagai dasar perhitungan disertai campuran kepercayaan mitologi. Satu-satunya prinsip kalender yang memiliki korelasi dengan kalender modern hanyalah Haab yang mengenali panjang tahun Matahari yakni 365 hari. Sebagai jawaban atas penanggalan yang lebih panjang, Suku Maya membuat sistem penanggalan “Long Count” atau “Perhitungan Panjang”, kalender yang akan berakhir setelah 5126 tahun.

    Sistem penanggalan Maya untuk “Long Count” ini memang menarik, dan secara numerik dapat diprediksi dan bisa dengan akurat menunjuk pada penanggalan dalam sejarah. Penanggalan ini bergantung pada basik perhitungan dengan unit 20. Kalender modern saat ini menggunakan dasar perhitungan dengan unit 10.

    Nah bagaimana perhitungannya?

    Tahun dalam “Long Count” kalender Maya, dimulai dari 0.0.0.0.0. Tiap angka 0 merepresentasikan angka 0-19, dan setiap angka merepresentasikan perhitungan hari-hari suku Maya.

    Untuk hari pertama, kalendernya akan seperti ini : 0.0.0.0.1 dan pada hari ke-19 akan menjadi 0.0.0.0.19. Jika mencapai angka 20, kalendernya akan jadi : 0.0.0.1.0. Perhitungan ini akan menunjukkan 0.0.1.0.0 untuk satu tahun dan 0.1.0.0.0 untuk kisaran 20 tahun dan 1.0.0.0.0 utuk kisaran 400 tahun. Maka, penanggalan 2.10.12.7.1 akan melambangkan penanggalan untuk hari ke-1 di bulan ke-7 dan tahun 1012.

    Lantas, apa hubungannya dengan akhir dunia?

    Suku Maya sangat terobsesi dengan waktu. Pemahaman dan prediksi berbagai siklus waktu akan memberi mereka kemampuan untuk mengadaptasinya dalam kehidupan di dunia. Menurut kosmologi bangsa Maya, dunia ini telah diciptakan 5 kali dan dihancurkan 4 kali. Dalam skala yang sementara, berbagai hari di dalam satu tahun dianggap cocok untuk aktivitas tertentu, sedangkan sebagian lainnya merupakan ketidakberuntungan.

    Nah, menurut kepercayaan suku Maya, sesuatu yang buruk akan terjadi jika kalender “Long Count” berakhir. Berbagai pembagian dilakukan para ahli, namun karena suku Maya mendasarkan perhitungan numerik pada siklus 13 dan 20, maka bisa jadi hari terakhir kalender mereka adalah 13.0.0.0.0. Kapankah itu? Angka 13.0.0.0.0 merepresentasikan 5126 tahun dan “Long Count” ini berawal pada 0.0.0.0.0 yakni 11 Agustus 3114 SM menurut penanggalan Gregorian.

    Nah, dengan demikian, kalender Maya akan berakhir 5126 tahun kemudian, yakni 21 Desember 2012. Inilah yang jadi dasar pemikiran tentang kiamat di tahun 2012.


    Akhir Dunia



    Sepertinya, saat sesuatu itu berakhir, termasuk ketika perhitungan kalender kuno berakhir, masyarakat cenderung berpikir pada kemungkinan ekstrem bahwa peradaban juga akan ikut berakhir. Entah dengan cara apa dunia akan berakhir. Berbagai argumentasi bermunculan, antara lain Bumi akan ditabrak oleh sebuah planet, asteroid, atau entah bencana apalagi. Intinya, jika kalender ini berakhir maka Bumi akan tersapu dan hancur.

    Ahli arkeologi dan juga orang-orang yang keahliannya pada hal mitologi percaya bahwa akan ada era pencerahan yang muncul jika 13.0.0.0.0 tiba. Dan ini juga tidak berarti akan kiamat atau apa pun. Tidak ada bukti yang menunjukkan dunia akan berakhir. Bahkan, jika memang ada, maka suku Maya bisa dikatakan berhasil memprediksikan sebuah keajaiban religius.

    Mitos terus berkembang, bahkan film Indiana Jones and the Kingdom of Crystal Skull sepertinya dibuat berdasarkan mitos suku Maya. Dikatakan, 13 tengkorak kristal akan dapat menyelamatkan kemanusiaan dari kiamat. Mitos di film ini mengatakan jika ke-13 tengkorak kuno ini tidak diletakkan bersama pada waktu tertentu, Bumi akan bergeser dari sumbunya. Menarik memang untuk sebuah film, bisa meraih penontonnya yang mudah percaya pada mitos ….

    Tak hanya itu. Mitos yang berkembang mengatakan bahwa Bumi akan dihancurkan oleh tabrakan Planet X, tabrakan meteorit, dihisap lubang hitam, dibunuh oleh flare Matahari, Bumi hancur oleh ledakan sinar gamma dari sistem bintang, datangnya zaman es yang lebih cepat dan pergeseran kutub magnet. Bahkan setiap prediksi disertai bukti-buktinya sendiri. Dan pada akhirnya begitu banyak pengikut kiamat 2012 ini. Sayangnya tak satu pun argumentasi yang diberikan itu bisa dibuktikan kebenarannya.

    Fakta yang ada menyatakan Nubuat Kiamat Suku Maya murni berdasarkan kalender yang memang tidak didesain untuk menghitung penanggalan setelah 2012. Hal ini disebabkan karena suku Maya mendasarkan perhitungan pada siklus 13 dan 20.

    Arkeo-astronom Maya bahkan masih memperdebatkan masalah kalender “Long Count” ini. Pertanyaannya, apakah kalender ini akan kembali ke 0.0.0.0.0 setelah 13.0.0.0.0 atau akan terus berlanjut sampai 20.0.0.0.0 (sekitar 8000M) dan kemudian kembali ke 0.0.0.0.0
     
    Last edited: Aug 4, 2010
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    gendolok Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +10 / -0
    palingan juga hoax tu gan
     
  4. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,963 / -0
    kan bukan kiamat ,kan sudah dibilang kalau 2012 nanti itu ada bencana besar besaran di dunia yaitu heatwave atau gelombang panas
    karena terjadinya yang hampir di selurh dunia itu makanya seakan akan kiamat
    ini salah satu contoh gelombang panas skala kecil yang sudah terjadi
    http://daily.vibizportal.com/detail/fyi/2009/01/30/melbourne_alami_gelombang_panas_tiga_hari_berturutturut

    ini gelombang panasnya,katanya sih
    http://karodalnet.blogspot.com/2008/11/tahun-2012-bukan-hari-kiamat-tapi-badai.html
    http://www.google.com/cse?cx=partner-pub-1070559667496569%3A5coi5k-xb4e&ie=ISO-8859-1&q=kiamat+2012&sa=Search

    gimana? pendapat yang lain?
     
  5. Offline

    passat Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    2,475
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +226 / -0
    jadi inget filmnya the day after tomorrow, bedanya yang di film lg kena banjir besar...... :top::top::top::onion-63:
     
  6. Offline

    KyleSteward Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    1,294
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +82 / -0
    Gw juga ga percaya. Soalnya dulu juga sempet ada kan klo ga salah pas tahun 1999 yah. Abis itu pernah juga isu tahun 200* lalu. Gw lupa kapan. Itu cuma hoax atau ramalan asal orang. Masa depan ga ada yang tau. Gw rasa mungkin itu pesan buad ngejaga alam secara lebih lagi.
     
  7. Offline

    gyula Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 13, 2008
    Messages:
    724
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,574 / -0
    Kalo ga salah di salah satu acara televisi swasta pada akhir taun kemaren, ada yang meramal kalo tahun 2012 itu bakal kiamat dan menganggap kalo bencana2 di indonesia saat ini belum apa2.

    Tapi menurut gw sedikit aneh de. Kalo gitu nanti buat apa ada surga dan neraka kalo manusia uda pada tau kapan Tuhannya bakal ngasi kiamat. Karena mereka pasti uda pada tobat dan dalam sekejap dunia menjadi bebas dari segala bentuk kejahatan.
     
  8. Offline

    altaria Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    220
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +10,828 / -0
    yah mao kiamat kek mao lanjut kek...

    yg penting nikmati hidup lu...

    berbuat baik sebanyak mungkin....

    enjoy aja...

    so apa pun yg bakal terjadi lu g bakal nyesel...

    just my opinion..
     
  9. Offline

    zeromania Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 28, 2007
    Messages:
    863
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +20,520 / -0
    kiamat hanya Tuhan yang tau, yang pasti dari skrng harus mempersiapkan segalanya.
     
    • Like Like x 1
  10. Offline

    bHell Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +42,980 / -0
    mudah2an tahun 2012 harga barang2 pada murah,, gw dah mapan hidupNy,,
    punya istri solehah, anak yg ganteng, Direktur PT. X, rumah Besar..
    n salah 1 cita2 gw tercapai (punya Motor Yamaha R6/R1, yg tentunya keluaran tahun 2012) loh :D
     
  11. Offline

    kur0saki Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 25, 2008
    Messages:
    139
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +2 / -0
    wew...
    mungkin juga c
     
  12. Offline

    silverbullet Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 8, 2008
    Messages:
    669
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +128 / -0
    Mwahahahaha......!

    Akhirnya bumi hancur juga!

    Die humans!!!!




    Hah....... setiap tahun ada aja berita kiamat(since year god-know-when), tapi sampai sekarang jumlah tahunnya masih nambah aja tuh.
     
  13. Offline

    Zervo Oniisan Co Administrators

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,188
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,054 / -2
    neh nyambung ato maksudnya buat ngebalesin tred kiamat 2012 yg ada waktu kmrn ato apa seh?

    @atas
    jumlah manusia yg baj*ng*n nya juga nambah.
    mgkn ntar kiamat gara2 umat manusia nya sendiri klo g blg
    :lempar:

    @blacksheep
    iya. yg heatwave iya..
    tapi g rasa yg dmaksud kiamat 2012 bkn heatwave deh. beda.
    klo heatwave mah ntar kan plg cm bencana/kerusakan elektronic keq taun2 yg dulu prnh (g lupa taun brapa.. 2000 ya?)
    tp yg skrg harusnya lbh parah.
    cuma ga sampe kiamat itu. makanya yg ramalan kiamat 2012 ama heatwave 2 hal yg beda deh
     
  14. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,963 / -0
    yang bilang kiamat siapa? kan seakan akan kiamat,karena skala terjadinya heatwave yang cukup besar

    nih...

     
    Last edited: Mar 20, 2009
  15. Offline

    Black-Label Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 6, 2008
    Messages:
    142
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +30 / -0
    gw stuju sama blacksheep. pemanasan global neh polusi semau jidat pola hidup manusia jg makin ga bner

    gw ad perandaian. gmn menurut yg laen :
    seandainya ... pemanasan global makin parah.. dampaknya :
    Jakarta sama puncak udaranya terbalik. Puncak panas gila 33 derajat, jakarta adem ayem 19 derajat suhunya wkwkwkwk

    (cuma berandai-andai) ^_^v gmn mantep kan ? gg
     
  16. Offline

    soulinker Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 28, 2009
    Messages:
    446
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +483 / -0
    kiamat. . . . .

    gak mau mikir ampe ke situ. . . .

    kiamat emank gak bisa di hndari tp gak bs d prediksi,

    klo kiamat artinya END tuhan pasti udah bikin NEW BEGINNING

    yakin aja tuhan pasti membuat sesuatu dengan tujuan, ada org Maya yg bilang kiamat tnggl 12-12-2012

    ga tau tu bener apa salah, kalopun salah jg ada tujuannya dan itu dah d rencanain ama tuhan,

    biar pada tobat mungkin, walaupun nanti ternyata tnggl sgitu gaak kiamat

    tuhan mau ngingetin kita. .. .

    kalo kiamat makin deket n gak bisa makin jauh. . . . .

    well, allahu akbar
     
  17. Offline

    Xinez Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    2,933
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +30,267 / -0
    wah, heatwave...:onion-07:
    katanya ntar bisa bikin alat elektronik rusak ya?? :th_107_:
    kira2 gmn cara nyelametin biar gak rusak?? :madesu:
     
  18. Offline

    7up Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 29, 2009
    Messages:
    1,076
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +2,922 / -0
    wekz...
    baru beli komputer masa 3 taon lg rusak :onion-06:
    jual lagi d :onion-06:
    jgn kiamad dl... blm ngerasain surga dunia...
    :voodoo:
     
  19. Offline

    passat Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    2,475
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +226 / -0
    tenang tenang.....

    smuanya jangan panik untuk nyiapin diri bwt bencana, berlaku yang wajar dan isi aja hari-harimu dengan hal yang baek.... jamin deh kata om "Screet" pikiran yang positif bakal bikin kejadian yang positif :top:
     
  20. Offline

    yusuf_th3cupu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    575
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +8,932 / -0
    Q bingung ini hoax apa bukan?
    moga2 aja ini benar2 g' terjadi..:(
     
  21. Offline

    plankton_ngorok Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 21, 2009
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    hanya allah yang tau.....tuh
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.