1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Kenali penyakit lewat bibir

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by vincentrevival, Aug 16, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    VIVAnews - Bibir kerap diidentikkan dengan gambaran sensualitas. Namun, sebuah studi baru-baru ini mengungkap bahwa bentuk bibir dapat menjadi peringatan atas kesehatan.

    "Cuaca yang sangat panas dan dingin memang dapat mengakibatkan bibir kering dan pecah–pecah. Namun, itu juga dapat berarti sesuatu yang serius. Jika kondisi terus berlanjut tanpa sebab yang jelas, sebaiknya konsultasi dengan dokter,” kata seorang spesialis kulit, Shona Birch.

    Simak beberapa kondisi bibir yang bisa memberi petunjuk tentang kesehatan Anda, , seperti dikutip dari The Sun:

    Bibir Pecah: Diabetes
    Kondisi bibir kering semacam ini sangat jamak terjadi, dan mungkin hanya anemia ringan. Namun, pada kasus tertentu, bibir pecah–pecah dapat menandakan diabetes. Bermula dari meningkatnya gula darah yang merangsang pertumbuhan jamur menyerang mulut. Bibir pecah–pecah biasanya diawali dengan retakan di sudut mulut yang dinamakan 'sudut cheilitis' atau peradangan pada sudut mulut.

    Bibir Bengkak: Penyakit Kron
    Salah satu indikasi penyakit yang menyerang usus ini dapat berupa pembengkakan pada bibir. Kondisi serupa terjadi di Inggris dimana satu dari 1.000 orang yang terkena penyakit ini menderita pembengkakan pada berbagai bagian tubuh, termasuk bibir.

    Bibir Terbakar: Herpes
    Sensasi terbakar pada bibir dapat menandakan seseorang terjangkit virus herpes. Dalam 24 jam, bibir biasanya mulai melepuh, dan beberapa hari kemudian keluar cairan yang menular dari lepuhan tersebut. Hindari sentuhan, ciuman dan bahkan berbagi sabun atau lipstik pada penderita jenis ini.

    Bibir Kaku: Alergi
    Bibir mati rasa yang diikuti dengan pembengkakan dapat berarti alergi terhadap makanan atau zat kimia tertentu. Hal ini terjadi karena tubuh melepas hormon histamin dalam jumlah yang banyak ke dalam darah sebagai reaksi dari sistem kekebalan tubuh.

    Bibir Biru: Gangguan Pernapasan
    Warna biru pada bibir menandakan kekurangan oksigen. Pada bayi, kondisi ini dapat berarti ‘croup’, gangguan pernapasan yang mengakibatkan suara serak dan batuk. Bibir biru pada orang dewasa berarti jantung sedang bekerja keras memompa oksigen ke seluruh tubuh. Ini seringkali terjadi pada penderita penyakit jantung kronis.

    Bibir Ruam: Eksema
    Eksema adalah peradangan kulit kronik yang kering dan gatal. Ruam pada sudut mulut ini seringkali menjadi lebih parah akibat terlalu sering menjilat bibir atau mengisap jempol. Penyembuhannya cukup gampang. Hentikan saja kebiasaan menjilati bibir dan mengisap jempol, serta mengoleskan satu persen krim hidrokortisol selama beberapa hari.

    Bibir Dingin dan Sakit: Kurang Gizi
    Gizi dan kurang istirahat kadang menjadi pemicu rasa sakit dan dingin pada bibir. Anda juga disarankan menghindari makanan dan minuman yang mengandung asam amino seperti kacang tanah, kacang mete, coklat, bir dan cola jika mengalami masalah ini. (Rudy Bun)

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/240858-kenali-penyakit-lewat-bibir
     
  2. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,177 / -0
    Kalo lagi kurang minum atau kurang vitamin C atau kurang vitamin B2, bibir juga bisa pecah2...
    Agak terlalu berlebihan sich kalo kita langsung bilang orang yg bibirnya sering pecah itu pasti menderita diabetes.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.