1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Kelelahan? Hati-hati Hepatitis B

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by vincentrevival, Jul 29, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    TRIBUNNEWS.COM - Hepatitis B adalah salah satu virus yang paling tinggi penularannya di dunia. Diperkirakan sekitar 350-400 juta orang menderita Hepatitis B kronik, yang mengakibatkan tingginya peluang terkena sirosis (pengerasan organ hati), kegagalan hati, dan kanker hati.

    Dikutip dari Roche Indonesia, hepatitis B diperkirakan satu juta orang meninggal setiap tahunnya karena Hepatitis B, menyebabkan penyakit ini menempati urutan ke-10 penyakit mematikan di dunia.

    Hepatitis B bersifat sangat infeksius - 50 hingga 100 kali lebih infeksius dibandingkan HIV. Virus ini ditemukan di dalam cairan tubuh orang yang terinfeksi (di dalam darah, keringat, air mata, ASI dan air mani).

    Virus ini dapat menular dari ibu kepada janin saat proses persalinan, melalui hubungan seksual tanpa pelindung, atau melalui kontak darah yang dapat terjadi saat penggunaan jarum, alat. cukur dan sikat gigi secara bersama. Sama halnya dengan virus Hepatitis C, virus Hepatitis B dapat bertahan hingga 1 minggu di luar tubuh.

    Hepatitis B adalah salah satu infeksi virus yang paling sering terjadi di dunia, dan merupakan jenis virus hepatitis yang paling banyak tersebar.

    Sebanyak dua miliar orang di dunia terinfeksi virus hepatitis B.Hampir 350 juta orang hidup dengan hepatitis B kronik atau infeksi jangka panjang, dan mereka berisiko tinggi untuk mengalami kerusakan hati.

    Empat puluh persen orang yang mengidap hepatitis B kronik akan mengalami penyakit hati lanjut. Hepatitis B merupakan endemi di China danbagian negara Asia lainnya dimana 8-10% populasi dewasa mengidap hepatitis B kronik.

    Sekitar 500,000 sampai 1.2 juta orang meninggal setiap tahunnya karena penyakit hati serius yang diakibatkan oleh infeksi hepatitis B kronik, yang membuatnya berada pada posisi kesepuluh penyebab kematian utama di dunia.

    Gajala-gejala muncul pada sekitar 70 persen orang dewasa yang terinfeksi Hepatitis B. Gejala tersebut bisa saja baru muncul beberapa bulan setelah orang tersebut terinfeksi. Kelelahan salah satunya.

    sumber : http://id.berita.yahoo.com/kelelahan-kenali-ini-sebagai-gejala-hepatitis-b-041929958.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    chiwa_wa Beginner Members

    Joined:
    Jul 9, 2010
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +6 / -0
    maw curhat nih...
    kebanyakan orang ga begitu peduli dengan gejala2 sakit yang di alaminya..
    misal : ketika seseorang mengeluh mengalami gejala demam, pusing, ga nafsu makan, terus gejala flu, pasti ujungnya akan beli obat flu ataupun batuk yang beredar d toko2...
    sebenarnya aq juga begitu sih...hehe

    sekitar sebulan yang lalu aq mengalami gejala pusing, batuk, dan demam. namun demamnya ga terlalu tinggi, abis kepanasan tiba2 badan jadi dingin..
    awalnya aq pergi ke dokter biasa yang buka praktek di rumah, dokternya bilang mungkin kecapekan saja,karena memang aq lagi banyak aktivitas,harus bolak-balik kampus ma tempat praktek. trus aq dikasih amoxilin ma obat pusing.

    setelah 2 hari aq dari dokter tersebut, tiba2 dini hari jam1 pagi badan panas lagi dan rasanya capek seluruh badan ini...dan aq ga bisa tidur lg,,sampai akhirnya jm 3 an aq nangis...(hehe) dan akhirnya panas turun..tapi badan rasanya meriang dan terasa dingin..sampe shubuh masih ga bisa tidur, lalu aq sms temenq yang sering bolak-balik RS. aq disarankan untuk ke Rumah saki aja, siapa tahu gejala Typhus atopun Demam Berdarah.

    jam 9 pagi aq berangkat ke salah satu Rumah Sakit besar di Surabaya. setelah registrasi n mengantri baru jam 12 aq mendapat giliran pemeriksaan..aq keluarkan semua uneg2q ke dokternya yang memang spesialis penyakit dalam, kemudian dokternya memberiq rujukan untuk melakukan tes darah, tes urine, tes SGOT dan SGPT, serta tes widal. yang membuat deg2an tes SGOT/SGPT itu,,,karena aq taw tes tersebut untuk mengetahui fungsi hati. lalu aq melakukan semua tes tersebut dengan total biaya Rp. 213.000 (buat referensi yang mengalami serupa).

    besoknya aq kembali ke dokter tersebut dengan membawaq hasil tes lab, ketika aq sudah sampai petugas administrasi, ia melihat hasil tesq dan langsung menyuruhq menemui dokter tanpa harus mengantri. waaaa.....membuat semakin deg2an, rasanya pengen nangis takut da penyakit serius (maklum anak kos yang harus bertahan hidup sendiri, dengan uang pas2an pula..hehe). setelah dokter tersebut melihat hasil tes labq, kondisi darah, urine ma widal normal, namun SGOT/SGPTq di atas normal. kalau pada kondisi normal SGOT/SGPT cewek pada kisaran 30-an, hasilq di atas 200. kemudian dokter tersebut mendiagnosaq hepatitis, tapi belum taw hepatitis jenis yang mana. lalu Bu dokter memberiq resep obat yang berisi Lesichol 250 mg(untuk kinerja hati, harga perbutir Rp. 5000-an), ambroxol (obat batuk) ma Provital ( antibiotik) dengan total harga RP. 150.000 dan rujukan untuk melakukan tes kembali tapi hanya SGOT/SGPT (harga sekitar 60rb-an) setelah 1 minggu istirahat total dan makan obat tersebut...(total biaya dah 400rb-an, belum buat tes lab lagi...fiuuuhhh..)

    setelah didiagnosa seperti itu, aq langsung menghubung kakakq di kampung..(daerah asal, maklum mahasiswi imigran) n hapir 2 jam kemudian kakakq dah nyampai kosan buat menjemputq. akhirnya aq benar2 istiraha total dirumah. setelah seminggu aq tes lab kembali, untuk tes SGOT/SGPT hasilnya bisa keluar dalam waktu 1 jam. karena penasaran aq langsung membuka hasil tes tersebut sebelum sampai d Rumah Sakit, dan aq melihat hasilnya sudah turun, SGOTq kisaran 50 dan SGPT kisaran 90 meskipun belum normal seenggaknya sudah turun. lalu aq menemui dokter, tapi kali ini dokternya bapak bukan ibu yang kemarin lagi. ketika ia melihat hasilq, ia bilang ini hepatitis reaktif (bukan yang disebabin virus A,B,C atopun lainnya) jadi ga usah khawatir.

    ALhamdulillahhh.........
    tapi ada 1 hal yang bikin khawatir lagi...waktu itu dokternya menuliskan sebuah resep yang aq pikir sama dengan yang lalu. tapi waktu aq menebus obat ke apotek, mbak apoteker bilang total biaya obat Rp. 600.000...aq benar2 shock...gila aja duit sapa coba..(kebetulan aq pasien umum, karena bukan anak PNS jadi ga punya Askes). trus aq tanya2 ke mbaknya rinciannya seperti apa, n mbak itu bilang aq dikasih Lesichol yang 800 mg dengan harga perbutir RP.16.000 ( 1 hari makan 3 butir). akhirnya aq tidak menebus tuh obat,, lha pikirq toh SGOT/SGPT dah turun tinggal normalin lagi kok malah dikasih yang dosis tinggi. akhirnya aq beli Lesichol yang dosis rendah saja di apotek lain.

    sekarang aq udah merasa badanq lebih sehat, ga gampang capek kayak 3 minggu lalu waktu didiagnosa hepatitis. tapi belum tes lab lagi sih...moga udah normal.

    saran buat teman2 semua :
    1. makan teratur, jangan kayak aq yang sehari 2 kali dengan jam tidak teratur...(anak kos..hehe)
    2. banyak istirahat...jangan tidur terlalu malam (dulu aq selalu tidur di atas jam12 n bangus jam 5, tapi gara2 sakit kemarin sekarang maksimal jm10 dah tidur)
    3. kalau perlu minum suplemen vitamin biar tubuh tetap fit.
    4. olahraga teratur...(jujur aq ga pernah olahraga..hehe)
    5. jangan terlalu stres...(nasib mahasiswa semester akhir yang sedang mengerjakan Tugas Akhir)

    cukup segitu share pengalaman tentang hepatitis...
    Keep Up With Ur Health Guys...because Health is Expensive...^_^

     
    Last edited by a moderator: Jul 29, 2011
  4. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,177 / -0
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.