1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Kebohongan Film Terhadap Ilmu Pengetahuan

Discussion in 'Science and Technology' started by riedjal, Nov 23, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    riedjal Post Hunter Veteran

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,632
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,924 / -0
    Dalam film action, seringkali terdapat adegan kecelakaan mobil yang mengakibatkan mobil terbalik, terbakar kemudian meledak.

    [​IMG]

    FAKTA
    Ahli analisa kecelakaan dari Jerman menunjukkan fakta kebohongan film yang menjadikan banyak orang keliru dalam menganalisa akibat dari kecelakaan mobil. Mereka mengatakan bahwa mobil yang mengalami kecelakaan tidak akan dapat meledak.
    Pernyataan ini banyak mengejutkan orang-orang Jerman sendiri. Ahli ini menambahkan bahwa orang malah dapat mendekati mobil yang terbakar tanpa resiko (ledakan).

    Untuk Lebih Meyakinkan, Maka Diadakan Percobaan.
    Percobaan 1
    Mesin mobil dinyalakan sampai suhu mesin 382° C.
    Oli yang dipanaskan disiramkan ke mesin mobil. Mesin mobil terbakar tapi tidak ada ledakan.

    [​IMG]

    Percobaan 2
    Prosedur sama, hanya sebagai ganti oli digunakan Bensin. Hasil mengejutkan, tidak ada kebakaran sma sekali, karena suhu mesin mobil (382° C) tidak cukup untuk menguapkan bensin sehingga tidak terjadi nyala api, ledakan juga tidak ada.

    Percobaan 3
    Mesin motor sebelumnya dibakar (untuk menganalogikan percikan api yang ditimbulkan aki mobil) lalu disiram dengan bensin, mesin terbakar, ledakan tidak ada.

    [​IMG]

    Percobaan 4
    Dengan alat penyemprot api, tangki bensin (bensin penuh) dibakar, hasilnya tangki bensin sama sekali tidak terbakar, ahli menyimpulkan bahwa didalam tangki bensin terlalu banyak bensin dan sedikit oksigen sehingga tidak terjadi reaksi.
    Untuk membuktikan lebih lanjut tong besar yang diumpamakan sebagai tangki bensin, diisi sedikit bensin lalu korek api yang dinyalakan dilemparkan kedalam tong, api menyala, kemudian padam, ledakan tidak ada.

    Percobaan 5
    Untuk mensimulasikan mobil kecelakaan, tangki bensin dibolongi lalu mobil diterbalikan sehingga bensin meluap keluar. Luapan bensin disulut dengan api, terjadi kebakaran, ledakan tidak ada.

    [​IMG]

    Lalu bagaimanakah kecelakaan dalan film-film bisa membuat mobil meledak ... simple answer ... EXPLOSIVE.
    Pernah nonton Charlie's Angels? Ada adegan dimana salah satu angel, dengan santainya membuka pintu pesawat selagi pesawat terbang tinggi di angkasa dan terjun bebas setelah mengelabuhi musuh di dalam pesawat.

    [​IMG]

    FAKTA
    Pesawat penumpang umumnya terbang di ketinggian 10000 - 11000 meter.
    Seperti yang kita ketahui di dalam ilmu fisika, di ketinggian tersebut udara akan menipis sehingga tekanannya menjadi berkurang.
    Pengaruh ketinggian terhadap tekanan udara, bisa dilihat disini ...

    [​IMG]

    Agar penumpang pesawat bisa hidup di ketinggian tersebut, maka tekanan udara di kabin pesawat dengan bantuan kompresor dinaikan hingga mencapai tekanan sebesar 0,8 bar. Nilai ini sama dengan besarnya tekanan udara di gunung pada ketinggian 2000 m. Sedangkan udara di luar pesawat pada ketinggian ini hanya mempunyai tekanan sekitar 0,3 bar (lihat diagram diatas).
    Maka antara udara di dalam dan diluar pesawat terdapat selisih tekanan udara sebanyak 0,5 bar (0,8 bar-0,3 bar = 0,5 bar).
    Dengan mengambil gravitasi di bumi = 10 m/s² (hitungan kasar dari 9,8 m/s²)
    1 Newton = 0,1 kg ---> 1 bar = 10 ton /meter²
    jadi selisih tekanan udara ---> 0,5 bar = 5 ton/meter²

    Sekarang kita lihat bagaimana mekanisme pintu pesawat bekerja. Untuk menjamin keselamatan penumpang, pintu pesawat telah dirancang khusus sehingga untuk membuka pintu anda diharuskan menarik pintu kedalam terlebih dahulu, lalu ditarik keatas secara elektik "Slide Up Door" (Boeing 767). Ini berarti anda harus melawan selisih tekanan udara dalam pesawat dan diluar pesawat.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Dengan hitung-hitungan diatas, berarti dengan mengambil contoh pintu pesawat Boeing 767 yang mempunyai luas 2 m² , anda harus melawan tekanan udara sebesar --> 5 ton/meter² * 2 m² = 10 ton
    yang berarti anda harus mempunyai kekuatan yang sanggup untuk menarik beban 10 ton (setara dengan berat 10 ekor gajah dewasa) untuk membuka pintu pesawat. SANGGUP ???

    Berita bagusnya, anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba ada orang gila yang mencoba membuka pintu pesawat selagi pesawat terbang. Yakinlah itu perbuatan yang sia-sia.
    Seorang agent FBI yang memburu penjahat dihadapkan dengan sebuah jeruji/ pintu yang digembok, Lalu dengan PD-nya agent FBI tadi mengarahkan pistolnya ke gembok ...DOR ...gembok-pun hancur berkeping-keping ...

    [​IMG]

    FAKTA
    Standar pistol yang digunakan agent FBI adalah semi otomatik P228 keluaran perusahaan senjata Sig Sauer milik Jerman/Austria.

    Percobaan

    Percobaan dilakukan dengan menembak serangkaian gembok. Untuk menghindari resiko terkena pecahan serpihan gembok penembakan dilakaukan dari jarak tertentu.

    [​IMG]

    Berdasarkan rangkaian percobaan diatas dapat dibuktikan bahwa pistol tidak mampu atau sulit untuk menghancurkan gembok, selain itu serpihan kepingan gembok dapat membahayakan keselamatan diri sendiri ataupun partner kerja apabila penembakan dilakukan dari jarak dekat.
    Pistol memang tidak dirancang untuk menghancurkan gembok! Untuk ini Hollywood menggunakan alat peledak.

    Seperti juga ditunjukan dari hasil percobaan diatas shotgun mampu membuyarkan kekuatan gembok. Inipun digunakan di dunia nyata, oleh tentara Amerika di Irak.

    [​IMG]

    [​IMG]

    :kaget::kaget::kaget:
    ternyata ....
    999 th post
    :haha::haha::haha::haha:
    :piss::piss::piss:​
     
    Last edited: Nov 23, 2009
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    Nebunedzar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 7, 2009
    Messages:
    944
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,270 / -0
    untuk bagian yang ketiga..

    peluru2nya sangar2 banget... :matabelo:

    gilanya, yang bisa nembus itu yang udha kaliber gedhe gitu..

    woogh.. keren bgt infonya gan :piss:
     
    • Like Like x 1
  4. Offline

    reizeronol Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    303
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,104 / -0
    infonya bagus banget baru sekarang gua ngerti mobil ngak akan meledak klo terbakar ya...
    memang semua aksi itu cuma buat hiburan dan keren2an aja. walau melangar hukum fisika ya
     
  5. Offline

    pandakadabra The Mechanix Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    1,662
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,973 / -0
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.