1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Kami segenap staff IDWS mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436H. Kami juga mengumumkan libur layanan Customer Support dan Membership IDWS pada tanggal 16 s.d. 26 Juli 2015
  3. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
  4. Gratis Gift Maximum 30 hari dengan cara membeli dua Gift VIP 30 hari. Berlaku kelipatan. Informasi lebih lanjut masuk ke sini
  5. Kini kamu bisa mengupload files menggunakan PC, Mac dan Android ke Maknyos IDWS, informasi lebih lanjut cek: Maknyos IDWS Uploader
  6. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan tiket pulang pergi Indonesia - Korea bagi mereka yang sudah mendaftar konsultasi di klinik wonjin. Informasi lebih lanjut: Tanya Jawab Soal Plastic Surgery Bareng Klinik Wonjin.
  7. Gratis VIP selama 5 Hari khusus untuk member Registered dan MVU, syaratnya hanya login di sini.

Kata"secara" ... apa sih artinya ????

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by s4ndy78, Feb 10, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    s4ndy78 Beginner Members

    Joined:
    Jun 1, 2009
    Messages:
    471
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +106 / -0
    Penggunaan Istilah “Secara” Dalam Bahasa Gaul

    Belakangan ini saya sering mendengar suatu percakapan yang menggunakan kata “secara” sebagai pengganti kata “karena” Misalnya: “Saya lebih memilih Joni dibanding Anto, secara Joni lebih baik dalam berperilaku dan memiliki senyum yang menawan.”

    Saya tidak tahu sejak kapan muncul istilah yang menurut saya baru dan tidak baku dalam tata bahasa Indonesia. Kata “secara” dalam tata bahasa Indonesia yang baku ada 4 definisi, seperti yang tertulis di Kamus Besar Bahasa Indonesia, yaitu:
    1. Berarti “sebagai” atau “selaku” misalnya: “Hendaknya kamu bertindak secara laki-laki.”
    2. Berarti “menurut” dalam hal ini berhubungan dengan adat dan kebiasaan, misalnya: “Perkawinan Togar akan dilaksanakan secara adat di Medan.”
    3. Berarti “dengan cara”, misalnya: “Kasus pembunuhan itu akan diselesaikan secara hukum.”
    4. Berarti “dengan”, misalnya: “Tema itu diuraikan secara ringkas oleh Pak Tedy.”

    Nah, tapi yang sering saya dengar belakangan kata “secara” memiliki arti yang bergeser dari keempat definisi di atas, yaitu memiliki definisi “karena”. Ya mungkin inilah yang disebut bahasa gaul, biar tidak merasa ketinggalan zaman kadang orang ikut-ikutan sok gaul. Budaya kita ini kan selalu niru-niru, ironisnya asal mengikuti tanpa mengerti maknanya sesungguhnya.

    Pernahkah anda mendengarnya juga? Anda bisa berbagi juga apabila pernah mendengarnya. Bagi yang belum pernah mendengar, anda bisa coba amati percakapan yang ada di sekitar anda atau di radio juga sering terdengar penggunaan kalimat tersebut.

    By: Budy Snake

    Indonesian Language Observer

    diambil dari :
    http://mertanus.wordpress.com/2007/06/20/penggunaan-istilah-secara-dalam-bahasa-gaul/

    Sering kali ketemu forumnetters ini yang menggunakan kata2 secara dengan arti seperti di atas ... SEkarang malah dari netters sampai penyiar tv atau radio sering memakainya... apa ini akan merusak tatanan EYD yang telah dibakukan sejak 1972 ????:hot:
    Ada baiknya jika ingin menggunakan istilah baru dengan jargon atau singkatan bukan merusak tatanan kata yang telah ada dan menimbulkan ambiguitas....
     
    Last edited: Feb 10, 2011
  2. Ghattotkacha Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.


  3. Offline

    s4ndy78 Beginner Members

    Joined:
    Jun 1, 2009
    Messages:
    471
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +106 / -0
    Ada lagi makna baru...

    Kalo di sana sih dijelaskan arti kata “secara” yang dimaksud remaja saat ini adalah “mengingat”. Mungkin saya bisa beri contoh : “Secara kita semua adalah orang Indonesia…” itu sama artinya dengan “Mengingat kita semua adalah orang Indonesia …”


    sooo... benar2 membingungkan, jangan sampai ada ambiguitas lagi, bahasa Indonesia harus diselamatkan...:hulk:
     
  4. Offline

    guegantengbanget Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 14, 2011
    Messages:
    568
    Trophy Points:
    152
    Ratings:
    +6,617 / -0
    itu sih buat lucu-lucuan aja sepertinya. :lol: "secara" namanya anak muda gitu loh. ups.

    kayaknya sih nyontek dialognya sinetron Jomblo yang sering pake kata "daripada" ato dialog di film Alangkah Lucunya Negeriku yang sering pake kata "adalah" secara berlebihan.
     
  5. Offline

    s4ndy78 Beginner Members

    Joined:
    Jun 1, 2009
    Messages:
    471
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +106 / -0
    Seandainya Anda sedang menghadapi ulangan atau ujian Bahasa Indonesia dan menghadapi soal berikut, apa jawaban Anda?

    Pilih kata penghubung yang tepat untuk kalimat berikut:

    “Saya tidak suka berada di lantai atas gedung bertingkat … saya takut ketinggian.”

    a. di mana

    b. karena

    c. secara

    d. maka

    Saya yakin, seyakin-yakinnya, Anda akan memilih jawaban b. Anak SD juga tahu.

    Namun pada kenyataannya, sekarang ini lebih banyak orang yang menggunakan jawaban c daripada jawaban b untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas, baik dalam bahasa lisan maupun dalam tulisan.

    Kalian pilih yang mana ? Secara gitu loh !!..... :D
     
    Last edited: Feb 10, 2011
  6. Offline

    finoeci Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    2,366
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,414 / -0
    Jiailah...masih aja mikirin EYD... :hahai:

    pada tempat&saat yg tepat,EYD pasti tetep dipake qo,jadi gak usah parno gitu,
    biarin aja org mao make bahasa apa ke',itu kan hak asasi mereka untuk berkomunikasi&bersosialisasi... :hehe:

    ya secara gittccuu lloooccchhh... :lol:
     
  7. Offline

    de_tee Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    963
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +781 / -0
    :haha: bener bangett.. secara gw jg ngomongnya gitu.. ngga tau aja dari mana munculnya..wakkakka..
     
  8. Offline

    guegantengbanget Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 14, 2011
    Messages:
    568
    Trophy Points:
    152
    Ratings:
    +6,617 / -0
    kan bukan anak SD lagi kk. :malu: diplesetin dikit gak apa-apa khan. yang penting yang diajak ngomong ngerti apa maksud ane. pake bahasa sms ato alay juga gak pa pa.
     
  9. Offline

    yoshikanji Superstar Veteran

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,519
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +38,114 / -0
    :bingung:
    klo anak alay d kasih pertanyaan kek gini pasti pilihannya C :hihi:
     
  10. Offline

    Zervo Oniisan Co Administrators

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,180
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +146,112 / -1
    berarti kamus nya harus direvisi, ditambahkan, ditelaah, dicetak ulang, dan disosialisaikan kembali

    mgkn sekalian tambahin bahasa alay :lol:

    sama aja kaya kalau dalam kasus yg u contohin di post #1

    kalau masing2 dari contoh kasus itu dijadiin soal.
    Misal:
    1. “Hendaknya kamu bertindak ... laki-laki.”
    a. di mana
    b. sebagai
    c. secara
    d. maka
    jawabannya yang mana?

    4.Tema itu diuraikan ... ringkas oleh Pak Tedy.
    a. dengan
    b. sebagai
    c. secara
    d. maka
    :iii:


    Ketimbang ributin penggunaan "secara" yang baru u ketahui ini, gw lebih bingung sama istilah yang lain.
    Contohnya penggunaan kata/istilah "orang"

    Gimana saya bisa tahu, orang saya tidak berada disana..

    ini menurut gw lebih WTF?!!

    Ketimbang penggunaan kata "secara"
    Gimana saya bisa tahu, secara saya tidak berada disana..

    lebih baik secara kan ketimbang orang :yareyare:

    tapi yg uniknya. penggunaan istilah2 tidak masuk akal ini tetap dapat dimengerti oleh kita.
    ya kan?

    pas pertama kali denger, sebagian besar dari kita biasanya bs langsung meng-evaluasi dan menebak arti kata/istilah tersebut.
    jadi ya tidak apa lah. toh masih termasuk komunikasi yang bisa diterima sama orang2 yang terlibat - tidak harus selalu sesuai EYD atau kamus.

    definisi komunikasi yang baik kan bukan menggunakan EYD atau kamus :iii:


    salah

    anak alay ga jawab "C"

    tapi langsung di isi di "..." nya :lol:

    diisi “Saya tidak suka berada di lantai atas gedung bertingkat 'c0zZ' saya takut ketinggian.”

    :lol:
     
    • Like Like x 1
  11. Offline

    sinra Superstar Veteran

    Joined:
    Jun 26, 2010
    Messages:
    16,967
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +28,171 / -0
    :???:
    beda kata & ucapan, arti sama ya :???:
     
  12. Offline

    fallen_azette Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    911
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +932 / -0
    kalo soal yg pake kata 'orang' kayaknya itu serapan dari bahasa jawa deh..:hehe:

    semua kata bisa punya arti beda kalo dimasukkin ke kalimat yang berbeda pula.. kontekstual.. :mandi:

    contoh: "aku ora ngerti jenenge wong kuwi sopo, lha wong aku lagi entes ketemu" [Saya tidak tahu siapa orang itu, orang saya barusan bertemu]

    tapi kalo menanggapi yg secara.. saya juga bingung tuan/nyonya..:haha:

    mungkin secara dalam hal kaya gitu merujuk ke "mengingat" "karena" "sebagaimana" dll..

    soal merusak EYD, sepertinya nggak juga deh.. EYD juga bagaimanapun tidak akan pernah pudar karena penggunaannya memang buat hal-hal formal..

    tapi kalo buat pergaualan, penggunaan EYD malah terkesan kaku loo..

    di Amerika sono saja penggunaan kata "F*ckin'" pada setiap pernyataan juga dipake dalam dialog film, yang pada aslinya itu bahasa pergaulan sono. gak sesuai tatanan Inggris banget 'kan?

    jadi saya rasa, gak masalah sih "secara" berkembang di masyarakat... :piss:
     
  13. Offline

    shipsun Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 17, 2010
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    kalo bicaranya anak gaul artinya "mengingat'
    tapi yang benarnya sih secara artinya menurut, dengan
     
  14. Offline

    triangle2639 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 10, 2011
    Messages:
    897
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +420 / -0
    haha susah juga d jelasin yang penting kan kita ngerti maksudnya
     
  15. Offline

    s4ndy78 Beginner Members

    Joined:
    Jun 1, 2009
    Messages:
    471
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +106 / -0
    Pada bingungkan ? secara saya juga bingung ( pake secara juga hahahahaha)...

    okelah emang buat pergaulan sih tidak masalah istilahnya "bahasa prokem" tapiii sekarang banyak juga loh digunakan diprogram TV entah tuh penyiarnya latah, keceplosan atau biar dibilang gaul gitu looh... tidak tahu saya ....

    ini cuman mengingatkan jangan sampai bahasa kita sendiri hilang ditelan pergaulan, ingat bahasa adalah identitas bangsanya, dalam sumpah pemuda sudah disebutkan, berbahasa satu bahasa Indonesia (bukan bahasa alay khan ????)

    kalau kita tidak melestarikan bahasa Indonesia lalu siapa lagi ???:peace:
     
  16. Offline

    anakbingung Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    1,453
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +779 / -0
    bahasa alay mulai merusak lagi :panda:
     
  17. Offline

    carl_jotosaon Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +3,128 / -0
    bahasa alay dan bahasa gaul begabung membuat definisi yang beda dengan EYD kita toh >?
     
  18. Offline

    tinktank Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    652
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,502 / -0
    bahasa abg" ababil tuh gan
    ane juga enek banget denger orang ngomong "secara"
    kadang" mereka cuma bilang "secara gitu loh" :swt:
     
  19. Offline

    mochanz Beginner Members

    Joined:
    Aug 16, 2010
    Messages:
    295
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0
    selama ga dipake dalam keadaan formal yang memang mesti mematuhi EYD

    trus juga selama lawan bicara kita ngerti ga ada masalah sih

    tapi kalo makenya ga nyambung seperti yang dibilang bro tinktank

    "secara gitu loh"

    itu komposisi kalimatnya apaan, cuma prediket sama keterangan doank

    kalo enek plester aja mulut itu ababil bro

    :haha:
     
  20. Offline

    SFU11 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    6,816
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,654 / -0
    :sigh: lucu juga kalo dalam setiap berkomunikasi menggunakan EYD dan sesuai dengan kamus.. apalagi bicara dengan teman sebaya.... kesannya garing gimana gitu... :sepi::peace:

    yang saya ketahui, dalam berkomunikasi tidak hanya susunan kalimat, EYD, kamus,... dalam berkomunikasi lisan hal-hal yang lebih penting adalah logat, bahasa tubuh, ekspresi... di negara kita sendiri terdapat banyak bahasa loh... dan saya ngga kebayang kalo semuanya harus berkomunikasi dengan bahasa yang "baku".. mungkin ada yang mencampurkan bahasa Sunda dengan bahasa Indonesia, atau Jawa-Indonesia... bahkan sewaktu saya berada di Kalimantan Timur, mereka suka menambahkan imbuhan "kah" di akhir kalimat... jelas-jelas itu tidak "baku"...

    hal ini akan berbeda bila kita ingin berkomunikasi dengan sopan, kepada orang yang lebih tua atau yang memiliki kedudukan yang lebih tinggi (ini tergantung daerahnya juga sih) apalagi dalam hal menulis, misalnya menulis buku dengan bahasa gaul... :lol:

    that's just my opinion...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  21. Offline

    siegecross Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    824
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +266 / -0
    haahaha... secara ilmiah ini mantap sekali :niceinfo:

    secaranya apaan tuh?? :???:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.