1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Jason and the Argonauts [Pencarian Bulu Domba Emas][Mitologi Yunani]

Discussion in 'History and Culture' started by onefineday, Aug 13, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,124 / -0
    Jason and the Argonauts.
    Pencarian Bulu Domba Emas

    Pencarian Bulu Domba Emas adalah serangkaian petualangan legendaris yang dilakukan oleh 50 orang pahlawan Yunani yang disebut para Argonaut dengan tujuan untuk mendapatkan Bulu Domba Emas [Golden Fleece]. Mereka dipimpin oleh Jason [Iason] dengan menggunakan kapal laut yang diberi nama Kapal Argo.

    Kisah Domba Emas
    [​IMG]
    Ada seorang raja di kota Orkhomenos yang bernama Athamas [Athamas the Minyan]. Dia punya seorang istri, yang bernama Nephele [Goddes of Clouds]. Dia dan Nephele memiliki dua orang anak: Phrixus dan saudarinya Helle. Setelah beberapa lama menikah, Athamas merasa bosan dengan istrinya yang sekarang. Akhirnya ia menikahi wanita lain yang bernama Ino, putri dari Cadmus. Istrinya yang kesal langsung meninggalkan kota bertepatan dengan datangnya musim kering yang parah bagi kota itu.

    Sementara itu, Ino memendam rasa cemburu pada Phrixus anak tirinya, karena ia yang nantinya akan menjadi pewaris tahta Athamas. Akhirnya Ino menipu Athamas, dengan mengatakan bahwa kekeringan ini hanya bisa dihentikan dengan mempersembahkan jiwa Phrixus pada para dewa. Nephele yang mengetahui hal ini meminta bantuan pada Dewa Hermes. Hermes kemudian membawakannya seekor domba bersayap dan berbulu emas. Nephele menyuruh kedua anaknya untuk menaiki domba itu dan dibawa ke tempat yang aman. Phrixus dan Helle pun naik sementara domba itu terbang meninggalkan Orkhomenos. Di tengah perjalanan, Helle terjatuh dari domba emas dan tenggelam di laut, laut dimana ia jatuk kemudian diberi nama Hellespont [The Sea of Helle], Sekarang bernama Dardanelles, di Turki.

    Domba itu akhirnya mendaratkan Phrixus di Colchis [sekarang Georgia]. Disana, Phrixus dirawat oleh Aietes. Phrixus bahkan dinikahkan dengan putrinya, Aetes. Karena ternyata domba itu hasil ciptaan Dewa Poseidon, Phrixus kemudian menyembelihnya dan mempersembahkannya sebagai kurban untuk Poseidon. Ia lalu menyerahkan bulu dombanya kepada Raja Colchis, Aietes, sebagaia ucapan terima kasih. Aietes menggantung bulu domba emas di sebuah pohon suci Ares yang dijaga oleh naga yang tidak pernah tidur.

    INDEX LINK [Click to Follow]


    Code:
    Sumber:
    1. Wikipedia
    2. Greek-Roman Mythologi A-Z
     
    Last edited: Aug 20, 2010
    • Thanks Thanks x 6
    • Like Like x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    exo31 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    255
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +4,703 / -0
    demen sama mitologi nih, kalo ada yg berhubungan dengan yunani kasih tau dong kk :D
     
  4. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,124 / -0
    Jason [Iason]

    Jason adalah anak dari Aeson, Raja Iolcus [sekarang bernama Volos] dan Ratu Alcimede. Ketika Pelias, saudara tiri Aeson melakukan kudeta dan mengambil tahta Aeson. Semua keturunan Aeson dibunuhnya. Ketika itu, istri Aeson sedang hamil tua. Ketika lahir, anak itu diberinama Jason [Iason]. Pelias hendak membunuhnya namun ibunda Jason ini berhasil menipu Pelias dengan mengumpulkan wanita-wanita pembantunya dan mengelilingi Jason yang sedang tertidur. Ibunya dan pembantunya menangis meratap seakan-akan Jason lahir dalam keadaan mati.

    [​IMG]
    Jason - Medeia - Pelias - Chiron the Centaurs

    Ibunda Jason kemudian menitipkannya kepada Centaur bijaksana, penghuni Gunung Pelion yang dikenal dengan nama Chiron [Khiron], yang sudah terkenal sebagai pelatih para pahlawan Yunani. Di sana Jason dilatih oleh Chiron tentang ilmu tanaman, seni, berburu, ilmu bertempur, strategi perang dan berbagai kemampuan lain yang dibutuhkannya untuk mengklaim kembali tahta yang semestinya menjadi miliknya.

    Sementara itu, Pelias bertanya pada Oracle tentang masa depan kekuasaannya dan Oracle mengingatkannya untuk berhati-hati pada orang asing yang bersandal sebelah, karena ia akan digulingkan olehnya. Dari puncak Olimpus, Dewi Hera memendam kebencian terhadap Pelias yang kini menguasai Iolcus. Hal ini disebabkan karena Pelias melakukan pembunuhan terhadap ibu tirinya di kuil suci Dewi Hera. Hera melihat ada satu kesempatan untuk memberi pelajaran pada Pelias, yakni melalui Jason. Namun sebelum memutuskan untuk membantu Jason, Dewi Hera ingin mengujinya dulu, untuk tahu seberapa sejatinya Jason.

    Ketika Jason sudah dewasa, Chiron menceritakan asal usulnya dan keberadaannya sebagai putra mahkota yang sah dari Kerajaan Iolcus. Setelah pamit, Jason meninggalkan Chiron. Di tengah perjalanan menuju Iolcus, ia bertemu dengan seorang nenek tua renta. Nenek yang ringkih itu ingin menyeberang sungai namun arus sungai itu sangat deras. Jason yang merasa kasihan, tanpa berpikir panjang, langsung menggendong nenek itu menyeberangi sungai. Arus sungai yang begitu deras menyebabkan salah satu sandal Jason hanyut, belum lagi entah mengapa nenek yang dipikulnya terasa sangat berat [tanpa Jason ketahui nenek itu adalah Dewi Hera, yang kemudian memberikan berkatnya]. Setelah membantu nenek itu, Jason melanjutkan perjalanannya sampai akhirnya dia tiba di kota Iolcus. Di sana dia menemui Pelias dan langsung meminta haknya. Pelias ketika melihat Jason hanya memakai sandal yang tinggal sebelah, teringat akan ramalan Oracle. Dia kemudian memberikan satu tugas kepada Jason [dengan harapan Jason tidak akan pernah menyelesaikannya dan tidak pernah kembali lagi], yaitu membawakannya Bulu Domba Emas [Golden Fleece], jika Jason bisa membawanya, Ia bersumpah atas nama Zeus, akan memberikan tahtanya kepada Jason. Sebab kata Pelias kemudian, menurut Oracle, Kerajaan Iolcus tidak akan pernah makmur, kecuali Bulu Domba Emas, dibawa kesana. Jason kemudian menerima tantangan itu dan menyetujuinya.
     
    Last edited: Aug 16, 2010
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    rizou Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 10, 2010
    Messages:
    612
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,531 / -0
    kalo di herc's adventures ps one bulu domba emas diambil di pohoh setelah ngalahin hydra,

    n bulu domba emas dipake buat masuk ke dunia bawah[underworld] buat ngalahin hades
     
  6. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,124 / -0
    Perjalanan Para Argonaut [Argonaut’s Journey].

    [​IMG]

    Jason berusaha membayangkan situasi tugasnya ini. Bulu domba emas ada di daerah Colchis, digantungkan di dahan pohon milik Ares yang dijaga oleh seekor naga yang tidak pernah tidur. Perjalanan yang ditempuh sangatlah jauh dan penuh dengan rintangan. Diperlukan sebuah kapal dan kru yang tangguh untuk mendukung perjalanannya ini. Dewi Hera kemudian meminta bantuan Dewi Athena untuk membuatkan kapal bagi Jason. Athena membantu Jason membuat kapal yang dimanai Argos, kayu yang digunakan adalah dari pohon Ek suci yang tumbuh di hutan Dodona milik Zeus.

    Kemudian Jason pun melakukan perekrutan kru kapal dan yang mendaftar adalah figur-figur pahlawan yang sudah terkenal kehebatannya seperti Herakles [Hercules], Atalanta, Theseus, Orpheus, si kembar Castor dan Pollux, para Boread, putra Boreas [Dewa Angin Utara], 2 orang pahlawan yang memiliki sayap, dan banyak lagi pahlawan lainnya. Sekitar 50 orang kru terkumpul, para kru kapal ini kemudian disebut para Argonauts.
    [​IMG]
    Pulau LEMNOS
    Setelah berlayar beberapa lama, Para Argonaut tiba disebuah pulau yang bernama Lemnos. Dipulau ini penduduknya hanyalah para wanita yang dipimpin oleh ratunya, Hipsipile, dan populasinya terus berkurang. [diceritakan bahwa para wanita ini mengabaikan Dewi Aphrodite, sehingga sang dewi mengutuk semua wanita di pulau itu dengan bau badan yang tak tertahankan, sehingga membuat para lelakinya pergi meninggalkan mereka] Para Argonaut kemudian berhubungan badan dengan para wanita di pulau itu untuk ber-repopulasi, Jason sendiri melakukannya dengan sang Ratu Hipsipile, yang nantinya akan melahirkan anak kembar.​

    PROPONTIS
    Setelah bertolak dari Lemnos, para Argonaut kemudian mendarat di daerah Propontis yang sedang diteror oleh raksasa bertangan enam. Hercules berhasil mengalahkan raksasa itu sehingga sang raja, Kizikos, menyambut mereka dengan meriah bersama rakyat Propontis lainnya. Mereka kemudian berlayar disiang hari setelah pesta, namun tak disangka, mereka dihantam badai sehingga pada malam harinya mereka kembali ke tempat semula. Mengira kapal yang menepi itu adalah kapal bajak laut, rakyat propontis dan raja Kizikos langsung menyerang para Argonaut. Peperangan pun tidak terelakkan. Para Argonaut yang kuat membunuh banyak sekali rakyat Propontis termasuk Raja Kizikos. Baru ketika fajar menyingsing, mereka sadar bahwa semua ini adalah kesalahan. Setelah melakukan penguburan, para Argonaut pun kembali berlayar.​
    MYSIA
    Para Argonaut sampai di daerah Mysia. Disini mereka memperbaiki dayung yang rusak dan mengumpulkan perbekalan. Hilas seorang pemuda tampan dari antara kru Argonaut pergi mencari air, ketika sampai disebuah kolam, nymph penunggu kolam tersebut jatuh cinta kepadanya, kemudian menariknya kedasar kolam untuk dijadikan kekasih. Hilas ini adalah merupakan teman dekat Hercules, termasuk salah satu yang disayanginya. Ia kemudian mencarinya, namun tidak pernah ketemu lagi. Disini, Hercules berpisah dengan para Argonauts, dan melanjutkan 12 tugasnya yang legendaris.
    [​IMG]
    SALMIDESSOS
    Mereka kemudian sampai di daerah Salmidessos, Thrakia. Tempat tinggal seorang raja yang bernama Phineas, yang memiliki berkah dari Dewa Apollo untuk melihat masa depan. Namun karena Phineas terlalu banyak membocorkan rahasia para dewa kepada manusia, ia-pun dihukum dengan diberikan dua pilihan: ‘tidak buta tapi berumur pendek’ atau ‘buta namun berumur panjang’. Phineas memilih buta namun berumur panjang sehingga ia dapat lebih banyak membocorkan rahasia para dewa kepada manusia. Zeus kemudian meletakannya didepan sebuah meja yang penuh makanan enak, namun Dewa Helios tidak senang, karena Phineas lebih memilih kegelapan daripada hidup dibawah cahayanya. Hellios-pun mengirim para Harpies untuk memastikan bahwa Phineas hanya akan makan secukupnya. Jika ingin lebih, mara para Harpies akan merampasnya.
    [​IMG]
    Phineas and The Boreads

    Melihat hal itu, Jason merasa kasihan, pada Phineas. Para Boread, Calais dan Zetes, yang memiliki sayap kemudian mengejar dan hendak membunuh para harpies namun dihalangi oleh Irir yang berjanji para harpies tidak akan mengganggu Phineas lagi. Sebagai rasa terima kasih, Phineas kemudian memberi tahu cara melewati Simplegades.​
    SYMPLEGADES
    Symplegades adalah semacam gerbang yang harus dilalui jika seseorang ingin menuju ke Colchis. Berbentuk seperti dua buah batu karang raksasa yang saling berhadapan dan akan saling bertabrakan jika ada yang melintas diantara keduanya. Cara yang diberitahukan oleh Phineas adalah: mereka harus melepaskan seekor merpati. Jika merpati itu selamat, maka mereka harus mendayung sekuat tenaga melewati Symplegades. Tapi jika merpati itu gagal dan mati terjepit, maka mereka memang ditakdirkan untuk gagal. Jason kemudian melepaskan seekor merpati, dan merpati itu kemudian terbang melewati Symplegades. Kedua batu karang itu tiba-tiba menutup, sang merpati berhasil melewatinya namun sedikit mengalami kerusakan pada ekornya. Ketika batu karang mulai akan membuka, para Argonaut langsung mendayung sekuta tenaga melewatinya, mereka berhasil melewatinya, namun seperti sang merpati, bagian ekor kapal sedikit mengalami kerusakan. Akhirnya, merekapun tiba di Colchis.​
     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  7. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,124 / -0
    Jason dan Medeia


    Sesampainya di Colchis, Jason segera menemui sang raja, Aietes. Jason berkata pada Aietes bahwa dia ingin mengambil bulu domba emas [golden fleece] dan membawanya ke Iolcus. Aietes, enggan memberikannya dengan cuma-cuma. Ia kemudian memberika Jason tiga tantangan yang harus diselesaikannya jika ingin membawa bulu domba emas. Tantangan yang diberikan Aietes sangat berat sampai-sampai Dewi Hera harus meminta Aphrodite untuk membuat Medeia, putri Aietes jatuh cinta kepada Jason. Aphrodite kemudian meminta anaknya Eros untuk menembakan panah Asmara, sehingga Medeia jatuh cinta kepada Jason. Medeia adalah seorang penyihir, pemuja Dewi Hekate, yang kemampuannya bisa sangat membantu Jason dalam menghadapi tantangannya.

    [​IMG]
    Mēdeia, Medea [Gregorian], Μήδεια [Greek] Daughter of King Aietes

    Tugas yang diberikan raja Aietes adalah, Jason diperintahkan untuk membajak ladang dengan menggunakan dua ekor Khalkotaur [banteng yang kuku kakinya terbuat dari perunggu dan menyemburkan api], menebar benih dan memanennya dalam satu hari. Medeia menolong Jason dengan memberikannya obat [semacam salep], yang ketika dioleskan membuat Jason tahan terhadap api dan panas. yang setelah Jason oleskan ke seluruh tubuh, membuat tubuh Jason menjadi anti api. Saat menabur benih, tiba-tiba tiap benih tumbuh menjadi Spartoi, yaitu sekumpulan prajurit dengan baju perang lengkap. Medeia memberitahu Jason untuk melempar salah satu spartoi dengan batu, sehingga ia mengira bahwa spartoi di samping yang menyerangnnya, demikian selanjutnya hingga para spartoi saling menyerang sampai tidak ada lagi yang tersisa.

    Setelah menyelesaikan tantangannya, Jason diperkenankan untuk mengambil bulu domba emas. Hal ini sangat sulit karena bulu domba emas itu sendiri, dijaga oleh seekor naga milik Dewa Ares yang tidak pernah tidur. Dan jika dibunuh, akan mengakibatkan kemarahan sang Dewa Perang, dan Jason tidak menginginkan hal itu. Medeia kemudian mengeluarkan ramuan seperti obat tidur. Jason menghampiri naga itu dan menyemprotkan ramuan Medeia, sehingga sang naga tertidur. Ia kemudian dengan mudah bisa mengambil bulu domba emas. Ketika Jason bergegas pulang ke Iolcus, Medeia minta diajak. Jason setuju, Medeia pun kemudian mengajak adiknya Apsirtos.

    Raja Aietes marah, karena ia menganggap Jason menculik kedua anaknya. Sang raja kemudian mengejar Argo dengan armada kerajaannya. Ketika hampir tersusul, muncul kegilaan Medeia, Ia membawa adiknya Apsirtos dibelakang kapal dimana ayahnya bisa melihat mereka berdua dari kejauhan, kemudian membunuh dan memotong-motong tubuh adiknya dan menebar dilautan. Para Argonauts kaget tapi tetap mendayung. Raja Aietes sendiri, berhenti mengejar dan mengumpulkan potongan-potongan tubuh anaknya Apsirtos.

    Keluar dari perairan Colchis, tiba-tiba Argo diserang badai dan angin kencang, begitu hebatnya sampai tidak ada kemungkinan untuk selamat. Castor dan Pollux kemudian berdoa pada Zeus, tiba-tiba rangka kayu mengeluarkan suara dan mengatakan, bahwa kapal dan krunya dikutuk oleh Zeus akibat perbuatan Medeia kepada adiknya. Satu-satunya jalan menghilangkan kutukan adalah dengan menyucikan Medeia pada seorang wanita bernama Kirke. Tempat Kirke sendiri, kemudian ditunjukan Dewi Iris kepada Calais dan Zetes.

    Tiba ditempat Kirke, para Argonauts melihat banyak gadis-gadis cantik yang memanggil-manggil mereka, disekitar para gadis terdapat banyak hewan-hewan yang tampak murung. Mereka ingin turun, tapi kemudian dihalangi oleh Medeia. Medeia mengatakan bahwa setiap laki-laki yang menginjakan kakinya di pulau itu, akan segera berubah menjadi binatang. Medeia kemudian turun, dan mengajak Jason yang sudah dilindungi dengan sihirnya.

    Mereka kemudian menuju pada sebuah rumah dari marmer di puncak bukit. Disana mereka menemui Kirke. Ketika melihat Medeia, Kirke langsung sadar bahwa itu adalah keponakannya. Kirke adalah adik dari Aietes, dengan demikian ia adalah bibi dari Medeia. Ia juga adalah seorang penyihir yang memiliki kemampuan melihat masa depan. Medeia kemudian mengutarakan maksud kedatangannya. Kirke kemudian berdoa pada Zeus dan mengadakan ritual, memandikan Medeia dengan air laut dan mencuci baju Medeia yang berlumuran darah hingga bersih.

    Ketika ritual selesai, Medeia menanyakan hal tentang masa depannya. Kirke bisa melihatnya, namun menolak untuk memberitahukannya kepada Medeia. Setelah mengucapkan perpisahan, Jason dan Medeia kembali ke kapal dan melanjutkan perjalanan mereka.
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,124 / -0
    ada kok, dengan judul yang sama. diantaranya:

    Jason and The Argonauts, [Classic] tahun 1963
    Jason and The Argonauts, tahun 2000

    coba aja search di bagian movie, mungkin aja ada yang pernah upload..
     
  9. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,124 / -0
    Para Argonauts di Taman Hesperides.

    Selepas dari tempat Kirke, setelah beberapa hari mereka berlayar, tiba-tiba datang ombak tinggi dan membawa mereka ke pantai. Ketika ombaknya lenyap, tampak karang-karang tajam mengelilingi mereka. Para Argonauts tidak mungkin berbalik, mengingat karang-karang tersebut bisa merusak kapal Argo. Mereka tampak mulai putus asa, dibelakang karang-karang tajam, sedangkan didepan mereka adalah hamparan gurun pasir yang luas. Kelelahan, mereka pun tertidur.

    Jason yang sedang tidur, kemudian dibangunkan oleh para nymph [nimfa] yang mengatakan bahwa ia tidak boleh menyerah. Jason diperintahkan untuk mengikuti kuda Poseidon dan para Argonaut harus melakukan kepada kapal Argo sesuatu yang selama ini dilakukan oleh kapal tersebut kepada mereka. Selama ini, yang dilakukan kapal itu adalah membawa mereka di atasnya. saat ini yang harus mereka lakukan adalah memikul kapal Argo melintasi gurun pasir. Karena kuda poseidon berasal dari lautan, maka pasti mereka akan kembali lagi ke lautan yang lain di seberang gurun, jadi yang harus mereka lakukan hanyalah mengikuti jejak kuda poseidon itu.

    [​IMG]
    Poseidon's Horse

    Ketika kuda Poseidon muncul, perjalanan berat pun dimulai. Para Argonaut memikul kapal mereka dan mengikuti jejak kuda Poseidon hingga mereka sampai pada suatu titik dimana jejak-jejak kuda poseidon itu tidak lagi nampak. Para Argonaut meletakkan kapal Argo, kemudian Calais dan Zetes terbang ke angkasa. Mereka terus naik dan akhirnya melihat air di ujung sana. Mereka pun mengarahkan para Argonaut untuk sampai ke perairan itu.

    Setelah tiba, mereka menemukan bahwa danau itu merupakan wilayah kekuasaan Triton, Dewa Laut putra Poseidon. Sebagai rasa syukur, mereka mendirikan altar untuk Triton disana. Air didanau tersebut adalah air asin sehingga tidak bisa diminum. Orpheus kemudian mencium aroma tanaman, dia kemudian mengasumsikan bahwa didekat tanaman itu, pasti ada air. Merekapun mencari asal aroma sampai kemudian mereka bertemu dengan Titan Atlas yang sedang menopang langit. Mereka terus berjalan sampai tiba pada suatu taman yang dijaga oleh para Nymph. Taman itu adalah Taman Hesperides, tempat tumbuhnya apel emas yang merupakan hadiah perkawinan dari Gaia kepada Zeus dan Hera.

    Melihat orang asing, para nymph penjaga taman kemudian mengelilingi mereka. Orpheus kemudian memainkan musik dari liranya sambil bersyair, menjelaskan bahwa mereka adalah utusan para dewa dan tidak bermaksud jahat, hanya ingin mencari minum. Para nymph kemudian mendekati Orpheus sambil menangis. Mereka bercerita bahwa tadinya ada Ladon, naga berkepala seratus yang menjaga taman bersama-sama dengan mereka. Tapi naga itu mati akibat terkena panah beracun dari seorang manusia yang mengenakan kulit singa, yang datang untuk mengambil apel emas. Para Argonauts-pun yakin bahwa yang dimaksudkan oleh para nymph adalah Hercules [Herakles] yang sedang menjalankan tugasnya.

    Mereka kemudian melanjutkan, ketika apel emas diambil, saat itu pula aliran air yang mengelilingi taman mengering. Tapi sang pembunuh Ladon yang waktu itu kehausan, kemudian menghentakan kakinya diatas karang sampai mengeluarkan air [mata air] baru. Para nymph kemudian menunjukan mata air itu dimana para Argonauts memuaskan dahaga mereka sambil bersyukur dan memuji Hercules didalam hati atas mata air yang ditinggalkannya. Setelah pamit, mereka menuju ke kapal Argo. Orpheus kemudian memanjatkan doa kepada Triton yang menguasai daerah itu. Tiba-tiba Triton muncul dan menolong para Argonaut dengan membimbing kapal Argo melalui berbagai perairan hingga akhirnya sampai ke laut lepas.

    Bersambung [until the next update]
     
    Last edited: Aug 17, 2010
    • Thanks Thanks x 1
  10. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,124 / -0
    Jason, Para Siren dan Talos.

    Jason dan para Argonauts kemudian mengarungi pesisir pantai hingga tampak sebuah pulau karang kecil yang diatasnya duduk tiga orang gadis cantik. Dari kejauhan, mulai terdengar nyanyian merdu yang berasal dari mereka. Para Argonauts pun terbuai mendengar nyanyian mereka, dan tanpa sadar mulai mendayung mendekat kearah pulau karang itu.

    Tiba-tiba Jason sadar bahwa mereka adalah para Siren. Ia ingat apa yang dikatakan Chiron gurunya sebelum berlayar memenuhi tugasnya, tentang para Siren ini. Sadar bahwa Jason kemungkinan bertemu dengan mereka, sang guru kemudian menyarankan Jason untuk mencari dan membawa Orpheus dalam pelayarannya. Nyanyian para Siren ini hampir tidak dapat ditolak bagi siapapun yang mendengarnya. Salah satu dari para Argonauts yang bernama Botes, tidak tahan dan kemudian melompat dari kapal ketika mendengarkan suara mereka. Beruntung ketampanannya menarik perhatian Dewi Aphrodite yang kemudian menariknya dan menyelamatkannya dari godaan para Siren. [Botes nantinya dijadikan kekasih oleh Dewi Aphrodite]

    Jason yang sudah tahu cara mengatasi para Siren ini, kemudian menyuruh Orpheus untuk menyanyi dan memainkan lira-nya. Suara merdu Orpheus mampu menutupi rayuan para Siren, sehingga para Argonauts bisa dan berhasil menjauh dari jangkauan mereka. Gagal menarik para Argonauts, para Siren-pun terjun kelaut dan mati, sebab mereka memang ditakdirkan untuk mati jika gagal menarik orang dengan nyanyian rayuannya.

    Para Argonaut akhirnya mencapai laut lepas, mereka kemudian berlayar kearah Iolcus untuk pulang. Pada suatu hari ketika malam tiba, angin yang mendorong kapal Argo tiba-tiba berhenti. Para Argonauts terpaksa harus mendayung semalaman. Ketika pagi menjelang, Theseus kemudian berteriak mengatakan bahwa mereka telah mendekati Pulau Kreta [Crete]. Mereka yang sudah mulai kehabisan perbekalan, bermaksud untuk berlabuh. Tapi di pulau ini ternyata ada penjaganya, namanya adalah Talos, prajurit raksasa yang tubuhnya terbuat dari perunggu. Talos memiliki pembuluh yang tersambung dari leher sampai ke kakinya, dengan timbal hitam sebagai darahnya. Pembuluh ini disumbat dengan paku. Talos sendiri diciptakan oleh Dewa Hephaestus dan diberikan kepada Zeus sebagai pelindung dari Europa, kekasih Zeus. Talos akan melemparkan batu-batu besar pada setiap kapal yang bermaksud mendekati pulau itu. Hal yang sama yang terjadi pada Kapal Argo, sehingga para Argonauts tidak bisa mendekat ke pulau.

    [​IMG]
    Talos - The Bronze Giant

    Medeia kemudian menuju anjungan kapal dan mengutuk Talos sampai akhirnya ia mengamuk sendiri. Dalam amukannya secara tidak sadar Talos tersandung sehingga paku yang menyegel pembuluh darahnya terlepas. Maka keluarlah darah timbal Talos, terus menerus tiada henti sampai akhirnya ia mati kehabisan darah dan tenggelam.

    Setelah itu. Para Argonaut bisa mendarat dengan mudah, beristirahat dan mengumpulkan perbekalan. Lalu mereka kembali berlayar dan setelah beberapa lama, nampaklah Gunung Pelion, tempat Jason dibesarkan. Ini berarti Iolcus sudah dekat. Setibanya di pelabuhan, Jason dan Medeia segera menuju Iolcus, sementara para awak kapal Argo lainnya saling berpisah karena misi mendapatkan domba emas telah berhasil.

    Bersambung [until the next update] : “Pembunuhan Pelias dan Akhir perjalanan Jason”
     
    Last edited: Aug 19, 2010
    • Thanks Thanks x 1
  11. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,124 / -0
    Pembunuhan Pelias dan Akhir perjalanan Jason.

    Di Iolcus, Jason mendapat kabar buruk. Ayahnya dikabarkan telah mati karena dipaksa minum racun oleh Pelias, sedangkan Ibunya sangat berduka kemudian bunuh diri karena kematian suaminya. Jason sangat marah, namun tetap memberikan Bulu Domba Emas kepada Pelias sesuai janjinya, yang kemudian digantungkan di kuil Dewa Zeus. Sesudah pertemuannya dengan Pelias, Jason meminta Medeia untuk membantu membalaskan dendam atas kematian orang tua-nya.

    Medeia kemudian mengadakan ritual semalaman, dan pada pagi harinya, sebuah kereta yang ditarik oleh seekor naga telah tersedia di luar rumahnya. Ia kemudian pergi ke gunung Ossa, Pelion, Thris, Pindus dan Olimpus. Setelahnya, ia mengunjungi sungai Apidanos, Enipius dan Pinius mengumpulkan tanaman untuk ramuannya. Ia kemudian menciptakan sebuah ramuan yang dipenuhi oleh kekuatan kehidupan.

    Setelah selesai, Medeia kemudian pergi menemui putri-putri Pelias dan berhasil menipu mereka dengan mengatakan bahwa ia memiliki kekuatan yang bisa membuat ayah mereka kembali muda. Ia kemudian mendemostrasikan kekuatan ramuannya pada seekor domba. Medeia menyembelih seekor domba yang sudah tua, memotong-motong tubuh domba itu, dan memasukannya ke dalam kuali berisi air mendidih yang sudah dicampur dengan ramuannya. Medeia lalu membacakan mantranya. Setelah selesai, Medeia mengangkat domba itu, yang kini telah hidup dan bahkan kembali muda. Domba itu menjadi sangat sehat, tanduknya kuat, bulunya tumbuh lebat dan hewan itu mengembik gembira

    Putri-putri Pelias merasa takjub dan ingin melakukan hal yang sama kepada ayah mereka. Mediea mengajarkan cara melakukan ritual itu, tapi tidak memberikan ramuan yang benar kepada mereka. Ketika Pelias sedang tidur, putri-putrinya kemudian membunuh Pelias, memotong-motong tubuhnya, dan memasukkannya ke dalam kuali yang berisi air mendidih yang sudah dicampur oleh ramuan [palsu] yang diberikan Medeia. Mereka membacakan mantranya dan menunggu. Namun setelah beberapa jam, ayah mereka tidak kunjung keluar, dan ketika air kuali itu kering, nampaklah sosok ayah mereka yang sudah menjadi mayat. Kabar Kematian Pelias tersebar, dan kota pun jadi kacau. sementara putri-putri Pelias hanya bisa meringkuk ketakutan di dekat jenazah ayah mereka. Akastos, putra Pelias, marah dan pada akhirnya mengusir Jason dan Medeia keluar dari Iolcus.

    Setelah Pelias mati, Dewi Hera menjadi sangat puas karena bisa membalas perbuatan Pelias yang telah melakukan pembunuhan di kuil Hera. Demikianlah, petualangan luar biasa yang dilakukan Jason dan para Argonaut sesungguhnya hanyalah bagian dari rencana Hera untuk membunuh Pelias.​


    Jason dan Medeia lalu mengungsi di Korintus [Corinth]. Setelah hidup dengan tenang di Korintus selama 10 tahun, Jason jatuh cinta dan menikah dengan Glauke, Putri Kreon, Raja Korintus. Mengetahui hal ini, Medeia sangat marah. Ia kemudian menyebutkan jasa-jasanya membantu Jason, tapi Jason malah menyalahkan Aphrodite yang telah membuat Medeia jatuh cinta kepadanya. Karena dendam, Medeia memberikan hadiah kepada Glauke, yaitu sebuah gaun yang telah dikutuk. Ketika Glauke memakainya, tubuhnya kemudian terbakar dan tewas. Raja Kreon, ikut terbakar ketika hendak menolong putrinya. Medeia yang sudah kesetanan, kemudian membunuh juga dua orang putranya dari hasil pernikahannya dengan Jason [“because I hated you more than I loved them” Medeia, after kill her own son]. Ia kemudian pergi ke Athena dengan kereta naganya.

    [​IMG]
    Medeia about to kill her Children

    Jason sendiri pada hari tuanya, sering berjalan dipantai melihat-lihat kapal Argo sambil mengenang petualangannya. Pada suatu hari ketika sedang berada di dekat kapal Argo, tiba-tiba tiang penopang layar kapal tersebut patah dan menimpa Jason hingga tewas.
     
    Last edited: Aug 20, 2010
    • Thanks Thanks x 2
  12. Offline

    kasur_empuk Beginner Members

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    wow, mitologi ya. kalau mitologi saya sukanya dewa hades bang. hoho
     
  13. Offline

    teted Silent Reader Members

    Joined:
    May 27, 2009
    Messages:
    182
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +890 / -0
    akhir ramalan buat medeia kek nya terlalu sedih buat diceritain makanya tante nya diem aja ngga mo cerita :hot:
     
  14. Offline

    AlwaysNoob Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 18, 2010
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    Tragis amat itu medeia-nya:suram:
    Pantesan jadi jahat gitu di FSN:ngacir:
     
  15. Offline

    areeavicenna Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +226 / -0
    suka kalo ngBahas soal mitologi yunani...
    penuh fantasi,
    jadi bisa berimajinasi,,,
    :hehe:
     
  16. Offline

    abi110 Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +476 / -0
    betul betul betul, sebenarnya Tantenya Medea (Circe) sama gilanya dengan dia, masa laki2 dianggap "babi/hewan" (dalam arti sebenarnya)
     
  17. Offline

    toruk_makto Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +357 / -0
    Wah selesai juga baca ampe tuntas.. kisah mitologi emang keren2, kadang suka bercampur ama kisah laen sih, termasuk di cerita ini, masih berhubungan ama kisah apel emas dan kisah quest-nya heracles.
    Btw, kejam banget medeia-nya, udah adek sendiri dibunuh, abis itu anaknya sendiri dibunuh.. :jah:
     
  18. Offline

    phunixid Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 6, 2010
    Messages:
    14,038
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,905 / -0
    ada yang mau kutambahkan :

    versi lain
    menyebutkan Medea berhasil membuat tidur Talos
    sehingga kapal Argo bisa berlabuh dan awaknya beristirahat
    lalu Medea mengamati tubuh Talos ketika tertidur untuk mencari kelemahannya
    lalu Medea menemukan kelemahannya berupa sumbat yang kemudian dibuka dan mengakibatkan Talos mati kehabisan darah


    kematian Jason
    sewaktu Jason termenung mengingat kejayaan para Argonauts
    dia tertidur di bawah naungan bayangan kapalnya
    dan lambang kepala Hera yang terdapat pada kapal itu terjatuh dan menimpanya sehingga dia tewas
     
    • Thanks Thanks x 1
  19. Offline

    abi110 Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +476 / -0
    Ha ha aha, wkw kwkw .... lucu habis, ( ups sorry ) mati ketimpa tiang kapal, lagi tidur lagi, dan yang parahnya Hera itu Patron goddess nya Jason. Yang nyelamatin Jason dari bayi dan menjaganya sepanjang perjalanan. Memang Heroes of Greek matinya aneh dan gak Heroic. Hercules terjun ke api setelah merobek dadanya, Achilles mati cuma karena kena panah di ujun kakinya, cuma Odysseus dan Perseus doank yang mati normal ( kali.... ada cerita matinya ga?)
     
  20. Offline

    phunixid Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 6, 2010
    Messages:
    14,038
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,905 / -0
    ralat
    1. Hercules diangkat menjadi dewa di Olympus
    sewaktu dia terjun ke api, apinya hanya membakar bagian mortal warisan dari ibunya
    sementara bagian imortal warisan dari ayahnya tidak bisa terbakar oleh api itu
    dan dia dijemput oleh Zeus dan Hera dari Olympus
    2. Achilles sewaktu bayi dicelup oleh ibunya Tetis ke sungai Styx
    jadi seluruh tubuhnya yang terkena air Styx kebal terhadap senjata
    pengecualian tumit kaki kirinya yang dipegang oleh tangan ibunya
    karena itu tumit kaki kirinya merupakan kelemahannya seumur hidupnya
    sewaktu Paris memanah, panahnya dituntun oleh dewa Apollo tepat mengarah ke tumit kaki kiri Achilles
    itu sebabnya tendon otot di tumit kaki manusia dalam istilah kedokteran disebut tendon Achilles
     
    • Thanks Thanks x 1
  21. Offline

    kampredh Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 11, 2009
    Messages:
    590
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +13 / -0
    wah gokil,
    updateannya panjang banget
    ane baru taunya sampe yg . . .
    eh ane belom tau deng masalah jason,
    tapi kenapa matinya cuma ketimpa tiang kapal???
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.