1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Asian Culture Japanese Martial Art Weapons

Discussion in 'History and Culture' started by fxsatriyo, Sep 18, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    fxsatriyo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +398 / -0
    Dalam ilmu beladiri Jepang, banyak sekali jenis senjata yang digunakan. Senjata-senjata ini banyak yang berasal dari alat pertanian dan alat lain yang pada awalnya tidak digunakan sebagai senjata. Berikut ini adalah beberapa jenis senjata yang banyak digunakan, terutama dalam ilmu bela diri Okinawa Kobudo:

    1. Bo
    Senjata ini kalau di Indonesia biasa disebut toya atau tongkat panjang. Bo biasanya memiliki panjang sekitar 180 cm.
    Bo di Jepang jaman dulu biasa digunakan selain untuk senjata juga sebagai alat pemikul, kurang lebih seperti pedagang asongan di Indonesia. Senjata ini dapat digunakan untuk memukul, menyodok, menangkis serangan lawan, dan menyapu kaki lawan.

    [​IMG]


    2. Jo
    Jo adalah tongkat yang lebih pendek dari Bo. Panjangnya kurang lebih 120 cm. Menurut cerita, Jo diciptakan oleh Muso Gonnosuke setelah ia kalah bertarung melawan pendekar pedang Miyamoto Musashi. Gonnosuke kemudian menciptakan aliran Shinto Muso Ryu yang khusus menggunakan Jo. Karena Jo lebih pendek dari Bo, senjata ini dapat digunakan untuk teknik-teknik dalam pertarungan jarak dekat yang tidak dimungkinkan oleh Bo. Selain dapat digunakan seperti Bo, senjata ini dapat digunakan untuk mengunci, mencekik, dan membanting lawan.

    [​IMG]


    3. Tonfa
    Senjata ini dalam masa sekarang diadaptasi oleh pihak keamanan sebagai tongkat polisi. Bentuknya seperti tongkat pendek dengan pegangan tegak lurus membentuk huruf T, dengan pelindung jari pada pangkal pegangan yang pendek. Menurut cerita, Tonfa diciptakan dari pegangan untuk alat penggilingan beras. Senjata ini juga terdapat dalam ilmu-ilmu beladiri dari Asia Tenggara. Dalam beladiri, digunakan sepasang Tonfa. Tonfa dipegang di bagian yang pendek sehingga bagian tonfa yang panjang melindungi lengan, sehingga dapat digunakan untuk menangkis senjata tajam.

    [​IMG]


    4. Nunchaku
    Senjata ini berupa dua buah tongkat pendek yang dihubungkan oleh rantai atau tali. Nunchaku diyakini berasal dari alat penumbuk beras. Di dunia, senjata ini dipopulerkan oleh aktor dan ahli bela diri legendaris Bruce Lee. Senjata ini dapat digunakan satu atau sepasang. Bagian tongkatnya digunakan untuk memukul dan menyodok, sedangkan bagian rantainya dapat digunakan untuk menangkis senjata lawan dan untuk mengunci dan membanting lawan.

    [​IMG]


    5. Sansetsukon
    Sansetsukon adalah senjata mirip Nunchaku, berupa tiga buah tongkat yang dihubungkan dengan rantai atau tali. Menurut cerita, senjata ini berasal dari China, seorang pendekar bertarung dengan menggunakan tongkat panjang, kemudian tongkat itu patah menjadi 3 bagian. Ia lalu menyambung potongan-potongan tongkatnya sehingga menciptakan senjata baru yang disebut san jie gun (bhs. China untuk Sansetsukon). Sansetsukon dapat digunakan dengan efektif untuk melawan senjata panjang seperti Bo. Senjata ini dapat digunakan untuk memukul, menyodok, mengunci lawan, dan mencambuk.

    [​IMG]


    6. Kama
    Senjata ini berbentuk mirip arit di Indonesia. Kama pada awalnya digunakan sebagai alat pertanian untuk memotong rumput. Dalam ilmu beladiri digunakan sepasang kama.

    [​IMG]

    Variasi lain dari Kama adalah Kusarigama, yaitu sebuah Kama yang dihubungkan dengan rantai dengan ujung bola besi. Kusarigama memiliki jangkauan yang jauh dan sulit untuk dikuasai. Umumnya senjata ini digunakan dengan cara memutar-mutar lalu melemparkan rantainya untuk menangkap lawan lalu menyerangya dengan Kama.

    [​IMG]


    7. Sai
    Di Indonesia, Sai sering disebut trisula. Bentuknya mirip garpu berujung tiga dengan ujung bagian tengah lebih panjang dari dua ujung yang lain. Pada bagian pangkal terdapat bagian yang menonjol. Ada dugaan Sai berasal dari Indonesia atau negara Asia Tenggara lainnya sebelum masuk ke Jepang. Sai dapat digunakan untuk menangkis senjata tajam. Dengan memegangnya secara terbalik, bagian pangkal sai dapat digunakan untuk memukul lawan. Dalam bela diri digunakan dua buah atau tiga buah sai. Sai ketiga dapat digunakan dengan cara melemparkannya ke arah lawan.
    Senjata lain yang memiliki kemiripan dengan sai adalah Jutte. Senjata ini mirip sai namun hanya memiliki dua ujung yang tumpul, dan digunakan untuk memukul atau mengunci lawan.

    [​IMG]


    8. Tekko
    Tekko atau knuckleduster adalah senjata yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan pukulan tangan kosong. Pada bagian tinju terdapat ujung yang menonjol. Menurut cerita senjata ini berasal dari sepatu/pijakan kuda. Tekko digunakan untuk menyerang bagian tubuh yang bertulang, seperti pergelangan, rusuk, dan bahu, juga untuk menyerang titik-titik saraf pada tubuh.

    [​IMG]

    Tekko kagi:
    [​IMG]


    9. Kuwa
    Seperti banyak senjata lainnya yang berasal dari alat pertanian, Kuwa merupakan senjata yang berbentuk cangkul. Senjata ini banyak digunakan petani Jepang jaman dulu.

    [​IMG]


    10. Eku
    Eku adalah senjata yang berbentuk dayung perahu. Senjata ini banyak digunakan nelayan Jepang jaman dulu. Eku dapat digunakan untuk menyerang dan melemparkan pasir ke mata lawan.

    [​IMG]


    UPDATE-----------------------------------------------------------------------------------

    Berikut ini beberapa senjata yang digunakan oleh kaum samurai dan ninja:

    11. Katana
    Siapa yang tidak kenal katana. Katana adalah pedang Jepang yang bermata satu dan berbentuk agak melengkung. Di Indonesia banyak yang salah kaprah menyebut katana sebagai pedang samurai, padahal samurai adalah sebutan untuk ksatria yang menggunakan pedang tersebut.
    Katana sangat tajam dan merupakan salah satu jenis pedang terbaik di dunia. Kegunaan utamanya adalah untuk menebas/memotong. Ilmu bela diri yang menggunakan katana antara lain battojutsu, iaido, dan kenjutsu.
    Katana dibuat dengan cara menggabungkan selapis besi yang keras dan mengandung banyak karbon dengan selapis besi yang lebih lunak dan mengandung sedikit karbon, lalu menempa dan melipat potongan besi tersebut. Proses ini dilakukan berkali-kali sehingga hasil akhirnya adalah pedang dengan banyak lapisan besi di dalamnya, sehingga menghasilkan pedang yang kokoh namun cukup fleksibel dan tidak mudah tumpul.
    Terdapat banyak jenis katana, yang bervariasi dari panjangnya dan konstruksinya. Beberapa di antaranya adalah:

    [​IMG]

    [​IMG]
    Tiga jenis katana, dari atas ke bawah: Katana, Wakizashi, Tanto

    [​IMG]
    Shikomizue, pedang yang berbentuk tongkat jika disarungkan.

    [​IMG]
    Nodachi, pedang untuk melawan penunggang kuda

    [​IMG]
    Odachi

    [​IMG]
    Ninjato/Shinobigatana, pedang yang digunakan para ninja


    12. Naginata
    Naginata adalah senjata panjang yang berbentuk tongkat panjang dengan pedang di ujungnya.
    Senjata ini umumnya digunakan oleh samurai dan sering digunakan oleh kaum wanita. Senjata ini sangat efektif digunakan untuk melawan penunggang kuda. Ilmu beladiri yang menggunakan naginata disebut naginatajutsu.

    [​IMG] [​IMG]

    Senjata yang mirip naginata, namun berbeda dalam penggunaan maupun konstruksinya adalah nagamaki.

    [​IMG]


    13. Tessen
    Tessen adalah senjata yang berbentuk kipas yang terbuat dari besi. Ilmu beladiri yang menggunakan Tessen disebut tessenjutsu.

    [​IMG]


    14. Yari
    Yari adalah tombak yang digunakan di Jepang. Ilmu beladiri yang menggunakan yari disebut sojutsu.

    [​IMG]


    15. Yumi
    Yumi adalah busur panjang. Senjata ini banyak digunakan oleh para samurai untuk menyerang jarak jauh.
    Sampai dengan hari ini yumi masih banyak digunakan dalam olah raga yang disebut kyudo/panahan.

    [​IMG]


    16. Kunai
    Kunai yang digunakan oleh ninja di dunia nyata sangat berbeda dengan kunai di cerita fiksi seperti Naruto.
    Kunai adalah alat yang tumpul sisinya namun tajam ujungnya. Alat ini digunakan untuk melubangi/mencongkel dinding, memanjat dinding, dan jarang digunakan sebagai senjata untuk menusuk atau dilemparkan.

    [​IMG]


    17. Shuriken
    Shuriken adalah senjata lempar yang digunakan oleh ninja. Senjata ini kadang-kadang juga digunakan untuk menebas dan menikam. Ilmu beladiri yang menggunakan shuriken adalah shurikenjutsu. Terdapat berbagai jenis shuriken, tidak hanya berbentuk bintang saja.

    [​IMG] [​IMG] [​IMG]
     
    Last edited by a moderator: Jul 9, 2012
    • Like Like x 8
    • Thanks Thanks x 5
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    n_iz_are Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    1,373
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,978 / -0
    keren...
    Senjata"Bo" panjangny sama kek manusia....

    trus yg "tekko kagi" kek senjatany wolverine....
     
    Last edited by a moderator: Oct 4, 2009
    • Like Like x 1
  4. Offline

    midas Members

    Joined:
    Sep 18, 2009
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    makin kebawah kok snjatanya jdi aneh2....
    mana d lagi pacul.,,wkekekekke ebat :haha:
     
  5. Offline

    cblue Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 18, 2009
    Messages:
    398
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +48 / -0
    Thx infonya...syg gw pny limit utk bagi2 GRP...
    mohon diupdate juga tuh senjata Rahasianya sekalian, misal bintang, belati dll...yg gw tak tahu namanya...terutama yg dipake oelh para Ninja...
     
  6. Offline

    zekusion Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2008
    Messages:
    15,085
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +37,966 / -0
    ohohohooho nice info :top:
    koq kunai ga termasuk??
    shuriken jg tuh :p
    trus pedang bambu nya kendo jg.. knp ga termasuk???
     
  7. Offline

    fxsatriyo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +398 / -0
    Senjata ninja untuk update selanjutnya bro, soalnya sy lagi research tentang senjata2 dari Jepun. Sabar ya..
     
  8. Offline

    fxsatriyo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +398 / -0
    Nanti bro, sy masukin. Untuk sekarang senjata2 Okinawan Kobudo dulu.
     
  9. Offline

    g9_vamps Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    662
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +57,426 / -0
    Katana yang sebagai senjata ciri khas Jepun juga masukin gan :top:
     
  10. Offline

    kazzel Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    701
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +249 / -0
    Ternyata sejarah senjata dari pertanian bukan dari peperangan:lol:, senjata Pat Kay apa namanya?
     
  11. Offline

    fxsatriyo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +398 / -0
    Untuk Okinawa Kobudo senjatanya memang dari alat pertanian, soalnya pas jaman dulu di Okinawa, senjata tajam seperti pedang dan pisau dilarang oleh pemerintah, jadinya masyarakat jadi "kreatif" lalu menciptakan senjata2 itu.
     
  12. Offline

    dmanska Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 9, 2008
    Messages:
    400
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +113 / -0
    ternyata nama pedang kayu yang dipake wat kendo tuh namanya Jo ya???nice post bro
     
  13. Offline

    zhenzhaa Silent Reader Members

    Joined:
    May 24, 2009
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    sensetsukon

    wiw gimana tuh make nya

    kyk tongkat cuman di bagi tiga.... keren
     
  14. Offline

    fxsatriyo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +398 / -0
    Kalo pedang untuk kendo itu namanya bokken/shinai bro, kalo yg di foto itu yang pegang jo orang di sebelah kiri.
     
  15. Offline

    fxsatriyo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +398 / -0
    Cara pakenya lihat filmnya Jet Li yg judulnya "Fearless" bro, di adegan fight yg terakhir.
     
  16. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,695 / -0
    9. Kuwa

    itu kuwa memang cangkul kan :swt:
    banyak dari alat sipil yah
     
  17. Offline

    boku Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,865 / -0
    tonfa bukannya dr China yh :???:
     
  18. Offline

    hyde666 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 2, 2009
    Messages:
    3,906
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +231,307 / -0
    [​IMG]

    wakakaka lucu bro, senjata yg ini..bingung gmna cara gunainnya..xixixi
     
  19. Offline

    senorsmith Beginner Members

    Joined:
    Sep 8, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +198 / -0
    wah yang kocak tuh no. 9 ada cangkul juga jadi senjata...:haha:
     
  20. Offline

    natsuki Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    703
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +247 / -0
    :lol: pacul ama arit juga masuk

    oh ya klo bisa masukin juga senjata2 ninja kayak shuriken ato kunai gitu
     
  21. Offline

    vravae Beginner Members

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    202
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +17 / -0
    yg pacul itu emg senjata ato ada org yg kbtulan petani n dia ga pny senjata laen??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.