1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Jamkesmas diganti askes

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by GORI, Feb 21, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    GORI Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 6, 2010
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,267 / -0
    seandainya ini repost n salah tempat.. di delete ajah.. gpp.. ikhlas..
    niat ane hanya mo berbagi informasi ajah.....

    tadi siang ane baru dapet berita dari reporter di tmpt ane bekerja... topiknya tentang jamkesmas yang diganti oleh pemerintah dgn askes...



    MANTAN MENTERI KESEHATAN/ SITI FADILAH SUPARI KECEWA/ KARENA PROGAM JAMKESMAS YANG DIA LAHIRKAN/ TIDAK BERJALAN SESUAI ATURAN// KEKECEWAAN ITU DIUNGKAPKAN SITI/ DALAM KONFERENSI PERS DI WISMA AKSI/ DALAM ACARA MUKERWIL DEWAN KESEHATAN RAKYAT/ PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG/ KAMIS SEBELAS FEBRUARI LALU//

    MANTAN MENTERI KESEHATAN SITI FADILAH SUPARI/ YANG SEKARANG MENJABAT DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN/ UNTUK MASALAH KESEHATAN MENGUNGKAPKAN KEKECEWAANNYA/ DIHADAPAN INSAN PERS KEPULAUAN BANGKA BELITUNG//

    DIKATAKAN SITI FADILAH/ PROGAM JAMKESMAS-JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT/ YANG DIA GAGAS/ TIDAK BERJALAN LAGI SESUAI ATURAN/ YANG MEMIHAK MASYARAKAT MISKIN// PIHAKNYA MENGUNGKAPKAN BAHWA/ SEHARUSNYA PROGAM JAMKESMAS INI BISA MEMBANTU MASYARAKAT MISKIN SERATUS PERSEN GRATIS/ JIKA BEROBAT DI RUMAH SAKIT PEMERINTAH//

    NAMUN/ KENYATAANNYA MASIH BANYAK PUNGUTAN/ YANG DIKENAKAN KEPADA PASIEN YANG SUDAH MEMPUNYAI JAMKESMAS// APALAGI SETELAH DIRINYA LENGSER DARI MENTERI KESEHATAN/ ADA PERATURAN PEMERINTAH YANG BARU/ TENTANG JAMINAN KESEHATAN UNTUK MASYARAKAT MISKIN// MASYARAKAT MISKIN AKAN DIJAMIN DENGAN ASURANSI DAN BUKAN JAMKESMAS LAGI//

    SITI JUGA MENAMBAHKAN/ BISA DIPASTIKAN JIKA KEBIJAKAN INI BERJALAN/ AKAN MEMBUAT LEBIH RUMIT UNTUK MENANGANI MASALAH KESEHATAN// MENURUTNYA/ TIDAK PERLU LAGI PEMERINTAH MEMBERIKAN ANGGARAN KESEHATAN KEPADA PIHAK KETIGA ATAU ASURANSI/ CUKUP DINAS KESEHATAN SAJA YANG MENANGANI/ HANYA SAJA DALAM PELAKSANAANNYA/ PERLU PENGAWASAN DAN EVALUASI YANG KETAT// HAL INI PERLU DILAKUKAN AGAR TIDAK TERJADI PENYALAHGUNAAN ANGGARAN//


    dan saat ini, RUU askeskin saat ini sedang dalam tahap penggodokan oleh pemerintah.... dan rencananya pemerintah akan menyerahkan pelaksanaan akseskin ini kepada pihak ketiga.... minta tanggapannya bro n sis semua....


    :ngupil2:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Cybersemox Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 31, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +634 / -0
    iye katanya ada yg gosipnye untuk jamkesnas untuk rokok dicabut ye???.
    betulkah itu?
     
  4. Offline

    kidjaisy Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    yg paling penting...
    pihak ketiga yg berwenang harus lebih amanah...
    biar smua masyarakat bisa percaya...

    :piss::piss::piss:
     
  5. Offline

    GORI Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 6, 2010
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,267 / -0
    Ideologi krakyatan yang berpihak pada rakyat banyak, di bidang kesehatan, besar kemungkinan tergilas dengan datangnya ideologi Neolib di bidang ini. Pernyataan itu ditegaskan Mantan Menteri Kesehatan (Menkes), Siti Fadilah Supari. Ia memprotes rencana kebijakan pemerintah, dalam hal ini, Menkes Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II, Endang Rahayu Sedyaningsih merubah program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) menjadi Jaminan Sosial Nasional (Jamsosnas).

    Menurut Siti , semasa dirinya menjadi Menkes KIB Jilid I, program Jamkesmas itu diciptakan, sebagai bukti pelaksaaan kewajiban pemerintah melayani rakyatnya di bidang kesehatan agar rakyat miskin gratis berobat. Akan tetapi, program tersebut, tidak bisa diterima kaum neolib.

    “Saya khawatir, kalau perubahan Jamkesmas tersebut menjadi Jamsosnas, cara berkelit pemerintah untuk tidak berpihak kepada kepentingan rakyat lagi. Akan tetapi, kalau program Jamsosnas masih berpihak kepada rakyat, buktikan,” tantang Siti yang juga Ketua Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) di rumah pribadinya, di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur.

    Ia mewanti-wanti, agar jangan sampai ada rakyat miskin yang meninggal dan terlantar, hanya karena tidak punya uang untuk berobat. “Jika program Jamkesmas itu benar-benar dirubah menjadi Jamsosnas, apalagi pengelolaannya melalui asuransi, di mana masyarakat, bakal dikenai biaya Rp 10 ribu pertahun. Jangan salah, uang senilai itu cukup besar bagi rakyat miskin. Kalau nanti untuk mengurus Jamsosnas perlu bayar, saya khawatir di lapangan harganya bisa bergeser, karena ada penetapan harga tidak gratis,” kritik Siti.

    Sebelumnya, Endang mengungkapkan, bahwa perubahan Jamkesmas tersebut, seiiring UU No.40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). “Dalam kurun waktu lima tahun ini, peraturan tersebut akan berubah menjadi Jaminan Sosial Nasional. Berubah seperti yang digariskan UU,” kata Endang di sela-sela peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Jakarta, baru-baru ini.

    Namun, lanjut Siti, kalau sampai Jamkesmas diganti dengan asuransi, saya ingin ucapkan selamat tinggal ideologi kerakyatan, selamat datang neolib di Indonesia.

    Selain itu, ada kabar, bahwa harga obat generik mau dinaikkan pada tahun 2010. Kalau harga obat generik ditetapkan pemerintah, sebaiknya pemerintah berpikir dua kali untuk menaikkan harga obat itu. “Saat saya jadi menteri, saya malah menurunkan harga kok,” tandas Siti.

    Sumber: Rakyat Merdeka Online, 24 Desember 2009
     
  6. Offline

    GORI Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 6, 2010
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,267 / -0
    liat ini juga bro...

    JAMKESMAS DIGANTI ASURANSI ; Tak Akan Lindungi Rakyat Kecil
    November 16, 2009 Kedaulatan Rakyat

    YOGYA (KR) – Rencana perubahan jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) menjadi asuransi dikhawatirkan tidak akan melindungi rakyat kecil. Apalagi konsekuensi dari sistem asuransi tersebut harus ada iuran biaya dan tidak semua penyakit bisa tertangani.

    Demikian disampaikan mantan Menteri Kesehatan RI periode 2004-2009, Dr dr Siti Fadilah Supari SpJP (K) dalam Musyawarah Kerja Nasional Khusus (Mukernasus) Dewan Kesehatan Rakyat (DKR), Minggu (15/11) di Hotel Sargede. Kegiatan ini diikuti 250 peserta dari 15 propinsi se-Indonesia. Dalam kesempatan itu, Siti Fadilah Supari juga didaulat menjadi Ketua Umum DKR.
    “Jamkesmas dengan anggaran Rp 5,8 Triliun dititipkan kas negara sehingga tidak bisa diuthik-uthik agar bisa disalurkan langsung ke masyarakat. Rumah sakit (RS) yang belum melayani warga miskin (gakin) belum berhak mendapatkan sedangkan RS yang sudah mengobati gakin bisa mengajukan klaim dan uang langsung dikucurkan ke rekening rumah sakit,” ucapnya.
    Namun dengan sistem asuransi anggaran Rp 5,8 Triliun dari APBN akan meluncur ke perusahaan asuransi nantinya perusahaan tersebut yang akan mengatur pengucurannya ke rumah sakit. Sistem asuransi juga tidak melindungi rakyat kecil tapi hanya mengurangi resiko orang yang sudah sehat. Karena, asuransi berdasarkan resiko sementara Jamkesmas berdasar hak rakyat.
    “Kalau diubah menjadi asuransi kasihan rakyat kecil karena konsekuensinya harus ada iuran biaya. Tidak semua penyakit juga bisa tercaver, kalau dulu orang gila pun tercaver Jamkesmas,” tandas Siti.
    Menurut Siti Fadilah, dengan sistem asuransi ada orang-orang yang mendapatkan untung dan komisi. Oleh karena itu, ia bersama DKR akan terus mengawal rakyat untuk mendapatkan hak-haknya di bidang kesehatan dan kemanusiaan. Karena selama ini rakyat sering dijadikan objek bukan subjek.
    “Kesehatan merupakan nilai utama dari manusia paribasane kalau orang itu sehat nyangkul pun bisa makan. Kalau kesehatan dinomor kesekiankan maka akan celaka. Sangat mudah untuk melemahkan suatu bangsa cukup dengan melemahkan kesehatan warganya. Kalau kesehatannya terpuruk seseorang itu tidak akan punya kekuatan,” imbuhnya.
     
  7. Offline

    kidjaisy Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    emang tu...

    seharusnya mereka lebih memikirkan kesehatan....

    kira2...
    knp ya maslah kesehatan disusahin gini...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.