1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Historical Places Jam Gadang Bukittinggi

Discussion in 'Indonesian History' started by molenjawa, Jun 3, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    molenjawa Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 28, 2010
    Messages:
    2,227
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,700 / -0
    [​IMG]

    Jam Gadang adalah landmark kota Bukittinggi dan provinsi Sumatra Barat di Indonesia. Simbol khas Sumatera Barat ini pun memiliki cerita dan keunikan karena usianya yang sudah puluhan tahun. Jam Gadang dibangun pada tahun 1926 oleh arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh. Peletakan batu pertama jam ini dilakukan putra pertama Rook Maker yang saat itu masih berumur 6 tahun. Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur (Sekretaris Kota).

    Simbol khas Bukittinggi dan Sumatera Barat ini memiliki cerita dan keunikan dalam perjalanan sejarahnya. Hal tersebut dapat ditelusuri dari ornamen pada Jam Gadang. Pada masa penjajahan Belanda, ornamen jam ini berbentuk bulat dan di atasnya berdiri patung ayam jantan.

    Pada masa penjajahan Jepang , ornamen jam berubah menjadi klenteng. Sedangkan pada masa setelah kemerdekaan, bentuknya ornamennya kembali berubah dengan bentuk gonjong rumah adat Minangkabau .

    Angka-angka pada jam tersebut juga memiliki keunikan. Angka empat pada angka Romawi biasanya tertulis dengan IV, namun di Jam Gadang tertera dengan IIII.

    Dari menara Jam Gadang, para wisatawan bisa melihat panorama kota Bukittinggi yang terdiri dari bukit, lembah dan bangunan berjejer di tengah kota yang sayang untuk dilewatkan.

    Saat dibangun biaya seluruhnya mencapai 3.000 Gulden dengan penyesuaian dan renovasi dari waktu ke waktu. Saat jaman Belanda dan pertama kali dibangun atapnya berbentuk bulat dan diatasnya berdiri patung ayam jantan.

    Sedangkan saat masa jepang berubah lagi dengan berbentuk klenteng dan ketika Indonesia Merdeka berubah menjadi rumah adat Minangkabau.

    Setiap hari ratusan warga berusaha di lokasi Jam Gadang. Ada yang menjadi fotografer amatiran, ada yang berjualan balon, bahkan mencari muatan oto (kendaraan umum) untuk dibawa ke lokasi wisata lainnya di Bukittinggi.

    “Jam Gadang ini selalu membawa berkah buat kami yang tiap hari bekerja sebagai tukang foto dan penjual balon di sini. Itu sebabnya jam ini menjadi jam kebesaran warga Minang,” ujar Afrizal, salah seorang tukang potret amatir di sekitar Jam Gadang.

    Untuk mencapai lokasi ini, para wisatawan dapat menggunakan jalur darat. Dari kota Padang ke Bukittinggi, perjalanan dapat ditempuh selama lebih kurang 2 jam perjalanan menggunakan angkutan umum. Setelah sampai di kota Bukittinggi, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kota ke lokasi Jam Gadang.

    Lebih Jauh Tentang Jam Gadang:
    Sepintas, mungkin tidak ada keanehan pada bangunan jam setinggi 26 meter tersebut. Apalagi jika diperhatikan bentuknya, karena Jam Gadang hanya berwujud bulat dengan diameter 80 sentimeter, di topang basement

    dasar seukuran 13 x 4 meter, ibarat sebuah tugu atau monumen. Oleh karena ukuran jam yang lain dari kebiasaan ini, maka sangat cocok dengan sebutan Jam Gadang yang berarti jam besar.

    Bahkan tidak ada hal yang aneh ketika melihat angka Romawi di Jam Gadang. Tapi coba lebih teliti lagi pada angka Romawi keempat. Terlihat ada sesuatu yang tampaknya menyimpang dari pakem. Mestinya, menulis angka Romawi empat dengan simbol IV. Tapi di Jam Gadang malah dibuat menjadi angka satu yang berjajar empat buah (IIII). Penulisan yang diluar patron angka romawi tersebut hingga saat ini masih diliputi misteri.

    Tapi uniknya, keganjilan pada penulisan angka tersebut malah membuat Jam Gadang menjadi lebih “menantang” dan menggugah tanda tanya setiap orang yang (kebetulan) mengetahuinya dan memperhatikannya. Bahkan uniknya lagi, kadang muncul pertanyaan apakah ini sebuah patron lama dan kuno atau kesalahan serta atau atau yang lainnya.

    Dari beragam informasi ditengah masyarakat, angka empat aneh tersebut ada yang mengartikan sebagai penunjuk jumlah korban yang menjadi tumbal ketika pembangunan. Atau ada pula yang mengartikan, empat orang tukang pekerja bangunan pembuatan Jam Gadang meninggal setelah jam tersebut selesai. Masuk akal juga, karena jam tersebut diantaranya dibuat dari bahan semen putih dicampur putih telur.

    Jika dikaji apabila terdapat kesalahan membuat angka IV, tentu masih ada kemungkinan dari deretan daftar misteri. Tapi setidaknya hal ini tampaknya perlu dikesampingkan.

    Sebagai jam hadiah dari Ratu Belanda kepada controleur (sekretaris kota), dan dibuat ahli jam negeri Paman Sam Amerika, kemungkinan kekeliruan sangat kecil. Tapi biarkan saja misteri tersebut dengan berbagai kerahasiaannya.

    Namun yang patut diketahui lagi, mesin Jam Gadang diyakini juga hanya ada dua di dunia. Kembarannya tentu saja yang saat ini terpasang di Big Ben, Inggris. Mesin yang bekerja secara manual tersebut oleh pembuatnya, Forman (seorang bangsawan terkenal) diberi nama Brixlion.

    Sekarang balik lagi ke angka Romawi empat, apakah pembuatan angka empat yang aneh itu disengaja oleh pembuatnya, juga tidak ada yang tahu. Tapi yang juga patut dicatat, bahwa Jam Gadang ini peletakan batu pertamanya dilakukan oleh seorang anak berusia enam tahun, putra pertama Rook Maker yang menjabat controleur Belanda di Bukittinggi ketika itu.

    Ketika masih dalam masa penjajahan Belanda, bagian puncak Jam Gadang terpasang dengan megahnya patung seekor ayam jantan. Namun saat Belanda kalah dan terjadi pergantian kolonialis di Indonesia kepada Jepang, bagian atas tersebut diganti dengan bentuk klenteng. Lebih jauh lagi ketika masa kemerdekaan, bagian atas klenteng diturunkan diganti gaya atap bagonjong rumah adat Minangkabau.

    sumber

    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]

    mohon maaf kalo [​IMG]
    klo berkenan bagi cendol donk.. [​IMG] [​IMG]

     
    Last edited: Jun 4, 2010
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    schunichi Beginner Members

    Joined:
    Mar 3, 2010
    Messages:
    265
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +4,860 / -0
    mgkn gara2 dulu dari SD sampe SMA gw ampir tiap hari ngeliat jam ini jadi berasa kayak hal yang biasa. bukan bangunan bersejarah jadinya gw juga gak begitu tau gmn sejarahnya atau cerita2 dibalik bangunan ini..
    :niceinfo:
    gw kangen pulang... udah berapa taun ya.. :???: 8thn?? :matabelo::terharu:
     
  4. Offline

    rakun Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    3,084
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +877 / -0
    bahwa Jam Gadang ini peletakan batu pertamanya dilakukan oleh seorang anak berusia enam tahun, putra pertama Rook Maker yang menjabat controleur Belanda di Bukittinggi ketika itu.


    ni keren, kira2 dia tau ga klo itu moment penting bg dia ^^
     
  5. Offline

    blackhole150191 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 10, 2009
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +76 / -0
    Jadi, setelah ngalor-ngidul, sumber angka 4 romawinya masih jadi misteri?

    Jadi tujuan dari judul "Misteri Angka 4 Romawi"nya salah sasaran dong :swt:
     
  6. Offline

    Kazesimi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 19, 2010
    Messages:
    733
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +526 / -0
    iya dari kecil liat jam ituh jadi makanan mata sehari" :lol:
     
  7. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,421
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,702 / -8
    sayang banget ane belom sempet liat jam gadang... :sedih:

    jadi penasaran tuh ma jam...
     
  8. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,691
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,802 / -1
    datang aja ke padang trus ke bukit tinggi cma bth 2-3jam kok :top: naik mobil pribadi tapinya :haha: itu da ngebut klo mo santai2 4-6jam sampe kok dan1 lgi 2waktu tsb pas lgi gk macet ya :haha:
     
  9. Offline

    rozaq Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    576
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,345 / -0
    saya pernah melihat jam dengan angka romawi seperti itu...
    peninggalan belanda...

    tepatnya kalau tidak salah ingat ada di stasiun kota jakarta...
    penulisan angka 4 bukan IV tapi IIII...
    saya juga pernah berfikir, mungkin saja itu memang disengaja karena pada saat itu masih menggunakan angka romawi kuno, dan belum mengalami modernisasi..
    (emang ada yah romawi kuno? bukannya romawi udah kuno?)

    soalnya kan kalau angka 4 dalam romawi sekarang = IV yang berarti angka 5 kalau ke kiri berarti - dan kalau ke kanan menjadi + maka angka 4 = IV yang artinya 5 - 1 dan angka 6 = VI yang artinya 5 + 1...

    kira2 begitu hemat saya..
     
  10. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,691
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,802 / -1
    wew jgn2 klo emang ada yg lain artinya emang kesengajaan belanda :kaget:
     
  11. Offline

    rozaq Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    576
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,345 / -0
    uhm mungkin seperti itu gan...
    tapi saya juga kurang seberapa tahu...

    saya juga kaget sewaktu di stasiun kota, ngeliat jam peninggalan belanda yang angka 4nya IIII...
    kalau gak salah ada sekitar 2 jam besar di stasiun kota yang angka romawinya itu IIII bukan IV...

    mungkin bukan belandanya yang sengaja, tapi eropa...
    kan jam itu berasal dari eropa yang mempunyai pola sama dengan big bang...
    lagipula dulu kan belanda serumpun sama inggris...
     
  12. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,691
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,802 / -1
    bkn serumpun tp sekutu :hammer: masuk allies tuh belanda....tpi big bang aja iv bkan iiii =="
    keknya kesengajaan belanda nih mngkin ad hub ama misteri pulau hartanya voc ....:hehe:
     
  13. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,691
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,802 / -1
    sry dopost silakan didelete
     
  14. Offline

    rozaq Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    576
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,345 / -0
    yah maksudnya serumpun mah itu alliances...
    (salah persepsi kali yah)

    wah kagak tahu lagi kalau gitu, mungkin aja kalau yang di big bang itu angka 4 yang semula IIII direvisi jadi IV?
    pulau harta VOC? ada tha gan? baru denger...
     
  15. Offline

    norus_rei Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 26, 2009
    Messages:
    432
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +69 / -0
    ijin nyimak dulu..kebetulan teman ane ada yang rumahnya di bukittinggi
     
  16. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,691
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,802 / -1
    cma gossip harta voc :haha: kan ktnya perusahaan dagang yg sangat2 besar bhkan trmsuk yg terbesar di eropa msa bsa ancur gitu aja dlm 1x krisis jdi ad yg blg di suatu pulau disembunyiin harta harta nya oleh si gubernur jendral :haha:
     
  17. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,691
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,802 / -1
    sry dah dopost lgi net gk btul :hammer: silakan didelete :maaf:
     
    Last edited: Aug 8, 2010
  18. Offline

    rozaq Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    576
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,345 / -0
    uhm jadi begitu...
    kemarin juga search di IDWS + guugling...
    katanya ada pulau yang diindikasi tempat nyembunyiin harta...
    ditemuin emas, koin, patung, dkk...

    wah kagak tahu deh,,,,
    bingung jugag...
    :dead:
     
  19. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,691
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,802 / -1
    sama :dead: biarlah para arkeolog sama ahli sejarah yg mecahin....bdw dgr kbr tuh pulau harta ktnya bsa lunasi smua utang negara loh....bahkan berlebih dan dpt bwt negara kta makmur gitu kta mitos :pusing:
     
  20. Offline

    am4terazu Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,631
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,766 / -0
    wew..
    iya yah..
    koq kayak teka-teki di national treasure az..
    harta karun peninggalan belanda... :hahai:
     
  21. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,691
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,802 / -1
    kan emang bnyk ktnya harta2 indonesia dri zaman kuno dlo sampe kedatangan belanda sampai harta soekarno yang katanya bisa sampai berpuluh puluh pulau hartanya :yareyare:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.