1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Animal INILAH Keunikan Letak Mata Hewan dan Kegunaannya

Discussion in 'Random Images' started by onishoushi, Oct 7, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    onishoushi Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +245 / -0
    Mata gunanya untuk melihat. Tapi tahukah Anda bahwa ada binatang yang sama sekali tidak mempunyai mata dan sebaliknya ada binatang yang matanya sampai delapan buah?

    Tuhan telah mengaturnya. Mata makhluk ciptaannya itu disesuaikan dengan kegunaannya. Oleh karena itu kemampuan dan penempatannya disesuaikan dengan kebutuhannya.

    Ada yang diciptakan-Nya untuk malam hari ada yang untuk siang hari atau untuk kedua-duanya. Ada yang untuk keperluan penyerangan atau sebaliknya ada yang untuk membela diri. Masing-masing itu memiliki kekurangan dan kelebihannya.

    Bajing / Tupai
    Mata Bajing atau Tupai terdapat di kedua sisi kepalanya, dan berada pada kedua pipi-pipinya yang bentuknya melandai ke depan dan menyerupai kerucut. Dengan demikian ia memiliki pandangan yang tajam ke arah depan.

    [​IMG]

    Akan tetapi letak mata itu cukup dekat dengan pangkal kepalanya sehingga melalui kepalanya itu sambil lari memanjat pohon ia dapat melihat melalui punggungnya apakah ada yang mengejar atau tidak.

    Atau sambil lari di atas tanah ia dapat melihat ke atas untuk mengawasi burung elang yang mengejarnya. Akan tetapi disamping kelebihannya itu ia mempunyai kelemahan yaitu tidak dapat melihat dengan mudah ke arah samping.


    Burung Elang

    [​IMG]

    Mata burung Elang memiliki ketajaman penglihatan yang luar biasa untuk berburu. Ia dapat melihat seekor kelinci yang melompat-lompat diantara semak-semak ribuan kaki di bawahnya.

    Kelinci

    [​IMG]

    Akan tetapi si kelinci yang diburu itu memiliki mata di kedua belah kepalanya yang tempatnya sedemikian rupa sehingga dapat melihat elang yang memburunya dan yang sedang menukik untuk menyambarnya. Sekarang tinggal binatang yang mana yang beruntung.


    Burung Hantu
    Burung Hantu memiliki mata yang letaknya tidak seperti mata burung pada umumnya yaitu di kiri kanan kepala, akan tetapi di bagian depan mukanya. Penglihatannya sangat tajam dan dapat mengamati mangsanya dengan jelas dalam keredupan maupun dalam kegelapan malam.

    [​IMG]

    Akan tetapi untuk menentukan tempat mangsanya ia lebih mengutamakan pendengarannya. Ia dapat menentukan dengan tepat posisi tikus dari suara dedaunan yang terusik oleh gerakan tikus mangsanya itu.

    Burung hantu sebagai pemburu pada malam hari memiliki mata yang besar sekali, sedemikian besarnya sehingga bola matanya tidak dapat digerakkan di dalam rongga matanya itu.

    Untuk menengok ke samping ia harus memutarkan lehernya dan ia dapat melakukannya sampai menengok ke belakang sekalipun. Selain dari pada itu matanya itu tajam sekali sehingga di dalam cahaya redup, dimana mata manusia tidak dapat malihat apapun, ia dapat menemukan mangsanya.


    Burung Robin
    Burung Robin, sejenis burung Murai yamg ada di Eropa tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas yang berada beberapa cm di depannya. Agar dapat medilihat jelas, mangsanya itu harus berada pada jarak yang agak jauh.

    [​IMG]

    Untuk dapat melihat mangsanya, misalnya seekor cacing, ia berdiri tegak dan menggerakkan kepalanya ke arah belakang, sehingga matanya itu ada pada jarak “dapat melihat”.

    Rupanya seperti orang yang rabun dekat, untuk melihat benda dengan jelas (misalnya untuk dapat membaca) orang rabun dekat itu harus menjauhkan benda itu beberapa cm dari padanya.


    Kucing
    Kucing adalah binatang piaraan yang sangat kita gemari. Ia termasuk binatang “noctural” yaitu binatang yang memburu mangsanya baik pada siang hari maupun pada malam hari.

    [​IMG]

    Oleh karena itu mata kucing bisa menyesuaikan diri baik untuk siang hari maupun untuk malam hari. Biji matanya (pupil) tidak bundar sebagaimana kebanyakan binatang- lainnya, melainkan lonjong (oval). Pada malam hari bentuk yang lonjong itu terbuka melebar sedang pada cahaya yang kuat atau terang mengecil sampai menjadi bentuk celah.

    Mata seekor kucing akan berpijar (seperti menyala) bila disoroti cahaya lampu yang kuat, karena dibagian belakang matanya itu terdapat lapisan selaput yang bekerja seperti cermin yang memantulkan kembali cahaya yang mengenainya. Selain daripada itu didalam matanya itu terdapat sel-sel yang sangat peka terhadap cahaya yang redup. Akan tetapi sel-sel itu tidak dapat membedakan warna alias buta warna.


    Ikan
    Kedua mata kita itu merupakan suatu kesatuan, melirik bersama-sama ke arah yang sama dan melihat benda yang sama pula. Demikian pula pada mamalia dan burung. Akan tetapi tidak demikian halnya pada ikan, terutama ikan yang pipih, yang matanya itu terdapat di kiri dan kanan kepalanya.

    [​IMG]

    Pada kelompok ikan (demikian juga pada bunglon) kedua mataya itu bekerja masing-masing dengan bebas, tidak tergantung satu sama lain, misalnya mata kiri mengarah ke depan sedang mata kanan mengarah ke belakang.

    Dengan demikian penglihatannya itu dapat mencakup jarak dan daerah pandang yang luas, karena dapat melihat kepada dua arah yang berbeda secaara simultan. Ikan tidak memiliki kelopak mata, jadi tidak dapat berkedip (selalu melotot). Dengan demikian air selalu dapat membersikannya dan karena itu matanya selalu bersih.


    Laba-Laba
    Mata laba-laba merupakan suatu gabungan beberapa mata. Setiap mata memiliki lensa dan sel penerima berkas cahaya sehingga tampak seperti faset yang terpisah-pisah dan biasanya tersusun dalam kelompok-kelompok atau rumpun-rumpun pada punggung kepalanya.

    [​IMG]

    Laba-laba yang menangkap mangsanya dengan jaringnya dan menunggu mangsanya terperangkap, tidak begitu bergantung pada penglihatannya seperti laba-laba pemburu. Oleh karena itu baginya tidak menjadi masalah sifat rabun dekatnya itu.

    Laba-laba pemburu mempunyai rumpun mata yang terdiri dari delapan buah mata yang terdapat pada punggungnya. Tiap-tiap mata dilengkapi lensa dan sel-sel yang dapat menangkap berkas cahaya.

    Walaupun tidak ada seekor laba-laba yang dapat melihat dengan jelas suatu benda yang letaknya pada jarak lebih dari 30 cm, laba-laba pemburu itu dapat mengikuti gerakan sekecil apapun dari bayangan mangsanya yang berpindah-pindah dari satu mata ke mata berikutnya.
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    mr_ark Superstar Super Moderator

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    22,273
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +66,809 / -11
    Laba-laba punya penyakit rabun jauh toh :hihi: padahal matanya banyak.
    Kepala burung hantu bisa muter sampe ke belakang. :swt: gak melintir apa ya lehernya.
     
  4. Offline

    dyelewer Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,133
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,040 / -0
    dan semut itu buta ... :keringat:

    kasian ga bisa liat..
     
  5. Offline

    l4ur3ns1u5 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 26, 2009
    Messages:
    1,088
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +73 / -0
    semut kan emank pake sungutnya... itulah kelebihan dan kelemahannya
    setiap makhluk yang diciptakan ya begitu.. ada + ada -.
    semua itu diciptakan untuk beradaptasi dan berkembang biang serta menjaga rantai makanan.

    mata elang tokcer la... ada resepnya?
     
  6. Offline

    LordByaku Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 22, 2011
    Messages:
    2,886
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,420 / -0
    bener gan.. semua pasti ada + dan -

    btw ane juga kenal sama mata elang yang ga kalah tok cer
    ni juga mata elang
    :lol:
    [​IMG]



    :idwspiss:
    :idwspiss:
     
  7. Offline

    KRTC Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2011
    Messages:
    1,262
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,181 / -1
    Mata hewan apa yg ga bisa lihat ke depan? Hayoo...
     
  8. Offline

    V3rmouth Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 21, 2009
    Messages:
    863
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +9,228 / -0
    keren ya...
    pengen punya burung antu satu donk
    ahahaha
     
  9. Offline

    Inesu Post Hunter Moderator

    Joined:
    Feb 6, 2010
    Messages:
    4,861
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +60,515 / -0
    ternyata ada juga binatang yang rabun dekat seperti manusia :haha:
     
  10. Offline

    MeguroUematsu Beginner Members

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    mata elang :top: bisa mengamati objek dari jauh, sangat menguntungkan utk mencari mangsa buruannya saat terbang di udara sehingga dpt menerkamnya dari atas dan mangsanya pun tdk akan menyadari keberadaannya, spesies unggas pemburu :onion-86:
     
  11. Offline

    Deztro Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 3, 2010
    Messages:
    5,558
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,501 / -0
    wah iya baru sadar gw klo tupai matanya deket pangkal kepala ya jd bisa liat ke punggung, ga usah nengok2 lg deh, wah aman juga ya idupnya :hoho:
    dari dulu kagum ama mata elang, bisa liat jauh banget, padahal klo dari pandangan kita tuh udah kecil banget, apa mata elang sistemnya kayak teropong gitu kali ya :hmm:
     
  12. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    mata elang memang paling ciamik lah.. Bisa melihat dari jarak ribuan kaki.:top:
    tapi mata ikan enak juga, mata yg kiri liat kemana, mata yg kanan liat kemana..
     
  13. Offline

    winter_winds Mainlander Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 3, 2010
    Messages:
    18,612
    Trophy Points:
    247
    Ratings:
    +46,345 / -297
    mata elang kayaknya ga ada kelemahan nya yaa.....:iii:
     
  14. Offline

    g_olsen Beginner Members

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    239
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    buset laba2 ada 8 matanya...
    banyak banget...
    burung hantu kereen!
     
  15. Offline

    wakwekwok Beginner Members

    Joined:
    Nov 5, 2009
    Messages:
    304
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +662 / -0
    woooh.. beda ya tiap binatang fungsi letak matanya.. kalo ayam emang gak bisa liat kedepan yaa?? kan matanya letaknya disamping,...
     
  16. Offline

    reyzza Rockstar Moderator

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    38,005
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,901 / -14
    :haha: ternyata laba-laba walau banyak mata, gak bisa lihat jauh ya ^^
    baru tahu kalau laba-laba rabun jauh :hehe:
    tapi rata rata semua serangga seperti itu kan ^^
     
  17. Offline

    angkottai Beginner Members

    Joined:
    Feb 23, 2011
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +52 / -0
    ternyata....hewan juga sama kaya manusia

    ada kelebihan ada k kurangan
     
  18. Offline

    sitaraguyang (ノ `Д´)ノ ミ︵ ┻━┻ 彡 Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    632
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +1,237 / -0
    pengen punya mata kayak elang. :matabelo:
    bisa liatin orang dari jauh tapi gak perlu pake teropong.
    tapi kayanya tu elang gak bisa liat gelap-gelapan kalo malem deh. :hoho:
     
  19. Offline

    ronin40 Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 3, 2011
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    mata elang bener2 tajam...dari jarak jauh bisa ngeliat mangsany :top:
     
  20. Offline

    Sagasano Superstar Veteran

    Joined:
    Jul 25, 2011
    Messages:
    11,496
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +9,780 / -11
    tertajam jelas elang :matabelo:
     
  21. Offline

    mer_curry Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 29, 2011
    Messages:
    1,329
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1,592 / -0
    kalo mata burung elang sama burung hantu mah udah terkenal ketajamannya :top:

    serem jg mata laba laba sama yg ikan itu :takut:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.