1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Legend/Myth INILAH 5 Hoax (isu bohongan) Terbesar di Masa Lalu

Discussion in 'History and Culture' started by blacksheep, Oct 20, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,958 / -0
    1 - Princess Caraboo



    [​IMG]
    Pada 1817, tiba-tiba muncul seorang dengan nama Princess Caraboo di Almondsbury, Glouchestershire, Inggris. Dia datang dan berbicara dengan bahasa yang aneh dan mengenakan pakaian yang tidak umum di kalangan dearah tersebut, efeknya? Banyak orang yang tertarik dan terkesima. Tidak ada orang yang mengerti sama sekali apa yang dia katakan, tapi ketika akhirnya ia ditampung di salah satu penginapan di kota tersebut, ia makan nenas untuk makan malam dan tidur di lantai, bukan di kasur yang disedakan.

    Setelah beberapa saat, ada seseorang lelaki yang bisa berbahasa Portugis dan mengaku mengerti bahasa yang digunakan oleh "Princess Caraboo" dan akhirnya 'menerjemahkan' bahasa wanita tadi. Menurut terjemahan lelaki tadi, wanita ini adalah Putri Caraboo dari pulau Javasu. Ia mengaku diculik oleh gerombolan bajak laut, dan akhirnya mengaku melompat dari kapal yang digunakan dan berenang ke pantai, dan akhirnya terdampar di Almondsbury.

    Kisah Putri Caraboo ini dimuat di surat kabar, dan akhirnya salah seorang wanita di Bristol membaca mengenai ceritanya dan mengenali bahwa gambar Putri Caraboo ini adalah gambar wanita yang pernah menginap di penginapan miliknya. "Putri Caraboo" ini bermain-main dengan anak wanita Bristol tadi dan berbicara dengan bahasa ngawur buatan "Princess Caraboo" tadi, hanya sekedarn untuk bermain-main. Seorang pria lain mengenalinya, beberapa hari sebelum "Putri Caraboo" tadi muncul di Almondsbury, "Princess Caraboo" tadi bertemu dan minum rum dan makan steak (sedangkan di Almondsbury, wanita tadi mengaku sebagai vegetarian)

    Ketika akhirnya didesak dengan cerita-cerita tadi, "Princess Caraboo" akhirnya menyerah dan mengakui bahwa ia sebenarnya adalah Mary Baker dari Witheridge, Devon.



    2 - Peri Cottingley

    [​IMG]

    Cerita yang satu ini benar-benar menghebohkan. Elsie Wright dan Frances Griffith adalah sepupu. Elsie, 16 adalah seorang seniman yang bekerja di lab foto dan di perusahaan pembuat kartu ucapan. Pada saat itu, Elsie meminjam kamera ayahnya dan mengambil gambar, dan ketika dicetak, dalam foto tadi muncul gambar peri. Segera ayahnya mengatakan bahwa peri tadi hanyalah bohongan, sementara ibu Elsie mengatakan bahwa gambar tadi nyata.

    Foto tadi akhirnya segera menyebar dan membuat berbagai pernyataan dari banyak orang, salah satunya adalah Sir Arthur Conan Doyle (penulis Sherlock Holmes), yang percaya bahwa foto tersebut nyata. Sampai akhirnya, demi pembuktian, dipanggillah seorang cenayang. Cenayang tadi diminta untuk melihat apakah benar ada peri di tempat foto tadi dibuat. Idenya, jika ada orang biasa yang bisa melihat peri, tentunya cenayang akan bisa melihat peri juga. Mungkin karena takut dihina, akhirnya cenayang tadi mengaku bisa melihat peri, walaupun tidak bisa mengambil gambarnya.

    Hoax ini bertahan sampai 1981, ketika kedua sepupun ini diwawancarai oleh majalah "The Unexplained". Mereka mengakui bahwa mereka memotong gambar peri tadi dan memajangnya sedemikian rupa sebelum difoto. Mereka mengaku bahwa mereka sudah merasa keterlaluan karena sampai akhirnya Sir Arthur Conan Doyle sendiri tertipu. Tapi mereka mengaku sangat malu sampai tidak berani mengaku sampai akhirnya setelah sekian lama, mereka lelah dan akhirnya mengakui perbuatan iseng mereka.




    3 - The Lying Stones


    [​IMG]
    Seorang Profesor dari University of Wurzburg di Jerman ditipu oleh para rekan kerjanya di abad 18. Para rekan kerja profesor ini membuat pahatan dari batu dengan bentuk hewan2 dan bahkan menorehkan nama Tuhan dalam berbagai karakter dan menyembunyikan bebatuan tadi di tempat favorit Profesor Beringer berburu fosil. Ketika menemukan bebatuan tadi, Prof. Beringer demikian percaya bahwa pahatan tadi benar-benar buatan Tuhan. Bahkan ketika banyak orang memperlihatkan adanya bekas pahatan, ia tetap teguh dengan teorinya dan menerbitkan buku atas teorinya tadi.

    Akhirnya para rekan kerjanya mengaku, tapi Prof Beringer menolak pengakuan rekan kerja mereka dan mengatai bahwa rekan kerja nya tidak percaya Tuhan. Ketika akhirnya di pengadilan dua orang dari rekan kerjanya mengaku bahwa mereka sengaja melakukan hal itu untuk memberi pelajaran kepada Prof Beringer karena angkuhnya, Beringer akhirnya hampir bangkrut gara2 berusaha membeli buku tulisannya yang hampir beredar luas di masyarakat. Dan akhirnya batu-batuan tadi dikenal sebagai "Lugensteine" atau Batu Bohong alias Lying Stones



    4 - Jembatan Brooklyn - DIJUAL!
    [​IMG]


    George Parker adalah orang yang bisa "menjual" apapun, bahkan semua hal! Ia membuka kantor di New York untuk membuka jual-beli real estate. Salah satunya yang "dijual"nya adalah Jembatan Brooklyn, bahkan sampai Patung Liberty, Madison Square Garden, dan bahkan Metropolitan Museum of Art. Ia begitu meyakinkan sampai bahkan bisa membuat berbagai dokumen yang sangat meyakinkan bahwa pembeli berbagai properti tadi adalah "pemilik sah". Uniknya, dari semua penjualan yang dilakukannya, ia hanya terbukti bersalah sebanyak 3 kali.



    5 - The Turk


    [​IMG]

    Hoax yang satu ini memang tidak se-keren komputer sekarang, tapi pada jaman itu, jika ada robot (atau boneka mekanik) yang bisa mengalahkan orang di permainan catur.. wah.. luar biasa hebat!

    Wolfgang von Kempelen adalah otak dibelakang "boneka mekanik" ini. Mesin buatannya membuat orang terkesima, mulai tahun 1770 sampai 1854. Mesin yang dibuatnya memiliki bentuk manusia setengah badan dari pinggang ke atas, dan diberi jubah dan turban untuk menyamakan julukan mesin ini "The Turk - Manusia Turki". Boneka ini duduk diatas lemari yang ketika dibuka akan menunjukkan berbagai roda gigi dan berbagai alat mekanis yang rumit. Sebenarnya lemari ini dibuat untuk menyembunyikan seseoarng dibelakang semua peralatan tadi. Sehingga pada saat dibuka, seakan-akan tidak ada orang yang bersembunyi dibawah lemari tadi. Orang di dalam lemari tadi akan menggerakkan berbagai peralatan sehingga boneka tadi akan seakan hidup dan menggerakkan biji catur, bahkan bisa menggeleng-geleng ketika lawannya curang.

    Sayangnya mesin buatan ini hancur gara-gara kebakaran pada 5 Juli 1854. Pada 1857, anak dari pemilik terakhir "The Turk" ini memutuskan bahwa "The Turk" sudah mati dan saatnya membuka rahasianya. Ia membongkar hampir semua rahasia di dalam majalah "The Chess Monthly" pada tahun tersebut.
    Code:
    http://unic77.blogspot.com/2009/10/inilah-5-hoax-isu-bohongan-terbesar-di.html
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Iou Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2009
    Messages:
    353
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,502 / -0
    Wah keknya yang Lying Stones dan The Turk pernah baca deh di CMB.
    Cuma kalo di CMB diceritain kalo The Turk direkonstruksi ulang.
     
  4. Offline

    kimiramaki Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 29, 2009
    Messages:
    1,313
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +11,788 / -0
    wah gokil jembatan brooklyn mepe djual mah mantabh bgt....
    hahaha bisa kaya raya cu dri tuch jembatan...:haha:
     
  5. Offline

    raicool Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 15, 2009
    Messages:
    175
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +12 / -0
    wah yg turk am elf bner2 hoax th di jamany majalah unexplained it majalah ttg ap y?
     
  6. Offline

    Chopsuey03 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    709
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +133 / -0
    Duh berbohong demi keuntungan heheheh :hehe: ada2 aja dan ada juga yang percaya sampe bertahun2 lagi :hehe:
     
  7. Offline

    fxsatriyo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +398 / -0
    Yang nomer 2.. tipuan ala sotosop jaman dulu :hahai:
     
  8. Offline

    nicander Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    2,017
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +7,139 / -0
    sama gan, gw juga baca beringer sama turk di CMB :haha:
     
  9. Offline

    Iou Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2009
    Messages:
    353
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,502 / -0
    Dipikir-pikir, jaman dulu orang-nya gampang dibohongin, walaupun alat membohongi-nya tidak secanggih sekarang.
    Jaman sekarang, orang-nya tetep aja masih gampang dibohongin, secara udah ada internet dimana content-nya bebas dan alat bohongin-nya canggih (Sotoshop). :lol:
     
  10. Offline

    rizzanr Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    2,795
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,412 / -0
    ini termasuk hoax terbesar, tpi ane lum pernah baca sebelumnya :hihi:
    ketinggalan bgt ya
     
  11. Offline

    cblue Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 18, 2009
    Messages:
    398
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +48 / -0
    dulu pernah juga ada berita (hoax) yg mengatakan bahwa pada tahun sekian bulan sekian tanggal sekian akan terjadi bencana bahkan kiamat...dan sekarang qt tunggu dan buktikan..th.2012 termasuk hoax atau apa?
    IMHO...hanya Tuhan yg mengetahui rahasia ini dan hanya memberikan isyarat-2 sbg peringatan....
     
  12. Offline

    rendy1287 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 5, 2007
    Messages:
    1,889
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +64,178 / -1
    hoax skrg 2012 gan ,, hahaha... :haha:

    yg the turk,, komputer skrg mah lebih canggih :haha:
     
  13. Offline

    thermistor Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 17, 2009
    Messages:
    140
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    bagaimana dengan john titor yang ngaku dari 2036, apa nanti mengaku juga?
     
  14. Offline

    darknetwork Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    1,763
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +8,405 / -0
    kalo di luar sih udah banyak yang membantah bro. soalnya ramalannya banyak yang gagal.
     
  15. Offline

    Kiddo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    1,147
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +668 / -1
    wah muncul d CMB tuh the lying stones ama yg the turk~

    tuh ampe yg sir arthur ketipu hebat bener ya wkwkwkkwk
     
  16. Offline

    hanamaru Post Hunter Moderator

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,886
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,146 / -0
    yup, gue juga tahunya dari CMB (manga)
    kasiyan banget tuh si profesor, bersikukuh kalau penemuannya adalah benar, and terbukti kalau itu adalah palsu sampe bangkrut kayak gitu :hot:
     
  17. Offline

    Refann Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    yg Jembatan Brooklyn dijual parah bgt.. tp klo ga salah perna baca yg hoax2 gini.. cm ga tw yg terbesar ato kg
     
  18. Offline

    chicken_little Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2009
    Messages:
    5,223
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,578 / -0
    itu yg no.2 hoax jaman dulu..
    emang dulu udah ada sotosop yah buat edit2 potonya..:???:
     
  19. Offline

    opshd Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 17, 2008
    Messages:
    545
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +356 / -0
    sotosop jaman dulu canggih bener :lol:
    waduh kasihan tuh ilmuwan sampe beli bukunya sendiri, padahal Tuhan memang menciptakan semuannya ...
    jembatan bisa di jual gitu =))
     
  20. Offline

    cybrid Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 2, 2009
    Messages:
    36
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    G pernah baca soal the lying stone ama the turk di CMB nie...
    Rada kasian juga soal beringer yang ampir bangkrut gara2 dikerjain temen2nya...
     
  21. Offline

    ireh Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,310 / -0
    orang mau nyari sensasi kah:swt:
    yg no 4 gila:lol:
    masa ada yg percaya patung liberty bisa dijual, jelas2 hoax tu:lol:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.