1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Infeksi Gigi Sebabkan Penyakit Sistemik

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by some one, Sep 1, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    some one Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 25, 2008
    Messages:
    936
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +16,065 / -0
    [​IMG]

    JANGAN pernah menyepelekan kesehatan gigi dan mulut. Bila diacuhkan, penyakit gigi ini akan menimbulkan infeksi gigi yang berujung pada munculnya penyakit sistemik.

    Data dari The World Oral Health Report 2006 menunjukkan, penyakit gigi dan mulut merupakan peringkat ke-4 penyakit termahal dalam perawatannya. Artinya, selain menurunkan produktivitas, penyakit gigi dan mulut juga akan menguras pengeluaran untuk pengobatannya.

    Salah satu contoh dialami Tresnawati Gumilang, 52. Seorang karyawati swasta ini sering mengalami keluhan nyeri di bagian tulang rahang giginya. Dia tidak menyangka, penyakit itu ternyata dari adanya infeksi gigi.

    "Kalau sakitnya lagi menyerang,rasanya itu nyeri banget di bagian rahang, nyut-nyutan sampai pusing," tuturnya.

    Alhasil dia pun harus kontrol ke dokter, minimal satu bulan sekali. Menurut dokter yang merawatnya, sakit pada tulang rahang gigi, akibat dari infeksi di salah satunya giginya. Yang dialami Tresnawati adalah satu dari sekian orang yang mengalami penyakit sistemik. Penyakit sistemik merupakan penyakit yang menyerang ke dalam tubuh, yang salah satunya bisa karena infeksi gigi dan gusi.

    Di Amerika Serikat, 75 persen penduduk mempunyai masalah pada gigi dan gusi dan 30 persen di antaranya penderita berat, kronis, dan berkomplikasi.

    "Infeksi gigi dan gusi ini bisa menyebar ke dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan timbulnya penyakit sistemik," ucap dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Internasional Bintaro, dr Tengku Bahdar Djohan SpPD.

    Bahdar menuturkan, masalah gigi berlubang tidak hanya berhenti pada masalah abses gigi. Tetapi kita juga harus waspada terhadap ancaman fokal infeksi, yaitu infeksi kronis di suatu tempat yang memicu penyakit lain. Racun dan sisa kotoran maupun mikroba yang memicu infeksi pada bagian gigi dan mulut dapat menyebar ke anggota bagian tubuh lain.

    Bila abses gigi tersebut tidak diobati, maka ia dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya selain berupa tanggalnya gigi, juga dapat menyebabkan mediastinitis atau peradangan pada dada, sepsis atau peradangan di seluruh tubuh akibat infeksi, facial cellulites, Ludwig's Angina atau penyebaran infeksi ke jaringan lunak, osteomyelitis of the jaw atau penyebaran infeksi ke tulang rahang gigi.

    "Selain itu, bisa juga menyebabkan penyebaran infeksi di bagian tubuh yang lain yang menyebabkan abses otak, endocarditis atau peradangan dari lapisan jantung, jantung otot dan katup jantung juga pneumonia atau radang paru-paru," tandasnya saat berbicara pada sebuah seminar di Jakarta, baru-baru ini.

    Masih dikatakan Bahdar, infeksi gigi dan gusi juga dapat merangsang timbulnya mediator radang yang disebut sitokin. Di mana apabila sitokin terhirup penderita saat bersin atau batuk, bisa menimbulkan peradangan di paru-paru. Sitokin ini juga yang menyebabkan peradangan pada plak di pembuluh darah sehingga berkomplikasi pada gangguan jantung koroner dan stroke, bahkan otak. Namun sebetulnya tidak serta-merta sakit gigi kemudian langsung terserang jantung.

    Fakta dari dampak penyakit gigi lainnya adalah bahwa perempuan hamil dengan penyakit gusi parah tujuh kali berisiko memiliki bayi prematur.

    "Secara medis, biasanya sudah ditemukan lebih dulu adanya plak yang kronis di pembuluh darah jantung. Oleh sebab itu, lakukanlah perawatan sejak dini terhadap gigi dan gusi. Mencegah lebih baik daripada mengobati," paparnya.

    Berdasarkan survei Kesehatan Rumah Tangga tahun 2001, penyakit gigi dan mulut merupakan penyakit tertinggi keenam yang dikeluhkan masyarakat. Data tersebut juga menyebutkan bahwa sebanyak 61,5 persen masyarakat tidak menyikat gigi sesuai dengan anjuran dan 16,6 persen bahkan tidak menyikat giginya sama sekali.

    "Kesehatan gigi belum menjadi prioritas bagi masyarakat Indonesia saat ini," tandas dokter gigi dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Trisakti, Dr Tri Erri Astoeti drg MKes.

    Sumber : okezone.com

    Bagi [​IMG] kalo berkenan :onion-46: ato sekedar thanks juga gpp koQ :haha:

    Kalo :fd_7: di delete aja lansung yah mod
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    jHony Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,604
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,505 / -0
    waduh baru tau yg gini :top:

    oo ya threadnya w udah ruba nih ya:D
     
  4. Offline

    gerry1990 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    emang bener,gigi walau cuma organ tubuh kecil,tapi fungsinya sangat terkait dengan seluruh sistem dalam tubuh, jika ada pembusukan kan bisa bakterinya ikut bersikulasi dalam pembuluh darah dan menyebar ke organ lain,,
    pernah denger juga mpe ada kasus meninggal,,
    :takut:
     
  5. Offline

    zieyukishiro Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    686
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +22,454 / -0
    Walah, gusi gw sering banget berdarah nih walau lagi nggak diapa-apain. Semoga gak menjalar jadi sistemik, segera ke dokter aja dah...

    Tapi pernah denger juga sih, di gusi itu berseliweran banyak syaraf penting yang konek ke fungsi-fungsi organ bawah sadar kita...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.