1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Ibu Hipertensi Boleh Menyusui

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by shinminho, Jul 9, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    BILA menderita hipertensi, pasien diminta terus minum obat. Tak jarang, ibu penderita hipertensi merasa ragu untuk menyusui bayinya. Dikhawatirkan, obat yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap si mungil.

    Menurut Nur Fadilah, menderita hipertensi tak harus menghalangi ibu menyusui bayinya. Kegiatan menyusui justru dianjurkan tetap dilakukan. Hanya, ibu harus hati-hati memilih obat antihipertensi yang dikonsumsi.

    ''Sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter obgin (spesialis kebidanan dan kandungan) serta spesialis jantung atau internist (spesialis penyakit dalam) sebelum menyusui,'' katanya.

    Sebab, ada beberapa obat antihipertensi yang akan dikeluarkan lewat air susu ibu (ASI). Minum ASI yang tercampur obat antihipertensi membahayakan kondisi bayi. Salah satunya, bayi bisa mengalami shock karena penurunan tekanan darah. Denyut nadi bayi juga melambat akibat pengaruh obat antihipertensi tersebut.

    ''Bila konsultasi dulu, dokter akan memilihkan obat antihipertensi yang sesuai dengan kondisi pasien dan tak membahayakan bayi yang minum ASI,'' ungkap konselor laktasi dari RS Mitra Keluarga Surabaya itu.

    Dila -begitu panggilan akrabnya- juga meminta ibu untuk memantau kondisi bayinya. Bila denyut nadinya cepat, keluar keringat dingin, dan lemas, segera bawa bayi ke rumah sakit (RS) terdekat. Ada kemungkinan tekanan darah bayi menurun akibat pengaruh obat antihipertensi yang dikonsumsi ibunya. ''Hal tersebut dapat dicegah dengan menyiasati jam menyusui,'' terangnya.

    Perempuan 28 tahun tersebut mencontohkan, ibu minum obat sehari sekali, misalnya, pukul 06.00. Dalam rentang waktu 8-12 jam kemudian, ibu baru bisa menyusui bayinya kembali. ''Selama 8-12 jam diperkirakan efek obat tak akan memengaruhi kualitas ASI sehingga aman diberikan ke bayi,'' ujarnya.

    Namun, bila minum obat tiga kali sehari, Dila menyarankan menyusui sebelum waktu minum obat pagi. Misalnya, minum obat pukul 08.00. Sebelumnya, ibu menyusui bayinya hingga puas. ''Setelah itu, ibu sebaiknya tak menyusui lagi. Sebab, dikhawatirkan obat tersebut berdampak kepada bayinya,'' terangnya.

    Bila perlu, kata Dila, ibu meminta kepada dokter untuk mengganti obat antihipertensi yang diminum sehari sekali. Dengan begitu, kesempatan ibu untuk menyusui bayi lebih lama daripada konsumsi obat tiga kali sehari. ''Seaman apa pun, pasti ada dampaknya meski sangat kecil. Ini yang sebaiknya diantisipasi,'' ungkapnya. (ai/c13/nda)

    sumber :jawapos
    gak nolak klo :grp: or :thx: jg gpp
     
    Last edited: Jul 10, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    1nuy45h4 Beginner Members

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    Tetapi apakah masih boleh menyusui jika sang ibu menderita HEPATITIS B..? :???:
     
  4. Offline

    john88 Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    167
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    sumbernya gan,please
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.