1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Gaji Istri Lebih Besar dari Suami, Berbahayakah?

Discussion in 'Lifestyle' started by smkosasih, Oct 10, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    Tidak sedikit pria yang merasa khawatir jika istrinya berpendapatan lebih tinggi. Mereka takut kondisi itu membahayakan pernikahan. Begitukah?

    Sekarang ini sudah semakin banyak istri yang menjadi pencari nafkah utama dalam keluarga. Mereka yang menikah dengan kondisi tersebut pun pernikahannya berjalan baik-baik saja.
    [​IMG]
    Deni dan Susan, adalah salah satu pasangan yang menjalani pernikahan dengan beda pendapatan tersebut. Saat Deni kena PHK dari pekerjaannya dengan jabatan sebagai manajer sebuah bank, ia pun harus mencari pekerjaan lain. Pekerjaan barunya kini ternyata gajinya lebih kecil dari sang istri, Susan yang bekerja sebagai kepala HRD sebuah perusahaan.

    Kini setelah menjadi orang yang pendapatannya lebih tinggi dari sang suami, Susan merasa lebih percaya diri. "Aku jadi tidak bergantung lagi secara finansial pada suami," katanya.

    Hanya saja jika memang boleh memilih, Susan yang ibu satu anak itu lebih suka menjadi ibu rumah tangga atau bekerja part time saja. "Jadi aku bisa lebih banyak menghabiskan waktu dengan putraku," katanya.

    Wanita seperti Susan, meski bergaji lebih besar dari suaminya, harus berjuang untuk menyeimbangkan tugasnya sebagai orangtua sekaligus dengan pekerjaannya, begitu menurut profesor sosiologi dari Universitas Virginia, Steven Nock.

    Dari penelitian Nock, ia menemukan fakta bahwa para istri merasa kehidupan pernikahannya berkualitas saat suami lah yang menjadi pencari nafkah utama. Wanita tersebut akan merasakan ketidakpuasaan saat dia kurang memiliki waktu untuk anaknya.

    "Kebanyakan pasangan masih memberikan para istri tanggungjawab lebih dalam keluarga mulai dari mengurus rumah dan anak. Jadi sulit untuk wanita bekerja menyeimbangkan hidup mereka sebagai seorang ibu," urai Nock, seperti dikutip dari CNN.

    Selain masalah di atas, hal lainnya yang juga kerap membuat pasangan dengan istri bergaji lebih besar dari suami bertengkar adalah, berusaha menerima kenyataan.

    "Mereka harus berusaha melawan kenyataan kalau kini sang wanitalah yang berpendapatan lebih. Terkadang, kedua belah pihak-suami dan istri-belum bisa menerima kenyataan itu. Baik si suami maupun istri merasa seharusnya suami yang bergaji lebih besar. Sulit untuk melepaskan ekspektasi itu," tutur profesor sosiologi dari State University of New York Institute of Technology dan juga penulis "Earning More and Getting Less: Why Successful Wives Can't Buy Equality", Veronica Tichenor.

    Untungnya masalah di atas tidak dialami Susan dan Deni. Meskipun keduanya bekerja, mereka bisa tetap bekerjasama dalam mengurus urusan rumah dan anak.

    "Meskipun dia menghasilkan uang lebih banyak, kita masih sering mendiskusikan hal-hal yang berhubungan dengan masalah keluarga," kata Deni.

    Menurut terapis pernikahan asal Virginia, Suzanne Baldwin, kunci kelanggengan pasangan dengan istri yang berpendapatan lebih tinggi ini adalah komunikasi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pasangan seperti Susan dan Deni agar pernikahan mereka tidak diwarnai keributan, sesuai saran Baldwin:
    • Pasangan harus mau saling mendengarkan. Jika pihak suami merasa rendah diri, katakan padanya kalau uang seharusnya bukanlah yang menjadi dasar dari kekuatan hubungan pernikahan. Yakinkan suami kontribusinya yang lain dalam keluarga juga berharga untuk hubungan Anda dan dirinya. Sementara pihak istri, janganlah merasa terlalu lebih berkuasa hanya karena berpendapatan lebih tinggi dari suami. Tetap hormati pasangan dan dengarkan pendapatnya.
    • Pastikan Anda dan pasangan memiliki pembagian kerja yang jelas. Hal itu untuk menghindari salah satu pihak merasa terbebani untuk urusan rumah dan keluarga. Kalau memang perlu tulis daftar apa saja yang harus Anda dan suami kerjakan. Diskusikan daftar tersebut apakah memang sudah adil atau belum.
    • Luangkan waktu khusus untuk membahas masalah keuangan yang ada, jika memang diperlukan. Jangan diskusikan masalah tersebut di sela-sela Anda dan pasangan sedang terlibat pembicaraan lain.

    sumber:
    Code:
    http://www.wolipop.com/read/2011/10/06/080905/1737905/854/gaji-istri-lebih-besar-dari-suami-berbahayakah?w993301854
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    gitubroo Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 19, 2011
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    klo menurut ane sih nggak masalah gaji istri lebih besar,yg penting terjalin komumikasi saling mengerti,,toh penghasilan per bulan jg buat bersama
     
  4. Offline

    reisher Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    488
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +74 / -0
    Walau kelihatannya sepele, penghasilan istri lebih besar dari suami itu bisa membawa dampak yang cukup besar pada rumah tangga, apalagi kalau itu terjadi SETELAH pernikahan. Engga kebayang deh kalau punya istri yang punya penghasilan lebih gede dari aku. Malah aku sih kepinginnya istri itu ngga usah kerja. Soalnya tugas IRT aja udah cape banget, kasihan kalau masih harus bekerja.
     
  5. Offline

    cuwiter Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 18, 2008
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Menurut aku, kalau pasangan tersebut saling pengertian, biasanya cekcok rumah tangga bisa terhindarkan.
     
  6. Offline

    crazy4fun Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    6,252
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,813 / -0
    Klo istrinya mata duitan sih bisa jadi cekcok sama suaminya. Tapi klo dua2 nya saling sayang + pengertian sih,mau gaji istri lebih besar juga ga masalah :smile4:
     
    • Thanks Thanks x 1
  7. Offline

    shygywu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 19, 2010
    Messages:
    574
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +62 / -0
    iya, klo istrinya orangnya pengertian ato gk gimana2 pasti gk masalh t..
    suaminya kan ada usaha ny juga t..
     
  8. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,975 / -0
    seperti adegan di film "The Ugly Truth". Gerard butler mengatakan penghasilan istri yang lebih besar dapat menyebabkan emasculate (sori ga tau istilah pasnya)
    kalo jangka panjang nya dapat menyebabkan si suami gagal ereksi akibat efek psikologis
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. Offline

    Gantz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 9, 2009
    Messages:
    682
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +708 / -0
    Tergantung pola pikir suaminya, kalo suaminya tipe cowo yang egonya tinggi. Rumah tangga mungkin bermasalah.
     
  10. Offline

    totonpunk Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 8, 2011
    Messages:
    1,436
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +475 / -0
    Wah ini yang berbahaya, kalau sampai si suami mengalami disfungsi ereksi bisa saja akhirnya si istri minta cerai, karena dia merasa mampu menghidupi dirinya sendiri dan anaknya. Seharusnya memang dibutuhkan saling pengertian dan komunikasi.
     
  11. Offline

    bizly Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    20,281
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +103,774 / -3
    Biasanya kalausi Istri yang salarynya lebih gede sukanya ngatur lebih banyak dari suami
    kadang-kadang urusan dan keputusan suaminya di rebut...
    jadinya ART keluarga jadi gak harmonis...:unyil:
     
  12. Offline

    mas_ganteng Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 20, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo dibilang masalah sih, sebenenrya tergantung yah. kalo bini ane gak masalah tapi buat ane sih pride aja sebagai kepala keluarga.
    gaji ane dulu kalah sama bini, tapi dijadiin motivasi aja dah. alhamdulillah skrg gaji ane udah lebih tinggi.
     
  13. Offline

    rezasadar88 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 29, 2009
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    g masalah kali.... asalkan.................
     
  14. Offline

    yunniebun Beginner Members

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    berhubung gua wanita, dan gua tipe yang berusaha menghidupkan semangat emansipasi wanita (tsaaaah) jelas ga ada salahnya sih punya gaji lebih besar daripada suami
    tapi emang bisa bahaya juga sih, tentang gaji sama pangkat apalagi
    pernah ada kan tuh kasusnya yang istri sama suaminya sama-sama polisi tapi istrinya pangkatnya lebih tinggi
    eh istrinya ditembak mati sama suaminya :suram:
    bener-bener suram
     
  15. Offline

    skadinyoo Members

    Joined:
    Feb 21, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wew, emang cowo mestinya tuh jadi tulang punggung keluarga bung
     
  16. Offline

    as14nk Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +0 / -0
    sangat berbahayaaaaaaa.....
     
  17. Offline

    elblackid Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2011
    Messages:
    497
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +616 / -0
    gag mslh sih,mau lebih besar mana suami ato istri..
    asalkan si istri jg tau kpasitas dan kedudukannya sbg seorang istri gag bakal ada mslh..
    beda cerita kalos si istri merasa lebih superior krn gajinya lbih gede..biar bagaimanapun laki2 gag suka jika dianggap lebih rendah (inferior)..
     
  18. Offline

    fearlez Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 15, 2012
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +1 / -0
    klo gaji istri lbh besar dr suami, pst si suami minder juga..
     
  19. Offline

    rixx00 Beginner Members

    Joined:
    Oct 21, 2010
    Messages:
    238
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    kalo menurut saya asal bisa didiskusikan dengan baik sih gpp. :top:
     
  20. Offline

    aling_cool Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 22, 2011
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +237 / -0
    memang mungkin kelihatannya suami yang penghasilannya lebih sedikit gak merasa iri, tapi sebenernya suami itu pasti merasa iri sama istrinya.......
    makanya ada istilah kekerasan dalam rumahtangga........
    hal ini mungkin disebabkan oleh keirian suami yang bertumpuk yang diakibatkan ketidak mampuannya sendiri.......
    imbasnya, si suami bakalan selalu berkelakuan kasar sama istri kalo ada masalah.......

    sebaiknya sih si suami lebih berusaha lagi, dan sering bicara dari hati ke hati sama istri..........
    Pasti selaku istri dia bakalan mensuport suaminya donk supaya bisa mendapatkan penghasilan lebih besar lagi........

    :elegan:
     
  21. Offline

    YongShen Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 30, 2011
    Messages:
    2,541
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +350 / -0
    Klo bisa saling mengerti sich...
    Mau gaji istrinya lbh besar juga gpp...
    Gak masalah klo mereka saling mengerti... :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.