1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Dumb Student, Smart Student

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by fallofthe3rdreich, May 2, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,974 / -0
    Dumb Student, Smart Student

    Sewaktu kita sekolah atau kuliah, murid/mahasiswa dikelas dapat dibagi dalam 3 kategori : murid pintar, murid rata-rata dan murid bodoh. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya masuk ke kategori pertama yaitu murid yang pintar dan menghindari yang terakhir atau murid bodoh. Orang tua seringkali mendaftarkan anaknya untuk kursus ini, kursus itu agar nilai anaknya menjadi bagus.
    Orang tua sering kali memfokuskan pada kelemahan anaknya dan berusaha menutup kelemahan anaknya itu. Pada workshop yang saya adakan, saya bertanya kepada peserta: jika anda mempunyai anak yang menyukai menggambar tetapi nilai matematikanya tidak bagus. Keuangan anda hanya cukup untuk membiayai 1 jenis kursus, kursus apa yang akan anda berikan ke anak anda? Hampir semua peserta menjawab : kursus matematika.

    Murid yang pintar biasanya adalah tipe yang ngotot dalam belajar, mereka takut kalau tidak bisa mengerjakan ujian, stress jika mendapat nilai buruk. Tipe murid inilah yang biasanya ikut les ini dan itu, karena mau SEMUA pelajarannya mendapat nilai baik.

    Murid yang bodoh biasanya adalah tipe orang yang masa bodoh, mereka tidak terlalu memikirkan akan dapat nilai berapa. Murid tipe ini biasanya mempunyai SESUATU yang sangat mereka sukaidan mereka lebih suka melakukan hal itu daripada belajar. Sedangkan murid rata-rata berada di antara 2 kategori itu. Di kemudian hari, siapakah yang akan lebih sukses atau kaya dalam kehidupannya?

    Sukses di sini harus dibedakan dengan kaya. Menjadi kaya berarti mempunyai lebih banyak uang, sedangkan sukses berarti mengerjakan hal yang mereka sukai dan menyukai yang mereka kerjakan, dan orang-orang menghargai apa yang mereka kerjakan. Dalam banyak kasus, banyak murid yang bodoh semasa sekolah dan kuliah menjadi orang yang sukses, dan banyak pula yang menjadi sukses dan kaya. Sedangkan murid yang dulu pintar banyak juga yang menjadi kaya tapi sedikit yang sukses. Mengapa demikian? Karena dari kecil murid yg bodoh sudahterbiasa FOKUS kepada KEKUATAN yg dia miliki, dan tidak terlalu perduli dengan kelemahannya. Sedangkan murid yang pintar biasanya TIDAK FOKUS pada sesuatu, terlebih lagi mereka terbiasa mendahulukan perbaikan pada kelemahan.

    Saya mempunyai rekan yg merupakan contoh nyata dari tipe murid yang bodoh ini. Sebut saja namanya a dan b, keduanya pernah tinggal kelas dan termasuk murid yang tidak perduli dengan nilai bagus, sekarang si a menjadi fotografer professional dgn client dari perusahaan-perusahaan terkenal di Indonesia dan si b menjadi montir professional yg disegani di dunia rally mobil. Ambil contoh lain, Deddy Corbuzier semasa sekolah juga tidak termasuk murid yang cemerlang, tetapi sejak kecil telah menunjukkan kecintaan yg mendalam dengan dunia sulap. Sekarang, siapa yang tidak mengenal Deddy Corbuzier. Contoh lain lagi adalah Rhenald Khasali, beliaupun pernah tinggal kelas sewaktu sekolah tetapi sekarang merupakan salah satu pembicara handal.

    Di lain pihak, yang dulunya murid yang pintar seringkali berakhir dengan bekerja di kantoran, mungkin mereka menghasilkan banyak uang tetapi belum tentu mereka sukses, karena mereka mungkin tidak terlalu menyukai apa yang mereka kerjakan, hal ini karena dari kecil mereka diarahkan untuk memperbaiki kelemahan dan tidak memperkuat apa sebetulnya kekuatan mereka.

    Jika anak anda termasuk dalam kategori anak pintar, jangan terlalu cepat senang dahulu. Tetaplah gali apa yg ia sukai, apa yg dengan senang ia lakukan, berilah support agar ia juga melakukan hal yg ia senangi dan tidak hanya belajar terus menerus. Sedangkan jika anak anda termasuk anak yg bodoh dan lebih menyukai kesenangannya daripada belajar, carilah suatu alasan mengapa belajar itu juga penting untuk mendukung kesenangannya. Misalnya ia suka sekali dengan dunia otomotif, beri pengertian bahwa seorang ahli otomotif harus menger ti bahasa Inggeris supaya dapat sukses di luar negeri, atau harus mengerti matematika agar nantinya mengerti mesin dengan baik,dsb.

    Jika sekarang anda bekerja sebagai seorang karyawan, andapun tentu dibiasakan oleh perusahaan untuk ditambal kelemahannya. Setiap akhir tahun setelah diadakan penilaian prestasi, pasti ada kelemahan si karyawan yang diperhatikan oleh atasan dan kemudian dibuatkan ‘Plan for Development’ dengan mengikutkan karyawan tersebut pada suatu training yang dapat membantu memperbaiki kelemahannya itu, sedangkan untuk kelebihannya hanya diminta untuk dipertahankan. Mereka yang hanya memfokuskan diri pada memperbaiki kelemahan biasanya lebih sulit menemukan impiannya dibandingkan mereka yang terbiasa fokus pada kekuatannya. Jadi jangan terpaku pada kelemahan anda, fokuskan perhatian anda lebih kepada kekuatan anda
     
    • Like Like x 4
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    mazznoer1 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    1,079
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,224 / -0
    "YAKIN BISA" adalah sebuah kunci dari sebuah gerbang kesuksesan kepintaran no2 yang penting fokus dan punya tekat kuat
    seperti NARUTO saya tahu naruto memang tidak pintar malah cendrung kepada siswa yang selengean. tatapi mengapa saya memilih naruto sebagai AVATAR saya. tidak lain karna ia pantang menyarah, penuh kasih sayang dan kesetia kawanan. dan karna semangat nya maka rintangan sesulit apapun
    rela ia hadapi
     
    Last edited: May 12, 2010
  4. Offline

    rakun Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    3,085
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +877 / -0
    menarik gan, benar sekali pintar n bodoh bukan suatu alasan tetapi dapat kita miliki karena manusia itu punya akal n pikiran (otak) sehingga kita bisa mengarah kesalahg satunya....
     
  5. Offline

    YamatoIshida Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 26, 2010
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +42 / -0
    yup betul sekali banyak sekali karakter anime yg menyisipkan pesan moral yg dalam, itupun karena mangaka si pembuat anime itu terinspirasi pada kehidupan asli mereka yg lika-liku tp ttp tegar menghadapi kehidupan, ambil contoh saja Fujiko Fujio mangaka Doraemon, pasti sebagian penggemar mengetahui seluk beluk kehidupan Fujio kecil yg silam, di kategorikan sebagai murid yg bodo, tp Fjio kecil selalu membuat buku harian yg kelak buku harian itu menjadi sebuah anime yg bukan hanya di akui di jepang sendiri tp juga di luar jepang. masih seputar Anime semua pasti tau Naruto pastinya, dan jika kita mengenal sosok Masashi Kishimoto (mangaka Naruto) di sebelum terkenal dalam pembuatan Naruto mempunyai perjalanan hidup yg pahit. pasti semua tau karakter naruto seperti apa, yup tepat sekali naruto bukan lah anak yg cerdas dan bla2 tp semenjak SD Kishimoto sangat suka menjiplak karakter2 anime seperti Dragon ball, bahkan setelah Musashi smp di mencoba mengirimkan manganya pada penerbit Shounen Jump tp karyanya di tolak karena dianggap jelek, begitu pula tanggapan saudara2nya(sebelum memulai debutnya pada serial Naruto), pahitnya lg selain dia gagal dalam akademi dia jg merasa gagal dalam hobinya, namun karena kesungguhannya dalam berkarya akhirnya dia mencoba membuat kisah sendiri ttg animenya yaitu naruto, dari sini lah kelak namanya melambung tinggi, bahkan sampe sekarang.
    tp yg lebih penting lagi adalah peran org tua, ya perhatian org tua terhadap anaknya lebih penting, banyak sekalih figur2 sukses berkat dukungan org tua, contoh saja Sochira Honda, honda tak sempat menamatkan bangku pendidikan formalnya namun ia mencintai hidupnya yg berbau mekanis, dari semua itu dorongan sang ayah lah yg mengajarkan semangat kerja keras, honda tumbuh sebagai anak yg luar biasa. coba perhatikan keluar dan lihatlah jalan2 di penuhi dengan kendaraan honda,
     
  6. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,974 / -0
    koreksi, avatar situ doujin 'naruto kissing'
    sifat naruto cenderung slengean karena dia menderita ADHD (atention defisit hiperactive disorder)
    pantang menyerahnya sih patut dicontoh, sayangnya naruto di back-up sepenuhnya oleh rubah 9 ekor, jadi agak sulit mengukur kemampuan naruto sebenarnya...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  7. Offline

    mazznoer1 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    1,079
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,224 / -0
    Wah salut nih ente penggemar manga dan mangka yah ?
    Tapi istilah disorder nya kayaknya terlalu berlebihan deh
    kan itu artinya gangguan/mengalami suatu penyakit
     
  8. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,974 / -0
    ada beberapa series yang daku ikutin, naruto salah satunya...
    yup bener nama penyakit kok, dilihat dari gejala dan sifat2nya naruto menjurus ke ADHD
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  9. Offline

    joefrizz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    4,483
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +79,321 / -1
    kadang murid2 sekolahan lebih fokus sama nilai..ga bisa disalahin jg sih emang kebiasaannya dr dulu bgitu..nilai bagus diatas segalanya..ortu jg kebanyakan merhatiin nilai si anak doang...ga terlalu bnyk yg merhatiin apa si anak beneran minat sama pelajaran yg dia dapet...juga ga bisa disalahin..abis gimana lagi nilai itu kan indikasi murid berprestasi apa ngga..wajar aja klo orang2 pengen punya anak yg berprestasi



    setuju...mungkin ini kriteria sukses yg bnyk dilupain orang...biasa lah semua diukur pk materi doang..:swt:
     
  10. Offline

    forcefox Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    612
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,182 / -0
    sebenarnya, semua itu nggak ada. yang ada hanya kerja keras dan malas.. Semua pasti di berkahin sama tuhan bakat kita di masing-masing bidang..
     
  11. Offline

    silenceofryogi Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 8, 2010
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +17 / -0
    kita semua sama, yang beda cuman usaha kita. Klo pengen kalahin mreka yg jenius, mesti usaha berXX lipat lebih serius dr mreka
     
  12. Offline

    supplycaptain Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 10, 2010
    Messages:
    2,422
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,140 / -0
    yaa tergantung kemauan dan nasib juga sih :hahai: klo urusan fokus ke nilai dan perbaikan.. ya gimana ya, sistem pendidikan di indonesia cenderung mengarah ke nilai.. susah lah. kayak di kampus, yang kerjaannya tiap saat ngacung mulu trus ngajuin pertanyaan yang menurut saya muter2 dan bertele2 dapet bagus2.. padahal belum tentu juga yang diem aja di belakang yang lagi tidur ato main (saya :hahai:) ga tau jawabannya.. malahan dianggep males..
     
  13. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,149
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,162 / -0
    Bener tuh, pernah denger juga Seto Mulyadi bilang bahwa banyak anak pintar secara akademis tapi tidak tahu banyak tentang life skill.
    Alias mereka sulit menemukan apa yg benar2 mereka sukai, sehingga jadinya begitu deh...
     
  14. Offline

    mafia_arab Beginner Members

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    264
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +333 / -2
    Moga moga gw bisa jd ortu yg baik buat anak gw.amin...
     
  15. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,974 / -0
    ya gimana lagi bro, sistem pendidikan di Indon "mempersiapkan" murid untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, bukan untuk terjun ke masyarakat...
    itu menurut saya lho..
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  16. Offline

    DeadlyEnd Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +22 / -0
    Saya bangga menjadi anak bodoh... (Setidaknya orang tua saya bilang saya bodoh)
    Tidak banyak yang berekspetasi tinggi dan lebih bebas menikmati hidup...

    Saya setuju bahwa sukses =/= kaya...
    Tapi budaya Indonesia jaman sekarang sudah begitu jadi susah...
    Sebenarnya bukan untuk naik ke jenjang lebih tinggi, tapi jadi anak buah orang yang lebih dahulu lulus dari kita...
    Menurut saya begitu...
     
  17. Offline

    furugai Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    1,226
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +15,833 / -0
    yup benar sekali..orang pintar bukanlah jaminan tuk sukses

    w uda liat tu fakta na

    1 teman gw dlu pinta di sma krena les rata" semua matpel..stlh kuliah mana ada les" an lagi

    barulah nilai dia mulai ancur sehingga IP dibawah 3
     
  18. Offline

    Hiiragi Beginner Members

    Joined:
    Apr 15, 2010
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +777 / -0
    orang bisa sukses tergantung usaha dan kerja keras
     
  19. Offline

    Xinez Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    2,933
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +30,256 / -0
    trit ini memang sangat menarik untuk dibahas.. :top:
    antara dua pilihan, baka atau pintar :hahai:
    dari pengalaman gw juga sdh bisa dibuktikan, teman2 gw yang dulu waktu sekolah nilainya dibawah rata2, skarang sudah pada memiliki profesi sendiri2 yang sesuai dengan hobinya :terharu:
    gw jadi terinspirasi untuk mengembangkan minat yang gw miliki :hihi:

    mantapss gan..!! :top: :top:
     
  20. Offline

    kyoshiro_mibu Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    5,951
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,519 / -2
    sayangnya ga semua org yg dianggap bodoh itu bisa mengikuti dan mencontoh org jejak org yg sukses :yareyare:

    yang penting sih mau bodoh atau pinter asal bener aja dan bukan berbuat yang ga bener...
    apalagi yg kerjaannya tawuran, dl
    cm jadi kaya sampah masyarakat aja......:yareyare:
     
  21. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,974 / -0
    ya karena itulah saya bikin trit ni bro,
    buat penggugah dan motivator buat mereka yang merasa kurang beruntung di sekolah (seperti saya)
    untuk tetap semangat dan berusaha...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.