1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Geography & Astronomy Ditemukan, Bintang Sehangat Tubuh Manusia

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by ghombalz, Sep 17, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ghombalz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,466 / -0
    [​IMG]

    Enam benda angkasa serupa bintang dengan temperatur sejuk, sama seperti tubuh manusia berhasil ditemukan setelah para astronom melakukan perburuan selama lebih dari satu dekade terakhir. Bintang-bintang tersebut kemudian disebut dengan Y dwarf.

    Saat dilihat menggunakan teleskop biasa, Y dwarf nyaris tidak bisa dilihat. Namun setelah menggunakan teleskop Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) milik NASA, astronom akhirnya berhasil mendeteksi cahaya redup mereka. Bintang-bintang ini sendiri relatif dekat dengan Matahari.

    “WISE memindah seluruh bagian langit untuk menemukan berbagai objek, termasuk bintang seperti ini dan berhasil mendeteksi sinar redup mereka berkat pengelihatan inframerahnya yang sangat sensitif,” kata Jon Morse, Astrophysics Division Director NASA, seperti dikutip dari Cosmos Magazine, 5 September 2011.

    Y dwarf, kata Morse, berada di lingkungan sekitar Matahari kita. Jaraknya antara 9 sampai 40 tahun cahaya. Sebagai gambaran, bintang yang paling dekat dengan tata surya kita, yakni Proxima Centauri, jaraknya sekitar 4 tahun cahaya.

    Bintang-bintang Y dwarf ini merupakan anggota keluarga brown dwarf yang paling dingin. Seperti diketahui, brown dwarf kadang disebut sebagai bintang gagal. Massa mereka terlalu rendah untuk dapat memantik atom di inti bintang tersebut sehingga tidak bisa membakar api seperti bintang lain, misalnya Matahari kita secara stabil selama miliaran tahun.

    Benda-benda ini dingin dan semakin pudar dengan berjalannya waktu sampai suatu saat, cahaya yang mereka pancarkan hanya memiliki panjang gelombang inframerah.

    “Menemukan brown dwarf di dekat Matahari kita sama seperti menemukan adanya rumah tersembunyi di lingkungan kita yang tidak kita ketahui sebelumnya,” kata Michael Cushing, anggota tim peneliti WISE dari Jet Propulsion Laboratory, California. “Sangat menarik untuk mengetahui bahwa kita punya tetangga yang belum ditemukan,” ucapnya.

    Setelah tim berhasil mendeteksi sejumlah kandidat brown dwarf, mereka akan menggunakan Spitzer Space Telescope yang lebih bertenaga untuk menyaring. Untuk mengonfirmasikan, mereka akan menggunakan teleskop dan spektrometer yang paling bertenaga di Bumi untuk memisahkan cahaya objek dan melihat tanda-tanda molekular dari air, methana, dan kemungkinan amonia yang ada.

    sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    noon Members

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    bintang cilik kali hehe..

    Bisa2nya detect bintang kek gitu, eh bukannya sehangat tubuh manusia=suhu dibumi ya? di daerah deket2 katulistiwa
     
  4. Offline

    sicky Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    957
    Trophy Points:
    82
    Ratings:
    +94 / -0
    “WISE memindah ...
    bukannya harusnya memindai (scan) ..??
     
  5. Offline

    Di4m0nD Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    704
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +88 / -0
    termasuk dingin berarti, suhu nya sama kaya manusia
    g kaya bintang2 lain yg panas2:hot:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.