1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Flora Dilema Kelapa Sawit

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by Sakkabumi, Apr 18, 2017.

  1. Offline

    Sakkabumi Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 11, 2017
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Kelapa sawit bukan tanaman endemik Indonesia. Sawit termasuk golongan tumbuhan palma yang datang dari negara asalnya Afrika. Di Indonesia, penyebarannya mulai dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), pantai timur Sumatera, lalu ke Jawa dan Sulawesi. Kemajuan perkebunan kelapa sawit dan pabrik kelapa sawit sesungguhnya berkat dorongan pemerintah dengan segala perangkat kebijakannya, mulai lahan hingga pembiayaan yang disubsidi.

    Seperti tebu, kelapa sawit adalah "komoditas emas". Dari sawit bisa dihasilkan puluhan produk turunan bernilai tinggi, baik pangan maupun nonpangan. Namun pembukaan lahan dengan cara dibakar adalah cara paling mudah dan murah untuk dijadikan perkebunan sawit. Sebaliknya pembukaan lahan dengan cara baik-baik akan menemui sejumlah kendala.

    Di sisi lain, sawit merupakan komoditi yang melajukan ekonomi Indonesia. Negeri ini menjadi salah satu eksportir sekaligus produsen sawit terbesar di dunia. Tak heran, sebab minyak sawit terkandung pada banyak barang-barang konsumsi harian, seperti minyak goreng, sabun, sampo, cokelat, dan lain-lain. Keunggulan karakter dan harga yang dimiliki sawit, mendorong perusahaan berlomba menanam dan mengolahnya. Serta limbah sawit dari
    pabrik kelapa sawit pun menghasilkan energi terbarukan yaitu biogas.

    Tetapi, berbagai keunggulan dan kebutuhan atas sawit tak bisa menghilangkan dampak negatifnya. Eskpansi sawit yang luar biasa mengakibatkan pengalihan fungsi hutan dan lahan rawa gambut tak terkendali. Muaranya adalah menciptakan perkebunan sawit yang lestari, lingkungan yang lestari dan masyarakat sawit yang lestari hingga di masa-masa mendatang.
     
  2. Offline

    abaraii Silent Reader Members

    Joined:
    May 16, 2012
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    yaa bagaimana lagi gan... kebutuhan akan minyak dari kelapa sawit ini juga tinggi..
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.