1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Diet Sehat Turunkan Kolesterol

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by vincentrevival, Oct 15, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    VIVAnews – Indonesia memang kaya akan kuliner enak. Namun, banyak diantaranya yang berbahaya bagi kesehatan dan dapat memicu risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung maupun stroke. Makanan yang mengandung santan dan gorengan salah satu makanan sumber kolesterol tinggi.

    Menurut dr. Anwar Santoso, SpJP(K), FIHA, FAsCC, FICA National Cardiovascular Centre Rumah Sakit Harapan Kita, penyakit kardiovaskular adalah penyakit mematikan nomor satu di Indonesia. Mengutip dari hasil penelitian Gersch BJ tahun 2010, negara-negara dunia ketiga seperti Indonesia termasuk ke dalam transisi penyakit kardiovaskular tahap 3.

    Pada tingkatan ini, digambarkan bahwa masyarakat mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori, melakukan kebiasaan merokok, banyaknya angka kasus malnutrisi. Rata-rata mereka hidup hingga 60 tahun atau lebih, dengan rata-rata kematian akibat penyakit kardiovaskular terjadi pada 35-65 tahun.

    Berdasarkan penelitian tahun 2001 terhadap berbagai etnis di Indonesia, asupan tertinggi masyarakat Indonsesia adalah minyak kelapa. Meski minyak kelapa tidak hanya berkonstribusi dalam asupan asam lemak tak jenuh, ternyata minyak kelapa juga memiliki konstribusi yang cukup signifikan pada asupan asam lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan jantung.

    Menurut Wijaya Sukito dari SEAMEO Regional Center for Food and Nutrition Universitas Indonesia, pada seminar “Plant Stanol Ester : A novel Dietary Component in Lowering Cholesterol to Improve Cardiovascular Health”, masakan Indonesia didominasi oleh penggunaan minyak kelapa yang jarang dikonsumsi secara mentah, masyarakat justru akan menggunakannya untuk goreng-gorengan.
    Tak hanya itu, penggunaan minyak kelapa berkali-kali dalam menggoreng pun menambah jumlah kolersterol jahat dalam masakan tersebut. “Kebiasaan diet orang Indonesia pun sedikit serat dan tinggi karbohidrat. Meski demikian kita adalah pemakan kacang-kacangan paling tinggi di dunia seperti kacang-kacangan dalam tempe dan tahu,” ujarnya.

    Meski tak mudah mengubah kebiasaan makan, bukan berarti tidak mungkin. Membiasakan kebuadayaan makan sehat sedari dini adalah jawaban yang tepat untuk agar anak terbiasa dengan asupan-asupan yang sehat. Anda kepalang memiliki kebiasaan makan buruk? Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat. Berikut asupan sehat menurut Wijaya Sukito.

    1. Kurangi karbohidrat
    Konsumsi karbohidrat yang berlebihan kerap kali berhubungan dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Hal ini dapat memicu munculnya penyakit gula seperti diabetes. Penyakit diabetes adalah salah satu faktor risiko munculnya penyakit kardiovaskular.

    2. Konsumsi karbohidrat kompleks
    Gula lazim terdapat di dalam makanan dengan glycemic index (GI) tinggi yang tidak menguntungkan bagi metabolisme. Karenanya, konsumsilah variasi dari karbohidrat kompleks seperti ubi-ubian atau sagu.

    3. Konsumsi kacang-kacangan
    Konsumsilah lebih banyak kacang-kacangan seperti kedelai, dan kacang lentil.

    4. Kurangi makanan yang digoreng
    Menggoreng terlalu lama dapat meningkatkan lemak di dalam makanan. Dengan menguranginya, zat-zat bermanfaat di dalam makanan tidak akan rusak sehingga lebih bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, gunakan variasi minyak dan hindari konsumsi lemak hewani.

    5. Makan serat
    Asupan masyarakat Indonesia sangat rendah serat. Cobalah untuk membiasakan diri mengonsumsi lebih banyak serat dari buah, sayuran, sereal, kacang lentil.

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/255801-diet-sehat-turunkan-kolesterol
     
    Last edited by a moderator: Dec 6, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,168 / -0
    Moved to Health.
    Karbohidrat berlebihan juga bisa naikin trigliserida kalo gak kepake (baca: ga olahraga).
     
  4. Offline

    Hoyhoy Beginner Members

    Joined:
    Jun 18, 2011
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +8 / -0
    bru kmrn ane bca ktnya yg bagus tuh mkanan yg mengandung karbohidrat, bner ga om?tpi di sni ga bleh kbnykan, jdi bngung.. hihihi

    bnyakin makan buah sama sayur aja.. :D:D:D
     
  5. Offline

    jomblowarrior Beginner Members

    Joined:
    Jul 31, 2011
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    mau tanya donk, itu pada point no3 kalo kacang hijau yg diolah dalam bentuk bubur bisa gak ya mengurangi kolesterol. soalnya kacangnya kan udh terkena panas pada saat pengolahannya.
     
  6. Offline

    toeshoes Beginner Members

    Joined:
    Feb 4, 2010
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +29 / -0
    wah nice share neh... memang kduu ngurangin asupan karbohidrat berarti yah... sekarang seh ane dah jarang makan nasi, semoga aja nanti bisa seimbangin dengan olahraga jadi badan lebih bugar lagi
     
  7. Offline

    h4r15 Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 12, 2009
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +8 / -0
    pernah nyoba diet sih tapi caranya mungkin yang kurang tepat akibatnya maag sering kambuh, rambut jadi rontok, kurang makan2an yang mengandung protein kali ya..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.